Jawa Barat Siap Menyambut Asian games 2018

7:11:00 PM

Semakin gak sabar menanti datangnya tanggal 18. Angka cantik, kalau diperhatikan kombinasi angka 1 dan 8 ini. Tanggal 18 bulan 8 tahun 2018, dan event akbar yang ke-18 pula, tentunya membuat Asian Games tahun ini menjadi lebih spesial bagi Indonesia sebagai tuan rumah untuk yang kedua kalinya. Saya tak sabar menantikan tanggal tersebut!




   Asian Games 2018 memilih Jakarta dan Palembang untuk menjadi dua kota yang menyediakan venue terbanyak. Namun tetap, semangat nusantara dari Sabang sampai Merauke hadir untuk menyempurnakan Energy of Asia di bumi pertiwi ini. Jawa Barat adalah salah satunya, provinsi tempat saya bernaung ini siap dilintasi rombongan api abadi yang dimulai tanggal 10 Agustus mendatang, mulai dari Purwakarta, Bandung, Garut, Cianjur, hingga Bogor. Sejujurnya saya berharap Depok juga dilintasi, hehe.

Mungkin dari kalian banyak yang tak tahu kalau Jawa Barat memiliki pengaruh yang cukup besar dalam ajang ini, salah satunya fakta yang menyebutkan kalau Jawa Barat adalah daerah yang mengirimkan atlet paling banyak. Dan sembilan lokasi untuk lima cabang olahraga ada Jawa Barat, termasuk olahraga favorit seperti sepak bola putra yang akan digelar di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Selain itu, Jawa Barat juga menjadi tuan rumah untuk cabang olahraga (cabor) lainnya seperti paralayang/paragliding diadakan di Gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, dan balap sepeda di Subang. Who’s excited?

Sebagai warga Depok, yang menjadi bagian dari Jawa Barat, tentu ada rasa kebanggaan tersendiri melihat prestasi yang ditorehkan menjelang pesta olahraga terbesar di Asia ini. Awalnya saya tak tahu akan hal ini, tapi media sosial membuka mata saya, bisa dibilang pemanfaatan media sosial yang tepat melalui akun instagram @dukungbersama. Banyak informasi penting yang dikemas secara menarik di sana, mulai dari venue hingga atlet yang akan bertanding.

Salah satunya Terry Kusumawardani, atlet judo yang sukses membawa emas pada PON ke-19 di Bandung, serta mendali perak pada SEA Games 2011 dan perunggu pada SEA Gmaes 2013. Dan kita lihat bagaimana penampilannya atlet yang ternyata juga berkerja sebagai Bintara Tes Kesegaran Jasmani (Batesgarjas) di Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) yang berada di Baros, Cimahi, Bandung untuk ajang Asian Games tahun ini.

Sumber: IG @dukungbersama

Asian Games 2018 ini tentunya juga punya banyak manfaat, apalagi melihat banyaknya yang terlibat di dalamnya. 45 negara, 17.145 atlet dan official, 7.000 media, 30.000 volunters dan workforces, dan 5 Milyar penotnon dari seluruh dunia ditargetkan menikmati pesta ini, tentunya ada dampak dari berbagai hal. Menjadi daya tarik wisatawan salah satunya, dan yang paling mencolok adalah sarana olahraga yang baru, lebih canggih dan keren, dan wajib diurus setelahnya.

Dari segi perekonomian apalagi, dipastikan investasi untuk tuan rumah khususnya akan naik, Jawa Barat juga termasuk, meskipun yang paling pesat dan mencolok memang Jakarta dan Palembang.  Penambahan aktivitas ekonomi serta kunjungan wisatawan menjadi faktor utamanya, hal ini tentunya membuat banyak lapangan pekerjaan baru dan pelatihan mental dan keahlian bagi para volunter. Dari Asian Games juga saya melihat betapa semakin besarnya Indonesia, dunia nyata dan dunia maya ramai membicarakan event ini, semakin menyuarakan kebudayaan, keunikan, antusias, dan betapa bangganya kita menjadi bagian dari Indonesia. Saya semakin gak sabar melihat para atlet berlaga di ajang ini, kamu?

You Might Also Like

11 comments

  1. kalau soal penymbang jumlah atlet Jawa Barat memang sudah ga diragaukan lagi mas, super buanyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa, kita semua kudu semangat dukung Asian Games yak

      Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

      Delete
  2. geulis geulis mah jago Judo yah, semoga bisa membawa emas lagi untuk Jawa Barat

    ReplyDelete
  3. Saya juga gak sabar. Pengen segera tanggal 18 Agustus.

    ReplyDelete
  4. Wow.. Masyarakat di Jawa Barat pun gak mau ketinggalan ya siap mendukung dan mensukseskan Aaian Games..

    ReplyDelete
  5. Semua siap mendukung Asian Games, teelebte Jawa Barat, provinsi penyangga ya.
    Semoga Asian Games sukses

    ReplyDelete
  6. Wah ditargetkan 5 milyar penonton daris eluruh dunia datang ke Asian Games? Gilaa keren banget

    ReplyDelete
  7. Keren ya Jawa Barat, kita dukung penuh deh biar semua berjalan lancar

    ReplyDelete
  8. Sdh pasti ya dr segi perekonomian ikut terdongkrak. Moga2 penyelenggaraan Asian Games 2018 aman, lancar, gk ada rusuh aamiin

    ReplyDelete
  9. Asian Games di Indonesia, yang kedua kali akan mencetak sejarah.
    Semoga atlit kita bisa berlaga dengan baik, dan bisa mendapatkan juara.

    ReplyDelete