Sehari ‘Liburan’ di Palembang, Ke mana? Ngapain Saja?

10:52:00 PM

Akhirnya saya mendapatkan kesempatan makan pempek langsung di daerah asalnya! Palembang. Kota yang semakin ingin saya kunjungi setelah terpilih menjadi salah satu tuan rumah Asian Games di Indonesia, beberapa waktu lalu. Satu hal yang harus dibanggakan, menurut saya. Tapi tantangannya, di kesempatan tersebut saya hanya punya waktu 1 hari untuk ‘traveling’, mengenal Palembang dari sisi pariwisatanya. Ada yang tahu tempat mana saja yang akan saya kunjungi? Ngapain saja?


1. Jembatan Ampera

Tentu, tujuan pertama saya adalah Jembatan Ampera! Entah kata siapa, ini tempat wajib banget dikunjungi, dan harus dilewati, setidaknya kalau mau dikatakan resmi main ke kota Pelembang. Untuk transportasi ke sana, banyak banget pilihannya, bisa naik LRT (karena Pelambang udah punya loh, lebih dahulu dari pada Jakarta, kalau tak salah), dan transportasi online (untuk angkutan umum, kata orang setempat sih rada susah, muter-muter).

Pilihan saya tentu transportasi online. Enggak mau ribet anaknya, haha. Dan ketika sampai di Benteng Kuto Besa (Kawasan sekitar Jembatan Ampera, kalau kalian pesan transpotasi online bisa jadikan tempat tsb titiknya) saya langsung foto, seneng banget, sedikit lebay mungkin kalau kata orang setempat. Ya, bisa dibayangkan sama seperti orang luar Jakarta kalau ke Monas, hehe.



Entah apa yang harus saya lakukan di sini, sejenak berdiam, melihat aliran sungai musi, dan merasakan hembusan anginnya. Adem banget, membuat saya ingin tidur. Berbagai jenis makanan juga ada di sana, tempat ngopi, hingga mancing ikan.



2. Pulau Kemaro

“Pulau Kemaro, Pulau kemaro....”, suara yang semakin terdengar ketika saya mulai betah di pinggir Sungai Musi. Rasa penasaran mulai tumbuh, kepo, dan langsung bertanya. “Pulau Kemaro?”, yang ternyata merupakan salah satu objek wisata wajib kalau ke Palembang.


Pulau Kemaro yang dalam bahasa Indonesia Pulau Kemarau. Dinamakan demikian, ‘katanya’ karena pulau ini tak pernah kebanjiran atau digenangi air meskipun volume Sungai Musi meningkat, atau meluap. Waw. Rasanya saya wajib ke sana!

Cara ke sananya bagaimana? Nah! ini yang sedikit PR. FYI nih ya, Pulau Kemaro berada di tengah-tengah Sungai Musi. Jadi kita harus menggunakan perahu untuk ke sana, yang memakan waktu sekitar 15 menit kalau menggunakan speedboat , dan tentu kita harus mengeluarkan bakat tawar-menawar yang kita miliki untuk mendapatkan harga yang murah dari si pemilik boat, orang yang akan mengantar kita ke Pulau Kemaro.


Akhirnya saya sampai di Pulau Kemaro. Legenda yang cukup menarik, kalian bisa baca di foto di bawah ini, karena agak panjang untuk diceritakan, hehe. Ada apa aja sih di sana? Ini menarik banget, yang membuat saya semakin suka dengan pulau ini. Di Pulau Kemaro ada Pagoda yang cantik banget, warnanya menarik, kombinasi kuning dan merah, plus hembusan angin yang masih terasa dari Sungai Musi.


Berada di tengah Sungai Musi dan harus naik perahu untuk menuju ke sana, bukan berarti Pulau Kemaro sepi sama yang jualan makanan, banyak juga di sana, bahkan ada penyewaan sepeda juga untuk ngiter-ngiter pulau yang saya rasa cukup luas. Saya rasa, kalau mau semakin berkesan kita bisa datang ke Pulau Kemaro saat Cap Go Meh. Oh iya, HTM Pulau Kemaro ternyata sudah masuk ongkos perahu ya.




