Cooking For Love with Sarah Benjamin & Nik Michael Imran

10:56:00 AM

Hal terbodoh adalah melepaskan pandangan dari senyumnya pagi itu, saya mungkin satu dari sekian banyak pria yang tak memperdulikan tangannya yang menahan sakit, rasa peka saya hilang seketika, pun jika ada buat apa, Nik Michael Imran sudah cukup untuk membantu Sarah Benjamin membuat hidangan penutup yang bisa melelehkan hati. COOKING FOR LOVE, menjadi nama yang tepat untuk kombinasi keduanya menyajikan makanan yang tak hanya lezat tapi penuh cinta, atau dengan cinta lebih tepatnya. Lima hidangan lezat Asia silih berganti dihadapan saya, terbilang mewah tapi ternyata proses pembuatannya cukup mudah. Buat kalian yang suka bermain di dapur pasti bisa melakukannya, mau tahu caranya?


   Almond Zucchini Cooking Studio Jakarta disulap menjadi restoran berkelas, chef nya pun tak sembarangan, Nik Michael Imran yang merupakan Celebrity Chef Asal Malaysia hadir melengkapi acara yang digagas oleh Asian Food Channel (AFC) pagi itu, bersama dengan Sarah Benjamin yang sudah lihai sebagai pembawa acara  AFC TV, mereka berdua siap menghadirkan Musim ke-3 dari Cooking For Love yang bisa kita saksikan setiap hari Rabu pukul 9 malam hanya di AFC. Saya pribadi tak sabar melihat mereka beraksi, sebuah keberuntungan melihat proses pembuatan hidangan Asia yang selalu tampak menggiurkan di TV.

“Selamat pagi semua” sapa Sarah, seketika saya merasa angin berhembus tepat di muka saya, sungguh adem dan nyaman. Cooking for Love Season 1 & 2 sukses ia bawakan, dan yang ke 3 dipastikan semakin membuat ‘melted your heart’. Di saat yang pria sibuk meperhatikan Sarah, yang wanita juga tak ketinggalan, paras tampan Chef Nik berhasil membuat AC seakan tak berfungsi kala itu, dirinya ramah banget, persis kalau saya main ke Malaysia dan bertemu dengan orang-orangnya. Apalagi saat semua makanan sudah ready, Chef Nik sendiri yang membawanya ke meja kami, teriakan pun tak terhindarkan, makanan yang disajikan menjadi lebih spesial dan sayang sekali rasanya untuk dimakan, hehe.
Bersiap masak bareng Chef Nik & Sarah?
Nik Michael Imran - Sarah Benjamin


MENU COOKING FOR LOVE YANG WAJIB DICOBA!

Saya suka bagaimana Nik selalu membersihkan meja kerjanya setelah selesai memasak, tak boleh kotor prinsipnya. Dan Sarah, meskipun tangannya sedang cedera ia tetap bersemangat, ceria banget, apalagi pas dia senyum, rasanya pengen saya bawa pulang, hehe. Okay! Sudah siap kalian buat mencoba menu makanan yang kemarin saya cicipi? Menu-menu ini pas banget loh buat dinner romatis kalian, atau seru-seruan masak bareng mamah or sahabat juga boleh.

1. Vietnamese Prawn Spring Rolls
Sangat tepat jika menu yang satu ini menjadi pembuka nafsu makan siang saya saat itu, aroma udang dan bahan lainnya sangatlah khas, rasanya pun unik, ini pertama kalinya saya mencicipi lumpia udang khas Vietnam yang terbuat dari cuka beras, gula, wotel, bawang putih, saus ikan, bubuk paprika, jus prune, udang, rice spring roll wrappers (seperti kulit lumpia gitu), rice vermicelli, daun mint, soun, and cilantro.

Menurut Chef Nik waktu persiapan membuat menu ini sekitar 30 menit, tapi untuk membuatnya sendiri hanya membutuhkan waktu 10 menit saja, cepat sekali bukan. Untuk vegetarian bisa mengganti udang dengan jamur dan hindari penggunaan saus ikan. Vietnamese Prawn Spring Rolls terbilang wajib disajikan dengan sausnya agar rasa yang kita dapat di mulut semakin unik tapi enak.
Ingredients souscenya terdiri dari lime juice (jus lemon), gula, air, saus ikan, bawang putih dan cabai.


