One Day Trip Ke Cirebon Bersama BIG BIRD

10:38:00 AM

Menjadi dewasa adalah disaat kita memiliki materi tapi tak punya waktu, pernah dengar kalimat demikian? apakah benar? jika itu sebuah pertanyaan buat saya, maka saya akan menjawab "benar" meskipun materi yang saya pikirkan tak banyak, hehe. Contoh simple nya sih liburan, pasti sulit membagi waktunya untuk mereka yang sibuk mencari berlian di tiap harinya, solusinya hanya cuti, tanggal merah dan weekend. Mungkin hal tersebut yang membuat istilah 'One Day Trip' semakin disukai dan dipilih masyarakat urban, khususnya Jakarta, Blue Bird Group selaku perusahaan transportasi melihat hal itu sebagai langkah untuk berinovasi, dengan menghadirkan BIG BIRD Jalan-Jalan, perusahaan yang pernah meraih penghargaan sebagai Angkutan Umum Pariwisata Terbaik 2013 - 2014 ini pun siap menjadi solusi liburan singkat masyarakat ibu kota. Tertarik?


   Lebih dari lima jam bus besar berwarna biru yang kami tunggangi itu melaju, kecepatan pun beberapa kali diturunkan agar tak menyenggol kendaraan di depannya, macet suasanan jalan siang itu. Saya ingat, beberapa jam sebelumnya kami masih menunggu penumpang lainnya yang ingin ikut menjelajah kota Cirebon di Kantor Pusat Blue Bird Group, Mampang Prapatan, Jakarta. Cirebon adalah salah sau kota yang ingin sekali saya kunjungi, selain jaraknya yang terbilang cukup dekat untuk kategori liburan, kota ini juga memiliki banyak tempat dan kuliner menarik yang membuat saya penasaran, dan perjalanan bersama inovasi armada baru dari Blue Bird Group yang bernama BIG BIRD ini adalah pertama kalinya buat saya, i'm so excited, yeay!

Tapi kalian tahu tidak, ternyata tak hanya Cirebon saja kota yang dipilih Blue Bird untuk disinggahi Big Bird, ada Bandung dan Yogyakarta, bahkan Jungleland, Bogor menjadi pilihan 'paket liburan' yang menjanjikan dari Blue Bird. Sebuah keberuntungan bagi saya bisa ikut one day trip ke Cirebon bersama Blue Bird dan Indonesian Lifestyle Digital Influencers beberapa waktu lalu, bersama blogger lainnya, saya pun siap terlelap dalam kenyamanan yang diberikan Big Bird dan tempat-tempat seru yang ditawarkan oleh kota udang ini seperti Keraton Kasepuhan, Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan tak lupa kuliner khas nya seperti Nasi Jamblang dan Empal Gentung, serta pusat oleh-oleh Batik Trusmi.


NASI JAMBLANG NAN FENOMENAL!

   13:40, kami pun sampai di lokasi pertama, "makannn" hati saya menjerit demikian. Nasi Jamblang Ibu Nur adalah pilihan pertama, wajar saja, sudah waktunya makan siang meskipun di perjalanan Big Bird menyediakan snack. Beralamat di Jalan Cangkring 2 No 34 Kejaksaan, Kota Cirebon, nasi jamblang yang satu ini bisa dibilang cukup terkenal di Cirebon dan penyuka kuliner tanah air, hingga akhirnya saya dibuat terkejut akan suasana yang disuguhkan untuk pertama kali di hadapan saya, padat merayap.


Bangunan berwarna hijau dan kombinasi oren ini begitu menggoda untuk dimasuki, begitulah kira-kira pikiran saya berkata, dan ketika membuka pintu, taraaaaa, ruangan besar ini benar-benar penuh, antrian sudah panjang banget, AC pun tak terasa lagi, beberapa orang terlihat menyerah dan keluar dari lokasi tapi tidak untuk saya dan blogger lainnya, alasan pertama karena memang sudah memasuki waktu makan siang dan alasan kedua 'sudah jauh-jauh ke Cirebon' sayang banget kalau tak nyobain nasi jamblang yang terkenal ini, lagi pula saya punya sebuah prinsip kalau tempat makan yang ramai pasti memiliki keunikan tersendiri, seperti Nasi Jamblang Ibu Nur ini, sungguh fenomenal.

