3 Modal Utama Menjadi YouTuber! Yakin Sudah Punya?

6:53:00 PM

“Aaaaaaaaaakh! Yess! Yeay!!! Alhamdulillah! Ini beneran???”

Sejujurnya saya lupa kata apa yang terucap pertama kali di pagi itu. Kebahagian terlalu menguasai. Benar-benar mood booster yang membuat saya ingin membuka laptop, mengedit video, dan memposting hasilnya di YouTube. Pemikiran yang seketika singkat, padahal tahap editing sangat menyiksa. 1016 Subscribers! Angka itu terlihat tepat di bawah nama RIYARDI ARISMAN, channel yang sudah ada sejak 16 Juni 2015 namun mati suri, dan saya hidupkan lagi di awal tahun 2017 akhirnya mencapai titik ‘aman’, yang sebenarnya saya tak tahu apa maksudnya. Yang saya tahu, saya bahagia dan siap membuat konten video lagi! Kalian wajib merasakan titik ini!



   YouTube adalah masa depan. Atau lebih tepatnya, bagi saya YouTube adalah pelarian. Jujur, pertama kali mengenal situs web video yang satu ini adalah ketika saya sangat bosan dengan acara televisi yang mulai menghilangkan acara-acara kesukaan saya. Acara musik, dan kartun terutama. Sekalinya masih ada, waktunya pas di saat saya harus beribadah atau beristirahat. Dan saat itu, saya berterima kasih sekali kepada Warnet dan guru komputer yang menjadi mak comblang saya dan YouTube.

Waktu berlalu. Untungnya saat itu harga internet masih mahal, dan sebagai pelajar saya berkewajiban membanggakan orang tua dengan nilai yang tertera di rapor, dan YouTube buka prioritas utama untuk saya menghabiskan waktu, dunia nyata masih menyenangkan dan menjanjikan. Eh, bukan berarti sekrang tidak ya, hanya soal waktu saja.  Dan bicara soal waktu, sekaranglah waktunya, di mana internet bak oksigen yang wajib dihirup smartphone kita. Dan apa jadinya kita tanpa smartphone,. Dan bagaimana kita bisa menghabiskan waktu tanpa YouTube. Iyakan millenials?

Zona Kreatif dan Sehat Bermain YouTube!


Kalian tahu tidak, kalau kalian adalah penggerak ekonomi bangsa saat ini. Atau bisa dikatakan, masa depan menyambut kalian dengan sangat terbuka. Kalian yang sangat terkoneksi dengan internet. Kalian yang bahkan sudah bisa menghasilkan uang tanpa perlu kantor atau pakaian bagus dan rapih. Kalian yang berada di mana saja. Kalian yang ‘mungkin’ punya ‘nilai jelek’ di rapor. Kalian yang sadar akan kesempatan. Dan, kalian yang berpikir ‘kalianlah bagian dari masa depan’.

Sayangnya, kalian adalah orang yang moody. Dan saya salah satunya, sehingga selanjutnya penggunaan kata ‘kalian’ akan berubah menjadi ‘kita, okay. Kita adalah mahluk yang susasana hatinya tidak terduga. Yang membedakan, ada yang bisa mengontrolnya dan ada yang tidak bisa. Sifat tersebut yang membuat kita butuh motivator, sesuatu yang memberikan motivasi untuk kita ‘setidaknya’ bergerak. Dan yang paling cepat untuk saat ini, sesuai pengalaman saya, adalah uang. Benar enggak sih?

PT. Megasurya Mas, selaku produsen sabun dalam negeri melihat hal ini sebagai peluang tersendiri. Sisi bisnis tentu ada, tapi saat berkesempatan hadir di acara peluncuran digital campaign untuk ketiga produk terbarunya, yang tak hanya dihadiri media dan blogger tapi juga anak muda dari berbagai sekolah di Jakarta, saya melihat hal lain. Atusias anak muda yang senang mengekspresikan dirinya, tapi ‘kurang konsisten’ dan percaya diri untuk memperbesar peluang. Tahu dari mana? Jadi, di acara tersebut ada kontes IG dan Vlog, namun banyak yang sudah berpenampilan menarik dengan baju dan dandanan total, namun tak ‘menampakan’ dirinya, kan sayang sekali.

