I’m DONE With You, Like Kun Saraswati Said!

Hari itu adalah hari di mana kemarahan bercampur dengan rasa kecewa, dan hasilnya sangat sulit untuk saya coba sembunyikan. Jika tangan ini tak bisa berdarah mungkin sudah saya pecahkan cermin di kamar, saya tonjok, dan membuat gaduh satu rumah. Saya ingin menangis, tapi mata ini menolak. Saya ingin bercerita, tapi mencari teman bicara ketika dewasa nyatanya cukup sulit. Dan akhirnya saya memutuskan untuk mendengar, memahami dengan telinga dan hati sebuah lagu yang membuat saya tenang.


   Malam itu saya seperti terhipnotis. Tanpa sadar saya memejamkan mata dan terbuai dengan suara indahnya. Sejenak saya mencoba meyakinkan diri kalau itu buka karena sound system yang bagus, saya seakan memaksa telinga untuk bekerja lebih keras, lebih peka, sambil mata menjelajah penempatan speaker yang ternyat tak jauh dari bangku saya duduk. Saya percaya kualitas sound systemnya bagus, tapi suara sang penyanyi jauh lebih bagus.

Saya lupa bagaimana awalnya saya suka sekali dengan lagu Turning Table milik Adele, yang kemudian membuat saya rajin untuk mencari berbagai cover di YouTube. Dan bertemulah saya dengan gadis Indonesia, Kun Saraswati, dengan video covernya yang sudah diupload sejak 27 Mei 2016. Pertama, saya suka sekali dengan warna hitam putih untuk video yang ia buat. Kedua, ternyata suaranya bagus, meskipun suara musik latarnya agak sember. Perkenalan saya dengan Kun Saraswati hanya seperti itu, kemudian benar-benar tak saling kenal.

Siapa sih Kun Saraswati?

Indonesia memang tak pernah kehabisan anak mudah bertalenta, salah satunya sosok Kun Saraswati di bidang musik. Gadis kelahiran Surabaya, 9 Sptember 1998 silam ini resmi menjadi pendatang baru di belantika musik tanah air dengan single perdan berjudul ‘DONE’, yang saat ini sudah bisa dinikmati di YouTube dan platform online streaming.


Kecintaannya terhadap musik ternyata sudah diperlihatkan Kun Saraswati sejak kecil, umur 5 tahun ia suah rajin mengikuti les piano dan belajar gitar secara otodidak saat duduk di bangku SMP. Kalau saya ingat, umur segitu saya masih asik ngejar layangan, haha. Saat melihatnya tampilnya langsung di hadapan saya malam itu, saya percaya kalau usaha tak akan menghianati hasil. Meskipun saya tak mengerti soal teknik vocal yang baik, tapi saya yakin Kun sudah ada pada level tersebut.


Sambil menutup mata, pemilik nama lengkap Kun Andini Putri Saraswati seakan menghipnotis semua yang ada di dalam ruangan. Saya yakin banyak yang tak tahu lagu tersebut, karena saat itu memang belum beredar, tapi karakter vokal yang ia miliki membuat lagu tersebut sangat nyaman di telinga, easy listening banget. Dan pembawannya Kun Saraswati yang masih malu-malu membuatnya semakin menarik perhatian, kepolosan yang dibalut dengan elegan menurut saya. Dan jangan lupakan juga efek warna dress yang ia gunakan, hehe.

Sedikit Kisah di Balik Lagu DONE!

Saya mulai memahami liriknya, cukup samar, tapi melodinya jelas berkata “Move on, Now!”. Belakangan ini, saya memang sedang rajin menyalurkan emosi kekesalan, kemarahan, kebencian, kebahagiaan, kecemburuan, dan kepanikan lewat sebuah lagu, tapi sebatas mendengarkan, bukan menciptakan seperti Kun Saraswati dan orang-orang hebat dibaliknya.

