Serunya Virtual Party Blogger Day 2021!

Sabtu pagi, kalau tak salah jam 10an. Dengan nyawa yang belum sepenuhnya terkumpul, saya langsung menyalahkan laptop. “Apa itu mandi” otak saya berkata demikian. Untungnya zoom meeting kala itu tak mewajibkan on cam, jadi rambut acak-acakan dan muka bantal biarlah saya dan tuhan saja yang tahu, hahaMba Gita Siwi mulai berkicau. Saya jadi kangen sama beliau, yang kalau ngobrol selalu heboh…. Atau lebih tepatnya, saya kangen banget sama event offline blogger….. hiks.

 

  Dari blogger untuk blogger. Kalau bisa saya lihat secara menyeluruh perayaan ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia tahun ini. BloggerDay biasa kami menyebut acara ini. Memasuki usianya yang ke-6, saya jadi ingat pertama kali kenal mereka. Ribet, adalah komentar pertama saya. “Maaf ya, Mba Wawa dan Mas Satto, heheh…”. Ya meskipun saya salah, itu bukan ribet, tapi terorganisir. Dan saya semakin melihat hal itu hingga saat ini.

 

Sabtu, 6 Maret 2021. Dengan mata yang masih merem-melek saya memaksa hadir di virtual party perayaan ulang tahun tersebut. Jujur ya, saya merasa rugi kalau gak ikutan, soalnya acara tahunan ini biasanya selain seru, materinya bagus, juga banyak hadiah! Dan benar adanya, baru masuk room saya sudah mendapatkan saldo Ovo, kan lumayan buat makan siang, haha.

 

Karena masih pandemi, ‘serba virtual’ adalah cara terbaik untuk acara ini tetap berjalan. Bagi peserta yang berada di luar Jabodetabek dan Bandung bahkan sangat bersyukur dengan konsep virtual ini, sehingga mereka bisa ikutan dan tak terbatas jarak untuk hadir. Dan terima kasih buat @kitatama.id atas terciptanya event ini.


keliatan siapa yang belum mandi...

Tema #BloggerDay2021 adalah Keluarga Jempolan, yang membuat kita ingat betapa keluarga menjadi bagian terdekat belakangan ini, karena kita dianjurkan di rumah aja. Tentunya kita makin sering ketemu dan berkumpul. Tapi mohon maaf, beda dengan saya, sebagai anak kos, ya kalau mau kumpul-kumpul harus banget mematuhi protokol kesehatan, atau paling mengandalkan zoom meeting. Sumpah, engap pakai masker terus.

 

Ngapain Aja Sih BloggerDay 2021?

Setelah Bogor, Jakarta, dan Bandung, kali ini BloggerDay mengajak saya buat ke Amerika! Tapi sebelum ke sana beneran, virtual dulu kali ya…. Bersama Kang Idfi Pancani yang saya pikir punya pintu Doraemon menjadikan BloggerDay tahun ini semakin seru dengan Virtual Family TripUntung saya gak tidur loh, Kang. Suaranya sopan banget di telinga, serasa didongengin. Dan buat kalian yang mau beneran trip beneran sama beliau, bisa langsung kepoin IGnya di @idfipancani ya…

 

Saya belum punya anak, tapi melihat beberapa blogger yang mengajak anak mereka untuk ikut virtual trip tersebut rasanya bahagia sekali. Melihat antusias mereka saat memasuki Disneyland, menikmati keindahan Air Terjun Niagara yang cipratan airnya tuh berasa di muka (soalnya saya habis curi-curi waktu buat cuci muka, ngantuk banget, haha), apalagi pas ngerasain kerennya akuarium raksasa di sana…. Wahhh, saya pribadi semakin mau banget ke USYuks semua berkata “Aamiin”

Setelah refreshing, kita lanjut ke acara berikutnya, bagi-bagi hadiah! Seperti yang saya bilang di awal, kalau acara BloggerDay selalu banjir hadiah. Kali ini dengan games Kahoot, yang ternyata juga menambah pengetahuan saya tentang Komunitas Bloggercrony Indonesia ini. 

 

“Nilai jual tertinggi suatu produk adalah ciri khas”, kata Maman Suherman, atau yang biasa kita panggil Kang Maman. Seorang penulis dan pegiat literasi. Waktu bersenang-senang nampaknya berhenti sejenak, dan saya pribadi merasa waktu untuk bercermin telah dimulai. Intinya, acara semakin serius dan berbobot



BloggerHangout, adalah sebutan untuk obrolan berfaedah dari Bloggercrony. Sejujurnya saya tak tahu betul bagaimana ritme dari kegiatan ini, kapan waktu diadakannya pun yang saya tahu biasanya di-annonce di official IG mereka @bloggercrony. Cus kalian follow deh… Dan ternyata, kehadiran Kang Maman sebagai narasumber menjadi kegiatan BloggerHangout yang ke 50. Waw!

 

Senjakala “Content Creator” adalah tema yang dipilih. Selain Kang Maman, BloggerHoungout ke 50 ini juga menghadirkan Shafiq Pontoh, yang sudah ahli dalam Medial Sosial/Provetic. Selain tema dan narasumber, moderator kala itu juga mencuri perhatian saya, yaitu Kak Helen Simarmata. Entah kenapa, saya merasa mereka asik banget ketika bertukar pikiran dan nyambung sekali.

 

“Untuk mendapatkan ciri khas itu, ada proses”, ujat Kak Helen. Saya lupa kalimat ini dalam konteks menambahkan ucapan Kang Maman, atau menyimpulkan. Yang jelas saya suka kalimat itu. Saya suka bagaimana mereka memberikan penggambaran akan dunia content creator saat ini. Bukan sekedar ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) tapi juga rasa tanggung jawab yang harus dihadirkan ketika membuat konten. 

 

Sebagai content creator, khusunya blogger, sudah sepantasnya mengalami suatu proses. Dari tidak tau menjadi tahu. Dari tidak paham menjadi paham. Dari gelap menjadi terang. Maka bertemulah kita dalam sebuah proses membuat tulisan. Meskipun saya pribadi masih pusing sendiri dengan rasa ingin tahu yang kadang hadir dengan terpaksa. Apalagi saat pandemi. Sumpah ya, diem aja tuh capek, dan melakukan kegiatan tiba-tiba jenuh. Kadang saya enggak tahu diri ini maunya apa.



Sampailah saya pada kata kunci dari perbincangan hampir 90 menit. Lebih tepatnya saya menonton, dan sesekali berusaha membuat mata ini terus melek. Yaitu ‘Teman Kolaborasi’ sebuah anggapan untuk rival hingga platform konten yang selalu mengalami perubahan. Capek kalo terus bersaing, tapi bukan berarti jiwa kompetitif kita hilangkan. Dan sangat lelah mengikuti alogaritma platform yang terus berganti, tapi bukan berarti kita menyerah.

 

#BloggerDay2021 juga membuka mata saya kalau banya teman-teman blogger yang punya usaha, mulai dari jualan gula batu kristal yang bisa kalian kepoin di @duorajistore, jasa foto produk di @katalensaku.photoworks, hingga jual pasta homemade yang bisa klian cek di @anesacooking. Gak segitu ajah! masih ada @ebigsoon_fashion_, @geraiaksesoris2, @aykoprojects, @makarame, @resepdapurayah, @dapursesukahati, @hennahijap_collection, @asiboostertea, @sreehandmate, dan @photo_cpffee_, cus kalian kepoin semua! Pokonya makasih bange tatas semua sponsor, dan BCC Squad yang membantu terciptanya acara ini…. Tak sabar buat tahun depan! Yeay….

No comments