Drama Musikal Mamma Mia! Siap Menghibur Indonesia

4:36:00 PM

Mamma Mia! (2008) adalah film yang berhasil membuat saya tercengang! Bagaimana tidak, The Dragon Lady a.k.a Miranda Priesly yang diperankan oleh Meryl Streep di film The Devils Wears Prada pada 2006 silam berubah drastis, awalnya ragu kalau ia bisa bernyanyi dan menari, mengingat ia berhasil banget nempel di pikiran saya dengan karakter ‘Bos Paling Kejam Sedunia’ sesuai yang dibuat Sang Pengarang Lauren Weisberger dalam bukunya. Durasi 108 menit dalam film bergenre musikal, Mamma Mia, bagi saya sukses membuat hati bahagia. Saya ingat setelah film ini selesai, saya masih bersenandung gak jelas, otak saya seperti dicuci tapi saya suka. Dan kalian tahu gak kalau mereka bakal hadir di Indonesia?



   Tentu bukan Merly Streep, Amanda Seyfried, ataupun Pierce Brosnan yang akan muncul! Pikiran saya terlalu liar jika memikirkan hal itu. Tapi saya sudah membayangkan bagaimana Pantai Damouchari yang berada di Skopelor, sebuah pulau kecil di Yunani itu memancarkan pesonannya. Saya sudah tak sabar untuk melihat Sophie bernyanyi I Have a Dream, dan tentunya Donna yang akan mendendangkan lagu andalan Mamma Mia. Sabarrr, masih 6 bulan lagi, mungkin saya bisa berlatih dulu biar nanti bisa ikutan nyanyi dengan sempurna bareng mereka, hehehe.

Setelah sukses dengan pertunjukan musikal The Sound of Musik pada 2015 lalu, Sorak Gemilang Entertainment (SGE) kembali membawa misi yang luar biasa. Spend time with family. Mereka ingin membuat banyak orang kembali merasakan quality time bersama keluarga melalui sebuah pertunjukan yang menyenangkan, dan dipilihlah MAMMA MIA! Gak tanggung-tanggung, satu tahun mereka habiskan untuk menggodok sebuah pertunjukan yang dijamin tak akan mengecewakan, serta originalitas yang dijunjung tinggi. Pertunjukan kali ini seakan dipindahkan langsung dari London ke Indonesia, tepatnya di Jakarta.

“Ceritanya akan sama dengan yang di film, tapi kita bisa merasakan energi yang berbeda, langsung terasa, ini original dari West End London” kata Pak Denny Sumali, sekalu Direktur SGE. FYI nih ya, Mamma Mia! adalah salah satu drama musikal tersukses sepanjang sejarah yang sudah lebih dari 10 tahun dimainkan di Broadway (New York), salah satu impian saya banget deh buat nonton pertunjukan Broadway, setidaknya sebelum saya melintasi lautan. Seperti yang saya bilang tadi, SGE gak main-main saat membawa pertunjukan legendaris ini masuk tanah air, musiknya akan live dengan berbagai sound system, costume, hingga berbagai properti pendukung yang didatangkan langsung dari London. “Total ada 6 kontainer” tutup Pak Denny.

Denny Sumali - Direktur SGE 

Kapan dan Di mana Pertunjukan Mamma Mia! Berlangsung?

Hingga saat ini sudah 48 negara dengan total 60 juta penonton yang menyaksikan betapa serunya daram musikal Mamma Mia!, saya semakin gak sabar menanti datangnya hari itu, Indonesia akan semakin meriah dan ‘bisa dibilang’ menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang lengkap akan berbagai pertunjukan, salah satunya Mamma Mia! yang seakan melengkapi pesta olahraga musim panas Asia, tepatnya pada tanggal 28 Agustus hingga 9 September 2018, berjarak 10 hari setelah dimulainya Asian Games. I’m so excited!

Teater Jakarta, Tamain Ismail Marzuki, dipastikan menjadi saksi sejarah pembuka Internasional Tour Mamma Mia! sebelum berpindah ke negara Asia lainnya. Saya bangga saat mengetahui hal ini dan semakin gak sabar mengingat beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke sana dan tempatnya keren banget. Ada 650 kursi auditorium, 250 kursi di balkon lantai 2, dan 300 kursi di balkon lantai 3, total 1200 kursi yang tersedia di Teater Jakarta. Bagi saya jumlah sebanyak itu sudah menjadi salah satu keunggulan tersendiri, ditambah dengan area parkir yang terdiri dari dua basement, serta area parkir luar, secara keseluruhan bisa menampung lebih adri 400 mobil. Keunggulan lainnya juga dilihat dari luas panggung, serta kelengkapan panggung hidrolik yang dimiliki Teater Jakarta.

