Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Realcom

4:10:00 PM

“Realcom akan bayar pajak di Indonesia, meskipun nantinya kemungkinan akan banyak iklan dari luar” ujarnya mengawali pembicaraan kami pagi itu.“Percaya diri sekali beliau, topik yang menarik” bisa dibilang ia berhasil mengawal saya untuk masuk dalam ruang utama perbincangan. Pun dengan nama yang kebarat-baratan, tapi ternyata Realcom adalah aplikasi buatan Indonesia, asli 100%, dengan tim keseluruhan ‘pribumi’ dari lulusan universitas ternama dalam negeri, tapi kualitas dan pengalamannya ‘bersaing’ tentunya. Sesuai taglinenya, ‘Dari Indonesia Untuk Dunia’.


   Pernah gak sih kalian bingung untuk mencari guru atau setidaknya orang yang ahli dengan bidang kesukaan yang kalian ingin fokuskan? Atau, pernah gak kepikiran untuk berbagi ilmu atau keahlian yang kalian miliki, tapi diluar dari pelajaran sekolah, misalnya ngeblog, ngevlog, atau kegiatan seni dan olahraga yang ‘kekinian’ gitu? Jika, “Iya” maka kalian wajib untuk gabung bersama Realcom demi meningkatkan kualitas yang kalian miliki, karena setahu saya, jika ilmu tak dibagi itu sayang banget dan jika kemampuan tak terus diasah akan hilang, hiks.

Realcom bukanlah sebuah kepanjangan, tapi memang nama yang dipilih demikian agar pas dengan misi mereka “Dari Indonesia untuk Dunia”, bisa dibilang seperti artis yang akan go internasional. Ini adalah sebuah aplikasi pendidikan, belajar dan mengajar, mempertemukan guru dan murid, mempermudah menambah pengetahuan, dan memaksimalkan fungsi ‘guru’, hingga menambah uang jajan.

“Kita ingin menciptakan sebuah komunitas, di mana semua orang, baik guru, murid, pelatih, sekolah, universitas, dan para profesional lainnya menjadi lebih bermanfaat dalam sebuah forum bersama” kata Pak Risada Wijaya selaku CEO Realcom. Dirinya yakin kalau aplikasi buatan timnya ini bisa cocok dengan habit zaman now, tak perlu bertempur dengan kemacetan atau membuang waktu di jalan bagi seorang guru untuk nyamperin muridnya, tak perlu bingung lagi nyari guru berkualitas di mana. Bahkan Realcom tak hanya menyediakan guru pelajaran sekolah saja, tapi berbagai ahli dengan kemampuan yang lebih spesifik seperti training program, medical profesionals, goverment entinity, hingga corporate account.

Risanda Wijaya HP - CEO Realcom
Sistemnya yang digunakan Realcom berbasis cloud, artinya kita gak perlu takut memori smartphone penuh dan berat, gak percaya? Buruan deh kalian download karena saat ini aplikasinya masih gratis di Apps store/Play store. Bisa jadi besok-besok berbayar, hehe. Pelayanan yang disuguhkan Realcom bisa dikategorikan sebagai ‘teknologi berkembang’, semenjak diluncurkan untuk pertama kali pada 1 September 2016 lalu aplikasi ini sudah banyak menyajikan fitur-fitur baru, jika kalian sudah download dan sign up, maka kalian akan menemukan timeline home yang cukup menarik karena isinya tentang edukasi semua, bermanfaat untuk kita baca dan tahu.

Kita mungkin akan berpikir kalau timeline ini ‘akan’ berpotensi seperti facebook, yang tak terkendali dalam menampilkan konten, tapi Pak CEO yakin sudah ada penyaringan tersendiri dari timnya. Apalagi perihal berita hoax, fake news, hate speech, dan SARA, Realcom yakin ‘tak akan lolo’ konten-konten seperti itu. “Realcom aplikasi berbasisi pendidikan, yang akan mengajak semua orang untuk mengajar dan belajar, sebuah media sosial yang akan membantu banyak orang” tegasnya.


