Cara Mendeteksi Kesehatan Secara Mandiri? Pakai Aplikasi Pulse Ajah!

Kalian pernah sadar enggak sih, kalau ternyata kunci dari kesehatan adalah peduli. Peduli terhadap diri sendiri, dan bukan egois namanya jika menyangkut tentang kesehatan, karena yang tahu diri kita itu kita sendiri. Dan akan menjadi pilihan pribadi dalam memikirkan mana yang baik untuk masuk ke tubuh dan pikiran. Namun, sudah sejauh mana kita peduli akan kesehatan tubuh kita? Memberikan hak dan kewajibannya? Sudahkan kalian berterima kasih kepada tubuh dan pikiran yang sudah menemani hingga saat ini?


   Saking banyaknya hoax akan info kesehatan, saya pribadi menjadi risih dan bingung untuk bertanya ke mana. Solusi terbaik, tentu langsung berinteraksi dengan ahlinya. Misalnya, saat traveling tiba-tiba pusing, atau mual, dengan indikasi awal sih biasanya salah makan. Namun, apakah benar? Solusinya apa? Tentu masih nempel di pikiran. Makanya ketika tahu ada aplikasi yang namanya PULSE by Prudential, saya langsung kepo, dan tertarik sekali. Saya pikir, aplikasi ini bisa menjadi cara pertam asaya untuk mendeteksi sebuah penyakit/gangguan secara mandiri. Biar kita lebih paham akan diri sendiri gitu....

Apa Itu Aplikasi Pulse?

Percaya atau tidak, kini semua sudah ada dalam genggaman kita, smartphone, tak terkecuali kesehatan. Dan hal tersebut nampak yang dilihat oleh Prudential dalam mengembangkan inovasi terbarunya, yang diberi nama Pulse. ‘Pulse ngertiin kamu’ adalah jargon untuk inovasi terbaru dari Prudential, yang merupakan aplikasi terpadu bagi seluruh lapisan masyrakat yang dilengkapi dengan Kecerdasan Buatan (AI) dengan menyajikan informasi real-time, mudah dijangkau, berkualitas, serta layanan yang dipersonalisasikan.

Prudential percaya bahwa mereka bisa menjadi bagian dari solusi ‘zaman now’ dalam mengatasi masalah kesehatan, dan mereka pun terus berusaha meningkatkan pelayanan, sehingga tak hanya menyediakan asuransi tapi juga menghadirkan nilai tambah dan memperluasnya secara nyaman dan mudah diakses dengan menggandeng  peran teknologi dalam peningkatan kesehatan. Untuk itu hadirlah aplikasi Pulse by Prudential yang sudah bisa di-download secara GRATIS di smartphone kita sekarang juga.


Fitur Unggulan & Kelebihan Pulse by Prudential?

Sekilas, mungkin kita akan berpikir kalau ‘aplikasi sejenis ini’ tuh sudah banyak, tapi saat beberapa waktu lalu saya mencobanya, saya merasa Pulse by Prudential lebih lengkap dan semakin user friendly. Kemudahan yang saya rasakan pertama kali, setelah download, adalah cara daftarnya yang bisa langsung melalui akun facebook atau akun gmail yang sudah ada di smartphone kita. Jadi enggak perlu ngisi ini-itu, cukup sekali tekan saja untuk daftar.

Apa aja sih fitur unggulan dari Pulse ini? Setelah sukses masuk ke aplikasi Pulse, kita akan melihat homepage yang kekinian, menurut saya, dengan background putih yang nyaman di mata dan warna-warna cerah (yang tak terlau berlebihan) untuk ikon info yang disajikan, Pulse membuktikan bahwa aplikasi ini memang didisain dengan sangat baik. Apalagi fitur-fitur unggulan, saya rasa ini bermanfaat banget! Misalnya, kalau lagi traveling terus tiba-tiba pusing, mual, atau gejala sakit lainnya, kita bisa langsung bertanya melalui aplikasi ini, dengan kata lain kita bisa mendeteksi kesehatan secara mandiri. Penasaran enggak apa saja fiturnya?


1. HEALTH CHECK
Bekerjasama dengan Babylon, yang menggunakan otak kecerdasan buatan yang meniru cara dokter bekerja, salah satunya terkait persepsi, kecerdasan buatan (AI) ini bisa memahami cara pasien untuk mengekspresikan gejala penyakitnya dengan metode Natural Language Processing yang canggih serta pembelajaran yang mendalam, kemudian bisa memberikan alasan dan membuat keputusan untuk memberikan informasi atas apa yang menimbulkan gejala penyakit tersebut.

Fitur pertama ini yang paling saya suka dari aplikasi Pulse! Di mana kita bisa melakukan deteksi kesehatan secara mandiri dengan mengenal diri kita, dan apa yang kita rasakan/alami, dengan lebih dalam, yaitu fitur Health Check (Pemeriksaan Kesehatan). Fitur ini hadir dengan tujuan mendidik pengguna terlebih dahulu untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan diri mereka atau atas gangguan yang mereka alami.


