Merawat Kendaraan Tercinta? Jangan Lupakan Hal Berikut Ini

12:53:00 AM

Apa hanya saya yang merasakan hal seperti ini?

   "Your driver is on the way", begitulah kira-kira status yang diperlihatkan salah satu aplikasi ojek online yang saat ini sering saya gunakan karena memberikan sedikit kelebihan dibandingkan yang lain, diskon seharian. Berbeda dengan rivalnya juga,  aplikasi ini memberikan kemudahan dengan menampilkan jenis motor dan nomor kendaraan, sejak saat itulah saya merasa sering memperhatikan motor-motor yang digunakan para driver ojek online. Apakah kamu juga?. Tapi ternyata ada satu hal yang memang seharusnya diperhatikan ketika kita memiliki kendaraan khusunya motor motor, apalagi untuk kalian yang selalu menggunakannya dan seakan tak mau pisah dari kendaraan beroda dua ini, yaitu PERAWATAN. Sudahkah kalian merawat kendaraan tercinta semudah tersenyum?



   The Hook kembali dipercaya untuk menjadi saksi bisu bagaimana Mobil123.com sebagai Portal Otomotif No.1 menjalin tali silaturahmi serta memberikan pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia melalui para Bloggger di acara Talk Show Mobil 123 dengan tema "Merawat Motor Semudah Tersenyum". Acara yang diadakan Selasa, 25 April 2017 ini turut menghadirkan para pembicara yang sudah ahli dibidangnya, diantaranya Bapak Agung Prabowo selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants, dan seorang Lady Biker yang bernama Ipoet Kusumonegoro yang akan berbagi pengalamannya sebagai wanita yang mencintai motor gede hingga cara ia merawatnya. Penasaran?


"Merawat itu tak hanya performa saja, tapi juga keselamatan” ujar Pak Indra Prabowo selaku Managing Director Mobil123.com yang juga akan bertindak sebagai moderator pada acara siang itu. Tapi kalian tahu tidak, ternyata acara ini juga bagian dari Mobil123.com dan Pertamina Lubricants dalam merayakan hari Kartini loh, jelas diutarakan oleh Humas PT Pertamina Lubricant yang bersedia hadir saat itu “Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Mobil 123 dalam acara ini, sebenarnya ini adalah acara kami dalam rangka hari kartini, kenapa? Karena stigma yang beredar di masyarakat kalau kendaraan yang bekas dipakai wanita maka harganya akan turun, dan kita ingin memberikan edukasi tentang perawatan kendaraan tersebut" kata Ibu Intania Prionggo