Ramai banget saat itu! aku merasa tua, hehehe
Ya, mungkin mereka orang yang down to earth? Ya, boleh, sifat yang terpuji. Tapi saat datang ke acara tersebut, tentunya mereka sudah tahu itu acara apa, temanya apa, dan tujuan datang buat apa. Sharing Happines, sharing santai berbagi ilmu dan kebahagiaan. Tema yang diangkat, menurut saya, juga on fire banget, kekinian dan pas untuk millenials saat ini, yaitu Rahasia Konten Vlog Eksis dan Berpenghasilan. Dalam hal ini, PT. Megasurya Mas terlihat jelas ingin mengajak anak-anak muda yang hadir untuk berani mengambil kesempatan dan mengekspresikan dirinya agar berani memposisikan dirinya sebagai inspirasi bagi anak muda lain, untuk lebih bersemangat, aktif bergerak, dan berkarya. Dan saat ini, masa depan, masa di mana mengekspresikan diri adalah hal yang paling menyenangkan.

“Ini zamannya content creator. Dan vlog adalah salah satu cara positif untuk anak muda berkarya”, kata Bapak Novendy Strategic Digital Campaign PT Megasurya Mas di acara tersebut. Well, saya setuju, tapi mungkin bisa saya perbaiki, tak hanya anak muda saja tapi orang dewasa, semua orang, asalkan punya ‘modal jadi YouTuber’ boleh berkarya di YouTube. Yang menghawatirkan adalah bagaimana penggunaannya. Awas hoax! Ketika kita terjun ke dunia maya, berhadapan dengan YouTube dan menggunakan internet. Padahal, semua kembali pada diri masing-masing, bagaimana kita mengontrol jari-jari dan berpikir lebih dari sekedar pengguna internet.  

Yap! resmi hadir nih, portal web kekinian dari PT Megasurya Mas, bisa kalian cek langsung di www.healtyzona.com
Melalui digital web www.healthyzona.com, PT. Megasurya Mas juga ingin mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk tahu sesuatu yang ‘sehat dan benar’ akan perkembangan teknologi saat ini. Tentang kesehatan, terutama, yang kadang simpang-siur kalau mencari infonya di google. Melalui tips and trik memperbaiki mood, dan info-info menarik yang relevan dengan zaman now dan anak millenials hadir di web tersebut, tentunya perusahaan sabun ini ingin mengajak anak muda kreatif berkomunikasi, dan memberikan sesuatu yang bermanfaat. Healthy Zona sebagai penggerak anak muda untuk mulai berkarya.

3 Modal Utama Menjadi YouTuber!

#SahringHappines, hastag tersebut sudah ramai di dunia maya, dan jejaknya masih ada! Cek deh.... Dan yang namanya sharing, tentu ada narasumber yang siap berbagi ilmunya. Saya semakin merasa beruntung hadir di acara tersebut. Ada Stella Cornelia, Fendy Chow, dan Kyra Nayda yang siap membagi ilmu siang itu. Dan, percaya atau tidak, saya seperti berkaca ketika mereka memberikan tips-tips menjadi YouTuber, dan merasa lebih termotivasi ketika sampai ditahap perbincangan pundi-pundi rupiah. Siapa coba yang enggak mau punya penghasilan tiga digit tiap bulannya?

Niat!
Hal pertama yang harus kita miliki ketika ingin menjadi seorang YouTuber adalah NIAT! Beneran niat! Sehingga kita mau melakukan apapun, yang postif tentunya. Jadi ingat pertama kali saya memantapkan diri untuk buat vlog, saya memilih perjalanan ke Lampung awal tahun 2017 lalu karena hal itu terjadi, dan memilih merekam jejak cara makan khas lampung, nyeruit namanya, yang saya buat tanpa editing. Saya bangga sekali menguploadnya kala itu, karen asaya yakin video tersebut saya buat dengan tujuan memberikan informasi. Ada kebanggan tersendiri ketika kata ‘Publish’ terlihat di channel YouTube kita.


Kalau niat, semesta seakan memberikan banyak ide, itu yang saya tangkap. Dan benar adanya, persis seperti pendapat Stella Cornelia, menurutnya hal yang paling gampang dalam membuat konten di YouTube adalah daily vlog, yaitu rekaman kegiatan kita sehari-hari. Tentu, enggak semua orang berpikir kalau hal itu penting, tapi NIAT yang kita miliki untuk menjadi seorang YouTuber akan membawa kita pada sebuah tujuan terjun ke dunia YouTube. Tiap orang punya kepala yang berbeda, sehingga kita enggak pernah tahu apa yang mereka pikirkan. Jika niat? Lakukan! Maka tahap pertama menjadi YouTuber sudah kalian lewati. Urusan yang nonton sedikit atau banyak, dapat penghasilan atau tidak, saya rasa akan terjadi jika kalian punya kedua modal selanjutnya.

