REVIEW RAMEN HALAL HOKBEN, OPSI LAIN MENU UNTUK BERBUKA PUASA!

Ramen HokBen! Akhirnya pertanyaan di kepala Saya selama ini terjawab. “HokBen kan identik dengan Jepang ya, tapi kok enggak ada menu Ramen?”. Dan ternyata, Saya nya saja yang ketinggalan moment penting, kalau sejak akhir tahun 2022 HokBen sudah punya menu Hoka Ramen. Maklum, tiap di HokBen fokusnya langsung ke nasinya yang enak dan salad nya yang fresh, hehe.



   HokBen memang tak pernah berhenti berinovasi, jadi wajar jika masyarakat Indonesia yang menurut Saya ‘gampang bosen’, suka sekali mampir ke Restoran Jepang No.1 di Indonesia ini. Ditambah vibes restonya yang sekarang sudah semakin modern, asik dan nyaman, lebih kekinian dengan beragam fasilitas pendukung, Saya pribadi jadi betah deh berlama-lama di HokBen. 


HOKBEN PUNYA RAMEN! Tulisan ini jelas sekali, menarik perhatian saya ketika melihat sederet menu-menu pilihan saat ingin pesan. Dan jujur, baru tahu juga sih kalau di HokBen ternyata ada menu ramen, meskipun dulu-dulu juga sempat mikir, kok Resto Jepang tidak ada menu ramen, ternyata Saya nya saja yang tertinggal info, haha. Karena penasaran, saya langsung coba deh! Kalian ada yang sudah coba?


KENAPA HARUS COBA MENU RAMEN DI HOKBEN?

Ada 5 flavor pilihan kalau kalian tertarik nyobain ramen di HokBen. Pertama lihat menunya, saya langsung berfikir, HokBen terbilang totalitas untuk penyajian rasa pada ramennya ini. Tak sekedar ‘ada’ untuk menarik perhatian atau ikut-ikutan, tapi juga memberikan opsi lain menu untuk menikmati sajian di HokBen selain paket nasinya. Btw, siapa yang setuju kalo nasi HokBen tuh terenak di dunia fast food! Angkat tangan cepat…. Soalnya bagi Saya, nasi pakai salad nya aja udah enak banget.



Okay, kembali fokus ngobrolin ramennya. Kalau kalian suka pedas, HokBen punya Spicy Ramen dengan kuah kaldu spicy, yang tentu rasanya lebih hot dari yang lain. Aromanya terbilang cukup strong dengan warna kuah yang ‘menantang’ untuk dicoba. Dalam satu bowl-nya, kalian bisa dapat mie yang chewy, irisan daging ayam casiu, jamur kuping, pakcoy, dan ni tamago yang disiram kuah kaldu spicyBikin ngiler ini sih….



Kalau tak terlalu suka pedas, kalian bisa pilih Tori Paitan Ramen. Untuk isiannya sih sama dengan yang spicy, hanya saja kuah yang digunakan tak pedas, melainkan kuah kaldu ayam yang gurih dengan aroma yang cukup harum. Eh sama satu lagi, untuk jamur kupingnya diganti sama crispy nori ya, biar pas gitu kombinasi teksturenya saat dikunyah, hehe.



Buat yang suka ke-gurih-an hakiki, dengan kuah yang lebih kental dan ada rasa manis di tiap santapan, saya sarankan kalian pilih Hokkaido Miso Ramen. Jujur dari tampilan gambar, Saya langsung jatuh cinta sama yang satu ini. Ditambah ada butter nya, jadi kuahnya tuh lebih harum dan taste-nya beda, lebih creamy. Untuk topping-nya, dia tuh ada jagungnya, dan manis, terus ada juga ayam casiu plus sayuranya yang gak hanya pakcoy tapi juga ada irisan kol nya. Sumpah sih kuahnya bikin nagih buat lidah Saya....



Atau buat kalian yang ingin mencoba sesuatu yang ‘new’ dan lagi hangat-hangatnya di HokBen, kalian bisa deh pilih yang Wafu Shoyu Ramen dengan kuah dashi nya yang mantap, plus ayam casiu, ni tamago, dan dried wakame sebagai pelengkapnya. Atau bisa juga pilih Wafu Curry Ramen dengan kuah kari yang semakin kental dan rich rasanya. Keduanya rasa paling baru untuk menu ramen Hokben, bahkan untuk yang Wafu Curry, ayam casiunya bisa kalian ganti dengan daging skydon loh.




MENU RAMEN YANG RECOMMENDED YANG MANA NIH?

Saya pribadi tertarik dan memilih Hokkaido Miso Ramen, kalian lihat sendiri penampakannya, ini tuh topping-nya (in my humble opinion ya) lebih banyak komponen dari yang lain. Meskipun rasa yang satu ini tuh sebenarnya gak baru-baru amat, bahkan terbilang rada jadul, karena ini tuh rasa dari kloter pertama saat HokBen mengeluarkan menu ramen. Tapi jujurly, kalian harus coba yang satu ini.


Kuah misonya tuh kental dengan taste gurih yang beda dari miso di tempat ramen lainnya, gak terlalu asin jadi nyaman di lidah, terus wanginya juga gak terlalu nusuk di hidung karena too much garam/lada. Dagingnya tebal, empuk, dan kalian masih bisa cium wangi smoke-nya deh, unik banget sih sumpah. Ni Tamagonya punya rasa dan teksture yang Saya suka, ¾ kematangan dengan ada rasa manis, asin, dan gurihnya juga dapat. Butter dan jagung pipilnya bikin ada rasa manis-manisnya gitu. Ini ramen enak dan ramen halal yang sangat Saya rekomendasikan deh dengan harga yang terjangkau.



Secara keseluruhan, Saya pribadi cukup merasakan experience ramen yang hampir mirip dengan resto spesialis ramen lainnya, dan menurut Saya ini bagus mengingat HokBen signature-nya bukan ramen. Dari look, ramen Hokben ini cukup menarik dengan topping yang menjanjikan. Teksture mienya juga gak terlalu lembek, jadi gak gampang putus/hancur, so mulai dari bahan, hingga proses membuat mie dan masaknya patut diapresiasi. Dan soal rasa, Saya rasa sudah cukup pas di lidah orang Indonesia, namun jika kalian suka ber-experiment, kalian bisa meraciknya sendiri dengan menambahkan cabe bubuk, minyak cabai, dan juga potongan cabe rawitnya juga. Semua disediakan secara gratis.



Oh iya, ini juga yang saya suka dari ramen di Hokben, dia tuh ada 2 pilihan ukuran, jadi kalau kalian yang memang laper banget, bisa pilih yang large, tapi kalau mau sekedar nyoba karena udah kenyang makan Paket HokBen lainnya, bisa pilih yang regular. Untuk harganya mulai dari 35K -61K yaa. Cocoklah buat opsi menu lain berbuka, secara kalau berbuka kan makan sedikit aja kenyang ya… Tapi, sepengalaman Saya sih, kemarin makan Paket Spesial plus Hokkaido Miso Ramen, rasanya pengen nambah lagi sih, haha!

No comments