“Kami bangga drama musikal sekelas internasional ini bisa tampil di Teater Jakarta” ujar Ibu Dian Yunita, selaku Kepala Satuan Pelaksana Program Kesenian Unit Pengelola Pusat Taman Ismail Marzuki. Pemilihan Teater Jakarta sebagai venue pertunjukan Mamma Mia! ini juga tak asal, pasalnya tim dari West End London sendiri yang melakukan survei dan peninjuan, kemudian ketika berada di dalamnya mereka anggap cocok dan mirip dengan yang ada di London. Meskipun demikian pihak pengelola TIM tetap mempercantik venue, agar nantinya salah satu tempat bersejarah di Jakarta ini terangkat, dengan melakukan revitalisasi beberapa sudut seperti taman, serta melaukan perawatan ekstra pada lantai-lantai yang sudah termasuk fosil. ‘Ini adalah pertama kalinya sebuah drama musikal bertaraf internasional tampil di TIM’

Dian Yunita - Kepala Satuan Pelaksana Program Kesenian Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta

Berapa sih Harga Tiket Pertunjukan Mamma Mia! di Jakarta?

Lantas, berapa sih harga tiket yang harus kita bayarkan untuk menonton pertunjukan legendaris ini? 850k hingga 2,650k yang terbagi menjadi beberapa kategori. Tapi, harga tersebut bisa menjadi murah loh jika kalian membelinya menggunakan promo dari Bank BCA, diskon 25% untuk pembelian bulan Maret dan April. So, buruan deh beli, nanti keabisan loh, hehe. Harga tersebut terbilang murah banget loh, coba aja bandingkan uang yang akan kalian keluarkan jika menontonnya langsung di London.

Eh, saya punya tiket lebih nih, ada yang mau ikut gak? hehehe
“Teget 16 pertunjukan? Sold out!” kata Pak Denny, duhhh terbatas banget cuma 16 pertunjukan, detailnya sih untuk hari Selasa – Kamis akan hadir di 20.00 WIB, sedangkan weekend akan hadir 2 kali pertunjukan, Sabtu jam 14.30 dan 19.30 WIB, serta Minggu 13.00 dan 18.30 WIB. Untuk pemesanan tiket kalian bisa langsung hubungi no telpon 0813-2587 5388, atau cek di www.mammamiajkt.com, serta official ticketing partner Bookmyshow.

Kenapa sih Harus Nonton Drama Musikal Mamma Mia?

Kalian pasti tau dong Mamma Mia! identik dengan apa? Yap! Bener banget, lagu-lagu dari ABBA. Bahkan drama musikal yang sudah dibuat film ini pun memiliki asal yang sama, semua berawal dari lagu-lagu terkenal kelompok musik pop dari Swedia, ABBA. Total ada 22 lagu yang nantinya akan dibawakan dengan konsep pantai nan menyegarkan. Jangan dibayangkan, berat, beli tiketnya aja buruan. Dengan hadirnya Mamma Mia! ini, anak 80an dan 90an seperti diajak nostalgia gitu, padahal belum selesai dengan kebaperan Dillan dan Eiffel I’m in Love, ditambah Benyamin. Tapi nostalgia dengan menonton Mamma Mia! adalah pilihan yang sangat tepat liburan bersama keluarga di Agustus mendatang.

Cerita yang begitu lekat dengan masyarakat daerah asalnya bakal memenuhi panggung Teater Jakarta, yang saya gak bisa bayangkan sebenarnya justru berbagai ornamen pelengkap pertunjukan yang  nantinya akan menghiasi panggung, pasti keren dan berkelas banget karena semua asli dari London. Apalagi ya, drama musikal ini sudah memasuki tahun ke 19 di London, dengan devisi mencapai 2 Miliar pondsterling, waw, dinyatakan sebagai drama musikan tersukses sepanjang sejarah. Beruntung banget gak sih kita, Indonesia, dipilih menjadi negara pertama, negara pembuka pada internasional tournya kali ini.


And, we are ready for.....
Kalau yang sudah nonton filmnya, katanya sih gak akan kekurangan sedikit euforianya, bahkan nambah karena bakal banyak aksi dan efek-efek menarik di dalam pertunjukan. Bahasa yang digunakan juga bahasa Inggris loh nanti, kan jadi berasa banget Londonnya, meskipun saya berharap bahasa Indonesia sih, biar bahasa tersebut masuk jajaran bahasa yang sudah digunakan drama musikal ini, sudah 16 bahasa loh yang digunakan sepanjang tour sedari dulu. Terus ya, yang bikin saya bangga jadi Indonesia melalui kegiatan kali ini adalah sebuah fakta yang menyatakan kalau orang-orang Indonesia adalah penonton yang paling berinteraksi dengan sebuah show, sehingga para pemain merasa senang dan merasa pekerjaan mereka tak sia-siang. Bagi seorang pekerja seni, membuat orang lain bahagia atas karyanya adalah bayaran yang tak ternilai harganya. Saya semakin tak sabar menanti datangnya bulan Agustus, selain perayaan kemerdakaan, juga acara drama musikal Mamma Mia! ini tentunya. Sampai jumpa di TIM ya....

You Might Also Like

0 comments