3. Wisata Religi Bait Al-Qur’an Al-Akbar

Next! Sejujurnya, ini tempat yang paling ingin saya kunjungi saat berada di Pelembang, penasaran banger. Al-Qur’an raksasa, sebelum saya tahu nama pastinya apa, hehe. Namanya Wisata Bait Al-Qur’an Al-Akbar yang ternyata berada di dalam kawasan Pondok Pesantren Modern IGM Al Ihsaniyah yang berada di Jalan Amin Fauzi Suak Bujang, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus, Palembang. Cara ke sininya? Bisa banget naik ojek online.


HTMnya 10k untuk segala usia. Dan saya rasa, di sini wajib banget menggunakan pakaian yang sopan. Saat saya datang, beberapa sudut sedang dalam tahap pembangunan, mungkin nextnya tempat ini bakal jadi rapih dan bagus banget, mengingat tempat ini mendapat predikat Wisata Halal Terpopuler.


Ada apa saja di sini? Jelas! Hal paling membanggakan yang bisa dilihat oleh mata kita, Al-Qur’an, yang ukurannya paling besar di dunia, yang diukir di lembaran kayu. Mau tahu kisah lengkapnya? Kalian wajib datang ke sini!



4. Wisata Kuliner!

Ini yang saya tunggu-tunggu. Jadi, dari pagi sudah ke Jembatang Ampera, kemudian menyusuri Sungai Musi ke Pulau Kemaro, lalu ke Al-Qur’an Raksasa, kini waktunya saya menyantap kuliner khas Palembang yaitu Pempek.


Banyak yang bilang di depan kantor walikota pempeknya enak, yaitu Pempek Saga Sudi Mampir. Kalian bisa deh coba dulu, tapi ya kalau buat oleh-oleh mungkin bisa bergeser sedikit ke sebelahnya, ada Kampung Pempek yang menjual pempek dengan harga 1000 rupiah! Dan olahan ikan lainnya juga murah-murah. Rasanya? Pertama makan, saya rasa enak juga!


Okay, kembali ke Pempek Sudi Mampir. Saat itu sudah malam, hujan pula, jadi rasanya pengen cepet-cepet mengisi perut ini. Tapi masalahnya, ternyata jenih pempek itu ada banyak dan membuat bingung! Inginnya sih pesan semua, tapi gak mungkin dong perut ini mampu menampunya, haha. Akhirnya saya pesan pempek telor besar atau yang bisa disebut juga kapal selam, dan lenjer (yang panjang). Entah salah atau benar, saya merasa selain dari bahan dasar pempeknya, makanan khas palembang ini rahasia enaknya juga ada di cukanya! Beneran bikin ketagihan.



5. Bersantai di Beberapa Hotel Rekomendasi di Palembang!

Mungkin, beberapa dari kalian akan komentar, “Kalau mau tidur mah, di rumah aja, enggak usah jauh-jauh ke Pelembang”, saat tahu saya banyak menghabiskan waktu di dalam hotel. Bagaimana tidak? Ada 3 hotel yang sangat nyaman dan menyenangkan untuk menutup liburan saya dengan berisirahat, plus beberapa fasilitas dan makanan enak yang ditawarkan. Nah, beda loh ya dengan yang di rumah, hehe.

Pertama, Hotel Aston Palembang! Saya suka keramahan yang disajikan oleh para staffnya, ditambah kolam renangnya yang ngasih view juara saat sunset, bikin nyaman dan relaksasi banget. Kedua, Fave Hotel Palembang yang punya berbagai jenis makanan super enak, dan kolam renang yang dilengkapi dengan floatis, semakin asik buat foto-foto manjah di kolam renang. Dan ketiga, ada Hotel Harper Palembang yang punya interior indah banget! perpaduan warna yang bikin nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap.

You Might Also Like

0 comments