Mudahnya Berasuransi Melalui Aplikasi 9Lives

1:10:00 PM

   Saya kembali membicrakan asuransi. Entah kenapa, saya merasa asuransi semakin ke sini semakin menyenangkan untuk didekati, dan berharap juga semenyenangkan fungsi. Kali ini hadir dari sebuah kerjasama PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) dengan Startup Insurtech Korea, 9lives, yang secara resmi mengumumkan kolaborasinya dalam mengembangkan Mobile Application Asuransi yang dinilai akan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Beneran?, Bener! Saat penandatanganan kerjasama tanggal 26 November 2018, saya hadir dan langsung mencobanya.


Hal pertama yang saya lakukan tentu mendownloadnya. Gratis! Sudah tersedia di Play Store. Nama aplikasi 9Lives. Saya langsung teringat kucing siang itu, bak sembilan nyawa, dan ternyata benar kalau nama 9Lives diambil berdasarkan filosofi tersebut, dengan maksud banyak solusi yang bisa dihadirkan oleh aplikasi ini.  

Setelah selelsai mengunduh, kita akan langsung dihadapkan dengan pilihan Sign in with Google. Ini yang menurut saya unik, hadir di ponsel berbasis android, 9Lives langsung memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran, kita tinggal klik dan langsung memilih email mana yang mau digunakan. Tips dari saya, buatlah email khusus untuk asuransi atau hal sejenis lainnya sebelum mendaftar. Setelah memilih email, kita sudah masuk di aplikasi, dan resmi memiliki akun di 9Lives.

Melalui mobile application 9 Lives, Aswata sekaligus meluncurkan produk terbarunya, berupa Asuransi Kecelakaan Diri dengan cangkupan keseluruhan proses pembelian asuransi sampai pengajuan klaim semua melalui aplikasi di smartphone, melalui 9Lives. Aplikasi ini menyediakan Advance User Interface yang dapat memproses pembelian asuransi secara mudah dan user friendly. “Cukup 3 ketukan jari untuk mendapatkan perlindungan kecelakaan yang tak terduga”, kata Christian Wanandi, selaku Presiden Direktur PT Asuransi Wahana Tata.


Premi yang ditawarkan sangatlah terjangkau, mulai dari 5 ribu sampai 88 ribu per orang per tahun. Dan dalam pengajuan klaimnya, tetap bisa dilakukan meskipun kita memiliki asuransi lain, termasuk BPJS. Untuk memilih perlindungan yang kita inginkan sangatlah mudah, user friendly seperti yang dibilang tadi, tinggal jangka waktu yang diingan dan cakupan yang dibutuhkan, setelah itu akan terlihat preminya, dan jika setuju bisa langsung klik ‘Mulai’.


Masuk ke proses Pembayaran. Dan saya semakin tertarik dengan inovasi Aswata dan 9Lives ini. Pembayaran yang sangat mudah untuk pembelian karena aplikasi ini memperkenalkan pembelian asuransi yang bisa dilakukan secara satuan, jadi pengguna bisa memilih cakupan yang dibutuhkan saja, serta bisa menentukan jangka waktunya. Proses pembayaran semakin mudah karena dilakukan secara NONSTOP, di mana 9Lives menyediakan menu pembayaran dengan kartu kredit, ATM dan Debit Card, serta Go-pay. Waw! Go-Pay loh....


Proses klaimnya juga keren! Paperless. Jadi 9Lives beneran serba mobile, enggak perlu ribet dan menghasilkan sampah lagi. Aplikasi ini membuat kita bisa langsung klaim melalui ponsel dengan menyampaikan 6 informasi utama saja. Pertama, kita menyertakan rincian kecelakaan lokasi dan kronologisnya, kedua memilih jaminan, dan ketiga kita diminta untuk upload dokumen yang diminta sebagai persyaratan klaim. Keempat, pengguna diminta mengisi nomor rekening yang dimiliki untuk proses pembayaran yang nantinya akan langsung sampai ke rekening pengguna. Kelima pernyataan kebenaran. Dan terakhir, laporan klaim yang selesai diajukan. Beneran sudah selesai.

Selanjutnya tentu tinggal menunggu, hehe. Proses kalim melalui aplikasi 9Lives ini tentunya memperpendek proses klaim asuransi dan diyakini penyelesaiaan hanya memakan waktu 5 hari kerja. Dan enggak perlu panik atau takut enggak diproses, karena 9Lives juga menyediakan Menu Status Klaim, di mana kita bisa memantau sejauh mana proses klaim yang sudah kita ajukan. Dengan 9Lives, semua benar-benar hadir di genggaman!

You Might Also Like

6 comments

  1. Wahhh Aris udah langsung transaksi ya? Kudu banget ini punya, mudah ya daftarnya. Preminya itu loh lebih murah dario semangkuk bakso

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget teh, bikin berasuransi jadi gampang...

      Delete
  2. Ternyata 9Lives ini memberi kemudahan ya untuk penggunanya, karena dengan mendownload aplikasi via playstore maka kita sudah bisa mendaftarkan diri untuk membuat asuransi di Aswata. Preminya pun murah banget ini, lebih mahal jajan kopiku kayaknya.

    ReplyDelete
  3. Aris beli juga ga ini? Sering jalan-jalankan ya, beli ini, supaya perjalanan tetap tenang dan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu tenang asalkan diawali dengan berdoa, hehehe

      Delete