Lebih Fresh, SETKAB.GO.ID Semakin Pas Buat Warga Net!

“Terus berinovasi adalah kuncinya”


   Perjalanan panjang sudah dilalui, tapi seiring perkembangan zaman, semua bisa menjadi awal yang baru, sebuah permulaan yang tanpa sadar harus dilakukan dengan sebuah inovasi. Seperti yang dilakukan Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada 11 September 2019 lalu, dengan menghadirkan wajah baru website yang lebih fresh bertajuk ‘Millenial Berwibawa’, setkab.go.id bersiap memberikan informasi dengan lebih efektif dan informatif, khususnya kepada warga net yang semakin berpikir dinamis.

Sebagai Lembaga Pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, Sekretariat Kabinet atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ‘Setkab’ terbilang punya peran ekstra dalam menyebarkan informasi terkait penyelenggaraan pemerintah. Mulai dari sumber dan penjabarannya harus menampilkan informasi yang utuh sehingga menjadi berita yang terpercaya untuk masyarakat.

Sesuai dengan tugasnya, yaitu memberikan dukungan pengelolaan management kabinet, dari segi penyebaran informasi sebenarnya Setkab sudah memiliki lama website atau portal online sebagai wadah masyarakat mengenal kegiatan pemerintah, tapi seperti yang saya bilang di awal, banyak orang berpikir semakin dinamis bahkan menuntut lebih mulai dari kecepatan situs hingga tampilan yang membuat betah atau tidak mata melihat. Seperti blog saya ini, yang sekarang sudah berganti tema, semoga kalian suka!


Untuk urusan isi konten, saya rasa Setkab lebih paham akan informasi yang mereka sajikan. Tapi mari kita berbicara soal tampilan. Sebelumnya, Setkab.go.id didominasi warna biru dan putih, dari segi warna sebenarnya saya sudah suka, tapi menggantinya dengan warna merah adalah pilihan yang tepat, bisa dikatakan sebagai ciri khas Indonesia, tapi yang mata ini rasakan warna merah lebih menarik perhatian.

Tampilan menu yang semakin kekinian dan cepat pun terasa, sekali klik langsung keluar banyak pilihan, bahkan berdampingan dengan pilihan bahasa dan kolom search di bagian atas yang juga mempermudah masyarakat mencari informasi terkait kebijakan pemerintah. Akses yang lebih untuk masyarakat dalam memberikan input terkait kinerja menteri, sehingga tak asal ‘cuap’ di sosmed tanpa mendapatkan informasi yang terpercaya.

Wajah baru atau pergantian laman muka website SETKAB.GO.ID ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan, sebuah penyempurnaan atas kerjasama Setkab dengan Bank Mandiri. Melalui website ini, Setkab ingin memberikan informasi yang utuh, bukan semata-mata hanya informasi baru, tapi juga informasi sebagai gambaran proses ‘bisnis’ kabinet yang di-manage, artinya berkaitan antara informasi yang satu dengan yang lain.

Suasana peluncuran wajah baru setkab.go.id pada 11 September 2019

Apa Yang Baru di SETKAB.GO.ID?

Sesuai dengan tema yang diangkat untuk lama terbarunya, yaitu ‘Millenial Berwibawa’, Sekretariat Kabinet Republik Indonesia mengajak masyarakat khususnya millenial untuk menjadikan setkab.go.id sebagai rujukan untuk mengakses informasi yang tepat dan terpercaya terkait kegaiatan yang ada di pemerintahan. Millenial diminta untuk menjauh dari yang namanya informasi hoax, berita yang sumbernya tak jelas.


Setidaknya ada 3 perubahan yang dilakukan Setkab dan Bank Mandiri pada setkab.go.id, yang dinilai sangat pas untuk warga net saat ini, diantaranya:
  1. Tampilan web yang lebih friendly, lebih mudah diakses, baik melalu PC ataupun smartphone. Sebagai pembaca, ini juga hal yang saya perhatikan, kadang ada web yang bagus di PC namun tidak di layar smartphone, tapi setkab.go.id cukup baik di keduanya.
  2. Website yang lebih cepat. Setkab nampaknya paham akan keluhan anak millenial yang enggak suka dengan sesuatu yang lemot, sehingga setkab.go.id juga memperbaiki sistem mereka agar tak membuang-buang waktu. Ketika kita mencari berita bisa langsungb tepat sasaran.
  3. Website yang aman, Setkab dan Bank Mandiri juga memikirkan betapa pentingnya sebiah informasi, dan mereka berjanji memberikan kontribusi sebuah web yang lebih aman, jauh dari hacked dan penyusupan informasi yang berbahaya.

Sebuah usaha sudah dilakukan Setkab dalam memberikan wadah berisi informasi-informasi terpercaya, tapi tetap kita sendiri yang menjadi hakim, yang pada akhirnya memutuskan menggerakan jempol untuk nge-clik judul yang bombastis padahal sumbernya enggak jelas. Dan kita harus sadari, kita masih punya kesempatan kedua sebelum men-share berita tersebut, pastikan dulu di website yang terpercaya! Jika berita tersebut soal pemerintahan dan kabinet, kita bisa langsung cek di SETKAB.GO.ID untuk tahu kebenarannya.

No comments