Mungkin karena akhir pekan sehingga Nasi Jamblang Ibu Nur ini begitu sangat ramai, Big Bird memang hanya beroperasi Sabtu dan Minggu untuk melayani paket wisata liburan, untuk itulah memilih paket perjalanan dari Blu Bird ini adalah sebuah pilihan yang tepat untuk mengisi liburan singkat, yang kita sendiri tak perlu pusing memikirkan mau kemana saja, naik apa, dan makan apa, semua sudah diatur, kita hanya tinggal duduk nyaman sampai tujuan.



Nasi beralas daun jati, mungkin ini khas nasi jamblang, saya pun baru pertama kali 'mengenal' kuliner ini, hehehe. Cukup terkaget, saat pelayan bertanya "nasinya satu atau dua?" saya menjawab "satu" ternyata sedikit sekali, buat kalian yang doyan makan mending bilang "dua" deh, biar puas. Setelah nasi ditangan dan sambel merah yang begitu menggugah, saya pun langsung disuguhkan sederet lauk yang buanyaak banget, bingung saya mau pilih yang mana, semua terlihat enak banget, ada cumi, perkedel, telur balado, paru goreng, orek tempe, sate telur puyuh dan masih banyak lagi yang sebenarnya sata tak tahu itu apa.

Saya pikir setelah mendapatkan 'sang jawara' nasi jamblang sayalangsungbisa tenang memakannya, ternyata tidak! mencari tempat duduk seperti mencari jodoh, cukup sulit hehehe, tapi tenang, ini bukan tempat nongkrong, hanya tempat makan yang jika selesai makan langsung keluar dan mencari udara segar. Fasilitasnya lengkap, ada musholah, toilet dan lahan parkir yang cukup luas. 




MASJID AGUNG SANG CIPTA RASA

   Setelah puas menyantap makan siang tenaga pun kembali terisi, dan kami siap melanjutkan perjalanan. Berbicara tentang kota Cirebon tentu kalian pernah mendengar julukan kota yang satu ini, selain kota udang, Cirebon juga dikenal dengan nama kota wali, dan tak afdol rasanya kalau kita tak mengunjungi salah satu tempatibadah diwilayah tersebut yang sebagian besar memiliki sejarah penting untuk penyebaran agama islam.

Ialah Masjid Agung Sang Cipta Rasa, sebuah masjid yang dibangun pada masa Sunan Gunung Jati memerintah sebagai sultan pertama di Cirebon. Lokasinya yang dekat sekali dengan Keraton Kasepuhan atau lebih tepatnya berada dalam satu kawasan membuat saya rugi jika tak mengunjunginya. 


Saat saya mulai memasuki wilayah masjid ada satu hal yang saya sangat suka, masjidnya begitu ramai, bukan hanya pengunjung tapi juga oleh pengurus masjid. Gaya arsitektur nya yang luar biasa, cukup menakjubkan dan klasik dengan suasana yang adem membuat saya cukup betah berlama-lama di dalam masjid, tapi ingta, harus buat ibadah ya yang utama, dan tak boleh tidur. 



KERATON KASEPUHAN CIREBON

   Setelah sholat, cukup berjalan kaki tak sampai 5 menit kami pun sudah berada di depan Keraton Kasepuhan Cirebon, dengan harga tiket masuk sebesar 20k untuk umum dan 15k untuk pelajar kami siap kembali ke masa lalu. Jika berkunjung bersama rombongan kalian pasti akan mendapatkan guide yang akan menjelaskan seluk beluk keraton ini, untuk itu, mending kalau ke Cirebon naik Big Bird aja, bareng-banreng sahabat atau keluarga biar makin seru dan bermanfaat, hehe.

"Ini dulunya merupakan pusat pemerintahan kesultanan Cirebon" kata guide kami, sejujurnya saya lupa namanya siapa. Bata merah membuat Keraton semakin 'artistik' sehingga tak heran banyak orang yang langsung berfoto padahal baru memasuki bagian muka keraton. Melanjutkan perjalanan, nantinya kita akan disguhkan oleh bangunan-bangunan tua lainnya, cukup bersih saya melihatnya karena memang ada yang menjaga Keraton ini. Malang Semirang, Pandawa Lima, dan Mande Karesmen adalah beberapa tempat yang ada dibagian depan keraton, juga ada galeri lukis khas Cirebon, melukis diatas kaca. 



