Sudah Investasi saham? Dapat Apa Aja Sih?


   Dan akhirnya saya mengalami yang namanya kepanikan dalam berinvestasi saham! Kalian ingat enggak, di cerita tentang saham sebelumnya, saya menginformasikan kalau salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham adalah isu global, dan di memasuki bulan ketiga saya fokus berinvestasi, saya langsung merasakan dampaknya. Corona membuat semua daftar saham yang saya miliki merah! Jujur, saya panik. Mau saya jual pun, bakal cutloss, hiks

Saya memutuskan untuk sabar. Melihat keadaan pasar beberapa hari kedepan. Sambil berdoa semoga semua cepat selesai sih, berharap membaik, hehe. Tapi ternyata tak banyak yang berubah. Padahal ya, saya baru memutuskan untuk nambah beli saham ini-itu. Kuncinya adalah ‘tidak panik’. Saya ingat sekali petuah itu. Dan setidaknya itu yang saya pelajari saat kelas saham beberapa waktu lalu. Apalagi saya yakin kalau saham yang saya miliki track recordnya baik dan terpercaya. 

Kalau tak salah ingat, saya juga tak berani membuka portofolio saya di aplikasi RHBTradeSmart beberapa hari. Sampai suatu saat saya menonton berita, dan sudah ada negara yang punya vaksin untuk corona, dan saya pikir keadaannya ‘mungkin’ membaik.

Yeay! Ada beberapa saham yang hijau, dan cukup membahagian banget buat saya. Saat itu saya merasakan siap untuk menjawab pertanyaan, “lo enggak takut rugi investasi saham”, karena saya pasti akan menjawab “ya, asal jangan panik aja kalau merah semua, haha”. Karena, kalau isu global, apa yang bisa kita perbuat? Dan saat memutuskan untuk berinvestasi saham, kita harus tahu kalau kita tak hanya bisa untung saja tapi juga bisa rugi. Makanya pilih saham yang benar!

Uniknya! Saya mengambil pelajaran akan hal itu. Ketika sedang berpikir, “lumayan menguji adrenalin juga ya melihat daftar merah”, eh ada pesan masuk ngajak liburan ke Lombok dadakan! Dan langsung saya “iyain” mengingat saya sudah merelakan 2 tiket penerbangan luar negeri karena corona. Dan enggak bisa direfaund karena tiket promo, maklum anak kosan harus cari yang murah. Kalau dalam negeri mah ya Insyallah aman. Apa hubungannya sama saham? Ya, ketika saya iyain ajakan liburan, saya langsung menjual beberapa saham saya yang bergerak hijau, mumpung naik, buat modal beli tiket pesawat.

Sejak berinvestasi saham, saya belum pernah mencoba menjualnya, dan ternyata enggak ribet melalui RHBTradeSmart, tinggal pilih saham yang ingin kita jual, kemudian masukan angkanya. Dan, setelah dana masuk, kita bisa langsung transfer ke bank lain melalui menu Fund Withdrawl, prosesnya pun enggak pakai lama. Simple banget.

Uang masuk, saya langsung membeli tiket ke Lombok. Ya setidaknya berusaha melupakan beberapa saham yang masih merah, kali aja balik dari lombok semua benar-benar kembali normal, aamiin. Dari dulu, kalau mau liburan pasti saya mengandalkan tabungan, tapi kali ini justru berbeda, karena secara tak langsung investasi saham juga membuka jalan saya mengumpulkan uang untuk traveling, dan jika pilihannya tepat, maka saya pun akan mendapatkan benefitnya juga.

Ayo buat kamu yang mau coba berinvestasi saham, dimulai dengan download dulu aplikasinya di App Store atau Playstore. Registrasinya juga geratis lohhh....

#InvestSmarter #TradeEasier #SahamIsEasy

No comments