Kritik Sosial Dalam Film Surat Kecil Untuk Tuhan (2017)

10:35:00 AM



"Harusnya sosok kecil itu tak perlu hadir begitu jelas, terlalu membuka twist nya untuk saya"

   Akhirnya saya kembali mengunjungi bioskop! Film arahan Fajar Bustomi ini berhasil membuat mata saya terbuka akan permasalahan anak jalanan, khususnya di ibu kota, betapa keras nya perjuangan mereka hingga tak ada pilihan yang bisa mereka ambil membuat 'jalanan' yang menjadi latar peristiwa sebagian besar film ini begitu artistik, sinematografi dalam film ini begitu memukau, tata kamera dan lampu yang begitu artistik meskipun permainan warna atau pun penggunaan filter di part awal film menurut saya terlalu berlebihan, mungkin seperti itulah yang biasa dilakukan Falcon Pictures selaku rumah produksi film yang dipastikan tayang 25 Juni 2017 ini.

Saat berniat menyaksikan sebuah film, hal pertama yang saya lihat adalah poster nya, jujur, ketika melihat poster film Surat Kecil Untuk Tuhan ini saya seperti telah membaca cerita lengkap di novelnya, kesedihan yang digambarkan para pemain utama dalam film melalui poster terlalu terbuka, saya bahkan tak bisa melihat kesenangan selain warna biru dalam poster, namun ternyata saya salah, bisa dibilang saya terjebak dalam poster ini, film yang diangkat dari novel berjudul sama ini justru mengajak kita ikut masuk dalam ceritanya secara terstruktur dan rapih sekali, semua dibuat jelas dengan hubungan sebab-akibat yang cukup jelas.

Awal film, perhatian kita akan langsung tertuju pada miris nya kehidupan Angle (Izzati Khansa) dan Anton (Bima Azriel) yang benar-benar berhasil membuat pondasi alur cerita film ini begitu kuat, saya berpikir mereka hanyalah selingan saja dan sedikit tampil, tapi nyata nya tidak, hingga part akhir sosok mereka berdua tetap hadir sebagai penguat cerita dengan akting yang sangat menjanjikan. Sayangnya, saya punya sedikit catatan yang membuat film ini terkesan 'berat' mengingat ini film kategori keluarga dan akan disaksikan juga oleh anak-anak, yaitu bagaimana semua aspek kesedihan yang dipadukan terlalu berlebihan, too much menurut saya saat hujan, ditambah isak tangis, kemudian musik, bahkan tak hanya sekali musik itu hadir dan selalu hadir di bagian yang sedih-sedih, mungkin tujuannya untuk semakin membuat sisi sedih dalam film ini semakin dalam, namun menurut saya sesuatu yang terllau berlebih justru membuat kurang bisa dinikmati.

Paruh kedua,  film diambil alih oleh sosok Angle Dewasa (Bunga Citra Lestari) yang berhasil menggiring penonton memasuki konflik yang semakin menegangkan, semakin pintar film ini memainkan emosi saya, dan musik nya pun berkurang, namun penggantian scene yang disispkan cityscape dan timelapse justru yang sedikit mengganggu, saya rasa jika dihilangkan tak akan merubah jalannya cerita yang rapih ini. Saya belum membaca novelnya, jadi saya tak tahu jalan cerita pastinya bagaimana meskipun saya bilang di awal kalau semua seakan tertebak dengan mudahnya, namun dialog yang dibuat oleh Upi Avianto ini patut diacungi jempol saat membuat semuanya seakan memiliki nyawa tersendiri, saya suka percakapan yang menyenangkan antara Angle dan Martin (Joe Taslim), juga bagaimana Asep (Teuku Rifnu Wikana) memutar kata dan membuat film ini semakin lama, dan saat Ningsih (Aura Kasih) membuat dialog part akhir begitu menengangkan, semua pemain bekerja begitu baik untuk film berdurasi 107 menit ini menjadi tak bosan untuk diikuti.

Tadi saya bilang kurang suka musik nya yang terlalu berlebihan, namun berbeda dengan soundtrack dalam film ini yang dibuat begitu grande dengan menggunakan paduan suara ana-anak, penempatannya pun tepat, hampir disemua adegan yang memang butuh penguat suasana dan berkesan, remake lagu anak-anak dalam film ini begitu memukau.sukak! Film Surat Kecil Untuk Tuhan adalah salah satu dari 4 film yang akan 'berebut' penotnon para tanggal 25 Juni 2017 menyambut lebaran nanti, namun film ini memiliki satu kelebihan, kritik sosial yang diangkat begitu rapih terbungkus dan jelas dipaparkan, bagaimaan kerasnya kehidupan anak jalanan yang tak punya pilihan, dan juga pandangan mereka yang hanya duduk di dalam mobil menyaksikan pejuang jalan itu bekerja, miris memang, namun seperti itulah yang terjadi. Penasaran? ingat! 25 Juni 2017



Judul Film
Surat Kecil Untuk Tuhan

Sutradara
Fajar Bustomi

Penulis
Upi Avianto

Produksi
Falcon Pictures

Tayang
25 Juni 2017

Genre Film
Drama

Pemain
Bunga Citra Lestari
Joe Taslim
Bima Azriel
Izzati Khansa
Teuki Rifnu Wikana
Lukman Sardi
Aura Kasih 
Ben Joshua

You Might Also Like

2 comments

  1. Mengharukan dan saat di Australia itu amazing banget buat Angel bisa dapat hidup layak gitu.
    Layaknya Princess

    ReplyDelete
  2. Halo,
    Saya James Loan Funds pemilik legal dari pinjaman yang cepat dan bertanggung jawab itu
    Mengeluarkan pinjaman jangka pendek dan panjang untuk semua individu pribadi
    Dan pria / wanita bisnis siapa pun yang berminat harus menghubungi lebih
    Rincian: jamesloanfirm72@gmail.com

    Maafkan saya karena mengganggu waktu Anda yang berharga.

    Ini adalah Lembaga Penjamin Keuangan; Kami mengkhususkan diri dalam pendanaan
    Dan menawarkan tingkat Pinjaman @ 3% kepada individu dan perusahaan yang berkepentingan
    Yang mencari bantuan keuangan dan pertumbuhan bisnis atau bisnis
    Dana ekspansi Kami menawarkan Pinjaman dengan jaminan yang dapat diandalkan untuk semua
    Pelamar yang memenuhi syarat: jamesloanfirm72@gmail.com

    ReplyDelete