Semakin memasuki kawasan keraton bagian dalam, ternyata masih banyak loh tempat-tempat 'tua' lainnya, cukup instagramble pula untuk foto-foto. Ada dua museum yang terdapat di Keraton Kasepuhan Cirebon, yaitu Museum Benda Kuno yang membuat mata kita menjelajah masa lalu dengan memperlihatkan benda-benda kuno (yaiyalah) pastinya, seperti gamelan, kris, dan benda kuno milik keraton pada zaman dulu. Juga Museum Kereta Singa Barong yang berisi kereta kencana milik keraton. 


Dan tak lupa pastinya juga ada patung-patung yang menghiasi wilayah keraton yang cukup 'misterius', berlumut namun tetap memiliki nilai jual tersendiri. Setelah itu kita akan disuhuhkan oleh bangunan putih yang ternyata merupakan bangunan induk keraton, bahkan masih ditempati oleh keluarga keraton yang masih setia tinggal disana, sayangnya saya tak melihat mereka, padahal mau kenalan, hehe

Sang guide masih membicarakan tentang keraton ini, ada banyak yang saya dengarkan tapi sedikit yang saya ingin ingat, percaya atau tidak, ternyata fengsui yang biasa dipakai orang-oramg Tiongkok juga digunakan loh di pembangunan keraton ini, saya takjub saat sang guide berkata "jadi kalau membuat sebuag bangunan dulu, harus memperhatikan fengsui, harus agak sedikit berkelok" katanya. Percaya? mending liat sendiri deh ke lokasi, dan jangan lupa naik Big Bird biar semakin nyaman dan seru.



Selain itu, ada juga hal menarik lainnya, mitos mungkin lebih tepatnya, tapi saya menikmatinya. Dalam kawasan keraton juga terdapat sumur yang tak pernah kering, bahkan katanya jika kita berdoa sebelum membasuh muka dengan air tersebut maka dia kita isnyaallah akan terkabul. Doa tetap kita panjatkan pada yang diatas, yang saya rasakan setelah membasuh muka dengan air tersbut adalah, "segar banget" pikiran lebih fresh lagi, sumpah. dan tentunya siap melanjutkan perjalanan lagi mengelilingi Cirebon, satu hari yang begitu menyenangkan dan bermanfaat bagi saya.




MAKAN LAGI YUK !

   Hampir 2 jam lebih saya berkeliling Keraton Kasepuhan, foto, mendengarkan sejarah, hingga duduk-duduk menikmati pemandangan telah saya lakukan semua, dan jangan kaget jika saya....lapar lagi, kami lapar lagi tepatnya. Di Cirebon ternyata banyak banget kuliner-kuliner yang menjanjikan dan nikmat, selain tadi nasi jamblang, sekarang saya akan mencoba empal gentong, yang cukup terkenal ialah Empal Gentong H. Paud, yang saat melihat parkirannya saja sudah ramai banget, waw. dan saya pun semakin lapar.

Siap-siaplah kalian antrin, tapi kalau pergi bareng Big Bird tentunya gak pelu, karena sudah ada reservasi dan kita tinggal masuk, duduk, dan siap makan. Kembali saya dibuat takjub dengan fasilitas yang ditawarkan, cukup bersih secara keseluruhan, toilet dan musholahnya pun bagus, nyaman banget makan di tempat seperti ini. Beralamat di Jalan Raya Ir. H Djuanda No 24,Tengah Tani Cirebon, empal yang satu ini memang sudah terkenal dengan rasanya yang begitu enak, tak salah jika memilih Empal Gentong H. Apud sebagai pilihan kuliner ketika berkunjung ke Cirebon, menu yang disajikan juga beragam, ada empal gentong, sate kambing, tahu gedjrot dan beragam minum lainnya.



Saya pun memilih empal gentong dan sate kambing sebagai pemuas mulu ini, saat makanan datang rasanya sudah tak sabar perut ini, semakin berisik. Gigitan pertama sate kambing langsung membuat saya komen, empuk dan rasanya gurih banget, bahkan sambelnya itu loh, pedesnya pas. Sedangkan untuk empalnya, rasa rempahnya tak berlebihan sehingga enak di mulut dan hangat di tenggorokan, jujur, saya kenyang banget makan disini, kalian wajib coba.





JANGAN LUPA BELI OLEH-OLEH KAKAK....

