Review Sinetron Bintang Samudera, Kolaborasi Seru ANTV dan TNI AL

Sudah lama enggak nonton sinetron, tapi pas nonton sinetron terbaru dari ANTV ini kok rasanya cukup bikin ketagihan ya… Jadi enggak sabar episode selanjutnya. Judulnya Bintang Samudera, dan menariknya lagi ini adalah project kolaborasi ANTV dengan TNI Angkatan Laut (AL) Republik Indonesia. Btw ini baru banget tayang tadi loh di ANTV jam 6 sore...


   

   Ide cerita yang menarik! Pikiran saya langsung berkomentar demikian setelah episode satu berakhir. Geregetan, sumpah! Rasanya sinetron ini berhasil mengembalikan gairah saya untuk nonton serial Tanah Air, yang rela menunggu seminggu untuk episode selanjutnya. Kalian pecinta series pasti tahu sih bagaimana tersiksanya hati dan pikiran saat menunggu minggu depan. Huft. Bintang Samudera mengangkat sebuah romansa yang menarik antara Prajurit Angkatan Laut bernama Bintang dengan seorang dokter yang Bernama Nagita. Biar enggak spoiler banget, intinya mereka tuh sudah pacaran sejak lama.

Mengawali cerita dengan cukup relate, keduanya memasuki kehidupan nyata, di mana mimpi masing-masing pun tak cukup untuk membuat mereka hidup bersama selamanya. Bintang mendapat tekanan internal keluarga yang menyuruhnya harus menjadi bagian dari kebanggaan negara, yaitu TNI Angkatan Laut. Dan Nagita mengikuti mimpinya menjadi seorang Dokter. Mungkin sedikit mengingatkan kita akan kisah Crash Landing on You ya, tapi jangan salah…. Bintang Samudera tak akan melupakan cita rasa sinetron tanah air.



Waktu pun berlalu begitu cepat, dan keduanya berhasil menempati mimpinya. Bintang menjadi seorang kapten dan Nagita menjadi seorang dokter yang dedikasinya tinggi banget. Waktu dalam sinetron ini seakan menjadi bom waktu juga, mereka kembali dipertemukan dan drama pun dimulai. Efek kamera, suara, dan musik yang khas sinetron tanah air pun mulai muncul intens secara perlahan. Dan sebagai penonton, kita dipastikan akan geregetan berujung kesal. Saran saya sih, tonton Bintang Samudera ini jangan lupa sambil nyemil ya, enggak mau kan kesel sambil bingung ngapain! Haha.

Tahan, tahan, tahan…. Enggak boleh berkata kasar pokoknya! Karena memasuki paruh kedua di episode perdana ini, kita akan langsung bertemu dengan sosok antagonis, yang memang harus ada, karena kalau enggak ada bukan drama sinetron namanya. Satu per satu masalah berdatangan, dan tokoh lainnya mulai diperkenalkan sambil menambah pondasi cerita Bintang Samudera. Fresh! Banyak banget wajah-wajah baru yang ‘mohon maaf’ belum saya kenal. Ini membuktikan kalau industry hiburan tanah air, khususnya di TV tuh masih berkembang seiring hadirnya talenta-talenta baru.

Mari kita membahas soal akting para pemainnya! Ada moment ketika saya merasa mereka sangat ‘megang’ dan dapat banget dalam menjiwai peranya. Apalagi editing dan musik sinetron ini mendukung banget. Efek dalam sinetron ini pun sukses menjadi pelengkap, dan siap mengajak penonton untuk mulai terbawa suasana dan masuk ke dalam cerita. Bintang yang diperankan oleh Riza Syah, bisa dipastikan akan membuat para remaja putri, atau mungkin ibu-ibu, memberikan rasa empati yang diiringi dengan rasa suka akan paras dan sikapnya dalam sinetron ini. Oh iya, sebelum lupa, saya sangat mengapresisi dialog dalam sinetron ini sih, ada beberapa part naskah yang simple tapi cukup ngena di hati dan pikiran.



TOTALITAS! Mungkin ini juga yang ingin saya sampaikan kepada mereka yang terlibat dalam sinetron ini, karena faktanya, kolaborasi yang terjalin antara ANTV dan TNI Angkatan Laut tak hanya soal cerita saja, tapi juga ‘yang saya lihat’ ada beberapa taruna aseli ikut terlibat dalam sinetron ini. Dan juga, sebelum syuting sinetron ini beberapa pemain benar-benar terjun langsung mencoba kehidupan Personel Angkatan Laut Tanah Air, seperti Latihan fisik yang dilatih langsung oleh TNI AL beneran, serta mereka pun menggunakan dan mengenakan persenjataan asli. Dan yang kerennya lagi, Kapal Perang KRI Bung Tomo pun ikut andil dalam terciptanya karya ini sebagai lokasi beberapa adegan.


Yang harus diapresiasi juga dari sinetron ini adalah bagaimana mereka memberikan ruang khusus untuk seni bela diri tanah air tampil dan bisa dikenal lebih banyak orang melalui hiburan televisi. Berbagai kebaikan juga diajarkan dalam sinetron ini, mulai dari dedikasi Nagita sebagai dokter, serta sikap akrab dan kekeluarga yang disugukan  para anggota prajurit TNI AL. Banyak hal positif yang Bintang Samudera ingin sampaikan kepada penontonnya.



Menuju part akhir, sinetron Bintang Samudera ini semakin memebuat saya geregetan dan benci banget sama kata ‘Bersambung’. Nagita nyatanya menyimpan sebuah problema, dan Bintang pun sejatinya masih menyimpan rasa sayang kepada Nagita. Tapi saya yakin, perjalanan kisah romansa mereka masih panjang dan berliku. Dan harus kalian sadari juga nih, sinteron ini tak hanya ingin memberikan hiburan saja, tapi juga ingin memberikan gambaran akan kehidupan para pasukan Angkatan Laut Republik Indonesia saat di pelatihan, asrama, serta saat mengemban tugas negara.


Saat menonton sinetron Bintang Samudera ini, saya merasa rasa bangga kian tumbuh terhadap peran para prajurit negara, khususnya TNI AL yang berhasil divisualisasikan oleh ANTV. Sebuah tontonan dengan cerita yang cukup menarik, dan pesan-pesan baik di dalamnya. Balutan romansa yang perlahan membuka kisah-kisah baru yang diiringi dengan permasalahan yang cukup menarik perhatian dan membuat rasa penasaran hadir.





1 comment

  1. My name is Jams Root, and I am a student. today I come to your post. It is a very good post indeed. I thoroughly enjoyed reading. you talk about the Review of the soap opera Bintang Samudera, an exciting collaboration between ANTV and the Indonesian Navy. It is a subjective post. but I am searching for the teaching assignment help service for my sister’s assignment work. she had faced many difficulties in their assignment work. so I am help her.

    ReplyDelete