Melihat Kemudahan Fitur & Fasilitas dari BPJS Kesehatan di Purwokerto

Dan, saya pun kembali ke Purwokerto. Setelah sebelumnya membuat kenangan bersama para blogger di acara Juguran Blogger 2019, mengawali tahun 2020 ini saya berkesempatan untuk balik lagi ke sana, meskipun hanya sebentar, tapi pengalaman yang saya dapatkan begitu berharga. Sebuah terobosan yang cukup membuat saya semakin yakin. Dan saya ingin membagikannya kepada kalian melalui tulisan ini.


   Purwokerto menyambut dengan kedinginannya. Wajar saja, hari sudah larut malam saat saya sampai di sana, jam 21.41 WIB, seperti yang tertera di tiket kereta. Tak banyak yang saya lakukan malam itu, berbeda sekali dengan saat pertama kali saya ke sana, hasrat untuk explore suasana malamnya masih membara, dan tentunya menimati cafe-cafe kekiniannya untuk mengisi malam. Kali ini berbeda, saya lebih memilih untuk tidur, sambil mencoba merealisasikan resolusi kesehatan di 2020, yaitu tidur lebih awal dari biasanya.

Pakai BPJS Kesehatan Ternyata Semudah Ini!

Pagi pun tiba, Klinik Pratama Amanda ada lokasi pertama yang saya datangi hari itu, salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Suasana saat itu cukup ramai, tapi sangat tertib, saya suka sekali.

Beberapa yang datang sempat membuat saya bingung, yang kemudian memunculkan rasa kepo saya untuk melihat lebih dekat. “Semudah ini?”, adalah kalimat pertama yang saya lontarkan ketika melihat salah satu peserta BPJS mendekati mesin tiket, tinggal mengeluarkan kartu kemudian scan, dan nomor antrian akan langsung keluar. Saya ingat sekali, terakhir kali datang ke sebuh klinik atau faskes, itu harus isi ini-itu. Seketika saya merasa baru banget keluar dari goa, haha.


Sembari duduk di ruang tunggu, saya semakin berpikir. “Bisa jadi ini alasan mengapa iuran peserta naik? Atau, bisa jadi ini terobosan yang memang diambil BPJS Kesehatan? Dan mungkin, sudah seharusnya demikian!”. Perdebatan di kepala seketika berhenti, ketika saya melihat ada seorang bapak yang justru sudah memiki nomor antrian di smartphone-nya. Fix, saya ketinggalan zaman banget karena tak pernah sakit, hehe.



Terbaru Dari BPJS Kesehatan!

Sebelumnya saya sudah tahu kalau BPJS Kesehatan punya mobile aplikasi yang bernama Mobile JKN. Tapi saya baru tahu kalau ada beberapa fitur tambahan yang sangat membantu sekali. Salah satunya adalah Antrean Elektronik, yang membantu para peserta untuk terhindar dari antrian panjang.

Simplenya begini, antrian terjadi ketika banyak orang datang secara bersamaan untuk mendapatkan nomor, tapi ketika mereka sudah mendapatkan nomor antrian melalui Mobile JKN tentunya antrian panjang tak akan terjadi, karena peserta bisa memprediksi kapan waktu kedatangannya, suasana di klinik ataupun rumah sakit tentu akan lebih nyaman.



Kemudian, selain antrean elektronik, melalui Mobile JKN para peserta juga mendapatkan kemudahan dari BPJS Kesehatan yang saat ini bekerjasama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dalam hal meng-integrasikan sistem informasi antrian dari Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Pertama (FKTP) dan juga Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) sehingga ketika peserta mendapatkan rujukan, maka peserta tak perlu repot lagi karena sudah bisa langsung didaftarkan ke antrean melalui aplikasi Mobile JKN pada fitur pendaftaran layanan. Jadi mudah banget!


Tak sampai di situ saja, saat ini Mobile JKN juga memberikan kita informasi perihal ketersediaan tempat/kamar perawatan di beberapa rumah sakit yang sudah bekerjsama. Cara melihatnya? Gampang banget! kalian tinggal download aplikasi Mobile JKN, kemudian pilih Pelayanan dan klik Ketersediaan Tempat Tidur. Jadi, bisa tidak ada lagi miss kepercayaan antara calon pasien dan rumah sakit, karena informasi yang disajikan melalui aplikasi sudah real time, dan ada keterangan waktunya. Ini pun bisa menjadi solusi ketika kamar rumah sakit yang kita tuju penuh, jadi bisa langsung mencari di RS lainnya.

Berkunjung ke R.S.U Prof. Margono Soekarjo, Purwokerto

Pertama kali main ke Purwokerto sejujurnya saya sudah tertarik dengan rumah sakit ini, tapi saat itu saya tak punya alasan untuk masuk.


Tempat selanjutnya adalah R.S.U Prof Margono Soekarjo. Salah satu rumah sakit yang sudah terintegrasi dengan Mobile JKN, seperti yang saya bilang di atas tadi, meskipun RSU Margono ini sudah punya sistem pendaftaran online sendiri, tapi mereka tetap terbuka untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, tentunya karena memiliki visi yang sama yaitu menyehatkan masyarakat Indonesia.

Tentu berbeda dengan klinik, di sini ramai sekali. Meskipun demikian, antrean tetap rapih dengan mesin cetak yang tersedia, dan juga petugas BPJS Satu yang siap membantu menjawab pertanyaan terkait pelayanan BPJS Kesehatan.



Saya melihat charger station di rumah sakit ini, yang tentunya membuat antrian lebih asik, tak membosankan, dan itu fasilitas yang tepat sekali menurut saya. Di sebelahnya, juga ada terobosan baru, yang merupakan lanjutan dari fitur Ketersediaan Tempat Tidur di Mobile JKN. Sebuah monitor berukuran cukup besar yang menampilkan ketersediaan tempat tidur dan juga Jadwal Operasi di RSU Margono.


Terobosan terbaru yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan uga dalam hal kemudahan bagi pasien ginjal kronis, di mana mereka yang mendapatkan layanan cuci darah (hemodialisis) di rumah sakit dan sudah terdaftar dengan menggunakan finger print, tidak perlu lagi ‘ribet’ dalam hal surat rujukan, karena ketika surat rujukan sudah habis, mereka bisa langsung memperpanjang di rumah sakit saja tidak perlu ke FKTP lagi.

Hingga saat ini, sudah ada 1.614 rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan, dan tentu kalian tentu sudah tahu kan kalau saat ini iuran JKN-KIS segmen PBPU/Mandiri saat ini sudah mengalami penyesuaian sesuai Perpres 75 Tahun 2019, mulai dari Kelas 1 yang naik menjadi Rp 160K, Kelas 2 menjadi Rp 110K, dan Kelas 3 menjadi Rp 42K. BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara terus berporses, dan berusaha memberikan yang terbaik dengan terus bersinergi, dan selalu memperhatikan hak-hak para peserta jaminan tentunya.


Dan mungkin beberapa terobosan terbaru yang diberikan BPJS Kesehatan seperti ini yang akan membuat kita semua melihat dan merasakan sebuah kemudahan dalam pelayanan yang ditawarkan, mulai dari hadirnya Aplikasi Mobile JKN, hingga fitur-fitur di dalamnya. Buat kalian yang belum download, segera deh, membantu banget! Dan jangan lupa teratur bayar iuran ya....

No comments