  Namanya juga liburan, meskipun sehari sih, tapi jangan lupa donk buat beli oleh-oleh untuk orang tersayang, hehe. Dan yang pasti kalian harus mengunjungi Batik Trusmi, saat memasukinya saya suka sekali dengan lantainya yang begitu menarik untuk difoto, harganya pun murah-murah dan banyak ragamnya, jadi bebas memilih deh. Lokasinya ada di Jalan Trusmi Kulon No 148, Plered, Cirebon, kalau bingung tanya aja orang sekitar, pasti semua tahu deh. Tempatnya yang adem karena ber AC, parkir yang luas dan dalamnya yang luas pula membuat saya betah berlama-lama, meskipun belinya dikit, haha, tapi tak ada salahnya donk membuat mata yang jajan. 


Tak hanya batik, pernak-pernik yang bisa kita gunakan untuk mempercantik rumah atau kamar juga tersedia di Batik Trusmi, harganya pun murah, beneran deh, teman saya sempat membandingkan dengan yang dijual dipinggir jalan dan jaraknya cukup jauh, kan lumayan. Big Bird mengerti banget deh, rute perjalanan dibuat sebermanfaat mungkin agar tak membuang waktu, makan siang kemudian wisata, makan lagi, terus belanja.



Oh iya, satu lagi nih, saya tak tahu ini khas Cirebon atau bukan, tapi yang saya tahu cokelat-cokelat dengan 'judul' yang kekinian ini pertam akali saya lihat di sosmed dan berasal dari Cirebon, dan saya berhasil melihatnya dengan mata saya sendiri, sempet ngakak sih karena nama-namanya yang lucu, pas banget buat oleh-oleh sesuai karakteristik teman-teman kamu, iyakan. Yuk jangan lupa diborong kakak.....


Duhhhh, tak terasa sudah malam saja, sudah hampir jam 8 malam, kami siap kembali ke Jakarta, one day trip ke Cirebon bersama Big Bird ini memang begitu menyenangkan, gak perlu pusing lagi deh buat bikin list tempat-tempat mana yang akan dikunjungi di Cirebon, terus 'nyasar-nyasaran' kebingungan, karena kalau naik Big Bird tinggal duduk nyaman ajah nyampe tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Cirebon. Cukup dengan harga promo 295k per orang, kalian bisa seru-seruan yang total di Cirebon, kalian bisa cek disini.

Untuk promo bulan Mei masih tersisah loh, banyak long weekend ya kalau gak salah, bisa tuh kalian pilih untuk liburan naik Big Bird, kalau gak mau ke Cirebon ya bisa kalian pilih lokasi lainnya, Yogyakarta misalnya? kalian bisa kunjungi Sunrise Candi Borobudur, Keraton Yogyakarta, Wisata Kuliner Khas Jogja, Candi Prambanan dan Sunset Keraton Ratu Boko, paket tersebut sudah termasuk akomodasi transportasi dan menginap 1 malam di hotel bintang 3 loh, cukup dengan 990k saja. Ada juga paket liburan ke Bandung, dengan beberapa rute yang akan singgah di Dusun Bambu Lembang, Rumah Mode FO Bandung, Farm Haouse, The Lodge Maribaya dan makan malam di area Jl. Sudirman, waw. Cukup membayar 225k per orang saja kita bisa menikmati perjalanan yang menyenagkan.Dan kalau kalian mau liburan yang full menguji adrenalin dengan berbagai permainan tapi fun ? bisa deh pilih paket wisata yang ke Jungleland dengan biaya 250k per orang saja, serba praktis, menguntungkan dan gak bikin pusing, pas banget deh liburan dengan paker dari Blue Bird ini, kalian bagaimana? yakin mau pusing-pusing nyari liburan yang asik, waktunya cuma satu hari loh, mending naik Big Bird deh, okay!


Info lebih lanjut bisa kalian cek di.....
web : www.bluebirdgroup.com
Twitter : @Bluebirdgroup
Instagram : @Bluebirdgroup

Dan jangan lupa juga buat tonton keseruannya di Youtube! like, komen adn subscribe nya ya.... love







You Might Also Like

4 comments

  1. Seruuuu.
    Ke sana aaahhh.
    Gak pernah lewat cirebon, biasanya langsung masuk tol. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget deh kalo gak ke Cirebon, WAJIB.

      Next yuk bareng aku ke Cirebon nya, hehehehhe.

      Delete
  2. waa nasi jamblang Bu Nur juara sih emang. big bird suka arrange trip juga gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, Bigbird juga ngatur2 gtu, jadi kita tinggal terima beres aja, hehe.

      Delete