TAYTB Fest! Cara Asik Millenial Melek Keuangan, Passion & Dapat ‘Cuan’

Selain permasalahn kulit yang wajah menggelap, pulang traveling saya juga memikirkan soal perencanaan keuangan yang kebanyakan meleset. Entah bocornya di mana, padahal hanya nambah gantungan kunci dan tempelan kulkas di tas, haha. Saya rasa, saya butuh belajar lagi soal mengelola keuangan untuk membedakan mana yang penting dan tidak, mana yang harus di beli atau tidak, dan mana yang sebaiknya dibeli dengan cash atau kredit. Sambil menunggu waktu traveling selanjutnya, saya pikir mencari kegiatan yang membahas finansial literasi adalah langkah yang tepat!


   Sesampainya di Jakarta, kaki ini masih tak rela untuk diam begitu saja. Rasanya, tidur terus-terusan di kosan lebih lelah dibandingkan jalan jauh. Saya mulai bosan, dan seperti biasa, mengajak teman hangout dan berburu event melalui sosmed pun saya lakukan, hingga akhirnya saya menemukan salah satu event finansial seru yang sedang berlangsung di Jakarta, yaitu TAYTB Fest, yang kalau dilihat lokasinya sangatlah dekat dan mudah dijangkau, kemudian harga tiketnya pun ada promo sehingga bisa dikatakan pas di kantong.

Apa Itu TYTB Fest?

TAYTB adalah kepanjangan dari Tidak Ada Yang Tidak Bisa, sebuah semangat dan pegangan Bank OCBC NISP selama 78 tahun mereka berdiri. Dan tahun ini, TAYTB diangkat menjadi sebuah event festival yang bertujuan mengajak masyarakat, khususnya anak muda, untuk semakin peduli akan literasi keuangan yang nyatanya bisa dijadikan bekal dalam meraih aspirasi dan impian.

TAYTB Fest diadakan di The Tribrata Darmawangsa, dari tanggal 31 Oktober 2019 hingga 3 November 2019. Jujur, hal pertama yang membuat saya senang dengan acara ini adalah lokasinya, indoor, sehingga tidak ada alasan untuk lelah dan kepanasan jika berlama-lama, hehe. Dengan mengusup konsep acara kekinian, TAYTB Fest diisi oleh banyak magnet untuk para millenial datang ke acara ini, seperti spot foto yang instagramble, penampilan-penampilan keren dari banyak musisi, nonton film-film seru di rooftop, hingga kuis berhadiah motor! Cuang banget kan.


Dan yang pasti, tak lepas dari tujuan awalnya, TAYTB Fest juga punya banyak kelas-kelas inspirasi yang menghadirkan langsung tokoh nyata sebagai sebuah contoh kesuksesan melalui prinsip hidup ‘Tak Ada Yang Tak Bisa’, mulai dari para CEO, Actor, Entrepreneur, Youtuber, Comedia, Singer, Rapper, dan masih banyak profesi lainnya yang akan sharing di dalam kelas #TAYTB Fest ini. Benar-benar acara yang komplit banget untuk membuka wawasan dan relasi.

HTM dan Cara Menuju TYTB Fest?

Harga Tiket Masuk (HTM) ke #TAYTB Fest ini sebesar 108K, tapi kalo mau semakin ‘cuan’ alias beruntung, kalian bisa datang ke lokasi pakai dengan cara yang sangat saya rekomendasikan, yaitu naik MRT Jakarta.


Saya berangkat dari Depok menggunakan Commuterline, kemudian turun di Stasiun Sudirman dan akan lanjut naik MRT menuju Stasiun MRT Blok A. Saat mau naik MRT, kalian harus beli tiket yang single trip, dan saat sampai tujuan jangan di-refaund terlebih dahulu, karena TAYTB Fest punya program BUY 1 GET 1 untuk siapa saja yang datang ke acara ini menggunakan MRT, syaratanya hanya menunjukan tiket single trip saja saat membeli tiket di lokasi.


