Yuks Contoh eCentrix yang Semakin Aman dengan ISO 27001!


“Selamat, nomor anda terpilih sebagai pemenang undian dan berhak mendapatkan hadiah sebesar 200 juta!”


Pernah enggak sih kalian mendapatkan SMS seperti ini? Jujur, pernah ada masa saya dapat pesan tersebut terus-terusan, dan rasa kesal sekali. Terlalu PHP untuk saya yang tak mudah dibodohi. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengganti nomor telpon. Lelah banget rasanya diajak mengkhayal dapat uang puluhan juta atau mobil hingga rumah impian, haha.


Kok bisa sih dapat SMS penipuan terus-terusan? Ya, bisa! Entah bagaimana detail kerjanya tapi nomor kita pasti mudah sekali tersebar di dunia digital ini. Sebuah data yang tersebar hingga disalahgunakan, yang membuat kita menjadi target penipuan. Belum lagi kalau asal clink link-link yang masuk di smartphone, bisa jadi itu pengiriman malware dan virus yang bisa mencuri data-data kita. Hiks.


Terus kita harus apa? Dari pengalaman saya, setelah lelah dan akhirnya mengganti nomor telpon, saya lebih berhati-hati dalam mengisi atau memberikan data peribadi. Dan jika memberikan pun hanya kepada orang-orang yang saya percaya. Termasuk memberikan kepada sebuah organisasi atau perusahaan, yang secara spesifiknya saya harus tahu akan dipergunakan untuk apa data saya tersebut.


Dari segi perorangan, tentu akan mengurangi rasa kepercayaan saya, soalnya dulu pernah nomor saya dijadikan data penjamin, dan sering juga dihubungi terkait tagihan. Kesal sekali rasanya. Kalau perusahaan atau dari segi bisnis, tentu kejadian kebocoran data akan menurunkan kredibilitas dan nilai perusahaan tersebut di mata masyarakat. Yang mana perusahaan tersbeut terindikasi adanya kelalaian terhadap tanggung jawab yang mereka terima. 


Apa sih itu ISO 27001?

Untuk menjawab permasalahan di atas, kita akan berkanalan dengan ISO 27001! Kalian tahu enggak sih apa itu ISO 270001? Kalau belum tahu, artinya kalian wajib deh baca postingan blog ini sampai habis ya. 


ISO 27001 adalah sebuah standard management internasional yang diberikan terkait tata Kelola sebuah informasi, tentunya dengan tujuan melindungi keamanan serta aset-aset informasi yang ada dalam sebuah organisasi, misalnya infromasi finsial, aset intelektual, dan data karyawan hingga data pihak ketiga yang dikelola oleh sebuah organisasi/perusahaan. Dan untuk mendapatkan sertfikasi ini enggak mudah loh karena tentunya banyak aspek yang dinilai.



ISO 27001 ini juga sejalan dengan penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) sehingga tetap mencangkup aspek Kebijakan Keamanan Informasi, Organisasi Keamanan Informasi, Keamanan Sumber Daya Manusia, Pengolaan Aset, Kontrol Akses, Kriptografi, Keamanan Fisik dan Lingkungan, Kemanan Operasi, Kemanan Komunikasi, Akuisis Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Informasi, Business Continuty Management dari Informasi, dan Kepatuhan. 


Dan untuk sebuah perusahaan, mendapatkan atau memiliki sertifikasi ISO 27001 adalah wajib hukumnya menurut saya. Tak hanya soal kredibilitas di mata konsumen tapi juga demi keamanan dan keberlangsungan bisnis yang mereka jalani. Dan salah satu perusahaan yang telah mendapatkan ISO 28001 adalah PT Intelix Global Crossing dengan brandnya yang bernama eCentrix.


Semakin Aman dan Terpercaya Bersama eCentrix!

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada PT Intelix Global Crossing dengan brandnya eCentrix yang pada tanggal 9 Juni 2022 lalu resmi menerima sertifkasi ISO 27001,  sebagai bukti penerapan standar informasi terbaru dan terbaik saat ini, yang dikeluarkan oleh British Standart Institution (BSI). Semoga banyak juga nih perushaaan yang mengikuti langkah Produk eCentrix.


Dengan ISO 27001 yang telah dimiliki, sebelumnya mereka sudah punya Contact Center ISO 9001, eCentrix tak hanya memikirkan data nasabah saja, tapi juga upgrade pada SDM yang berkecimpung di dalamnya, organisasi yang mengelola data tersebut, proses pengolaannya, hingga operasional perusahaan tersebut. Jadi perlindungan data tak hanya dari segi teknologinya saja tapi juga dari manusia yang mengelolanya. Sebagai perusahaan lokal yang memaksimalkan potensi-potensi talenta dalam negeri, eCentrix terbilang membanggakan untuk saya, karena telah mengambil langkah yang tepat untuk bisnisnya. 



Untuk mendapatkan ISO 27001 ini pun PT. Intelix Global Crossing ini membutuhkan waktu 1,5 tahun, sejak pertengahan 2020 mereka mengikuti tahapan prosesnya, mulai dari pengundang konsultan, melakukan assessment, merancang action plan,eksekusi, dan mengakhirinya dengan audit dari sisi internal dan eksternal. 


Berbekal ISO 27001, eCentrix berfokus menjadi biggest company contact center and collection system yang tumbuh secara generic dengan terus meng-explore teknologi baru, serta mengikuti perkembangan zaman. eCentrix sebagai Contact Center ISO 27001 juga berharap kepada masyarakat dan lingkungan bisnis tanah air agar selalu diberi kepercayaan, dan mampu mendorong serta memperluas pasar mereka yang tak hanya di Indonesia saja tapi juga di Asia Tenggara. 

No comments