Kulari di Kota Bersama Combi Run 2018

2:00:00 AM

Lagu itu masih terngiang, jelas, seakan saya adalah pemeran utamanya. Pantai memanggilmu. Semakin terdengar, halusinasi semakin menjadi ketika melihat kolam yang semakin cantik di Lapangan Banteng. Saat sore, saya rasa tempat ini cocok sekali untuk melakukan banyak kegiatan, termasuk berlari dengan pakaian ‘ngantor’ dan lagu RAN yang menjadi original sountracknya. Sayangnya itu hanya terjadi di dunia saya. Jangan diikuti! Karena lari bukan hanya soal menggerakan kaki.


   Selain meningkatnya rasa bangga menjadi bagian dari Indonesia, Asian Games 2018 punya banyak dampak postif yang semakin hari kian terasa. Salah satunya hasrat untuk menjadi lebih sehat. Klise! Bahkan seperti pengaruh iklan dan resolusi tahunan yang ujung-ujungnya tak terlaksana. Untuk itu,  saya rasa kita butuh dorongan yang kuat, bahkan lebih dari sekedar peran olahraga sebagai sarana hidup sehat.

Running Competition! Rasanya solusi yang tepat untuk penggemar olahraga lari di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, orangnya pada suka berkompetisi. Loh, untuk yang bukan penggemar lari? Ya, enggak usah ikut! Carilah jalan hidup sehat yang menurut kalian cocok. Tapi jika tertarik, kalian bisa coba gabung di Indorunners, sebuah Komunitas Penggemar Olahraga Lari Independen Terbesar di Indonesia. Percaya atau enggak, lomba lari punya ‘racun’ tersendiri yang bikin kita ketagihan berlari. Dulu, pertama kali ikut itu saya hanya coba 5K, terus nagih dan nyoba 10K, masih nagih tapi saya belum berani untuk half marathon, jadi milih yang 10K lagi.

Combi Run 2018!

Berlari untuk berbagi. 21 April 2013, event lari yang digagas oleh perusahaan lokal consumer healthcare terdepan di Indonesia, Combiphar, yang dinamakan Combi Run resmi diadakan untuk pertama kalinya. Dimaksud untuk merayakan hari kartini dengan menggerakan kaki bersama 300 pelari. Dikit banget? Iya! karena Combi Run sejatinya adalah bentuk program CSR, sebuah kampanye running dalam penerapan budaya lari untuk komunitas pelari Combiphar saja.

Tapi bukan hanya sekedar lari dan menggalang dana saja. Dengan visi yang sama, Combiphar menggandeng Indorunners untuk mengadopsi pola hidup sehat, bukan hanya eksekusi lari, dengan membuat edukasi olahraga lari sebagai awalannya, yang dikenal dengan program Best Run Clinic. Seiring berjalannya waktu, kampanye ini semakin mempengaruhi karyawan Combiphar untuk terus menerapkan budaya tersebut, bahkan menjadi tantangan tersendiri untuk lebih jauh berlari. Seperti yang saya bilang tadi, racun.

Michael Wanandi
“Tahun 2018 adalah tahun yang spesial”, ujar Presiden Direktur Combiphar, Michael Wanandi. Saya setuju, untuk saya sendiri tahun ini begitu menyenangkan, mulai dari bisa ikutan Torch Relay plus Nonton OpeningCeremony Asian Games 2018, terus nonton Pertunjukan Musical Mamma Mia! yang biasa ada di West End, London. Waw! Saya bersyukur banget bisa merasakan hal tersebut.

Bagi Combiphar, sangat spesial karena di tahun ini mereka bisa sukses mengadakan kegiatan olahraga dengan sangat serius. Seperti Combiphar Tennis Open yang suskes diadakan pada pertengahan Juli lalu, sebuah ajang kompetisi tennis bertaraf internasional. Nantinya juga akan ada Combi Run 2018, dan kompetisi Golf. Combiphar juga melengkapi kebahagiaanya dengan rasa bangga menjadi bagian dari perusahaan yang ikut terlibat dalam Asian Games 2018,  7 brand dari Combiphar menjadi official supplier pesta olahraga terbesar di Asian yang ke 18.

