Awas Flu Saat Solo Traveling! Ini Cara Mengatasinya


Dan pada akhirnya, saya pun memberanikan diri untuk solo traveling, karena merasa sudah tahu pola liburan yang cocok buat saya. Bagi saya, kuncinya hanya satu, yaitu istirahat yang cukup. Tepatnya di bulan Oktober, selama 1 minggu, saya berhasil menikmati 3 negara dengan pengalaman jalur udara dan darat. Sebenarnya ingin mencoba jalur laut juga, tapi belum kesampaian, hiks.


   Tak pernah saya bayangkan pergi jauh sendirian, solo traveling, karena yang saya pikir traveling itu harus bersama-sama untuk mendapatkan cerita yang lebih berkesan. Tapi faktanya, sesuai yang saya rasakan, pikiran itu hanya ada ketika saya belum dewasa, sisi keegoisan saya belum tumbuh dan terkontrol. Sampai akhirnya muncul rasa ingin sendiri dan mencoba hal baru, barulah saya memutuskan untuk solo traveling. Dan saat itu kesempatan dalam bentuk tiket promo pun tersedia, hehe.

Banyak hal yang saya persiapkan, mulai dari sisi financial, dan daftar tempat-tempat yang akan saya kunjungi, tapi satu hal pasti yang benar-benar saya persiapkan adalah kesehatan saya, yang kalau sakit pas lagi di jalan tentu akan sangat menyusahkan, dan membuat hancur semua rencana perjalanan.

Sebelum bercerita tentang perjalanan yang saya lakukan, melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips menjaga kesehatan buat kalian yang mungkin ingin mencoba solo traveling. Terutama dari sakit flu yang mudah sekali menyerang para traveler Indonesia yang biasanya agak susah mencari makanan halal, jadi makannya tidak teratur, perubahan cuaca, dan yang bawa kerjaan seperti saya, haha.

Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Solo Traveling!

Kalian pasti tahukan kalau ‘flu’ dan ‘influenza’ itu sama, penyakit yang infeksi saluran pernafasan ini mudah sekali menyebar dan menempel di manusia karena media penyebarannya banyak sekali, terutama udara. Apalagi ketika imun di tubuh kita sedang lemah. Hal ini sangat rentan buat para traveler (sepengalaman saya) yang istirahatnya tidak teratur, kejar-kejaran waktu, telat makan, hingga yang bawa-bawakerjaan sehingga niatnya liburan malah pusing.

Jangan sampai hal ini kejadian deh...

Pusing! Adalah ciri pertama kalian mulai terkena flu, yang kemudian diikuti dengan keringat yang mulai mengucur karena demam, tak nafsu makan, suhu tubuh rendah, bawaannya emosi terus, lelah dan mulai mual. Saat itu tubuh ingin didengarkan dan meminta haknya.

1. Istirahat!
Pertolongan pertama saat muncul ciri-ciri tadi adalah istirahat! Dulu saya mengabaikan, tapi malah semakin parah, dan fix kena flu. Akibatnya traveling jadi tidak menyenangkan. Beberapa teman bertanya kenapa saya belakangan ini lebih senang memilih perjalanan darat dibandingkan udara, alasan pertama sih karena murah, dan alasan kedua karena waktu istirahat semakin banyak menurut saya.

Istirahat sejatinya tak hanya dilakukan saat merasa terkena flu saja, tapi sebelum melakukan perjalanan baiknya kita sudah beristirahat yang cukup agar imun dalam tubuh kita terbentuk dan bekerja dengan baik, sehingga tak hanya flu tapi juga oenyakit yang lain jauh dari tubuh kita.

2. Pola Makan yang tepat
Sebelum dan saat melakukan perjalana sebaiknya kita atur pola makan kita, jika negara tujuan traveling kita adalah negara yang sulit mencari makanan halal, sebaiknya sedia roti, dan cobalah makan roti setiap pagi sebelum memulai traveling agar saat sampai di negara tujuan sudah mulai terbiasa. Kadang, ini yang sering para traveler lupakan, sehingga memaksakan explore dan akhirnya sakit perut.