Nah, mulai memasuki sesi yang penting nih, meskipun dalam rangka Kartini tapi saya juga boleh dong ikut meramaikan, hehehe. Tak hanya saya, banyak blogger pria lainnya juga siap menyimak materi yang akan dipaparkan oleh Pak Ilma Agung Prabowo atau yang biasa dipanggil Pak Agung karena materi tentang perawatan kendaraan khususnya mobil memang wajib diketahui oleh semua orang.sudah punya atau belum yang penting kita tahu ilmunya, kan sekarang banyak penyewaan mobil, hehehe. Menurut Pak Agung, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, diantaranya
  • Cek Ketersediaan Toolkit, ini salah satu yang penting untuk diperhatikan saat kita benar-benar mencintai kendaraan yang kita miliki, pastikan kelengkapan ala-alat dan kondisinya tiap minggu dalam kondisi baik dan siap dipakai jika diperlukan, dan yang penting kalian punya sendiri, jadi gak ribet pinjam sana-sini, iyakan!
  • Cek Tekanan Angin, sebelum berkendara jangan lupa untuk cek tekanan angin pada ban kendaraan. Kalian pasti tahukan kalau pergantian suhu bisa menyebabkan kekerasan ban berubah, apalagi jika kendaraan sudah tak digunakan, suhu secara tidak langsung akan mempengaruhi kekerasan ban, maka sebaiknya setiap minggu kita cek apakah sudah aman atau belum.
  • Cek Kondisi Jok Mobil, ini maksudnya adalah kebersihan dalam mobil, jangan sampai berdebu karena akan membuat suasana dalam mobil tidak enak, sumpek, kotor dan berbahaya untuk pernapasan.
  • Menjaga Kebersihan Body Mobil, kalau yang satu ini tentu kalian sangat perhatikan, ini adalah lapisan terluar kendaraan kita yang mencerminkan si pemakai, so mau di bilang 'kotor' ? gak kan! makanya harus deh rutin dibersihkan dan dijaga.
  • Rutin Menjaga Kebersihan Kaca, beberapa orang berpikir kalau mobil sudah dibersihkan pasti kacanya juga bersih, tapi ternyata hal itu salah loh, kita juga harus perhatikan secara berkala karena di sudut-sudut frame kaca pasti banyak yang 'nyempil' dan jika tak dibersihkan akan membuat kaca mobil kusam, ieuh.
  • Cek Fungsi Lampu Mobil, pastikan berfungsi dengan baik, kalian pasti tak maukan tiba-tiba tak berfungsi dijalan? atau ditilang karena lampu mati.
  • Cek Oli Mesin, untuk beberapa wanita pasti agak 'rempong' untuk melakukan hal ini, tapi tak ada salahnya memulai untuk lebih tahu secara detail bagian dalam mobilnya sendiri. Memeriksa oli sangat disarankan secara berkala agar mesih juga berfungsi dengan baik dan pastikan semua sesuai antara jenis oli dan spesifikasi mobil kita.
  • Cek Air Karburator, ini juga sama dengan pengecekan oli mesin, harus dilakukan karena jika tidak akan berakibat fatal pada mesin.
  • Cek Kondisi Aki, pastikan air aki terisi agar fungsi mobil yang berkaitan dengan kelistrikan berfungsi dengan baik.
  • Pastikan Memiliki Ban Serep, tak ada salahnya memiliki ban cadangan di mobil kita, kita harus pikirkan kemungkinan terburuk itu ada, jadi tak ada salahnya kan sedia payung sebelum hujan, dari pada nanti nyusahin orang, hehe.
Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara, bahkan ketika memutuskan memiliki kendaran pribadi kita juga harus memastikan diri kita untuk mengerti berbagai aspek yang berkaitan dengan kendaraan yang kita miliki dan yang pasti lengkapi juga surat-surat berkendaranya ya, jika semua sudah terkendali semua, maka kalian siap mengemudi di jalan umum. 
Itu kan untuk mobil, kalau motor bagaimana? Kalau pertanyaan itu untuk saya pribadi, maka saya akan menjawab "sama sih, hanya berbeda bentuk dan beberapa item saja" tapi apalah saya, mending lanjut baca deh, ada tips nya loh dari Pak Agung, tapi sebelum itu, ada yang mau cerita nih...
Ipoet Kusumonegoro - Pak Agung Prabowo
   "Jujur, motor-motor saya selalu saya anggap seperti pacar saya sendiri” kata putri dari salah satu personel Warkop, Indro Warkop, ialah Ipoet Kusumonegoro yang sangat mencinta motor gede atau yang biasa kita sebut moge, kata beliau, rasa kecintaannya itu memang tumbuh dari keluarganya yang juga memiliki kecintaan terhadap motor-motor besar. "Kendaraan harus kita buat sehat luar dalam" lanjut Ipoet, jika kalian berpikir memiliki moge itu biaya perawatannya besar maka kalian lah yang justru salah besar, karena menurut Ipoet ternyata pengeluarannya sama saja seperti motor kecil lainnya, hanya waktunya saja yang berbeda. 

