Serunya Mengenal SUGAR! Aplikasi Live Streaming ‘Asli’ Dari Indonesia

8:35:00 PM

Jadi semakin enggak sabar buat kehadiran aplikasi buatan Indonesia yang satu ini. Pengen lebih dari eksis, dan kalau ada kesempatan mau bagi-bagi hadiah ke penonton, serasa punya station TV sendiri gitu, hehe, tapi dengan format potrait yang pas di smartphone. Belum tahu sih kapan pastinya aplikasi ini bisa dinikmati publik, katanya dalam waktu dekat. Tapi saat mengikuti keseruan soft launchingnya beberapa waktu lalu, saya seperti PDKT dengan aplikasi live streaming dari Indonesia ini. Bangga!


   Sore itu adalah pertama kalinya saya ke Shy Rooftop, Kemang, Jakarta. Alunan musik dan tata lampunya semakin membuat seru ajang pertemuan saya dengan Bloggers lainnya, yang secara tidak sengaja, karena kedatangan saya ke sana adalah sebagai saksi pertama lahirnya aplikasi baru yang diciptakan orang-orang kreatif tanah air sebagai pemuas hasrat kaum millenial yang lebih dari sekedar ‘hiburan’.

Sudut photo booth sudah ramai sejak saya datang. Para ladies dengan bando kelinci yang menarik perhatian, mengajak saya mendekat untuk berfoto, yang kemudian seakan menghipnotis saya untuk mengunggahnya di sosial media. Tak lama kemudian, Pak Arie Setiawan muncul mengambil spotlight para ladies. “Mari kita sambut ‘SUGAR’, aplikasi yang dikonsep oleh orang Indonesia, dikembangkan oleh orang Indonesia, diisi kontennya oleh orang Indonesia, dimodali oleh orang Indonesia”, tegas Sang CEO SUGAR. Kalimat yang paling saya ingat kala itu.

Nama SUGAR merupakan istilah yang diambil dari bahasa Inggrisnya gula. Penggunaan bahasa Inggris dalam hal ini sebagai jalan mempermudah Tim Sugar dalam melakukan penetrasi pasar internasional. Filosofinya, gula ada di mana-mana dan disukai banyak orang, serta selalu menjadi ‘pelengkap’ dalam minuman ataupun makanan. SUGAR nantinya berharap demikian. Hadir sebagai live broadcast buatan Indonesia,  aplikasi yang satu ini akan segera dirilis, dan siap dinikmati khalayak ramai. Saya semakin tak sabar!

Arie Setiawan
Menjadikan kelinci sebagai Icon-nya, saya rasa adalah pilihan yang cerdas. Cukup menarik perhatian dan mudah nempel diingatan. Kelinci dipilih karena memiliki telinga yang pajang, maksudnya ia lebih peka terhadap suara-suara, dan SUGAR ingin seperti itu ketika dihadapkan dengan suara-suara anak zaman now, terlebih ketika membicarakan konten lokal. Karakteristik kelinci yang terkenal selalu ceria karena ‘lompat-lompat’ dan bertubuh mungil menjadi penilaian tersendiri, Sugar ingin memberikan keceriaan kepada semua penggunanya, a candy of happines.

Warna yang dipilih untuk aplikasi ini juga unik. Warnanya ungu! yang dinilai sebagai warna berselera tinggi, warna yang ekslusif, dan jarang dijumpai di alam semesta. Dari segi visual, SUGAR selalu pintar menarik perhatian. 


Bisa dibilang, SUGAR ingin mengikuti jejak pendahulunya. Aplikasi-aplikasi karya anak bangsa yang mencuri perhatian dengan prestasi dan fungsinya yang sangat tepat, “Menjawab kebutuhan dari generasi muda saat ini”, kalau kata Pak Arie.