Dari Stasiun MRT Blok A, lokasi acara TAYTB Fest sangat dekat sekali, tinggal jalan kaki, dan kalau kalian takut nyasar dan malu bertanya, kalian bisa cek deh di google maps dengan titik ‘The Tribrata Dharmawangsa’. Bangunannya tinggi, megah, dan sangat mencolok, jadi gak mungkin salah deh.

Ngapain Aja Di TAYTB Fest?

Tiket sudah dibeli dan sudah melingkar di pergelangan, artinya saya sudah siap untuk explore TAYTB Fest! Ada apa aja dan bisa ngapain aja sih di sana?

Pastinya bakal dapet cuan, cuan, cuaaaannnn!

1. Main, Foto, dan Belajar Finansial di Instalasi
Instalasi yang diberi nama 88 CUAN CATS langsung menyapa saya dan pengunjung lainnya. Bisa dibilang, instalasi yang satu ini sebagai gerbang pembuka, dan yang paling bagus untuk foto. Saya tak terlalu rajin untuk menghitungnya, tapi saya rasa jumlah Manekineko Cat atau yang biasa kita kenal sebagai patung kucing keberuntungan totalnya ada 88, sesuai namanya..

88 CUAN CATS adalah instalasi yang dibuat oleh 11 ilustrator, terdiri dari Anastasia Joveta, Nadya Noor, Hynedss, Alief Hananto, Abiyassa Adiguna, Kireiazm, Stevina Peni, Chara Da Fonda, Dinda, Arian, dan Aedel. Tujuan instalasi ini di taruh di pintu masuk TAYTB Fest adalah sebagai tanda dan doa agar semua yang datang ke event TAYTB mendapatkan keberuntungan terutama dalam hal finansial. Saya pribadi merasakan auranya, seperti permainan sugesti, apalagi gerak tangan kucing yang seakan menghipnotis, saya suka sekali instalasi ini


#TAYTD Fest masih punya 8 instalasi keren yang siap untuk dijelajahi. Setelah melewati 88 CUAN CATS, para pengunjung diajak untuk ‘mengakui dosa finansial’ terlebih dahulu, untuk tahu apakah kita sadar dan mau mencari solusi atas kesalahan yang sudah kita perbuat. Saat itu saya menuliskan betapa susahnya saya untuk menolak promo cashback, dan tiket-tiket murah untuk traveling, padahal sudah banyak renacana traveling yang belum terlaksana.

Setelah paham akan dosa yang saya perbuat, saya langsung diajak untuk masuk ke ‘SECUKUPNYA TUNNEL’, sebuah lorong instalasi yang menunjukan keresahan-keresahan anak muda saat ini yang ujung-ujungnya duit. Beberapa tulisan yang ditampilkan benar-benat menyindir saya, haha. Sebagai awalan, festival ini benar-benar mengajak saya untuk berpikir apakah ‘pengeluaran-pengeluaran’ yang saya lakukan selama ini penting atau tidak.


HOUSE IN THE CLOUDS menjadi instalasi selanjutnya yang menarik perhatian saya. Sebuah rumah di atas awan yang seakan menyindir anak muda yang hanya sebatas mimpi untuk punya rumah, tapi design KPR Easy Start dari OCBC NISP ini tak bermaksud demikian, justru ingin membuka pikiran anak muda kalau memiliki rumah di usia muda sangatlah bisa terjadi melalui program KPR Easy Start Bank OCBC NISP yang memberikan cicilan awal tiap bulan yang terjangkau mulai dari 1 jutaan saja. Banyak solusi finansial yang ditawarkan dalam dunia perbankan, namun sayang tak banyak dari kita yang tahu.


Kemudian ada juga instalasi IN INSTANT WE BELIVE yang mengajak masyarakat untuk paham dan memanfaatkan sesuatu yang instan ke jalan yang positif, instalasi PEJUANG MIMPI, instalasi ELEVATED LIFE, instalasi NYALAKAN INDONESIA, dan instalasi CUAN IN WONDERLAND yang mengajak kita untuk tidak panik pada sesuatu yang berbau asing karena dunia perbankan selalu memiliki solusi yang dinamis akan hal itu.

