PRUCinta: Karena Cinta bisa hidup selamanya, tapi kita tidak!

“Semua hanya soal waktu”, seperti biasa ucapan Ibu Nini Sumohandoyo selalu enak didengar. Padahal penekanannya lebih kepada “udah punya apa sejauh ini?”, dan saya dipastikan butuh waktu yang cukup lama untuk memikirkan dan menjawab pertanyaan tersebut. Satu pertanyaan belum terjawab, sudah hadir pertanyaan lain yang lebih membuat sesak dada. “Jika nanti pergi, sudah meninggalkan apa untuk orang yang disayangi?”, dalam hitungan detik saya akan menggelengkan kepala. Mengkibarkan bendera putih. Kalau kalian?


   Setelah produk konvensional dan aplikasi terbarunya Pulse, kali ini saya berkesempatan untuk mengenal lebih dekat produk berbasis syariah dari Prudential Indonesia, yang dinamakan PRUCinta. Nama yang unik, menarik perhatian, dan mudah diingat. Bisa dibilang, ini salah satu inovasi terbaru (lagi) dari Prudential Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi keuangan, khususnya asuransi.

“Orang yang sadar akan pentingnya asuransi itu masih sedikit” kata Ibu Ninik Nini Sumohandoyo, selaku Syariah Government Relation and Community Investment Prudential Indonesia. Dan melalui Asuransi Syariah PRUCinta (PRUCinta) yang merupakan Inovasi berbasisi syariah terbaru dari Prudential Indonesia, mereka yakin bisa meningkatkan kesadaran terebut, yang kemudian memunculkan rasa kepo untuk tahu manfaatnya, hingga berniat untuk membelinya.

Hadirnya produk ini didasari akan cinta yang tak selalu berbentuk uang atau barang mewah, asuransi pun bisa menjadi bentuk cinta, terutama asuransi jiwa. Ibarat sesuatu yang kita tinggalkan jika hal paling buruk menimpa kita (terutama untuk kalian yang sudah punya keluarga, sudah menjadi orang tua), karena sejatinya cinta itu bisa dikatakan abadi tapi kita sebagai manusia tak mungkin hidup selamanya.


Apa Itu PRUCinta? Dan Apa Kelebihannya?

PRUCinta merupakan inovasi terbaru, produk asuransi jiwa dwiguna berbasis syariah pertama di industri persembahan prudential indonesia untuk orang-orang tercinta. Oh iya, buat kalian yang belum tahu, sebenarnya Pudential sudah punya produk berbasisi syariah sejak 11 tahun yang lalu, dan seiring jalannya waktu hadirlah produk, PRUCinta. Perbedaannya dengan produk yang lalu apa? Produk ini ‘murni’, bersifat sederhana, dan bersifat tradisional (tanpa unit link, ada nilai tunai tanpa adanya nilai investasi).

PRUCinta punya beberapa keunggulan, diantaranya:

1. Bayar 10 Tahun Dapat Perlindungan 20 Tahun!
Hanya bayar kontribusi 10 tahun, peserta/nasabah akan langsung mendapatkan perlindungan sampai 20 tahun. Dan jika meninggal dunia, akan keluar 100% nilai asuransinya, tapi jika meninggal karena kecelakaan akan keluar 300% nilai asuransinya (tak hanya kecelakaan kendaraan saja, tapi definisi kecelakaan dalam asuransi adalah kejadian di luar), terus jika kecelakaannya terjadi saat bulan ramadhan/2 minggu setelah lebaran, maka santunan asuransi jadi 4 kali lipat atau 400%.  Waw banget kan! Pas banget nih, udah mau bulan ramadhan, bisa banget produk ini dipilih sebagai bentuk cinta menyambut bulan penuh berkah.


2. Efisiensi Produk Digital
PRUCinta mengajak kita untuk semakin melek digital, jika peserta/nasabah mendaftar dengan paper less melalui pendaftaran e-submition, kemudian memilih menerima polis via email dalam e-Policy, serta menggunakan e-Transaction Statement untuk pengiriman laporan, serta menggunakan fitur auto debet dalam pembayaran dan tidak pernah telat bayar, maka akan ada tambahan 10% nilai tunai pada saat jatuh tempo di bulan ke 20. Untung banget kan!

3. Surplus Underwriting
Produk syariah biasanya akan ada surplus underwriting atau surplus sharing, di mana nilai klaim ada sisa (sedikit yang klaim, artinya banyak yang sehat) maka 80% akan dikembalikan ke pemegang polis, 10% untuk dana tabarru’ dan 10% nya untuk pengelola. “ini merupakan fitur yang unik juga dari PRUCinta” kata Pak Himawan Purnama, Head of Product Development Prudential Indonesia.


4. Untung Bayar Setahun!
Jika nasabah membayar dengan cara tahunan (bayar langsung satu tahun), maka nasabah akan mendapatkan free 1 tahun! Nasabah hanya membayar 11 bulan kontribusi saja. Hemat banget kan.....

5. Sekaligus berbagi Cinta dengan Wakaf
Cinta kita bisa juga tak hanya untuk keluarga, tapi teman-teman lain yang membutuhkan, untuk itu Prudential Indonesia melalu PRUCinta juga menawarkan program wakaf, tinggal melengkapi pengisian saat registrasi terkait tujuan berwakaf. Bisa Wakaf Wasiat yang dilakukan saat Santunan Asuransi dan atau Nilai Tunai dibayarkan, atau Wakaf Hidup yang dilakukan saat Manfaat Jatuh Tempo di akhir tahun ke 20 dibayarkan (berupa Nilai Tunai).


Kerennya lagi, konsep syariah Prudential itu bersifat universal, dengan tagline PRU Syariah untuk semua, maka program ini tak hanya untuk yang muslim saja, melaikan siapa saja yang ingin berbuat baik untuk sesama.

Topik asuransi memang terdengar kurang asik, bikin puisng, tapi kenyataannya kita harus mulai memikirkannya menginggat umur tak ada yang tahu, di mana manusia selalu mengejar kebahagiaan, tanpa sadar kesedihan pun terus membayangi. Kita harus bersiap, dan PRUCinta hadir sebagai pilihan.

1 comment

  1. The life insurance features give us the opportunity to determine the value of any of us in order to be confident in the future. It is an important part of our lives

    ReplyDelete