Cara membuatnya cukup mudah,
  • Pertama kita buat isi spring roll nya terlebih dahulu dengan membuat 'cairan khas', komposisinya gula dan cuka beras yang diaduk secara merata. Kemudian masukan wortel dan timun (yang seudah dipotong menyerupai batang korek api), seperti membuat acar.
  • selanjutnya, kita bisa siapakan sausnya terlebih dahulu sambil menunggu wortel dan timun yang nantinya akan berubah rasanya menjadi unik (khas vietnam) dengan menggabungkan 3 sendok makan jus lemon, 2 sendok makan gula, setengah cangkir air, 2 sendok saus ikan, 2 siung bawang putih (sudah dicincang) kemudian aduk hingga berbah warna menjadi keemasan.
  • Di wajan yang terpisah, lelehkan mentega dan tambahkan bawang putih yang sudah dicincang, kemudian tumis hingga berubah warna. Tambahkan 1 kaleng prune juice, 1 sendok makan saus ikan dan 1 sendok makan bubuk paprika, diamkan hingga mendidih. Saat airnya mulai sedikit/tiris, masukan udang (kupas terlebih dahulu, dan buat seperti sate, tusuk menggunakan tusukan sate)kemudian rendam 2-4 menit, setelah matang dan berubah warna barulah lepaskan tusuk tersebut.
  • Terakhir kita bisa langsung menggulungnya dengan rice spring roll wrappers (rendam beberapa detik terlebih dahulu agar lembut), susuannya potongan kubis, soun, daun mint, cilantro, wortel dan timur yang sudah direndam tadi kemudian gulung, satu gulungan terlebih dahulu, lalu taruh udangnya diatas gulungan tersebut dan lanjutkan gulungannya. Seperti membuat martabak tahu gitu loh...
Saya senang sekali melihat cara pembuatannya, rasanya ingin sekali praktek, bahkan Sarah bisa melakukannya dengan tangan satu, waw. Seperti yang saya bilang rasanya unik banget, aromanya pun demikian, jangan lupa celupkan di sausnya terlebih dahulu agar lidah kalian semakin bergoyang, bahkan makanan ini membuat tenggorokan saya hangat, karena sebagai menu pembuka jadinya saya gak boleh makan spring roll ini terlalu banyak, takut kenyang, kan masih ada 4 menu lagi, hehe

2. Red Curry Beef on Crispy Rice Cakes
Menu selanjutnya adalah favorit saya, jujur menu ini saya suka banget! Mirip seperti sushi karena memang nasi yang digunakan sama. Resep menu dari Sarah Binjamin ini beneran bikin saya jatuh cinta, jika kalian ingin mencoba membuatnya boleh loh undang saya, hehehe. Untuk membuat menu yang satu ini kita membutuhkan 3 elemen penting, pertama adalah Spice Paste (bumbu pedasnya) yang terdiri dari 5 cabai kering yang dibasahi kemudian ditiriskan, 1 sendok makan garam, 1 shallot dikupas dan dipotong, 5 siung bawang putih, 1 pcs galanggal, 2 batang sereh (dalamnya) kemudian dipotong, 1 sendok makan coriender, 2 sendok teh ground cumin, 1/2 sendok makan lada, 1 sendok makan pasta udang, 2 peras jeruk nipis, dan 4 bird's eye chilies

Selanjutnya adalah Curry Sauscenya, terdiri dari 1 1/2 sendok makan gula jawa, 1 sendok makan saus ikan, 3 sendok makan minyak sayur, 1 cup santan, 3 lembar daun jeruk nipis yang sudah dicincang, daun basil thailand diirs tipis untuk garnish, 3 potong jeruk nipis untuk dihidangkan, dan garam.

Yang ketiga, Ricenya, yang seperti sushi tadi sehingga nasi menjadi guris dan nikmat, ingrediensnya 2 sendok makan + 1 sendok teh gula, 1 sendok teh garam, 2 sendok makan cuka beras jepang, 2 mangkuk beras jepang (yang sudah dimasak) 2 cup air, 2 sendok makan minyak tiram, 1/2 sendok makan minyak ikan, 2 potong rib-eye/sirloin steaks.