Instalasi seru lainnya yang tak boleh dilewatkan kalau main ke TAYTB Fest adalah RICH COOL GANG, yang berisi mural-mural tingkah laku kids zaman now yang sejatinya punya sisi lain. Dan untuk melihat sisi tersebut, kita wajib menggunakan kacama mata/topeng (selayaknya berfungsi seperti kaca mata) yang disediakan sebelum masuk ke instalasi ini. Kalian wajib coba! Biar tahu tak semua yang kalian lihat (terutama di sosmed) itu benar adanya...




2. Jajan by The Beach! Yeahhhhhh...
Setelah puas keliling instalasi, dan kepala agak nyut-nyutan karena terlalu banyak fakta dan sindiran menyedihkan soal keuangan, biasanya manusia normal pasti ingin makan dan tidur. Tapi kalau tidur sebaiknya di rumah. Di TAYTB Fest ini juga menyediakan banyak jajanan enak, dan tempat makannya pun dibalut dengan konsep yang instagramble. Jadi tak hanya kenyang perut tapi juga kenyang galeri smartphone tentunya.



3. Berburu Diskonan yang Cuan Abisss!
Bisa dibilang acara ini satu gedung, jadi dari lantai bawah sampai atas pasti ada keseruan. Naik satu lantai dari tempat instalasi dan jajan, kita akan menemukan banyak HYPE MARKET yang berisi barang-barang bermerek, berfaedah, dan tentunya dengan diskon-doskon yang enggak kecil. Intinya kalau main ke TAYTB Fest ini beneran dapet cuan dari berbagai sisi deh.


4. Nonton Film-film yang ‘Ngeselin’
Ini salah satu alasan kenapa HTM 108K begitu sangat-sangat-sangat cuan bagi saya, apalagi kalau belinya pakai promo BUY 1 GET 1 dengan kartu single trip MRT. Karena selain dapat ilmu soal finansial, foto-foto bagus buat IG, para pengunjung juga bisa nonton film gratis di rooftopnya, dan film-film yang diputar bukan film-film ecek-ecek loh, ada film The Big Short, The Founder, Billionaire Boys Club, Whiplash, Love & Faith, Southpaw, Hereditary, Get Out, Sunny, La La Land, dan A Star Is Born.

5. Berburu Hadiah Langsung dan Door prize Motor!
TAYTB Fest juga mengajak para pengunjung untuk ikut seru-seruan mengumpulkan cap di Cuan Passport yang diberikan saat membeli tiket. Nantinya, jika semua cap sudah terkumpul, pemegang paspor akan mendapatkan satu kupon undian dan berkesempatan mendapatkan door prize Motor Yamaha Lexi. Tak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa mendapatkan hadiah langsung dengan membuka mendaftar/membuka/ikut program dari Bank OCBC NISP di sana. Pokoknya banyak banget cuannya deh di TAYTB Fest ini!


6. Ikutan Kelas Inspirasi dengan ‘Wujud Nyata’ Tokohnya!
Ini sih yang paling juara dari TAYTB Fest! Dan sayang banget jika melewatkannya. TAYTB Fest punya banyak banget kelas-kelas inspirasi dengan pembicara yang ‘wah’ banget, mulai dari Komedian, Artis, Atlet, CEO, Director, Founder, Journalist, Entrepreneur, Youtuber, Coch, Financial Planner, Singer, Rapper, dan profesi lainnya. Hari itu saya merasa beruntung banget bisa ikutan salah satu kelas di #TAYTB Fest, yang bertajuk ‘Nyalakan Indonesia Saatnya Mata Dunia Tertuju Ke Indonesia’, kelas tersebut membuka mata saya akan peran passion, lingkungan, dan obsesi dalam diri.

Cerita lengkap tentang kelas ini akan saya buat terpisah, alasannya tentu karena tulisan ini sudah cukup panjang, dan cerita plus ilmu dari ketiga narasumber yang ada di kelas pun panjaaaaang banget! See you!



1 comment

  1. Pngennya sih seminggu yah disana kalau bisa ada penginapan juga sekalian macam kapsul gitu hahahaha

    ReplyDelete