'Resep' Bisnis Kuliner Saat Pandemi!

   


   Obrolan jarak jauh bersama William Gozali malam ini kembali membuka mata saya akan dunia bisnis kuliner di tengah pandemi. Sebenarnya seperti yang sudah saya pikirkan, tapi sebagai orang yang ‘tak terlalu ngerti’ saya lebih baik diam, hehe. Ada beberapa detail yang nempel di pikiran saya. Dan jujur, saya suka sekali konsep virtual event atau Instagram live yang dibuat oleh Homecredit Indonesia, yang membuat saya bisa mendapatkan insight tersebut.

Bisa dibilang, ini juga salah satu cara saya dalam mengisi kegiatan, amat berfaedah dan tak perlu mengeluarkan biaya. Kecuali beli kuota sih, haha. Cukup buka IG, kemudian langsung ke instagramnya Home Credit Indonesia Official di @homecreditid. Oh iya, acara virtual yang saya maksud Namanya Fun Talk #AyoMajuBersama yang hadir setiap hari Rabu malam dengan tema-tema yang menarik! Beneran aseek sih buat ditonton.

‘Resep Jagoan Bisnis Makanan’ adalah topik dari Fun Talk #AyoMajuBersama Home Credit Indonesia yang saya saksikan, dan mengundang Pemenang MasterChef Indonesia 3, William Gozali sebagai narsumnya. Kalian tahu gak!, ternyata ia sudah punya ketertarikan akan kuliner sedari kecil, saat ia tak boleh jajan sembarangan dan mulai belajar masak dari ibunya. Saya pribadi suka banget sama cerita seseorang yang punya support system yang pas

“enggak ada salahnya coba menjual produk kalian”, kata Chef Will. Namun sebelum melakukan hal itu, sebagai owner baiknya coba pikirkan “Apakah dalam seminggu kalian suka makanan yang kalian buat?”. Hal itu ia anggap sebagai salah satu indikator dalam memulai bisnis kuliner, selain memastikan semuanya bagus mulai dari bahan, proses pembuatan, hingga penjualan.


William juga memberikan ‘Resep’ usahanya di masa pandemi ini, yaitu “mengiklaskan kondisi saat ini” adalah yang pertama. Jujur sih, saya juga berpikir demikian untuk segala hal saat ini, semacam percaya akan takdir, hehe. Kedua adalah bagaimana ia memilih menu-menu masakan terbaik untuk dijual dan nge-hideterlebih dahulu menu yang kurang laku sehingga pengeluaran akan bahan terkontrol. 

Ketiga, ia juga memfokuskan pada pandangan masyarakat akan kesehatan usahanya, yaitu dengan memberikan pesan bahwa bisnis F&B yang ia punya sudah menerapkan protokol kesehatan. Penyebaran pesan tersebut bisa melalui social media. Oh iya, kalian udah tahu kan usahanya Chef Will, bisa langsung deh kalian cek di instagram @sunnyfatday! Pesen juga ya.

“Observasi juga salah satu hal yang perlu dilakukan” tambahnya. Tujuannya, tentu agar para pemilik usaha tahu sejauh mana produk tersebut berperan, mana yang ‘mungkin’ salah dalam produk/penjualan kalian jika hal yang tak diingankan terjadi. Darinya juga, saya belajar bagaimana komitment dalam usaha dan produk yang dibuat menjadi pegangan penting dalam bisnis kuliner, bukan sekedar menjual makanan yang kekinian kemudian hilang ketika sudah tak ramai lagi.


Tanpa terasa, sudah hampir 1 jam Instagram live Home Credit Indonesia bersama William Gozali berlangsung. Seru banget! topiknya sangat mengajak masyarakat untuk membuka mata untuk maju bersama. MC nya pun pintar mencairkan suasana, dan hampir semua pertanyaan penonton dijawab, jadi kayak ngobrol gitu! Ditambah ada kuis berhadiah, dan alhamdulillah saya kebagian jatah voucher belanja, hehe. Jadi enggak sabar buat Rabu depan ada topik apalagi ya…

No comments