Yastra Chatab - Michael Wanandi - Andreas Kansil
Sebagai perusahaan yang fokus pada consumer healtcare, aspirasi untuk membuat Indonesia yang semakin sehat menjadikan jargon Championing Healty Tomorrow jelas terlihat. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini kembali menghadirkan Combi Run 2018 dengan kemasan yang semakin serius dan terbuka untuk mengajak masyarakat ikut merasakan olahraga lari ‘beneran’. Seperti yang dibilang Pak Mishael, “Besar kaitannya antara kesehatan dan olahraga”, makanya semakin banyak event olahraga sebenarnya sarana sehat lebih banyak.  

Combi Run 2018, Event lari yang memasuki tahun keenam ini akan diadakan di Qbig Bumi Serpong Damai (BSD), Tanggerang Selatan, tanggal 7 Oktober 2018. Pendaftaran sudah dibuka di www.combirun.com, ada beberapa kategori yang dilombakan diantaranya Half Marathon dengan jarak tempuh 21.1 KM,  10K, 5K, dan Kids Dash (Untuk anak-anak, 5-10 tahun). Serta kategori baru, Ekiden, kategori beregu yang terdiri dari 4 orang untuk menyelesaikan jarak 20 Kilometer yang dilakukan secara estafet, di mana masing-masing pelari harus menyelesaikan jarak 5 Kilo, namun kategori ini khusus peserta pelajar dan komunitas lari saja.

Combi Run Tahun Ini, Beda!

Memasuki tahun keenam tentu hadir pertanyaan, “Apa sih yang memberdakan Combi Run tahun ini dengan tahun sebelumnya?”

Menurut Mas Andreas Kansil selaku Race Director, di Combi Run 2018 akan banyak ide-ide yang lebih menarik dari tahun sebelumnya. “Fun, aman, dan nyaman”, pasti hadir di Combi Run tahun ini. Ada kategori lari baru seperti Ekiden, yang sudah saya jelaskan di atas. Selain itu, Indorunners yang sudah terlibat sejak Combi Run ini dilaksanakan juga akan memberikan edukasi pra event untuk tahun ini. Mereka akan memberikan sebuah persiapan lari yang lebih optimal, “Seperti atlet namun lebih fun” kata Mas Yastra Chatab, Pendiri Indorunners.


Jersey ekslusif, atau baju lari yang punya perlindungan cahaya matahari, UPF 30+,  dengan bahan yang nyaman juga tak lupa hadir di event ini. Bahkan, nantinya akan disediakan water stasion yang lebih dari cukup, refreshment buah-buahan, dan medal dengan desain yang Combi banget. Sejujurnya saya kurang tahu kalau tahun-tahun lalu bagaimana, namun saat melihat baju dan kepo bentuk mendalinya, saya suka sekali, hehe.

Ini jersey untuk peserta
Fun Running Competition! Mungkin bisa disebut venet ini demikian. Bisa dibilang fun karena edukasi yang disampaikan, dan competition yang semakin terasa ketika dilintasan. Terdengar enggak baik? Saya rasa tidak! Jiwa kompetisi yang ditempatkan di jalur yang benar akan menghasilkan sebuah ambisi yang positif, dan saya rasa orang Indonesia harus mulai menyadari hal itu.

Oh iya, jadi ini jersey khusus untuk finisher half marathon.... khusus yang sampai finish!


Combi Run Academy

Combi Run Academy, adalah Program unik yang menjadi pembeda dari Combi Run tahun sebelumnya. Sebuah ajang yang dihadirkan untuk meningkatkan nilai edukasi dan kompetisi dalam kegiatan lari, perpaduan antara CSR Olahraga Combi Run dengan CSR non-Olaraga Combi Hope Healthy Living Education. Melalui Coaching Clinic kepada siswa-siswi SMA dari 15 sekolah yang sudah terdaftar pada CSR Combiphar, akan dipilih 4 peserta dari masing-masing sekolah untuk mengikuti Combi Run 2018.