Cara kerjanya begini, jadi nantinya kita akan dihadapkan dengan serangkai pertanyaan yang harus dijawab, durasinya sekitar 15-20 menit, dengan ada 4 fokus yang ditanyakan terkait tubuh, nutrisi, aktivitas keseharian, dan suasana hati. Kita tinggal jawab, dan AI akan langsung meresponnya dan membuat kesimpulan di akhir.

Yang saya suka dari fitur ini adalah bagaimana Babylon memviasualisasikan diri pasiennya dengan Digital Twin, di mana kita bisa melihat dengan detail bagian organ dalam tubuh kita (bukan gambar aslinya ya), jadi kita tahu tepatnya di bagian mana yang harus diperhatikan. Ada akses mengulangi permintaan juga untuk update keluhan, serta fitur laporan di dalamnya yang berisi ringkasan/evaluasi kondisi kesehatan kita serta detail informasi akan hal-hal apa saja yang harus dipertahankan dan yang wajib diubah.


2. CHECK YOUR SYMPTOMS
Fitur unggulan yang satu ini juga hampir sama dengan yang di atas, bisa dibilang satu rangkaian, bedanya ini lebih pada gangguan yang kita rasakan saat itu juga, dengan respon yang sangat cepat. Masih sama dengan sistem tanya-jawab, tapi ini lebih pada obrolan/chat, kita diminta untuk masukan gejala yang kita rasakan, dan nanti akan ada pilihan. Kemudian kita tinggal jawab saja sesuai dengan keadaan yang kita rasakan. Setelah selesai, akan ada laporan berisi kemungkinan penyebab dan solusi yang ditawarkan. Oh iya, jangan aneh dan bingung ya kalau ada istilah-istilah medisnya, santai saja, karena ada penjelasannya juga kok!m Pokoknya Pulse itu ngertiin kita banget deh.


3. TALK TO A DOCTOR
Halodoc pun ikut andil dalam penguatan fungsi Pulse, di mana para penggunanya bisa langsung berinteraksi dengan para dokter yang tersedia. Fitur Bicara dengan Dokter, atau mungkin konsultasi dokter online lebih tepatnya. Kerennya, fitur ini tak hanya mendukung suara saja melainkan juga visual (video call). Prosesnya mudah sekali, kita tinggal memilih dokter umum yang telah tersedia/sedang online (ditandai dengan warna titik hijau di bawah kiri fotonya) di aplikasi, kemudian langsung konsultasi deh.

Pengajuan permintaan konsultasi pada fitur ini diimulai dengan chat gangguan apa yang kita rasakan. Kalau bisa, jelaskan dengan detail ya. Dan nantinya dokter pun akan membuat semacam summary, dengan mencatat keluhan, tips, hingga resep yang ia berikan dalam Riwayat Konsultasi. Oh iya, kerennya lagi, dokter di aplikasi ini juga akan menyebutkan waktu kapan pasien harus kembali berkonsultasi untuk update keadaan kesehatan setelah berkonsultasi dengannya.


Kemudian, ada juga fitru terbaru dari Halodoc yaitu Appointment Service, di mana kita bisa jadi priority saat ada janji berkonsultasi langsung di RS rekanan (setelah konsultasi online), dan tanpa antri. Dengan total lebih dari 20.000 dokter yang terkoneksi dengan Halodoc, melalui Pulse kita bisa berkonsultasi dengan servis 24 jam! Kerenkan....

4. PRU SERVICE
Khusus untuk layanan ini, pengguna diwajibkan untuk menjadi peserta asuransi dari Prudential terlebih dahulu, karena melalui aplikasi Pulse, nasabah terdaftar yang sakit bisa menggunakan fitur ini untuk menemukan lokasi rumah sakit terdekat yang menjadi bagian/rekanan dari Prudential Indonesia yang terintegrasi dengan Maps di smartphone kita. Plus dilengkapi dengan navigasi loh, jadi enggak bakal nyasar, hehe.

Fitur ini juga menyediakan polis asuransi yang bersifat online, namanya POLISKU yang berisi status polis, dana tertanggung, data penerima manfaat, serta manfaat dan nilai investasi. Semacam e-medical card yang bikin sisi digitalnya berasa banget. Kemudian, setelah sampai di rumah sakit, pengguna juga enggak perlu ribet-ribet ngisi data banyak dan ribet, tinggal daftar cepat dengan cara scan QR code saja, dan nasabah langsung terdaftar di RS rekanan.


Ada fitur tambahan untuk PRU Service, yaitu dalam hal Klaim Penggantian, kita tinggal pilih fitur klaim penggantian yang terdiri dari 2 kategori, untuk rawat inap dan rawat jalan, kemudian isi terkait perawatan, nama tertanggung, tanggal penggantian (harus isi semua sesuai yang dipinta) setelah semua selesai, nanti kita akan dapat Token untuk proses penggantian. Selesai deh, progresnya pun bisa kita lihat sudah sejauh mana di info klaim. Jadi statusnya jelas.

So, mudah banget kan untuk kita semakin peduli akan kesehatan! Tinggal buka aplikasi Pulse, dan tanya-tanya deh seputar kesehatan kita, dijamin dapat solusi pokoknya.

1 comment

  1. The provision of personalized services through the application can be useful for anyone who cares about his health. This makes it possible to detect even small disorders

    ReplyDelete