Jatuh Cinta Lagi Sama Toyota Yaris, Why Not?

Dan rasa itu hadir kembali. Saya yakin kalian pernah merasakannya, seperti jatuh cinta untuk kedua kalinya. Atau mungkin lebih. Saat diberikan waktu untuk mengenalnya kembali, rasa itu justru semakin kuat dan seakan mengajak saya untuk semakin mencari tahu lebih banyak dan dalam lagi. Rasa yang hadir untuk siapa dan apa saja, bisa benda mati dan hidup, dengan sebuah alasan yang dinamakan inovasi.


   Hari itu saya jatuh cinta lagi dengan Toyota Yaris. Saya ingat sekali, jenis mobil dari Toyota ini adalah mobil impian saya dulu, yang menemani saya ketika berkhayal, melamun di tengah kemacetan Jakarta sambil melihat ke sisi luar dan terpana akan desain mobil yang terbilang cukup unik, kecil, dan sedikit membulat, bertuliskan ‘Yaris’ di bagian belakangnya. Keren sekali saat itu. Melihat ‘Si Kecil’ Yaris di tengah-tengah mobil keluarga yang seakan membuat penuh jalan.

Kala itu saya menyebutnya Yaris sebagai “Mobil Anak Muda Banget!”, mulai dari bentuknya yang minimalis, ketersediaan warnanya yang beragam, hingga fitur-fiturnya yang semakin modern dan iklannya yang menarik banget. Namun, seiring berjalannya waktu, pemain di industri otomotif yang ‘mengincar’ anak muda semakin banyak, dan jujur saya mulai melupakan Yaris. 

Hari tu pun datang, saya saya sadar kalau saya tak melupakan Yaris, hanya menyimpannya di sudut pikiran saya, menyimpan dengan sangat rapih lebih tepatnya, dan ketika ada inovasi yang dilakukan Yaris belakangan ini, rasa itu hadir kembali....

The New Yaris, dan Segala Keunggulannya!

Hadir di hadapan publik pada 2006 silam nyatanya Toyota Yaris sudah menarik perhatian. Tak hanya bentuknya yang kecil nan futuristik sehingga cocok dengan anak muda, tapi Yaris juga punya mesin mobil yang terkenal irit dan bandel. Cocok sekali dengan kondisi jalan Ibu Kota saat itu. Kemudian Yaris semakin berkembang, dimulai dari bagian depan yang semakin modern, grill yang menyatu dengan lampu, hingga bumpernya yang semakin sporty dalam produk terbarunya Toyota New Yaris. Dan saya jatuh cinta lagi.


New Yaris mengangkat tema Sporty and Aggressive Design. Kalau saya lihat dari kejauhan memang nampak tak ada bedanya, tapi tetap keren. Dan ketika melihat lebih dekat lagi saya semakin suka dengan garis lengkung aerodinamis yang ada di badannya. Headlamps yang digunakan New Yaris juga semakin kekinian dengan teknologi yang ada saat ini.

Melalu produk terbarunya ini, Toyota nampak sangat mengerti akan kebutuhan millenial saat ini dengan menghadirkan banyak fitur-fitur entertaiment unggulan pada New Yaris, seperti HD Display, Audio Device mulai dari USB, AUX, hingga Bluetooth. Smart engine start/stop nya pun juga sudah menggunakan tombol, dan ada display untuk pengaturan Auto AC nya juga sehingga pengendara di dalamnya semakin nyaman.



Unleash Your Fun, Now!

Saya semakin mengenal New Yaris ketika mengikuti acara VIVA Talklife beberapa waktu lalu. Kala itu membahas tentang Toyota Yaris versi TRD (Toyota Racing Development) Sportivo. Dan tentunya hadir narasumber yang terpercaya, salah satunya Mas Dimas Aska perwakilan dari Toyota Astra Motor yang memberikan banyak info terkait produk terbaru Toyota ini, yang semakin mempertegas bahwa New Yaris siap tampil kencang di jalan saat ini. Namun tak hanya dari segi tampilan yang semakin kekinian saja tapi mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 CC DOHC Dual VVT-i yang semakin modern dan sanggup menghasilkan tenaga 107 dk dan torsi 14,3 kg atau setara dengan 140 Nm.

Ketika melihat bumpernya yang sporty dan kesan aerodinamis yang ditampilkan Yaris, saya berpikir mobil ini tak hanya bisa tampil di jalan raya, tapi juga di lintasan balap. Dan ternyata hal itu benar adanya, dan dipertegas oleh Mas Demas Agil Ramadani selaku pembalap andalan dari Toyota Team Indonesia (TTI) yang juga hadir di acara bertajuk VIVA Talklife Unleash Your Fun.

MC - Demas - Dimas
“Bukan nasional saja, tapi juga internasional”, kata Mas Demas. Ternyata Yaris sudah sering ikut balapan pada ajang rally dunia, bahkan di 2018 Toyota Yaris berhasil menjadi juara dunia pada World Rally Championship (WRC) dalam kategori konstruktor. Bagi Mas Demas, Yaris bukan hanya mobil ‘gaya-gayaan’ saja, tapi juga dilengkapi dengan performa yang mumpuni, dan dirasa cocok untuk kita-kita yang berjiwa muda apalagi yang suka road trip atau perjalanan jauh. Pas banget gak sih, jalanan Jakarta kan sudah semakin banyak yang bagus dan lenggang, terus akses tol ke daerah lain pun sudah tersedia. Pasti butuh banget dong mobil yang tangguh tapi tetap anak muda banget seperti New Yaris ini.

Soal keselamatan, Mas Demas juga menambahkan bahwa ini adalah sisi yang sangat diperhatikan oleh Toyota. Dan pada New Yaris, semua aman terkendali dengan 7 Airbags untuk semua penumpang yang ada di dalam mobil, teknologi Vehicle Stability Control (VSC) yang membantu saat tikungan agar tak lose control, fitur Hill-Start Asiist (HSA) saat menanjak, dan tentunya Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Braking Distribution (EDB) + Brake Assist (BA) pun tersedia. Lengkap kan!


Sporty sudah pasti, dan New Yaris juga Eco Friendly banget dengan adanya fitur mode kendaraan yang bisa disesuaikan oleh penggunannya, bisa Sporty saat jalanan lenggang, dan Eco saat berada di kemacetan yang akan menyesuaikan transmisi sehingga menjaga efisiensi bahan bakar. Saya langsung membayangkan punya mobil ini, kemudian bersenang-senang tanpa batas untuk road trip ke beberapa daerah di Indonesia.  So, fun to drive and savety tentunya.

1 comment

  1. memang sih produk dari pabrikan toyota selalu banyak menjadi primadona masyarakat indonesia dan salah satunya mobil yaris

    ReplyDelete