Ayo Wujudkan Konsep Restoran Digital Bersama Meeber Teknologi!

11:04:00 AM

Jam makan siang pun tiba. Enggak boleh ribet, adalah syarat mutlak untuk menjadi restoran langganan setelah menahan lapar dari pagi, makannya ada kalimat “Yang biasa ya” tercipta karena sudah lelah dengan banyak pilihan. Pernah gak sih kalian kesal karena pelayanan sebuah resto yang lama, bahkan dimulai saat kita meminta menu, ditambah keadaan perut yang sudah murka? Pasti pernah! Dan bukan ‘zaman now’ namanya jika tak ada solusi untuk hal ini. MeeberPOS, MeeberLite, dan Meeberian adalah aplikasi mobile yang perlu kalian ketahui untuk menjadi keluarga besar restoran digital di Indonesia.


   “Hingga saat ini sudah lebih dari 300 merchant yang sudah menggunakannya, baik di Indonesia maupun luar negeri”, kata Rudy Hartawan selaku CEO sekaligus Founder PT Meeber Teknologi Indonesia. MeeberPOS adalah aplikasi yang dimaksud, sebuah aplikasi kasir online (point of sale) yang dibuat khusus untuk membantu pelaku bisnis dalam memanajemen bisnisnya. Bisa dikatakan aplikasi inilah cikal bakal dua aplikasi lainnya hadir sebagai pelengkap.

MeeberPOS sendiri menawarkan sebuah kemudahan dari sisi manajemen dengan memantau tiap pegawai, dan aplikasi ini bisa digunakan saat offline loh, jadi gak perlu internet dan akan tersinkronisasi kembali jika mendapat akses. Pantauan perputaran stock bahan, mulai dari input ke gudang, pengiriman ke dapur, hingga pengolaan menjadi makanan yang siap dihidangkan juga ditunjukan secara real time, jadi semua serba jelas. Laporan langsung yang akan tampil di dashboard.

Rudy Hartawan
Kerennya lagi, kasir digital ini juga menghadirkan fitur Menejemen Pelanggan, di mana pemilik usaha bisa mengkategorikan pelanggannya sebagai database. Namun, seperti halnya sifat manusia yang tak pernah puas, tapi ke arah yang positif, menjadikan perusahaan dengan visi ‘Empowering F&B Business’ ini juga menciptakan dua keluarga baru untuk merealisasikan konsep retoran digital hadir di tanah air, ialah Meeberian dan MeeberLite.

Meeberian

Aplikasi yang satu ini adalah salah satu inovasi terbaru dari PT Meeber Teknologi yang ditujukan untuk pelanggan. Meeberian namanya, sebuah aplikasi pintar dine-in order yang menggunakan teknologi QR Code, sehingga simple dan mudah dalam bertransaksi, serta dapat langsung terkoneksi dengan restoran yang dikunjungi secara real time. Mobile application ini merupakan konsep restoran digital dari sisi pelanggan. Dan sudah bisa didownload loh di Play Store, gratis!



Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Meeberian sebagai solusi bisnis f&b zaman now, diantaranya...

Easy Find Your Favorite Restaurant, di mana kita bisa mennadai restoran kesukaan kita, atau meminta bantuan maps untuk menunjukan arah jika kita belum tahu lokasi restoran yang kita tuju.

Convenience and Fast Order, Meeberian mengajak kita untuk hidup semakin mudah, gak perlu nunjuk atau riebt nulis pesanan, tingga scaning pada QR Code yang disediakan restoran, maka menu tersebut sudah masuk pesanan kita.

Quick & Smart Support System, yang tentunya sangat membantu kita dalam menerim respon dari pemilik resto untuk pesanan kita, misalkan menu habis kita langsung mendapatkan statusnya di aplikasi, atau melihat sudah sejauh mana pesanan yang kita pilih disiapkan. Dan kita juga bisa melakukan panggilan dan meminta bill melalui fitur yang satu ini.


Cashless Transaction, kids zaman now tentu sudah agak malas membawa uang cash, semua ada di smartphone sehingga Meeberian juga memberikan banyak pilihan pembayaran yang lebih mudah.

Never Miss Dine-In Promotion, ini juga salah satu fitur yang pasti disenangi tipe pelanggan masa kini, tiba-tiba dapat promo, untung dadakan. Dan jika kita sudah mendaftar pada aplikasinya tentu kita akan mendapatkan info promo terupdate.


Claim & Store Your Reward Points, sebagai pelanggan setia atau calon, kita juga bisa mendapatkan point yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah, namun sebelumnya kita harus memberikan feedback atau setidaknya rating untuk menu yang kita pesan, seperti memberi poin ke babang ojol ajah, hehe. Saya rasa fitur yang satu ini sangat dibutuhkan agar gak ada yang dirugikan, mengingat saat ini ‘apa-apa share sosmed’ dan membuat banyak orang ikut campur, padahal jika diselesaikan oleh yang berkepentingan saja, itu lebih baik.

MeeberLite

Setelah dari sisi pelanggan, PT Meeber Teknologi juga menciptakan aplikasi untuk pelaku bisnis, ini kerennya karena Meeber tak hanya melihat dari satu sisi saja. MeeberLite merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk merchant atau restoran dalam menerapkan sistem otomasi bisnis yang terkoneksi dengan aplikasi Meeberian. Empowering Digital Bussines F&B semakin nyata dengan hadirnya aplikasi ini, karena hal-hal yang ‘nampak sulit’ dilakukan pemilih resto saat ini seperti menjaga pelayanan standar yang cepat dan akurat hingga menganalisasi pelanggan bisa dilakukan dengan mudah.