Ipoet juga tak takut untuk bertanya kepada para seniornya untuk perawatan moge, dan kalian juga harus mencoba bertanya secara detail namun wajar jika memperbaiki kendaraan di bengkel, jangan malu untuk bertanya supaya kalian mengerti, jangan salah! wanita juga harus bisa hal-hal seperti ini, apalagi kalau benar-benat cinta sama kendaraannya. Tapi, ada tips nya loh untuk melakukan perawatan motor agar tetap baik dan 'mantap' performanya, mau tau?
  1. Cek Kondisi Oli, jika ingin mesin motor kita 'lancar' pastikan oli yang kalian gunakan bagus, cara lihat kehitaman pada oli, jika sudah mulai pekat maka segeralah ganti, dan gunakan yang sesuai atau direkomendasikan oleh merk motor kita. Oli sangat penting perannya untuk melumasi komponen pada mesin, membersihkan kerak pada sisa pembakaran atau kotoran dari keausan komponen itu sendiri.
  2. Cek Kondisi Aki, pastikan kalian mengganti air aki agar tak terjadi pembakaran yang tidak sempurna sehingga berdampak boros pada bahan bakar.
  3. Periksa Rantai & Gear, jangan biarkan rantai kendaraan motor anda kendor atau kekencangan, pastikan dalam keadaan normal dan enak ketika dikendarai, hal ini biasanya terdengar saat motor mulai menyala, halus atau tidak peputaran gear nya.
  4. Periksa Kabel Koil & Busi, pastikan kabel koil dalam keadaan bagus, jika rusak segeralah ganti agar agar arus listrik ke busi tetap baik. Dan untuk busi pastikan bersih, dan jika kotor segeralah bersihkan. 
  5. Perhatikan Selang Bensin, jika terlalu lama selang bensin juga bisa bocor loh, untuk itu kita harus perhatikan, jika sudah retak harus segera diganti agar pembakaran terjadi dengan sempurna.
  6. Panaskan Motor Secukupnya, kalian pasti pernah deh manasin motor terus ditinggal? jangan! itu gak baik loh karena bisa mebuang-buang bensin, cukup 1-2 menit saja. 
  7. Periksa Tekanan Angin Ban, pastikan ban pada kendaraan yang anda gunakan pas, sehingga nyaman untuk digunakan.
  8. Gunakan Spareparts Sesuai Rekomendasi Pabrikan, ini adalah hal yang cukup penting diingat, jangan mau terkecoh dengan harga, pastikan kalian menggunakan yang asli dan sesuai dengan merk motor kalian sesuai dengan kapasitasnya.
  9. Jangan Lupa Cuci dan Salon Motornya, kebersihan adalah sebagian dari iman, tentunya bukan hanya kita dong yang harus bersih, motor juga harus rutin dibersihkan agar tetap keren dari look nya serta kotoran-kotoran pada ban/bagian bawah motor hilang dan tak menggangu kinerja mesin. Namun harus diperhatian bagian-bagian yang sensitif ya, jangan sampai terlalu keras saat terkena tekanan air, pilih tempat cuci kendaraan yang mengerti.
Selain tips, Pak Agung juga mejelaskan satu komponen penting untuk kendaraan kita, yaitu oli mesin yang terbilang cukup sering dilakukan pergantiannya untuk menjaga mesin tetap baik. Ada 3 fungsi utama dari Oli, yang pertama adalah Lubricate/Pelumas mesin yang bekerja meminimalisir gesekan-gesekan antar komponen mesin yang terbuat dari logam sehingga menjadi halus dan sedikit hambatan, selanjutnya sebagai Cooling/Pendingin mesin, panas yang erjadi diruang pembakaran membuat komponen mesin yang terbuat dari logam tadi ikut memanas, untuk itu oli bekerja mendinginkan agar panas tadi bisa terkontrol, dan yang terakhir sebagai Cleaning/Pembersih, oli bekerja membawa kotoran yang menempel pada komponen mesin yang berbentuk kerak (biasanya). 