Bukan rahasia lagi kalau social network saat ini sudah sangat berkembang. Sudah berbeda, yaitu terjadi pergeseran antara pola interaksi dan komunikasi, yang kemudian menuntut teknologi terus menghasilkan media-media atau aplikasi agar komunikasi bisa lebih instan dan mudah. Misalnya dalam hal live streaming, bagian dari teknologi yang menjebatani komunikasi dan hiburan, SUGAR salah satu contohnya,  dan yang membanggakan adalah fakta bahwa SUGAR merupakan aplikasi live streaming pertama buatan anak bangsa.

Ada Fitur Apa Saja di Sugar?

Melalui misinya, sebagai sarana pemenuh kebutuhan komunikasi dan interaksi generasi masa kini yang mainstream, tak hanya bertindak sebagai sosial media, tapi SUGAR berupaya memberikan dukungan secara penuh kepada content creator lokal, atau penggunanya, untuk menciptakan konten kreatif, informatif, menghibur, edukatif, dan indonesia banget dengan menghadirkan beberapa fitur yang wajib kalian tahu. Sehingga pas aplikasi ini keluar, bisa langsung kita download, dan enggak perlu bingung untuk mulai eksis di dunia maya, di antaranya:

1. Sign In yang mudah!
Untuk memulai masuk ke dunia SUGAR tidak perlu ribet lagi, karena kita tinggal memilih ‘jalan pintas’ saja, bisa masuk langsung melalui Facebook, Twitter, dan Nomor HP. Bisa dibilang sudah sama seperti aplikasi-aplikasi yang sudah beredar saat ini, gampang, tak hanya daftar dengan email saja.



2. Komentar
Jadi, namanya juga aplikasi live streaming, tentu semua langsung terkoneksi saat itu juga. Kita yang sedang ‘nge-live’ atau disebutnya content creators bisa langsung membaca dan menjawabnya. Bahkan, dengan tindakan yang sangat pintar kita juga bisa menentukan arah dan pegang kendali terhadap topik live yang kita pilih.

3. Apresiasi
Satu sifat manusia yang mulai harus kita pahami adalah senang diberi apresiasi. Sebagai content creator di SUGAR kita juga bisa mendapatlannya. Dan gokilnya lagi, apresiasi tersebut bisa ditukarkan dengan uang loh, besarnya disesuaikan dengan kualitas dan daya tarik konten yang kita buat.

4. Face Filter
SUGAR bisa digunakan di mana saja. Bisa nge-live kapanpun dan di manapun, asal terkoneksi internet. Dan aplikasi live streaming buatan Indonesia ini juga memberikan sentuhan face filter yang membuat karakter-karakter lucu nan imut.



5. ‘Bebas’ Jualan!
Selain mendapatkan uang dari apresiasi, content creator juga bebas berjualan di konten yang ia buat saay live. Asal tak mengandung Hoax, SARA dan Radikalisme yaaa. Dan hasil jualannya tak akan dipotong pihak SUGAR, semua langsung menjadi miliki content creator.

6. Multi Camera-phone
Ini yang seru! dan membuat saya ingin mencoba secepatnya si SUGAR. Jadi, melalui aplikasi ini kita sebagai penggunanya bisa mengambil angle dari berbagai sudut, sehingga memudahkan kita jika ingin berpindah fokus dari satu frame ke frame lain. Enggak ngerti? Sama! Makanya kita doakan semoga aplikasi cepat hadir di Play Store and App Store.


7. Duet!
SUGAR juga bisa mengajak content creator lainnya untuk berkolaborasi. Pastinya semakin seru dan banyak dong yang nonton!

8. Challenge, Poling, dan Lucky Draw
Fitur lainnya yang tersedia di SUGAR juga menarik! Bisa mengajak penontonnya untuk memilih, bermain games atau tantangan, hingga memberikan apresiasi balik kepada penonton setia. Duh, udah kebayang deh pasti seru banget aplikasi yang satu ini, tak hanya membanggakan! Jadi enggak sabar buat download, hehe.

You Might Also Like

0 comments