Semakin ‘Kekinian’, Yuks Staycation di Putri Duyung Resort Ancol!

Pagi itu saya merasa baru, seperti hidup kembali. Badan lebih segar dari biasanya. Bisa dibilang senada dengan udara yang belum tercampur polusi. Yang biasanya tak peduli dengan kontraks diafragma, saat itu saya perlahan merasakannya. Rileks sekali. Sambil mengayuh sepeda dan sesekali tersenyum, saya yakin pagi itu adalah salah satu pagi terbaik yang akan saya lewati sebelum memasuki weekend yang seru, namun cepat sekali berakhir.


   Setelah puas menikmati wisata edukatif di Sea World, Ancol seakan kembali memanggil. Rasanya seperti dejavu. Dua tahun lalu saya sempat Staycation di Putri Duyung Resort, dan rasanya senang sekali bisa kembali. Alasannya, tentu karena rasa ingin tidur nyenyak banget, istirahat yang sesungguhnya di sela padatnya kerjaan belakangan ini hehe. Apalagi, ternyata ada fasilitas yang baru di sana, yang ‘katanya’ membuat Putri Duyung Resort semakin kekinian.

Staycation saya di Putri Duyung kali ini semakin spesial dengan adanya ‘liburan ekstra’ dari beberapa unit wisata di sana, seperti Pasar Seni yang mulai hidup kembali, Atlantis yang punya wahan baru, dan Pulau Bidadari yang semakin menarik untuk disinggahi. Kalian tahu enggak kalau di sana ada benteng peninggalan Belanda? Dan ada kadal raksasa mirip komodo juga!

Cara Ke Putri Duyung Resort?

Putri Duyung Resort berada di dalam kawasan Ancol, jadi kalau mau ke sini tentunya kita harus masuk kawasan Ancol terlebih dahulu. Kalau dari Depok, kita bisa menggunakan KRL Commuterline dari Stasiun Depok Lama dan berhenti di Stasiun Jakarta Kota, kemudian naik angkutan kota M15 atau naik angkutan online dengan tujuan Pintu Barat Ancol. Cara tersebut untuk kalian yang menggunakan angkutan umum ya. Kalau menggunakan angkutan pribadi, saya rasa bisa langsung masuk tol.


Sampai di Gerbang Barat, kita bisa langsung masuk Ancol dengan HTM 25K, kemudian menunggu Bus Wara-Wiri yang akan berkeliling mengantarkan pengunjung Ancol ke destinasi wisata yang ada di sana, termasuk Putri Duyung Resort. Jika bingung, kalian bisa langsung deh tanya sopirnya.

Ngapain Aja di Putri Duyung Resort?

Sebuah arti istirahat yang sesungguhnya, adalah hal yang saya rasakan saat staycation di Putri Duyung Resort beberapa waktu lalu. Memang tak banyak perubahan yang saya lihat sejak terakhir ke sini, yang saya sadari di dalam cottagenya, mungkin cat dan kaca riasnya saja yang baru, hehe.

Saya menginap di Cottage Kepiting dengan kapasitas dua orang. Harga permalamnya sekitar 2 juta saat weekend, dan 1 juta di weekdays. Harga tersebut sudah termasuk breakfast, dinner (only weekend) dan salah satu wisata rekreasi Ancol loh, saat itu saya mendapatkan gratis tiket Atlantis Water Adventure.


Saat sampai di sana, rasanya saya ingin sekali malam segera datang. Ingin cepat-cepat menjatuhkan badan ke kasur dan menutup mata. Kalian harus tahu dan mencobanya secara langsung! Hal yang paling saya suka saat staycation di sini adalah saat malam hari, benar-benar sunyi dan membuat fokus utama saya staycation tercapai, yaitu istirahat.

Kalau lapar bagaimana? Sekedar tips saja nih, sebaiknya sebelum masuk ke wilayah Ancol kita bisa membeli/mempersiapkan snack terlebih dahulu, yang banyak kalau bisa. Atau kalau tidak mau ribet kalian bisa pesan makan online, grab food saja, karena saat ini Ancol ternyata sudah bekerjasam dengan Grab, jadi untuk pengantaran (baik grab bike, grab car, dan grab food) sopirnya akan free untuk masuk ke kawasan Ancol, asal menunjukan aplikasi yang ia miliki.


Fasilitas ‘Baru’ di Putri Duyung Resort Yang Saya Suka!

Seperti yang saya bilang di awal, Putri Duyung saat ini punya fasilitas yang membuatnya semakin kekinian, yaitu Infinity pool, kolam renang yang langsung berhadapan dengan laut. Meskipun sejak tahun 1973 Puti Duyung memang dinobatkan sebagai satu-satunya resort yang berada di tengah kota dan langsung menghadap ke laut.

Selain infinity pool, Putri Duyung sejatinya sudah punya kolam renang yang bentunya unik, cukup menarik perhatian, yaitu berbentuk kapal lengkap dengan warna dan ornamen kayu serta layar putih yang seakan siap mengajak kita berlayar. Kamar mandinya pun sekarang sudah tersedia, kalau dulu tuh mandinya harus di cottage sendiri, haha.