Cara membuatnya:

  • Buat spice paste terlebih dahulu dengan mencapurkan semua bumbu bersamaan ke dalam food precessor (blender yg khusus buat cabai tuh) hingga halus, tambahkan minya untuk merekatkan itu semua, kemudian diamkan
  • Panaskan wajan dengan kepanasan medium, lalu goreng spice paste tadi hingga harum, tunggu hingga minyaknya naik kepermukaan kemudian tambahkan gula jawa dan minya ikan, lalu aduk hingga merata.
  • Tambahkan santan dan garam kemudian siram ke spicey paste hingga seperti kari, dan mengental, tambahkan gula dan jeruk nipis dengan perlahan, diamkan hingga dingin.
  • Kemudian kita bisa buat rice cake nya dengan mengaduk 2 sendok gula, garam dan cuka secara beramaan.
  • Ambil rice cakenya kemudian bentuk menjadi kotak, serapih mungkin
  • Panaskan teflon ke tingkat yang paling panas, dengan minyak, goreng rice cake hingga garing
  • Saus ikan dan saus tiram kita masak bersamaan kemudian tunggu matang, lalu oleskan ke rice cake tadi, dioles gitu loh... kemudian goreng lagi hingga kecoklatan
  • Lalu kita siap membuat steaknya ya, dengan memanaskan satu sendok minyak menggunakan panas yang paling tinggi.
  • Masukan steak dan goreng secara merata hingga warnanya keemasan.
  • Setelah steak matang, oles bumbu ikan yang tadi di rice cake, kemudian potong-potong deh (dengan ketebalan 1cm), lalu taruh di atas rice cake dan oles lagi dengan saus kari yang tadi, terus akhiri dengan potongan daun basil tadi... selesai...



nah, tips nih dari Nik, jadi kalau goreng beef pinggirnya jangan lupa, agar lebih renyah dan berasa gurih dan garing di mulut!

potongnya sedikit miring ya... agar tekstur beefnya keliatan giut...



3. Crab Pasta
Kenyang, dijamin ketika kita dihadapkan menu yang satu ini, saya suka aromanya, daging kepitingnya enak deh pas dikunyah. Bahan yang diperlukan untuk membuat Crab Pasta ini antara lain 200gr daging kepiting, 2 sendok teh ikura, 200gr daun salada, cabai merah, garam, 300gr spageti, 1 mangkuk kecil minyak zaitun, dan 2 sendok teh minyak truffle. 

Cara membuatnya,
  • Cincang bawang putih terlebih dahulu. Lalu iris cabai merah secara memanjang, buang biji dan tengahnya kemudian iris tips lagi sebelum dicincang. Setelah itu kita pilih selada yang ukuran sedang, termasuk daunnya untuk nanti digunakan.
  • Dalam air panas mendidih di panci/mangkuk, tambahkan pasta dan garam (secukupnya), diamkan agar pasta lebih memiliki rasa dan teksture lembut
  • Kemudian kita beralih ke wajan/penggorengan yang sudah dipanaskan menggunakan minyak zaitun, tumis cincangan cabe merah dan bawang putih tadi dengan api medium ke  medium low. 
  • Masukan spageti kemudian tambahkan daging kepiting, garam dan selada, aduk hingga merata.
  • terakhir, tambahkan minyak truffle dan aduk merata (lagi) dengan pasta, setelah itu hias dengan ikura dan daun selada. Jadi deh!




4. Pavlova Platter
Sajian penutup buatan Chef Nik begitu manis, berguna sekali bagi yang patah hati mungkin, hehe. Namanya Pavlova Platter, waktu pembuatannya cukup lama sekitar 1 jam 15 menit, tapi terbilang simple banget, bahan yang digunakan 4 buah putih telur dingin, 1 cangkir gula,  2 sendok teh cuka, 4 sendok teh tepung maizena, 1 ekstrak vanila, 750ml whipped cream, 200gr strowberi (dipotong kotak/kecil-kecil), 3 markisa, dan sedikit garam.