3. Olaharaga/Aktivitas Fisik Jangan Lupa!
Kalau olahraga berat, setidaknya lakukanlah aktivitas fisik, seperti biasakan berjalan kaki dan menggunakan anak tangga, sehingga tubuh tetap sehat dan saat melakukan perjalanan tidak mudah lelah.


4. Biasakan Minum Air Putih!
Cuaca panas kadang membuat kita enggan memilih air putih, inginnya yang berasa dan dingin, tapi cobalah biasakan minum air putih jika kalian sudah punya rencana untuk solo traveling karen aair putih sangat membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh. Dan, kalian jangan lupa bawa tumbler karena air putih kadang gratis loh di negara-negara lain atau hotel, jadi lebih irit.

5. Rencanakan Semua Dengan Jelas
Tiket sudah di tangan, hotel sudah dipesan. Selanjutnya adalah merencanakan mau pergi ke mana dan berapa lama, jangan terlalu suka dengan yang ‘dadakan’ meskipun terkadang lebih menyenangkan. Patikan kita punya timeline yang jelas jika ingin solo traveling.

Yang Sering Dilupakan Terkait Flu!

Sudah mengikuti tips di atas, tapi kok tetap terkena flu? Hei, tidak semudah itu untuk kita terhindar dari flu, karena kita tidak bisa mengontrol penyebarannya. Kecuali kalian Avatar yang bisa mengendalikan udara, haha.

siap sedia masker, dan kalau bisa masker Respirator KN95 yang mempu menyaring partikel PM2.5 hingga 95%

Flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Selain udara, virus influenza juga bisa menyerang kita saat kita berdekatan dengan orang yang bersin dan tidak menutupnya, droplets, saat seseorang bersin ada 20.000 droplets yang dilepaskan diudara dan bisa menularkan hingga jarak 1,8 meter.

Virus influenza juga mampu bertahan selama 48 jam dipermukaan, artinya, kita tidak pernah tahu benda-benda yang kita sentuh apakah ada virus influenzanya atau tidak, dan resikonya adalah kita akan tetap tertular. Virus ini pun penyebarannya bisa 4x lebih cepat di dalam ruang tertutup, misalnya di pesawat, atau di dalam rumah.

Wajib Dilakukan Agar Terhindar Dari Virus Influenza!

Jika sudah terkena flu hal yang harus kalian lakukan adalah istirahat dan minum obat, atau langsung ke dokter jika keadaan semakin parah. Dan tentunya tidak menularkannya kepada orang lain dengan selalu menutup hidup saat batuk dan bersih, buang tisu bekas pakainya ke tempat sampah, cuci tangan, dan menggunakan masker.

Buat kalian yang ingin mendapatkan perlindungan extra terkait virus influenza, kalian wajib melakukan vaksinasi, yang dianggap cara ampuh nomor 1 untuk mencegah flu. Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin (antigen yang mengandung bakteri, racun, atau apapun yang membuat sistem kekebalan tubuh terangsang) ke dalam tubuh.

dr. Suzy Maria Sp. PD
Untuk flu tentunya vaksin influenza, yang bisa didapatkan di rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya. Menurut dr Suzy yang saya temui beberapa waktu lalu untuk para traveler dianjurkan vaksin influenza yang paling lengkap, quadrivalet, harga vaksinnya sekitar 350 ribu-an,  untuk perlindungan 1 tahun. Dan untuk melakukan vaksinasi baiknya 2 minggu sebelum berangkat traveling. Hal yang saya lupakan, tapi segera saya laksanakan untuk liburan yang lebih aman lagi!

Nah, ini fakta terkait vaksin flu yang wajib kalian ketahui


1 comment

  1. Tipsnya recommended banget nih buat aku yang sering flu kalo lagi kecapean atau kedinginan.. terimakasih banyak

    ReplyDelete