TERBARU DARI PERTAMINA LUBRICANTS



   Dalam acara Talkshow merawat kendaraan bersama Mobil123.com, Pertamina Lubricants juga memperkenalkan kepada kami satu produk unggulannya yang sudah satu tahun dikeluarkan, ialah Meditran SX Bio yang dapat membuat mesih lebih lama umurnya dan hemat biayanya, "Dengan menggunakan bahan bakar Bio solar, untuk mesin diesel, akan lebih hemat" kata Pak Syafudin selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants. Selain Meditran SX Bio, PT Pertamina Lubricants juga memiliki beberapa produk lainya seperti Enduro Matic G, yang memang didesign khusus untuk penggunaan sehari-hari kendaraan bermotor . Harga yang ditawarkan Oli Enduro Matic G ini sangat bersahabat, itulah salah satu kelebihannya, selain itu Enduro Matic G juga wangi, bahan baku semi sintetik, serta telah didesign untuk perlindungan terhadap keausan, konsumsi BBM dan akselerasi optimal.

Selain itu, PT Pertamina Lubricants juga telah memiliki oli yang bisa digunakan untuk seri Lamborghini, Mercedes Benz, BMW, Volvo, serta Porsche atau yang telah diakui secara pabrikan yaitu Fastron, dengan NanoGuard Technologi yang merupakan pelumas sintetik terkini yang berkualitas tinggi untuk secara optimal melindungi mesin sekaligus memberikan perfomance dan akselerasi yang optimal. Fastron juga mendukung kinerja mesin yang ramah lingkungan dengan teknologi mesin terkini yang menggunakan exhaust after treatment devices sehingga lebih hemat bahan bakar. Dan yang pasti melindungi mesin hingga celah tersempit. Pokoknya, jangan asal pilih deh, pilih oli yang bermerk, terjamin mutunya dan terpercaya.

Dan seperti biasa, acara diakhiri dengan foto bersama
Indra Prabowo - Ipoet Kusumonegoro - Agung Prabowo - Syafudin - Irwan Nurfiandy


You Might Also Like

24 comments

  1. Rawat moge sama mobil keknya beda tipis ya. Beda di roda sama jenis oli. Lainnya sama. Tapi seringnya motor bermasalah di busi, kalau mobil di aki dan radiator. Airnya kosong atau lupa isi, udah deh, ngebul tuh mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak di ftv gitu ya, terus ada yang bantu. Ouch.

      Delete
  2. mantep mas, lengkap banget :)
    btw, foto yang pertama itu tawanya lepas banget, hi hi hi
    saya lupa, foto di background sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai tema gitu ya mas, tersenyum, meskipun saya tertawa wkwkw

      Delete
  3. Awas, oom juga jangan lupa selalu merawat kendaraan ya!

    ReplyDelete
  4. tips yg layak tuk disebarkan !! :D

    ReplyDelete
  5. Beberapa Tipsnya sudah saya jalankan niy Mass, biar tambah aman dalam berkendaranya.

    ReplyDelete
  6. Cek tekanan angin nih yang pernah terlupa euy mas. Terima kasih telah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  7. Mobil dan motor pun seperti manusia ya, perlu ke salon biar kinclong dan jalannya lancar :D

    ReplyDelete
  8. Ngerawatnya kayak ngerawat pacar ya ris, biar tetep bisa jadian dan awet terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar ceper ke jenjang yang lebih tinggi mas, hehehe

      Delete
  9. Tips yang sangat bermanfaat. Lanjutkan mas bro. 😀

    ReplyDelete
  10. Wahh tipsnya bernanfaat bgt, pas bgt nih buat diterapin dikehidupan sehari2

    ReplyDelete
  11. Asik yah, punya kendaraan udah dianggp seperti pacar, udh pasti terawat yg Ris

    ReplyDelete
  12. mang bener juga kata mba ipoet, ngerawat kendaraan dah kaya ngerawat pacar. pasti kendaraanya diperhatiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus mba, biar gak pindah lain hati, hehehe

      Delete