Niat erat kaitannya dengan mood, seperti yang saya sebutkan tadi, manusia masa kini itu moody-an. Dan Stella punya tips yang saya sering gunakan juga! Cara yang tepat membangkitkan mood ketika mencari ide dan berhadapan dengan rasa malas saat ingin membuat konten video, yaitu mandi. Tapi, bukan sembarang mandi, tentu mandi yang berfaedah untuk pikiran dan kulit kita, mandi dengan Sabun Harmoni yang mengandung ekstrak buah,  moisturizer,  dan aloevera.


“Mandi dengan sabun harmoni membuat mood jadi OK, kulit juga semakin sehat”, Tegas Stella. Setelah mandi, dirinya menjadi fresh lagi dan ide-ide baru bermunculan. Untuk saya pribadi, mandi memang menjadi solusi terbaik saat mumet datang, pusing dengan editing video, dan ketika mandi ide-ide tersbeut datang. Ajaib sekali memang kegiatan tersebut, coba deh. Mandi dengan Sabun Harmoni bak refleksi, kulit dan pikira seperti dicharge nutrisi. Dan setelah mandi dengan sbaun harmoni, kalian bisa lanjut melakukan tips-tips yang diberikan stela untuk membuat konten daily vlog yang bagus!

  • Tentukan passion kalian! Minatnya mau apa? Lifestyle, kuliuner, traveling, beauty, atay gaming. Caranya? lihat aja keseharian kalian bagaimana, sukanya ngapain aja? Makan? Main games? Dandan?
  • Nait tergantung pada mood! Tapi niat akan membawa kita berhadapat dengan fokus. Ingat, fokus. Fokus mengajak kita untuk tak peduli dengan komen jelek yang tak membangun. Ingat kata Syahrini, haters is true lover.
  • Selalu up date! Ini yang baru saya lakukan belakangan ini. Saya sadar, ketika sutu pagi saya kaget dengan lonjakan subscriber, 1016 subsciber pagi itu, dan melihat kolom komentar di video LRT begitu ramai, tentu karena ada perdebatan komen tentang presiden, hal yang lagi on fire. Dan saya masih merasakan dampak positifnya. Intinya, cari berita yang ‘panas’ dan coba singgung sedikit di vlog yang kalian buat, tapi saran saya untuk permulaan terjun ke dunia YouTube sebaiknya jangan, karena takut menghilangkan orisinalitas yang ingin kalian buat.
  • Gunakan pakaian yang 'menunjang' dan ekpresi yang ceria saat ngevlog. Dan buat vlog sekreatif mungkin.


Percaya Diri!
Modal selanjutnya adalah percaya diri, yang membuat kita mampu merealisasikan niat yang sudah kita punya.  Seperti yang dilakukan Fendy Chow yang sudah tak malu lagi membawa kamera ke mana-mana, bahkan ke ruang publik sekalipun. “YouTube itu hal baru yang mennatang banget”, katanya. Bener banget! saya ingat waktu membuat vlog di sebuah acara di mal, saya ngomong sendiri di depan kamera, dan semua orang ngeliatin, malu banget, tapi dengan niat yang saya punya, saya yakin, dan saya percaya diri melakukan hal itu. Gini deh, buat diri kalian serasa artis. Ini hidup saya dan saya hanya punya kesempatan sekali, bahagia adalah hal yang wajib saya lakukan. Moto saya ketika membuat vlog hingga saat ini.

Seberapa penting sih tools, menurut kalian?
Yang perlu diingat, percaya diri enggak boleh sembarangan. Tips dari Fendy untuk percaya diri kalau mau buat vlog yaitu jangan pernah takut salah, jadilah dirimu sendiri, dan terus belajar. Dalam sesi ini, saya belajar satu hal yaitu ketika menjadi diri sendiri kita harus menghargai dan memikirkan tubuh kita, menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak bau badan yang nantinya akan berpengaruh terhadap orang sekitar. Badan yang wangi, sehat, akan membuat orang di sekitar senang dan welcome kepada kita. Fendy memilih salah satu produk terbaru PT. Megasurya Mas, yaitu Sabun Medicare.


