Aldepos, Islamic Boarding School ‘Kekinian’ di Bogor

10:02:00 AM

Kegaduhan yang bikin kangen. Sudah lama sekali saya tidak melakukan hal itu, membuat suara serentak yang langsung menarik perhatian. Kalau tak salah, terakhir zaman SMP dulu, saat pesantren kilat, selesai shalat maghrib langsung bergerak, kaki ini seperti punya nyawanya sendiri. Selain kangen, saya baru sadar. Saya bak kuda dalam satu koloni yang suara langkahnya begitu berirama.



   Sudut pandang penikmat moment begitu menyenangkan siang itu. Rasanya tak ingin beranjak. Suasana masjid yang ramai, yang tak hanya dibungkus dengan arsitektur megah dan keindahan warnanya saja. Langkah gaduh berirama langsung terdengar selesai shalat. Benar-benar selesai shalat, 1 detik setelah salam, anak-anak langsung berlari dan membuat masjid ramai kembali seusai khusyuk dalam shalat. Satu cara menghidupkan masjid yang sudah jarang saya temui, membiarkan anak-anak ‘bermain’ di dalamnya.

Beranjak keluar, mata ini langsung dimanjakan dengan view alam yang menenangkan. Sesekali angin berhembus, dan membuat saya berimajinasi seperti berada di ujung kapal, membelah lautan hijau kota Bogor. Gedung berwarna biru di sebelah masjid juga tak luput dari pandangan, catnya masih baru, dan ada tulisan ‘ALDEPOS BOARDING SCHOOL’ di pintunya yang masih baru, terlihat dari gagangnya yang masih berplastik.


Bayangin tiap pagi ngeliatnya beginian.....
Gedung Aldepos Boarding School persis di sebelah Masjid Abdul Fatah

Aldepos Boarding School?

Sebelum lanjut mengenal Aldepos Boarding School, kalian tahu kan apa yang dimaksud boarding school? Yaitu sekolah yang para muridnya tidak perlu pulang-pergi ke rumah setiap hari, hanya di hari-hari tertentu saja, karena meraka wajib tinggal (selama masa didik) di asrama yang masih dalam lingkungan sekolah.



Kalau Aldepos Boarding School? Aldepos singkatan dari Alam Desa Tapos, yang merupakan wilayah sekolah ini berdiri, tepatnya di Jalan Raden Abdul Fatah, No. 24, Tapos, Tenjolan, Bogor. Jadi Aldepos Boarding School, ya sekolah Asrama yang berada di wilayah Tapos, Bogor, hehe. Aldepos Boarding School berdiri sejak 22 Oktober 2018. Sekolah berasrama di kota hujan ini termasuk lembaga pendidikan islam berasrama atau Islamic Boarding School, dengan visinya Mewujudkan pendidikan islam yang unggul, produktif, dan berintegrasi yang rahmatan lil’ alamin.

Kenapa Harus Aldepos Boarding School?

Banyak alasan orang tua memilih boarding school untuk pendidkan anaknya, diantaranya soal lingkungan yang terjaga dan terkontrol yang mampu membuat anak lebih disiplin, yang kemudian akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anak tersebut. Jiwa sosial dan kemandirian anak juga akan terasah, karena tak hanya belajar agam saja tapi boarding school juga mengintegrasikan kurikulum dengan kehidupan sehari-hari. Dan jangan lupakan juga ekstrakulikuler yang melimpah, yang nantinya akan membuat anak lebih kreatif dan mengembangkan bakatnya secara intensif.



Lalu, kenapa harus Aldepos Boarding School? Aldepos melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas tinggi dengan penguatan pada kompetensi pembelajaran abad 21, zaman now, di mana dalam aspek knowledge, leadership, life skill, literasi dan teknologi, dikombinasikan secara akurat oleh para ahli sehingga metode pelajaran yang diberikan lebih efektif. Apalagi ketika tahu kalau Boarding School Bogor ini memiliki SDM yang tak hanya ahli, berpengalaman, amanah, kominikatif, kreatif, tapi juga berkepribadian baik dalam ahlaknya.



Diskon 50%, adalah alasan selanjutnya kenapa harus boarding school di Aldepos! Untuk pendaftaran baru saja dibuka, tepatnya tanggal 1 Februari hingga 30 Mei 2019, mendatang. Tes seleksinya menggunakan sistem one day service, yang meliputi tes tertulis pengetahuan agama, umum, dan bahasa inggris, kemudian tes psikologi, dan praktek tilawah atau hifzul Qur’an, kemudian di akhiri dengan wawancara. Penasaran dengan biayanya? Bisa langsung hubungi 0251-8480452, 085215243740, 085772342434 sekarang juga!