Dalam coaching clinic ada beberapa kegiatan parameter seperti run, body analysis, serta running education yang menjadi bagian dari pengetahuan seputar lari yang lebih profesional. Karena ternyata, Combi Run Academy punya vision, dengan kata lain bertujuan untuk menemukan bibit-bibit baru pelari Indonesia. Tak hanya pelari, bahkan pelatih yang berasal dari guru-guru yang nantinya juga akan dipilih dalam Combi Run Academy ini.

Melalui Combi Run 2018 yang dilengkapi dengan Combi Run Academy, saya melihat sebuah komitment dari Combiphar dalam menciptakan generasi yang lebih sehat dan berprestasi melalui olahraga lari. Seperti yang saya bilang, lari bukan hanya soal menggerakan kaki, tapi bagaimana kita menggerakannya dengan baik dan benar. 

Caranya? daftar Combi Run 2018 dan ikuti Coaching Clinicnya sekarang juga!

You Might Also Like

20 comments

  1. Jadi ajang untuk siapapun pencinta lari ikuti ini. Dari sini siapa tahu lahir bibit unggul pelari masa depan.

    ReplyDelete
  2. Pengen Jersey finishernya deh.. tapi apakah aku sanggup 10k, untuk 5k aja masih ngos-ngosan huhu.. Combi Run 2018 semoga aku bisa mengkoleksi mendalimu..

    ReplyDelete
  3. Bagus yah model dan piliha jerseynya, jadi pengen. ��

    ReplyDelete
  4. Kereeeen ya jersey-nya, ada perlindungan cahaya matahari dan UPF 30 +.

    ReplyDelete
  5. Ya benar mas, lari bukan cuma menggeraklan kaki tapi bagaimana menggerakannya dgn baik dan benar

    ReplyDelete
  6. Sama, aku juga kak! Euforia ajang olahraga terbesar se-Asia masih lengket banget. Apalagi setiap kali lewatin GBK, duuh... Bangunan yg menjdi saksi sejarah perjuangan para atlet indonesia mempersembahkan hasil yg terbaik.

    ReplyDelete
  7. Ayuk, Ris, ikutan even Combi Run buktikan kamu bisa

    ReplyDelete
  8. Combi Run 2018 ini kayanya seru, ayooo Ariis kita ikutan lari juga rame-rame.

    ReplyDelete
  9. Ikutan ris??? Udah sewa pelatih pribadi kan buat ikutan?

    ReplyDelete
  10. aku penasaran konsep tahun ini, jadi pengen ikutan.. ajak aku dong maz

    ReplyDelete
  11. ajak-ajak dong kalau mau daftar ini akak. jangan sendirian aja ikutannya. biar rame sih. yuk ikutan yg 5knya...

    ReplyDelete
  12. combiphar pas banget bekerjasama dgn indorunners untuk com run, jadi event lari ini bisa ttep fun tapi ilmu olahraganya dapet juga.
    Kak Puth ayoo lari marathon, jangan lari dari kenyataan mulu.

    ReplyDelete
  13. Aku naksir kaos jersey buat cewek di acara Combi Run ini. Aku kira ini kaos biasa teryata emang di desain khusus ya mas. Beli dimana yaaa?

    ReplyDelete
  14. seru nih Combi Run 2018 melibatkan siswa2 dan guru SMA berpartisipasi dalam coaching clinic berisi materi dan praktek tentang kompetisi running di Combi Run Academy.. semoga dari sini makin banyak lahir bibit2 sportif anak bangsa yg berprestasi :)

    ReplyDelete
  15. Wiih, lari beneran dia.
    Eh kemarin dpt tiketnya juga kan ris?

    ReplyDelete
  16. Akuutuu ga pernah ikut event lari begini. Ikutan ahhhh... Siapa tahu ketemu jodoh

    ReplyDelete
  17. Aku mau jersey-nyaaaa :D
    Penasaran lomba lari yg fun kyk apa ya?
    Kyknya ikutan yang 5K asyik nih, msh ada waktu buat latihan :D

    ReplyDelete
  18. Aku suka jerseynya yang earna hitam, kece banget.. Jadi pengen ikutan combi run juga nih

    ReplyDelete