Mudah Berinvestasi Saham Saat Ini!


Perjalanan menuju Purwokerto sore itu menjadi begitu menyenangkan. Sebelum terlelap seiring menyingkirnya matahari, sebuah email yang berisikan username dan password mendarat dengan sangat mulus. Sejujurnya, saya tak sempat membaca penuh isi email tersebut, langsung copy yang saya pelukan, kemudian move ke aplikasi RHBTradeSmart yang sudah saya download. Saya paste, dan saya langsung dihadapkan dengan grafik dan sederet kode saham perusahaan yang terus bergerak. Entah mengapa, saat itu saya merasa siap sekali untuk berinvestasi saham.


   Kelas saham yang pertama bisa dibilang sukses saya lewati. Beberapa tips dan ilmu terkait investasi berhasil nempel di otak saya. Dan saya rasa, jika tak segera saya praktekkan ilmunya, perjuangan sejauh ini merealisasikan resolusi akan sia-sia. Dan ketika sebuah email yang dinantikan masuk, saya langsung bahagia, dan langsung mencoba log in. Meskipun sedikit pusing, saat itu saya ingin sekali memulainya, tapi saya harus sadar, saat itu sudah malam dan market sudah tutup, haha.

Aplikasi investasi saham yang saya gunakan adalah RHBTradeSmart yang ada gambar ARO-nya, ibarat robot yang membantu manusia begitulah ARO bekerja, singkatan dari Assisted Robot Optimization buat kalian yang ingin tahu. Saat ini, aplikasi tersebut sudah bisa langsung kalian download secara gratis di play store dan app store, terlebih buat kalian yang ingin dan serius belajar tentang investasi saham, aplikasi ini benar-benar pas sekali.



Kenapa Harus Aplikasi RHDTradeSmart?

Sebagai pemula, saya merasa aplikasi dari RHBTradeSmart sangat membantu sekali. Saya suka sekali tampilannya yang friendly dan berwarna putih sehingga nyaman di mata. Pertam kali masuk ke aplikasinya, saya langsung dihadapkan dengan grafik merah naik-turun, serta data saham yang terus berubah, tentunya membuat saya pusing, namun sebagai awalan saya singkirkan pemandangan itu. Saya mencoba melihat langsung profile saya untuk memastikan saldo dan informasi yang disajikan aplikasi terkait saya sebagai pemilik benar adanya.

AMAN, adalah hal yang langsung saya sematkan untuk aplikasi RHBTradeSmart ketika saya mencoba masuk ke laman profile, karena aplikasi ini langsung meminta Pin Trading, yang didapatkan melalui email sebelumnya yang bersifat rahasia. Ya, meskipun saya masih baru dan dana yang tersimpan masih sedikit, tapi rasa aman adalah yang saya inginkan ketika memutuskan untuk berinvestasi, apalagi melalui online.


Aplikasi RHBTRadeSmart memiliki fitur unggulan yang saya suka sekali, yaitu Watchlist, di mana kita bisa memilih saham-saham perusahaan yang ingin kita pantau. Kalian ingatkan kalau salah satu tips membeli saham untuk pemula adalah pilih saham yang ‘dekat’ dengan kita atau yang kita tahu, nah melalui fitur Watchlist, RHB Sekuritas mengajak nasabah/penggunanya untuk fokus ke saham-saham yang ingin kita pantau, jadi sangat mempermudah, agar kita enggak pusing karena kebanyakan melihat saham-saham yang dijual di pasar.

ARO, adalah salah satu keunggulan dari aplikasi ini. Ibarat penolong kita, baik pemula atau yang sudah expert dalam berinvestasi, ARO yang disematkan pada aplikasi RHBTradeSmart ini mampu memberitahukan dan memberikan saran terkait saham-saham yang harus kita jual, kita beli, dan kita tahan. Atau istilahnya, BEAR-BULL-HOLD. Ini juga yang benar-benar saya butuhkan sebagai pemula, karena belum terlalu mahir untuk melihat peluang dan waktu kapan harus jual dan beli.

Oh iya, meskipun ARO sudah sangat membantu, namun RHB Sekuritas selaku guru pertama saya juga tak lepas tangan, karena setelah kelas saham di Sekolah Pasar Modal (SPM) selesai, kami semua yang hadir saat itu dibuatkan group WhatsApp untuk bertukar informasi dan diberikan ‘trik dan tips’ terkait investasi saham. Dan saya merasa beruntung sekali.


RHBTradeSmart juga memiliki fitur News, sehingga kita juga bisa melihat berita terkini terkait pergerakan ekonomi dari berbagai sektor yang nyatanya sangat memperngaruhi nilai saham. Jadi, sedikit bocoran yang saya dapat, ternyata nilai saham di pasar modal juga dipengartuhi oleh isu-isu ekonomi dan sektor terkait loh, baik di Indonesia maupun global. Sejujurnya saya pribadi belum terlalu mengerti, nanti kalau sudah mengerti akan saya share ya, hehe.

#SahamIsEasy #TradeEasier #InvestSmarter

No comments