Fasilitas lainnya yang saya suka dari Putri Duyung Resort Ancol dan tak boleh dilewatkan adalah penyewaan sepeda. Kita yang menginap di sana bisa langsung meminjam dan mengambilnya di dekat front office/resepsionis, dan bisa langsung digunakan untuk keliling Putri Duyung, atau keliling Ancol jika sanggup, hehe. Untuk pengembaliannya sih ‘katanya’ ditinggal saja juga boleh, karena setiap sore petugas akan berkeliling untuk mengambilnya, tapi jika kalian anak baik ya sebaiknya di balikan ke tempat asalnya, okay!


Selain fasilitas yang saya suka di atas, Putri Duyung Resort juga punya banyak fasilitas dan paket acara, mulai dari acara kantor hingga acara nikahan mulai dari 30 Juta. Kalau kalian kepo dan tertarik bisa langsung cek deh di www.putriduyungresort.com yaa.

Liburan Extra di Putri Duyung Ancol!

Main Ke Pulau Bidadari!
Saya pribadi terbilang enggak bisa move on dari staycation di Putri Duyung kemarin. Selain bikin rasa lelah hilang, saya juga berkesempatan untuk main ke salah satu keluarga Pulau Seribu Jakarta, yaitu Pulau Bidadari. Untuk ke sana, kalau menginap di Putri Duyung Resort kita bisa meminta dalam paket wisata sekalian, namun kalau tidak menginap tapi ingin ke sana bisa menggunakan kapal melalui Dermaga Angke (kalau tak salah) dengan tiket 75K, atau dengan speedboad melalui Dermaga Marina dengan tiket kapal 350K, perjalanan sekitar 15-20 menit.


Luas Pulau Bidadari sekitar 6 hentar. Berpikir menjelajahnya saja membuat saya lelah, haha. Di sana ternyata juga ada 43 cottage atau kamar untuk menginap yang dikelola oleh pihak Ancol, staycation terdekat kalau mau nyebrang pulau mungkin ya. Selain itu, di sana juga ada wisata edukasinya loh, yaitu Benteng Martello yang ‘katanya’ sampai sekarang pintu masuknya belum ditemukan. Selain benteng tersebut, daya tarik pulau ini juga ada di kadal raksasa yang menetap di sana. Memang jarang terlihat, tapi jika beruntung kalian akan melihatnya dan menggap mereka mirip komodo.



Berkarya di Pasar Seni
Setelah dari Pulau Bidadari kemudian istirahat di Putri Duyung Cottage, kalau masih siang dan masih ingin melakukan aktivitas kalian harus ke Pasar Seni! saat ini sudah berubah menjadi tempat yang asik dan kekinian loh, udah banyak spot menarik untuk foto dan juga kegiatan seru setiap minggunya.


Pasar Seni Ancol bisa dibilang studionya para seniman, ada lebih dari 100 studio atau stand pameran yang ada di sini, mulai dari yang bertema hingga yang abstrak. Saat ini Pasar Seni juga membuka sebuah kelas aktivitas yang membuatnya semakin hidup, salah satunya adalah melukis di atas batang pohoh yang sudah menjadi sampah, kemudian disusun menjadi instalasi yang cukup menarik. Selain itu, kita juga bisa ikut dalam kelas tembikar, membuat prakarya dengan tanah liat. Sunggu aktivitas yang berfaedah menurut saya, meningkatkan kreativitas dan pas untuk metode pembelajaran anak.



Nyobain Wahana Baru Atlantis!
Masih belum puas dengan explore Pulau Bidadari dan kegaiatan di Pasar Seni? Tenang! Kalian juga bisa langsung menutup liburan dengan basah-basahan sambil teriak di wahana baru Atlantis yang namanya Asthatirta, astha artinya delapan dan tirta artinya air. Ini adalah wahana baru yang dibuka lebaran kemarin. Sesuai namanya, Asthatirta memiliki 8 slide dan yang paling tinggi sekitar 9 meter. Waw! Kebayang dong bagaimana seru dan menguji adrenalinnya wahan ini.


Saat saya datang, wahan ini terlihat ramai sekali, dan kalau kalian tipe orang yang enggak mau terlalu lama menunggu, kalian bisa deh cobain wahan lainnya yang juga menantang seperti Crazy Slide, Dragon Race, atau Sky Box. Kalau mau lihat keseruannya kalian bisa deh tonton vlog saya di bawah ini....



4 comments

  1. Boleh juga nih ke sini kayanya seru ya. Mas blognya slalu rapi dan enak dibaca deh.. update terus ya tulisan tentang liburan dan hotel2 hehe. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya, Kak, sudah berkunjung... semoga betah, hehe

      Delete
  2. KOK GUE GAK DIAJAKIN SIIIIIIIH! HUFT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..... lo sibuk dan hari kerja pasti gak bisakan

      Delete