Pasti kepo ya cara pembuatanya? Firstly, kita panaskan oven hingga 120 derajat (max 140 sih), kemudian buat adonan dengan mencampurkan gula, telur dan garam hingga berbusa, tambahkan cuka kemudian aduk lagi hingga adonanya mengeras. masukan ekstrak vanila, aduk (lagi) sambil dimasukan tepung maizena hingga semuanya tercampur. Jika sudah jadi adonan, pindahkan ke loyang panggang yang sudah dilapisi kertas perkamen/alas, bentuk pavlova (seperti yang digambar) kemudian dipanggang selama 75 menit (ini yang bikin lamaaa). Nah, agar tekture semakin lembut, jangan langsung di ambil ya, buka oven sedikit terlebih dahulu agar pavlova dingin secara perlahan. setelah dingin banget, barulah hiasa atas pavlova tadi dengan whipe cream dan taroh deh strowberi dan markisah atau buah lainnya yang kalian suka. Yummy...


5. Coffe Cheesecake Pots
Begitu manis tapi sungguh menyedihkan, ketika menu ini keluar artinya kesenangan saya di Almond Zucchini akan segera berakhir. Saya suka sekali perubahan rasa yang disajikan menu yang satu ini, lapisan pertama manis dan dikunyah enak banget karena ada rempahan oreonya, kemudian berubah terus-menerus hingga pahit kopi di akhir. Bahan yang kita perlukan untuk membuat dessert ini antara lain Mocha Cookies (oreo) yang sudah dihancurkan, 300ml whipe cream, 1 block cream cheese, serbuk kopi, kopi (sudah larut), gula, biskuit, dan ekstrak vanila 


cara membuatnya :

  • Masukan cream cheese, kopi dan gula (secukupnya) dalam satu wadah, mixing bersamaan sehingga berubah warna menjadi kecoklatan.
  • Tambahkan 1/3 whipped cream ke dalam campuran , aduk kembali hingga merata.
  • Kemudian siapkan pots/gelas kecil, lucu nan imut untuk penyajiannya. 
  • Isi bagian paling bawah dengan rempahan cookies yang sudah dicampur dengan serbuk kopi, kemudian masukan cheesecake mousse (adonan yang tadi dibuat pada poin pertama), lalu lapisan berikutnya biskuit (yang sudah dicelupkan ke dalam kopi, agar lebih lembut), lalu tiban dengan cheesecake mousse lagi dan terakhir taburi dengan rempahan oreo lagi agar suapan pertama menjadi 'krenyes-krenyes'.

Lihat deh, Sarah semangat banget, mixing pakai satu tangan sampai dibantu giut, hehehe, gemes!





Asian Food Channel bisa dibilang ngerti banget kebutuhan kaum urban saat ini, penyajian makanan yang gak ribet tapi sehat serta gampang dibuat sering disajikan dalam Cooking For Love, tips & trick memasak ‘kekinian’ juga ada loh di acara ini. Tak salah deh jika musim ini duet Chef Nik dan Sarah semakin menyenangkan untuk disaksikan. Rugi kalau ketinggalan karena inovasi masakan asia masih banyak banget! Pokoknya jangan lupa saksikan ya episode terbaru dari Cooking For Love Musim ke 3 hanya di Asian Food Channel (AFC) setiap hari Rabu pukul 9 malam.

For more info:
www.facebook.com/asianfoodchannel

You Might Also Like

7 comments

  1. aku dimasakin apa aja sama mereka gak nolak kok.. bening banbet lagi... kalo masakannya gak enak tinggal liat wajahnya... pasti enak enak aja kok. wkwkkw


    btw kurang ajarr banget.. itu foto spageti...ah apa itu crab pasta... euhh.. langsung laper dahhh.. -_-

    ReplyDelete
  2. aaaaa... acara favoritttt.... #AFCfans bgt nih gw Di...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran? ih nyesel kemaren gak ikutan...wkwkw

      Delete
  3. Ganteng amat chef nya ����
    Makanan pasti enak deh kalo dimasak sama chef itu *uhukk .

    ReplyDelete
  4. Makasih mak, nanti aku salamin ya sama kakak aku...

    ReplyDelete
  5. Waaa seruu acaranya.
    Aku selalu suka acara AFC. Tp aku gak dpt undangannya sik, jadi aku gak tau acara ini.
    Mendadak lapar aku liat menu Crab Pasta.
    Btw ikura itu apa ya?

    ReplyDelete