MeeberLite tentunya juga punya berbagai fitur menarik nan bermanfaat, diantaranya..

Digital Order System Through E-menu Technology, yang memberikan pengalaman otomasi order secara digital. Jadi di aplikasi pemilik bisnis juga ada barcode yang bisa discan melalui aplikasi Meeberian, sehingga gak perlu lagi nulis-nulis pesanan. Pesanan menjadi cepat, akurat, dan paperless.
Smart And Quick Support System, pada fitur ini pelaku bisnis bisa langsung membalas dengan cepat, atau memberi respon jika menu habis, dan memberikan status sejauh mana pesanan di buat.


Easy Promote Dine-In and Push Promotion. Perlu diingat bahwa bisnis F&B memang bermunculan dengan pesatnya, namun ‘hilangnya’ juga cepat, dan hal ini dikarena banyak yang tak tahu cara promosi yang benar, untuk itu MeeberLite memberikan fitur ini sebagai ajang untuk mempromosikan dan menarik minat pelanggan untuk balik lagi.

Cashless Transaction, MeebrLite sudah terintegrasi sistem pembayaran elektornik yang menawarkan banyak keuntungan untuk pelaku bisnis, sehingga transaksi lebih nyaman, praktis, dan hemat waktu. Dan gak perlu ngedumel karena kasirnya bilang “Ada uang receh aja gak?” atau “Kembaliannya kurang 500, nanti diantar ya” dan gak diantar-antar, haha.

Customer Insight, fitur ini juga yang menurut saya keren. Pelaku bisnis bisa melihat dan menganalisa para pengunjung restonya, sehingga bentuk promosi yang dibuat nantinya akan tepat sasaran. Karena strategi marketing saat ini bukanlah hanya soal dana saja, melainkan bentuk dan sasarannya.


Reward Your Costumers with Points, MeeberLite juga memungkinkan pelaku bisnis untuk menerapkan sistem pemberian bonus poin dan penukarannya, bisa berupa hadiah ataupun diskon. Hal ini tentu menjadi nilai tambah dan berdampak postif bagi hubungan pelanggan dan pelaku bisnis F&B.

Alaways Get Feedback From Your Customers. Seperti yang saya bilang tadi, pelaku bisnis sebenarnya butuh masukan, bukan hanya ‘ocehan kemarahan di medsos’ yang membentuk opini orang banyak menjadi liar. MeeberLite memberikan space untuk pelaku bisnis menerima masukan dari pelanggan sehingga dapat terciptanya bisnis yang terkontrol, mutu layanan yang terjaga, hingga produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.


Oh iya, Meeberian dan MeeberLite ini aplikasi yang mengusung konsep digital F&B bisnis dan smart dining experiance pertama di indonesia, loh ternyata. Dan kehadiran dua aplikasi ini merupakan bukti komitmen dari PT Meeber Teknologi untuk terus mendukung dan menciptalan solusi digital bagi bisnis F&B di Indoensia. “Kami juga berharap inovasi terbaru ini dapat memberikan manfaat khususnya dalam menghadirkan digital restoran concept di Indonesia sesuai visi kami”, tegas Pak Rudy.

Hal membanggakan juga terlintas dipikiran saya ketika tahu bahwa ini adalah karya dari startup lokal yang bisa menjadi penggerak digital ekosistem yang menyeluruh bagi bisnis fnb di Indonesia. Zaman selalu berkembang, dan jika tak ingin ketinggalan di berbagai hal kita harus terbuka dan mau mengikutinya, tak ada kata terlambat. 


Berbicara soal harapan, saya sependapat dengan Pak Rudy, "Kami berharap inovasi konsep digital restoran ini dapat membantu pelaku bisnis F&B memperoleh manfaat terbaik untuk pengolaan bisnisnya. Serta menjalin hibungan yg lebih erat dengan pelanggannnya". Karena tanpa pelanggan bisnis F&B tak akan berjalan, begitupun sebaliknya.

You Might Also Like

10 comments

  1. Wahh keren ya inovasi baru dengan konsep digital..
    Mantap nih kontennya.

    ReplyDelete
  2. Dengan konsep yang dilakukan oleh Meeber, saya kira sangat membantu kita sebagai pengguna Mebeerian, saat datang ke restoran.

    ReplyDelete
  3. Keran konsep restoran digital yang dihadirkan Meeber Teknologi, membantu pelanggan lebih mudah melakukan pemesanan menu dari aplikasi.

    ReplyDelete
  4. emang menarik banget ya Restoran Digital ini, praktis dan bisa membantu pebisnis maupun pelanggan untuk bertransaksi , kece banget

    ReplyDelete
  5. kakak charlie puth pake meeber yak.. gampang yak pakai aplikasi ini dan bikin restoran digital

    ReplyDelete
  6. Restoran digital selain bkin customer gak repot jg bisa membantu merchant menganalisis penjualanpenjualannya ya

    ReplyDelete
  7. Meeber Teknologi ini sungguh inovaasi yang menarik semoga semakinn banyak resto or cafe yang pake aplikasainya jadi makin praktis dan mudah ya.

    ReplyDelete
  8. Wah kesempatan bagus nih buat yang baru buka restoran atau pun yg udah lama bisa pake aplikasi ini apalagi gratis lagi. Mantap! 🤗

    ReplyDelete
  9. Aku udah downloas aplikasinya dong dan nggak sabar nih buat mencoba restoran digital yang memudahkan alias anti ribet

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah. Makin gampang aja tu jaman sekarang ya... Tinggal bikin aplikasi cari mertua terbaique aja yg belum

    ReplyDelete