Done adalah judul lagu Kun Saraswati yang ditulis ketika hujan, dengan bantuan Kak Gobin (jangan tanya siapa, saya juga enggak tahu) lirik indah lagu tersebut pun tercipta. “Take me with you” adalah kalimat pertama, pembuka jalan untuk kalimat lain menjadi sebuah lirik. 15 menit kemudian lirik tersebut jadi, meskipun masih kasar secara keseluruhan. Sebenarnya, lagu Done sudah terbentuk pada pertengahan 2016 lalu, namun secara utuh baru rampung pada bulan Agustus 2019. Cukup lama, tapi saya yakin buat Kun Saraswati hasilnya memuaskan.


Ketika sudah bisa ‘dikatakan’ sebagai lagu, Done pun diperdengarkan oleh Kakaknya Kun kepada Kak Abe dan Kak Edo selaku produser yang sukses mengorbitkan Rini dan Sherina, hasilnya mereka berdua menilai lagu Done cukup berpotensi. Dan proses finishing lagu Done pun dilakukan, mulai dari aransemen yang dibuat persisi sesuai keinginan Kun Saraswati, hingga lirik-lirik yang disempurnakan. Kun Saraswati bisa dikatakan musisi muda ketika melihat proses hadirnya lagu Done, dan Kun menaruh nyawanya di lagu ini.

Lirik Lagu DONE – Kun Saraswati

Kalian penasaran enggak sih sama karya Kun Saraswati yang membuat lagu indonesia semakin berkembang dan banyak pilihan meskipun berbahasa Inggris? Segera deh tonton video musiknya, full di bawah ini...


Bagaimana, suka enggak sama Lagu Kun Saraswati ini? Kalau saya pribadi sih suka banget, bikin tenang. Bahkan tanpa sadar mulut saya ikut bernyanyi. Saya merasakan bagaimana Kun Saraswati mengajak saya untuk berdamai dengan masa lalu, untuk melupakan yang sudah terjadi, mengikhlaskan dan belajar dari apa yang sudah terlewat. Judul lagu Kun Saraswati ini juga simple banget, langsung nempel di kepala. Untuk kalian yang mau ikut bernyanyi dan semakin meresapi lagunya bisa deh baca lirik musik Kun Saraswati berikut ini...

Verse 1
take me with you
or let me be with you
but if we knew,
i’m trynna forget you
what did i do?
i’m feeling so pale blue
this felt so true,
but how about you?

Prechorus
The sky starts raining,
but my heart keeps tracing
the storms are raging,
but my heart keeps falling

Reff
i’m clinging on to you,
just tell me it’s not true
that violets are not blue
i’m clinging on to you,
just tell me it’s not true
and there is no i love you

Verse 2
im broken in two,
im drowning in deep blue
My feelings for you,
has drowned with me too

Prechorus
The sky starts raining,
but my heart keeps tracing
the storms are raging,
but my heart keeps falling

Reff
i’m clinging on to you,
just tell me it’s not true
that violets are not blue
i’m clinging on to you,
just tell me it’s not true
and there is no i love you

Bridge
what i’m gonna do,
tell me what i’m gonna do 2x

Reff Modulation
i’m clinging on to you,
just tell me it’s not true
that violets are not blue
i’m clinging on to you,
just tell me it’s not true
and there’s no i love you

Last Outro
but if we knew,
i’m done with you

Dan, selamat bernyanyi..... Jangan lupa juga buat download/dengarkan lagu Kun Saraswati, DONE, di platform streaming kesayangan kalian ya...

Jangan lupa dukung Kun Saraswati, dan cintai juga lagu Indonesia serta lagu karya anak-anak bangsa ya...


2 comments

  1. Penasaran nih jadinya. Ulasannya menarik dan berlama-lama membacanya. Keren

    ReplyDelete
  2. Genre musiknya apa yah. Slow pop kali yak. Asli suaranya enak. .

    ReplyDelete