Ada Fasilitas Apa Saja di Aldepos Boarding School?

Ini yang sebenarnya saya ingin ceritakan, dari tadi! Selain Masjid Abdul Fatah (masjid yang saya ceritakan di awal tadi), Aldepos Boarding School punya beberapa fasilitas yang dijamin bikin betah muridnya. Saya saja yang hanya liburan ke sana betah, hehe.




Aldepos Boarding School bisa dibilang merupakan keluarga baru dari Aldepos Salaca Santri yang merupakan desa wisata di wilayah Bogor. Tempatnya yang asri, sejuk, dengan pemandangan hijau tentunya membuat siapa saja yang datang betah, ditambah fasilitas bermain dan rekreasi yang cukup lengkap. Salah satunya adalah kolam renang dengan bonus mountain view, keren banget pas buat foto-foto, yang untuk masyarakat umum harganya hanya 10 ribu rupiah saja.



Selain kolam renang, Aldepos Boarding School secara tak langsung juga ‘memiliki’ resort tersendiri, Kampoong Resot namanya, yang bisa digunakan orang tua murid untuk menginap jika rindu berat terhadap anaknya. Tapi enggak boleh lama-lama ya, hehe. Ini yang membuat saya kenal Aldepos Boarding School, awalnya niat liburan di Kampoong Resort yang harganya menurut saya murah banget dengan fasilitas yang banyak, serta suasana asri Bogor yang pas buat relaksasi.

Selanjutnya, Aldepos Boarding School juga memiliki Green House, yang bisa dijadikan tempat praktek langsung dalam pelatihan wirausaha, dan lahan perkebunan serta peternakan yang juga disediakan untuk mewujudkan misi Aldepos dalam mengembangkan keterampilan siswa didiknya, serta melaksanakan pendidikan berbasisi kearifan lokal yang nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia yang terampil.




Aldepos Boarding School juga memiliki lapangan olahraga outdoor, yang asri banget dengan pohon di mana-mana, luas dan enggak bikin bosan. Jalan-jalan kecil sekitar lapangan juga bisa digunakan sebagai joging track. Dan yang bikin asik lagi, Aldepos juga menyediakan area pemancingan. Jarang-jarang loh ada fasilitas yang satu ini.


Area pemancingan, yang sekitarnya juga bisa dijadikan tempat camping gitu.... seru banget kan!
Misi lain Aldepos Boarding School adalah menghasilkan insan yang punya karakter kepemimpinan yang kuat, amanah, dan marhamah. Dan hadirnya fasilitas outbond di lingkungan asrama menjadi misi tersebut siap untuk diselesaikan. Kita semua pasti tahukan bagaimana outbond membentuk karakter seseorang, tapi dengan cara yang seru banget.

Dari tadi ngomongin yang di luar terus, dalam sekolahnya bagaimana? Di dalam gedung Aldepos Boarding Schoolnya sendiri tentu ada fasilitasnya. Masa kosong sih, haha. Pertama adalah ruang kelas yang full AC dengan jumlah siswa (paling banyak) hanya 25 orang per kelas. Metode pembelajaran yang digunakan juga sangat modern, siantaranya praktek berbahasa Inggris dan Arab secara intensif, yang diselaraskan dengan pendekatan berbasis IBL (Inquary Based Learning) dan BEP (BasedEvidance Practice) dan pembiasaan berpikir lebih tinggi dengan praktek problem salving yang lebih banyak.




Laboratorium Komputer dan Sains juga tak ketingalan, ditambah dengan hadirnya Perpustakaan, Ruang Musik, Ruang Audio Visual, hingga CCTV di tiap sudut menjadikan Aldepost Boarding School memiliki fasilitas pendukung yang pas untuk mengembangkan kreatifitas siswa didiknya. Dan tak lupa, Aldepos juga menyiapkan akses wifi di lingkungan sekolah.



Lab Komputer
Untuk info lebih lanjut kalian bisa langsung cek di www.safboardingschool.sch.id, atau hubungi nomor telpon 0251-8480452, 085215243740, 085772342434. Atau kalau kalian mau langsung liat lokasi bisa loh datang langsung ke Aldepos, Jalan Abdul Fatah No. 24 Desa Tapos, Tenjolay, Bogor-Jawa Barat 16620.

You Might Also Like

0 comments