“Kami meningkatkan kualitas hidup orang yang menggunakan Realcom” kata Pak Risada, sambil menggenggam erat roda kemudi acara. Yang perlu kita ingat adalah, bahwa aplikasi ini hanya sebagai perantara antara orang yang punya wawasan/ilmu yang ingin dishare dengan orang yang mau belajar. Realcom sebatas mempertemukan, setelah itu semua bersifat privasi antara ‘guru-murid’, apalagi jika kita menanyakan keuntungan menggunakan aplikasi ini. Jika kita bertindak sebagai murid (mendaftar sebagai akun publik) tentunya kita akan mendapatkan ilmu, dan uang jika kita mau! Caranya? baca postingan ini hingga selesai. Tapi jika kalian mendaftar sebagai teacher or trainer, maka kita akan mendapatkan ‘uang’ jika terjadi kesepakatan dengan yang kita kasih ilmu. Bisa dibilang kita menaruh diri kita di paltform ini, menjual kelebihan yang kita punya dari segi yang positif.

Sebagai millennial, saya tak perlu lama untuk mencoba akrab dengan aplikasi ini, walaupun saya belum berniat untuk ‘membuka kelas’ atau mencari guru. Tapi fitur-fitur dalam Realcom terbilang simple dan mudah banget untuk dipelajari. Ditambah pertemuan saya dengan ‘yang punya Realcom’ menambah pengetahuan saya akan beberapa fitur dan inovasi baru nantinya. Penasaran? 


Berikut fitur-fitur yang diunggulkan Realcom, dan wajib kalian coba!

  • Group yang tak terbatas! – Percakapan dalam aplikasi ini tak terbatas jumlah membernya, bahkan jumlah group yang kita mau bisa banyak banget! Chattingnya pun bisa menggunakan kalimat yang panjang, jadi gak perlu mempersingkat kalimat bak alay, maksud pertanyaan kita pasti langsung dimengerti oleh orang lain.

  • Semua berbasis online – Ketika guru dan murid bertemu atau cocok, maka Realcom akan membantu dalam pembuatan perjanjian online dan offline, sehingga jelas perjanjiannya antar keduanya. Namun untuk urusan ‘harga’, tetap semua tergantung kedua belah pihak saja.

  • Data yang aman dan detail - Realcom menjamin data yang kita miliki di smartpone tak akan hilang, tentu karena berbasisi cloud. Dan aplikasi ini Juga mempermudah dalam pembuatan laporan tabel hingga download file excel untuk konsultasi.

  • Video call – Ini fitur yang sedang dikembangkan, dan nantinya mempermudah banget loh....Realcom nantinya akan ada video call/video conference dari smartphone/laptop yang memudahkan guru dan murid untuk bertatap muka, jadi belajar mengajar semakin menyenangkan, hehe.

  • Seru dan berhadiah! - Realcom mengajakan para penggunanya untuk selalu aktif menyebarkan informasi pendidikan, sesuatu yang menginspirasi, dan ini yang saya bilang tadi jika kalian ingin mendapatkan ‘tambahan uang jajan atau sekedar pulsa gratis’. Dengan mengupload foto bertema pendidikan di aplikasi Realcom, maka setiap bulannya akan ada satu pengguna beruntung yang bisa mendapatkan hadiah berupa pulsa ratusan ribu, waw! Seru banget kan!


So, yuk buruan coba download dan gunakan Realcom, siapa tahu ketemu murid atau guru yang cocok, atau jodoh mungkin?

You Might Also Like

11 comments

  1. Aplikasi ini menurut saya salah satu inovasi dalam memajukan pendidikan

    ReplyDelete
  2. pernah bingung kak, kini tdk lagi krn ada realcom

    ReplyDelete
  3. Anak muda jaman now terbantu banget nih ya kalo mau belajar dengan cara remote gak perlu tatap muka :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  4. aplikasi yasungguh berfaedah bagi pendidikan ya. bagus banget inovasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin banyak inovasi bagus, tentunya membantu banget ya Kang Aip..

      Delete
  5. wah asyik nih yang berusaha di bidang pendidikan

    ReplyDelete
  6. Sy cb register sbg teacher, tp ada kolom name of organisation diisi apa? Mhn bantuannya. Tks.

    ReplyDelete