5 Tempat Wisata Edukasi di Bandung Seru yang Wajib Kamu Coba

Mengajak anak untuk liburan tentu menjadi hal yang paling menyenangkan, bukan? Ada banyak tempat wisata edukasi di Bandung menarik yang dapat kamu kunjungi. Selain seru dan menarik, tempat-tempat wisata tersebut juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi si kecil.



Pergi berlibur di kala weekend atau masa liburan sekolah tiba dapat kamu jadikan sebagai opsi untuk membuat anak-anak tetap ceria dan semangat untuk sekolah. Layaknya orang dewasa yang terkadang jenuh bekerja, anak-anak terkadang juga mengalami hal yang sama. Lalu, di mana saja tempat wisata edukasi anak yang sebaiknya kamu kunjungi? Berikut informasinya!

De Ranch

De Ranch merupakan tempat wisata untuk berkuda dengan konsep American Cowboy yang dipadukan dengan kondisi alam Kota Bandung yang masih asri. Tak hanya orang tua saja yang dapat menjajal serunya berkuda, anak-anak juga dapat mencoba sensasi menjadi seorang cowboy cilik. Kamu dapat menyewa kuda tersebut untuk berkeliling area De Ranch.



Selain berkuda, pengunjung juga dapat berkebun, membuat kue De Ranch, merawat hewan, dan juga berternak. Lokasi tempat wisata ada di Jl. Maribaya, Kayuambon, Lembang dengan harga tiket Rp10.000,00. Kamu dapat mengunjungi tempat ini pada Selasa-Minggu dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Farm House Lembang Bandung

Tempat pertama yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan yaitu Farm House Lembang. Saat berkunjung ke sana, dijamin anak-anak akan betah dan enggan untuk pulang. Pasalnya, tempat ini memiliki udara yang sejuk, konsep wisata modern, dan juga banyak aktivitas seru yang dapat dikerjakan, seperti bersepeda, beternak, memancing, dan berkebun.



Salah satu tempat wisata yang bagus untuk anak ini masih satu tempat dengan Rumah Sosis, De Ranch, dan juga Floating Market. Lokasinya sendiri ada di Jl. Raya Lembang, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung. Untuk dapat menikmati segala keseruan di sana, kamu harus membayar Rp20.000,00 sebagai tiket masuknya.

Padepokan Dayang sumbi

Tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik adalah Padepokan Dayang Sumbi yang sudah ada sejak tahun 2005. Di tempat ini, pengunjung akan mengetahui berbagai informasi mengenai ulat sutera dan cara pengolahannya hingga menjadi kain. Selain itu, anak-anak juga  akan dijelaskan bagaimana cara untuk merawat ulat sutera dengan baik dan benar.
Edukasi wisata Bandung ini dapat kamu temukan di Jalan Arcamanik Sindanglaya, Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung. Harga tiket yang dibandrol untuk menikmati keseruan tempat ini yaitu Rp85.000,00. Kamu dapat mengunjungi tempat ini pada pukul 09.00-11.00 dan pukul 12.00-14.30 setiap hari.

Taman Bunga Begonia Lembang

Kamu juga dapat mengajak anak-anak ke Taman Bunga Begonia yang memiliki luas sekitar 2 hektar. Di tempat ini, ada berbagai tanaman hias yang disusun secara indoor maupun outdoor. Dengan begitu, anak-anak dapat mengenal dan memperoleh informasi lebih banyak seputar dunia tumbuhan.
Tak hanya banyak mengenal berbagai jenis tumbuhan, di sana kamu juga akan belajar bagaimana merawat tanaman dan menanam tanaman yang baik dan benar. Taman wisata edukasi yang satu ini berlokasi di Jl. Raya Maribaya, Langensari. Lembang. Kamu dapat mengunjungi tempat ini dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 dengan membayar tiket masuk seharga Rp10.000,00.

Jendela Alam

Pengunjung dapat berwisata sambil belajar di Jendela Alam dengan mengandalkan alam sebagai medianya. Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di sana bersama anak-anak. seperti misalnya, berkebun,  panen telur, beternak, bermain harta karun. flying fox, dan lain sebagainya.
Jendela Alam Bandung terletak di Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat. Tiket masuk untuk menuju wisata ini dibandrol dengan harga antara Rp15.000,00 hingga Rp20.000,00. Jam bukanya sendiri dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 untuk setiap hari.

Ranca Upas

Dan satu lagi, yaitu Ranca Upas! ini tuh salah satu tempat di Bandung yang saya suka banget, di sini kita bisa camping dan menikmati suasana dinginnya Bandung di pagi hari plus main sama rusa-rusa. Saya pernah menuliskan pengalaman tersebut di artikel tersendiri, yang berjudul 'Akhirnya ke Ranca Upas, Bandung'! dan beneran deh, kalian wajib buat ke sini.



Seperti yang sudah kamu tahu, ada banyak tempat wisata edukasi anak yang dapat kamu kunjungi saat berlibur di Bandung. Kamu dapat mengeksplorasi lebih jauh kota Bandung dengan sewa bus Bandung dari TRAC Bus. Ada banyak promo menarik yang dapat kamu nikmati dan kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Liburan jadi makin mudah dengan berbagai pilihan Bus Pariwisata dari TRAC.
Demikian ulasan singkat mengenai beberapa tempat wisata edukasi di Bandung. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke orang lain.

1 comment