Jadi Lebih Baik di 2022? Begini caranya!

Semua berubah, dari “Semangat” menjadi “Alhamdulillah”. Kalimat awal yang lebih sering saya ucapkan tiap pagi beberapa bulan belakangan. Rasa syukur yang selalu ingin saya tanamkan di tengah pandemi yang etah sampai kapan. Dan bagi saya, tahun ini beda banget! Sumpah ya, hampir tak ada pikiran untuk membuat resolusi sama sekali, bukan hopeless tapi lebih ke “yaudahlah ya, masih hidup aja udah bagus, haha”. Namun bukan ‘Tahun Baru’ namanya kalau tak ada ‘Resolusi’, iyakan?



   Ada tiga resolusi saya untuk tahun 2022, yang saya rasa cukup berhasil membuat saya lupa akan seberapa tercapainya resolusi tahun lalu. Jika patokannya, detik ini masih bernafas, galeri foto di smartphone masih penuh dengan foto traveling, masih bisa beli ini-itu, porto saham masih ada yang hijau, maka bisa dibilang tahun 2021 saya lalui dengan sangat menyenangkan.


Lebih banyak bersyukur! Adalah resolusi pertama saya tahun ini. Berucap “Alhamdulillah” yang lebih banyak dari biasanya, mengingat masih diberi kesehatan hingga tulisan ini dibuat, merasa sangat beruntung bisa tertawa untuk hal-hal receh yang saya baca di twitter. Meskipun jujurly, resolusi pertama ini cukup berat mengingat sifat dasar manusia yang selalu membandingkan dirinya dengan orang lain. 


Cukup bagi saya untuk sibuk membandingkan diri dengan orang lain, dan fokus pada hal-hal yang sudah saya miliki. Saya sudah capek, lebih tepatnyaTak akan ada yang tertukar dan semua sudah diatur, mantra yang selalu saya ucap ketika rasa iri dan ambisus muncul, tentunya setelah berusaha ya. Ada langkah-langkah kecil juga yang saya lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih bersyukur, seperti:


  • Semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta
  • Perbanyak baca buku tentang kehidupan, atau yang membuat kita ‘bercermin’, bukan sekedar fiksi saja. Saya sangat merekomendasikan Filosofi Teras sih, hehe.
  • Luangkan waktu untuk menikmati hidup, misal mendengarkan musik atau menonton film, traveling, pergi/main ke tempat yang diinginkan (dan gak perlu nunggu ada yang ngajak, pergi aja sendiri)

Lebih banyak bergerak! Yang saya ingat, resolusi ini sepertinya ada di daftar tahun lalu. Bergerak dalam artian tak hanya berolahraga saja, tapi juga aktivitas fisik, se-simple jalan kaki mencari udara segar dan melihat sekitar. Pokoknya melawan mager deh. Fokus awalnya memang agar saya selalu sehat fisik, tapi ternyata ‘Lebih banyak bergerak’ membuat saya memiliki perasaan yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, mental lebih terjaga.



Mulai besok aja deh” rintangan yang selalu menghadang ketika saya mau eksekusi resolusi yang satu ini. Makanya saya buat babystep tersendiri agar tak terlalu berat, seperti:


  • Memilih naik transportasi umum, yang Alhamdulillah di Jakarta semua sudah terintegrasi dengan jarak yang cukup jauh, sehingga ‘memaksa’ saya untuk berjalan kaki.
  • Kemudian, lebih memilih tangga dibandingkan lift (jika hanya 1 atau 2 lantai ya…)
  • Memilih promo pick up di aplikasi pesan online, jadi saya yang nyamperin restonya (jika dekat ya), karena selain lebih murah alias banyak promo bisa jadi aktivitas fisik jalan kaki juga.
  • Olahraga di rumah dengan memanfaatkan YouTube, sudah banyak loh tutorial yang tersedia.

Lebih Bermanfaat lagi! Dan sampailah di titik di mana saya ingin sekali ‘lebih hidup dari sebelumnya’, agak klise tapi saya rasa semua orang punya sisi ini. Permasalahannya adalah, bingung mau bertindak apa dan bagaimana. Untungnya, saat bermain sosmed iklan informasi yang satu ini lewat, sponsored post dari @campaign_id dengan hastag #DonasiTanpaUang, bagaimana coba maksudnya???



Karena kepo, saya langsung mengunjungi profile-nya, dan langsung suka sama informasi yang mereka kemas dengan infografis dan konten kreatif yang ada di sana. Terus karena semakin penasaran, saya juga langsung download aplikasinya. Tak pikir panjang, saya langsung mendaftar dan explore aplikasinya. Hingga pada akhirnya, saya merasa salut sama orang-orang, komunitas, hingga organisasi yang sudah membuat gerakan di Aplikasi Campaign. Mulai dari gerakan peduli lingkungan, aktivitas sosial, peduli sesama, donor darah, membantu UMKM, dan masih banyak lagi.


Oh iya, buat kalian yang belum tahu, jadi Aplikasi Campaign #ForChange ini merupakan platform aksi sosial karya anak bangsa, di mana kita semua bisa membuat sekaligus mengajak banyak orang untuk ambil bagian dari aksi yang kita buat terkait isu-isu yang hadir di tengah masyarakat. Kita juga bisa membuka donasi dari sponsor melalui aplikasi ini, dengan catatan,  aksi-aksi yang bagikan di aplikasi ini sesuai dengan challenge yang ada dan berfokus untuk menyebarkan kebaikan. Semakin tahu dan paham dengan tujuan adanya aplikasi Campaign #ForChange inisaya semakin yakin semua bisa jadi changemakerTerus, apakah hati saya tergerak? Jelas iya! 



Tahun baru wujudkan harapan baru, seperti cocok memasuki cerita di part ini. Hati saya tergerak bersamaan dengan memori yang muncul di ingatan akan bencana erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. Dan Aplikasi Campaign membuka kesempatan untuk kita semua membantu membangun kembali harapan para terdampak hanya dengan Rp10.000 saja. Namun perlu diingat ya! Kita tak perlu mengeluarkan uang, cukup post 1 foto aksi kebaikan kita, mudah banget!


Berdonasi enggak pernah semudah ini! Rasanya, seperti main sosmed aja gitu, tapi ada nilai lebih dan pasti bermanfaat untuk banyak orang. Buat kalian yang penasaran dan mau menjadi pribadi yang lebih baik di 2022, bisa deh mulai dengan ikutan challenge di Aplikasi Campaign #ForChangeYuks download sekarang juga…. GRATIS loh….

No comments