Sabun Medicare, adalah sabun kesehatan yang sudah teruji dan mengandung Zebact100 yang mampu memproteksi kulit dari bakteri penyebab masalah penyakit bau badan. Untu lelaki, atau orang yang suka membuat vlog aktivitas oudoor seperti traveling atau olahraga, sabun ini sangat dianjurkan karena mampu memproteksi kulit kita terhadap banteri, sehingga kulit tetap sehat dan fresh, enggak bau badan tentunya. Krennya lagi, sabun medicare punya 28 gambar dari total 5 varian yang bisa kita temukan di supermarket saat ini, packaging yang kekinian dengan ilustrasi gambar yang membuat produk ini ‘zaman now’ banget.

Kalau sudah percaya diri, perlengkapan vlog penting gak? Penting! Penting banget! Tapi sejauh mana kita bisa konsisten dengan perlengkapan tersebut? Jadi, saran dari Fendy Chow adalah “Mulai aja dulu” karena proses itu pasti ada. Dan, yang harus dimaksimalkan bukan tools, tapi keunikan yang kita miliki, itu yang harus dijadikan kelebihan. Percaya enggak, semakin unik semakin menarik perhatian, dan semkain mudah sebuah brand ngajak kalian kerjasama......


Berkarakter!
Branding yang tepat membawa saya nyaman mendengar ucapan “Tiga digit per bulan” dari mulut Kyra Nadya. Rasanya nyaman banget, seperti mandi pakai Sabun Lervia, aromanya harum dan membuat kulit lembut setelahnya, hehe.

Hal instan, ini yang mungkin terdengar salah tapi wajar untuk diketahui banyak orang. YouTube memberikan ruang untuk anak muda, bahkan semua orang yang kreatif menjadi penggerak ekonomi untuk diirnya sendiri. Dan berkarakter adalah modal selanjutnya setelah niat dan percaya diri yang membuat channel YouTube kita ‘menjual’.  


Tipsnya yang diutarakan Kyra sebenarnya sama dengan narasumber lainnya, namun karakter adalah hal yang iya fokuskan, yang ia ajarkan kepada audiance siang itu agar mereka juga mampu menentukan target penontonnya. Sama seperti ketika kita berbicara tentang passion dan minat, Kyra mengimplementasikan hal itu dengan karakter yang ia miliki, dengan mengambil kesempatan yang sejatinya terbuka luas dan menjalin kesempatan tersebut dengan pihak yang tepat. Berkarakter bukan hanya soal unik, tapi memiliki sebuah prinsip.

Artinya jika kita berkarakter, dan kemudian dilirik oleh sebuah brand, kita harus lihat dulu brand tersebut seperti apa. Seperti yang Kyra lakukan, memutuskan bekerjasama dengan PT. Megasurya Mas untuk produk Sabun Lervia bukan semata-mata karena uang saja tapi juga karena produknya memang sudah teruji dan terpercaya, serta terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ada 3 varian Shower Cream, plus Avocado, Honey, dan Rose Extract
Dan saya rasa, Kyra memilih pilihan yang tepat sih, karena Sabun Lervia ini terbuat dari ekstrak susu kambing yang mengandung banyak anti-oksidan dan nutrisi seperti protein, laktosa, moisturaizer, dan kandungan Alpha-Hydroxy-Acid (AHA) yang mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenari kulit, bermanfaat melembutkan dan menutrisi kulit. Btw, saya juga pakai sih produk yang ini, harumnya itu loh... duhhh....

Selain yang cair, Sabun Lervia juga ada bentuk padatnya, dengan 4 varian, Milk, Avocado, Honey, dan Rose Extract
So! Menurut saya, ketiga hal di atas adalah modal utama jika ingin menjadi seorang YouTuber. Selebihnya, mungkin menjadi proses lanjutan dari bagaimana kita konsisten di dunia content creator YouTube. Belajar dari orang lain juga perlu, seperti saya yang belajar banyak dari channelnya Agung Hapsah, atau YouTuber lainnya. Kalau kalian, punya tips atau pandangan lain kah untuk dunia YouTube saat ini? Sharing di kolom komentar ya....

You Might Also Like

2 comments

  1. Konsisten dan nggak moody. Ini nyentil saya banget! Punya ide cakep ini itu, giliran eksekusi, nggak terjaga moodnya. Mana bisa metik suksesnya ya kalau kayak gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kak, aku udah bikin skenario malah kadang-kadang, eh pas take videonya semua buyarrr, huhu

      Delete