Asli! Wajib Ke Bali Lagi Ini sih....

10:38:00 PM


Diskusi siang itu memantapkan niat saya untuk kembali lagi ke Bali. Seminggu lebih di sana rasanya belum cukup, bahkan ceritanya pun belum saya teruskan di blog ini, hehe, masih part 1 tentang destinasi impian saya yang sudah terpenuhi.


   Asli! Sedikit nyesel sih, kenapa saya baru tahu Puku Camper siang itu. Satu dari sembilan pemenang kompetisi kreatif yang diselenggarakan oleh XL Business Solutions dalam mensupport segmen UKM di Indonesia. #AsliJago nama kompetisinya, tapi program tersebut bukan soal siapa yang paling kreatif atau hebat dalam berbisnis, lebih kepada dampak dari kreativitas yang diciptakannya, boleh out of the box tapi harus punya ruang untuk XL masuk dalam pengembangannya. #AsliJago dimulai sejak 10 Desember 2018 dan ditutup pada 31 Januari 2019 lalu, dengan lebih dari 100 peserta dan menghasilkan 9 pemenang pilihan juri.

Melalui XL Business Solutions, sebuah layanan XL yang membantu pengembangkan bisnis di bidang telekomunikasi, telah memilih 9 pemenang #AsliJago di 9 kategori yang dianggap berpengaruh dalam industri kreatif saat ini. Pertama di bisnis kuliner, ada @sushikita dari Bandung. “Sushikita bakal besar”, kata Sang owner ketika diminta menyebutkan 3 kata untuk bisnisnya siang itu.  Maharani Sabrina bersama suami ingin memperkenalkan masakan Indonesia dengan cara baru, dengan mengkolaborasikannya menjadi makanan Jepang. “Makanannya matang dan rasanya Indonesia banget”, ujarnya.


Selanjutnya ada @socialkreatif di kategori fotografi dan videografi, ada Fardi Yandi dibaliknya. Ia ingin membantu brand lokal lebih masuk ke dunia digital. Dengan memilih nama social kreatif, ia yakin bisa memanfaatkan kreativitasnya untuk menghasilkan dampak sosial yang lebih baik. Kemudian dari segmen bisnis fashion ada Angela Asriana dari @Bitsandbobs.id, yang merupakan brand lifestyle yang membuat statement bags & stationery yang merepresentasikan si penggunanya.

Di kategori eCommerce ada @kunantaid, yang memulai bisnisnya dari rasa penasarannya terhadap produk-produk yang digunakan sehari-hari, dan Moch Khoirul Anam sebagai penggagasnya membuat produk alternatif yang lebih sehat dengan kandungan-kandungan yang lebih aman untuk kulit. Kunata dalam bahasa Indonesia artinya be yourself, nama yang dipilih oleh Khoirul untuk memaksimalkan diri kita sesuai identitas masing-masing melalui bisnisnya.

Ada juga kategori Event Orgenaize yang dimennagkan oleh @lalamarket.id, sebuah event bazar baju bekas untuk mengajak kaum milenial mengikuti trend dengan berinovasi, “Bisnis itu niat, dan jangan ditahan”, kata Jasmine Ainal Muthia selaku founder. Di kategori Art ada @gulaliku, sebuah brand yang membuat barang dari kayu, uniknya, brand ini akan mengembalikannya lagi. Jadi setiap produk yang dijual sama dengan kita mendonasikan 2 pohon untuk bumi.

Untuk kategori Otomotif ada @vespapaint dengan Mas Aji Supratman sebagai penggagasnya. Kategori teknologi juga termasuk, bahkan salah satu bidang bisnis yang semakin menjanjikan saat ini, pemenangnya yaitu @prohr.id dari Gresik, dengan Mas Budi Agus Santoso di baliknya, beliau memiliki vision dalam penggunaan sistem internet.


Selanjutnya adalah kategori travel, yang semakin membuat saya ingin jalan-jalan siang itu. Ada @Pukucamper, inovasi dari Anak Agung Ngurah Gede Indra yang bakal ngasih kita kesempatan untuk explore tempat-tempat baru di Bali, “Puku Camper dibuat agar orang-orang dapat pergi sedikit jauh dari Bali Selatan, dan mencoba melihat alam lebih dekat, dan mencermati budayanya. Bukan hanya usaha semata, tapi untuk Bali yang lebih baik” ujarnya.

Terus, kenapa sih XL membuat kompetisi #AsliJago? Selain sebagai bentuk support pada segmen UKM di Indonesia,  XL juga yakin kalau program tersebut mampu membawa Indonesia ke tingkat ekonomi yang lebih baik. Sebagai salah satu operator seluler dan pemain di sektor IT, XL juga memiliki peran untuk membantu transformasi Industri 4.0 di tanah air, di mana nantinya semua hal lebih banyak menggunakan layanan digital, dan XL memberikan salah satu solusi produk untuk mendukung hal tersebut, yang juga merupakan bentuk investasi dalam pengembangan jaringan XL.

Wajib Ke Bali Kalau Ada si #AsliJago Ini!

Puku Camper! The first rental camper in Bali, yang dibuat oleh Anak Agung Ngurah Gede Indra Parameswara selaku foundernya, dirinya melihat banyak orang yang ke Bali hanya ke situ-situ saja, jadi sebagai orang Bali, ia ingin ngasih tahu kalau masih banyak lokasi di Bali yang bisa dikunjungi. Puku Camper ini yang akan membuat saya ingin explore Bali lebih jauh lagi, apalagi dengan jaringan XL yang mendukung bisnis tersebut, jaringan yang diperluas ke tempat-tempat yang lebih jauh, pelosok mungkin, dan tentunya konektifitas yang harus terus diperkuat sehingga bisnisnya juga diimbangi keinginan para traveler untuk tetap eksis di sosmed.

Puku Camper tentunya akan semakin berkembang, apalagi dengan XL Business Solutions yang menawarkan Paket XL Biz yang dilengkapi dengan Office 365 untuk membantu menjawab komunikasi bisnis tanpa batas sehingga kinerja UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dapat lebih produktif dan efisien. Pilihan harga layanan Paket Biz meliputi Rp 49 ribu untuk 5 GB, Rp 99 ribu untuk 12 GB, Rp 149 ribu untuk 20 GB, Rp 249 ribu untuk 40 GB, dan Rp 499 ribu untuk unlimited data. Pelaku bisnis tinggal pilih saja yang sesuai kebutuhan.

Anak Agung Ngurah Gede Indra
Dengan konsep camping enggak pake ribet karena Puku Camper memberikan fasilitas lengkap untuk jalan-jalan, plus kualitas jaringan yang terpercaya, membuat Puku Camper paket lengkap traveling. Oh iya, nama ‘Puku’ sendiri jika dibalik menjadi ‘Ukup’ bahasa slengean dari Bali, kata sang founder. Bisnis penyewaan van nya sudah dimulainya sejak Juni 2018, dan saat ini ada 2 van dan boleh ke seluruh Bali, untuk ratenya per 24 jam 850K sudah termasuk car insurance. Bisa sewa 12 jam loh...

You Might Also Like

0 comments