FUNancial! Cara Seru Belajar Perencanaan Keuangan Dari Home Credit

Selain kesehatan, penampilan semakin ‘cerah’, dan traveling lebih jauh, bahkan umroh, resolusi saya di tahun 2020 adalah semakin rapi dalam mengelola keuangan. Meskipun belum ada kepikiran dan kesempatan buat kerja kantoran lagi, tapi sebagai freelancer saya yakin akan ada rezeki untuk saya menikmati hidup dan mengelolanya. Lagi pula, kesehatan dan traveling semua akan berjalan lancar dengan keuangan yang baik, bukan!


   Beruntungnya saya bisa hadir di acara FUNancial ‘Yang Kamu Mau’ bersama Home Credit, Sabtu (23/11) lalu. Tema acaranya pas banget! Smart Financial Moves to Achieve Your Goals. Baru sampai di lokasi saja, saya sudah langsung dipinta untuk menuliskan goals saya, yang membuktikan acara ini memang benar-benar serius mengajarkan para pesertanya untuk merencanakan keuangan demi mencapai goal yang telah ditentukan. Menentukan goal adalah hal pertam ayang harus kalian lakukan jika ingin melakukan perencanaan keuangan.

Ini adalah acara dengan tema keuangan pertama yang diselenggrakan oleh Home Credit Indonesia. Kalian tahu Home Credit kan? Perusahaan multifinance yang berasal dari Ceko, yang menyediakan jasa pembiayaan untuk barang-barang elektronik, smartphone, gedget, dan juga sepeda motor. Di Indonesia sendiri, Home Credit sudah ada sejak tahun 2013 sehingga bisa dibilang sebagai perusahaan yang terpercaya.

“FUNancial ini bertujuan untuk memberikan literasi kepada masyarakat yang menurut data OJK lebih dari 70% belum bisa mengelola keuangan dengan baik”, kata Mba Freya Pradita dari Home Credit. FUNancial adalah nama yang dipilih untuk memberikan gambaran bahwa acara yang mereka buat akan sangat FUN untuk para peserta belajar mengenai keuangan. Percaya atau tidak, baru juga mulai, acara ini sudah bagi-bagi hadiah! Pocer MAP yang disediakan untuk beberapa games.

Ada 2 narasumber yang akan memberikan ilmunya terkait keuangan di acara ini, yang pertama ada Mas Dipa Andika seorang financial planner yang juga merupakan Co-Founder of Hahaha Group, dan yang kedua Mba Riana Bismarak yang merupakan Founder Belowcepek.com.


Menurut Mas Dipa, ada 2 aturan penting atau hal yang harus dilakukan dalam perencanaan keuangan yaitu mencatat dan memisahkan. Mencatat seluruh pengeluaran, hingga hal terkecil, dan jangan sampai kita semua kena yang namanya ‘Latte Factor’, yaitu melupakan pengeluaran yang terlihat kecil, namun tanpa disadari hal tersebut dilakukan terus-menerus sehingga pada kenyataannya sangat besar sekali. Selanjutnya adalah memisahkan tabungan, hal ini sejatinya dilakukan jika kita punya fokus lain misalnya bisnis, keluarga, atau hobi.

Setelah 2 hal tadi dilakukan, barulah kita bisa menetapkan yang namanya presentasi keuangan. Diantaranya buat hutang (jika punya), investasi, pribadi (hobi), pengeluaran rutin (sehari-hari). Besarannya tergantung kita, karen amasing-masing individu tentu punya kepentingan yang berbeda-beda. Dana darurat juga jangan dilupakan, terlebih ketika kalian sudah berkeluarga.



Sejalan dengan Mas Dina, saya juga suka sekali pesan-pesan yang dibawa oleh Mba Riana, terlebih soal goal atau mimpi, di mana ia selalu bilang kalau “Mimpi boleh, tapi harus terukur dan kita juga harus tahu cara mewujudkannya bagaimana”, intinya boleh bermimpi asal realistis. 

No comments