'Ngopi' Bareng Marischka Prudence, Tiket.com Go Internasional

11:31:00 AM

Iqbal, Aldy dan Kiky saya anggap berhasil mengajak para fansnya berlibur ke negeri kangguru lewat film mereka yang berjudul CJR The Movie : Melawan Rasa Takut, Dibalik kisahnya, film yang digarap oleh Patrick Effendi ini seharusnya syuting di US ternyata, namun ada beberapa hal yang sulit diurus sehingga berubah haluan menjadi syuting di Australia. Selain kekompakan dan akting para personil CJR yang cukup mulai bisa dinikmati, film ini juga berhasil membuat saya takjub dengan cityscape Australia yang tertata rapih dan indah dipandang mata. Tapi kalian tahu tidak, film ini rilis tahun 2014 lalu, lantas mengapa saya tiba-tiba teringat Australia ?


   Email bertuliskan Undangan #NgopiBarengTiket - Sharing Session Video & Image Blog Upgrade mendarat dengan mulus sore itu, senang rasanya ketika mengetahui saya menjadi 1 dari 50 orang yang beruntung untuk 'ngopi' bareng Marischka Prudence,Blogger hits yang setiap postingan instagramnya membuat saya merasa hidup ini tak adil, haha. Bukan 'ngopi' biasa, bukan juga 'ngopi' yang sesungguhnya, 100 Eatary & Bar, Century Park Hotel yang menjadi lokasi acara juga sepertinya tak menyediakan kopi malam itu, saya pun hanya minum air putih sebelum acara dimulai, atau justru, saya yang melewatkan kopi yang disediakan ?

Ngopi, ternyata hanyalah sebuah singkatan untuk program edukasi yang dibuat oleh Tiket.com dalam berbagi pengalaman, kalian tahu singkatan dari apa ? ialah Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Tiket.com tentunya. Tak hanya sekedar ngobrol biasa, pasalnya, lawan ngobrol kita diacara ini bukan orang biasa, tetap manusia namun berbeda nasib dan perjuangan hidup, ialah Marischka Pruedence dan Gaery Undarsa yang bakal sharing santai tentang perjalanan mereka serta kemudahan aplikasi Tiket.com yang saat ini terus berinovasi bahkan mulai go internasional.

"Tiket.com selalu jadi hits kalau musim-musim menjelang mudik seperti ini" ujar Gaery Undarsa selaku Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com saat memulai sharing sessionnya tentang aplikasi yang sudah mengumpulkan 4 award hanya dalam waktu 3 bulan ini, yaitu Tiket.com yang sudah bisa kalian download di Play Store dan App Store hingga saat ini. Saya pribadi merasa Tiket.com adalah aplikasi yang sangat bisa diandalkan, saya bilang demikian karena saya pernah punya pengalaman dalam menggunakan aplikasi ini, beberapa bulan lalu saya pernah diminta untuk mengganti cara pembayaran yang sebelumnya saya pilih 'menggunakan kartu credit' menjadi 'cash' siapa yang tak kesal, solusi aneh yang dilakukan salah satu custumer service aplikasi online (bukan tiket.com) membuat saya membatalkan pemesanan, barulah saya memesan di Tiket.com dan dengan lancar jaya, proses pembayaran dengan kartu credit berhasil tanpa hambatan, sejak saat itu saya menilai Tiket.com sangat mengerti yang diinginkan masyarakat khususnya ibu kota yang saat ini hanya ingin sebuah 'kemudahan'.

Gaery Undarsa - Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com

Ada yang berbeda saat beberapa waktu lalu saya mulai melakukan pemesanan via Tiket.com, yang saya tahu sebelumnya, Tiket.com hanya melayani kebutuhan 'jalan-jalan' dalam negeri saja, saya ingat sekali saat hastag #WaraWiriKits pertama kali mengenalkan saya dengan salah satu programnya yang berjudul 'Sobat Jalan' membawa mata saja jauh menjelajah hingga ke Pulau Lombok, sangat menyenangkan dan menggiurkan, namun sekarang Tiket.com sudah bisa membawa kalian lebih jauh dan lebih lama melintasi langit, Tiket.com sudah resmi Go Internasional per tahun lalu.

Go Internasional, Apa Lagi Kelebihan Tiket.com ?

   Tiket.com lah yang membawa saya jauh mengingat kembali bagaimana keindahan landscape dan cityscape Australia, "tadi singa kita baru membuat sebuah media launching, sebuah program baru dan setelah itu kita ngopi" kata Pak Gaery. Saat ini, nampak Tiket.com sedang melebarkan sayapnya, bekerjasama dengan kedutaan besar Austalia untuk program terbarunya yang diberi nama Sobat Jalan #AussieBanget, ini yang mengingatkan saya tentang negeri kangguru itu, hastag #AussieBanget di Instagram seakan mengajak saya untuk mengunjungi dan melihat lebih dekat lagi apa saja yang ada disana, penasaran ? cek deh sekarang!

Potensi orang Indonesia yang terbang ke luar negri saat ini berkembang dengan signifikan, hal ini tentunya yang membuat sebuah peluang bagi Tiket.com untuk berkembang dan berinovasi agar produk dalam negri terkenal hingga mancanegara, kalian tahukan kalau hanya Tiket.com lah yang indonesia banget saat ini, semua serba Indonesia, seperti yang Pak Gaery bilang "hanya tiket.com yang 100 % Indonesia".

Selain kemudahan pembayaran yang saya singging tadi, Tiket.com juga sangat lengkap dalam memberikan fasilitas pemesanan online saat ini, tengok saja pada aplikasi dan webnya, Tiket pesawat, Tiket kereta, Hotel, Event, hingga penyewaan Mobil ada dalam genggaman kita untuk dalam dan luar negeri, so, liburan tak perlu bingung lagi untuk mencari tiket, hotel dan mobil, sudah satu paket, praktis gak ribet. Dan tak hanya itu saja, Tiket.com sangat mengerti akan arti sebuah 'loyalty' dengan memberikan poin kepada para pengguna setianya yang bisa digunakan untuk mendapatkan berbagi keuntungan mulai dari makan - minum gratis, potongan harga, hingga gratis biaya tiket pesawat / hotel. Gak percaya ? Buruan cek sekarang juga.
"GRATIS makanan & minuman di Bandara" info lebih lanjut klik promo tersebut pada aplikasi Tiket.com anda.

Dari segi konsep promosi, Tiket.com menurut saya juga salah satu yang menarik, bahkan di acara tanggal 20 Maret 2017 lalu, Pak Gaery juga membeberkan 3 fokus yang dituju Tiket.com dalam membuat suatu program, salah satunya Sobat Jalan ini, apa saja ?

  1. Engagement. Sobat Jalan tak hanya menampilkan satu tema landscape saja, tapi menampilkan sebuah 'kisah', ada kuliner, kekayaan alam, hingga human interest yang kemudian di upload di sosial media yang dapat dilihat dan dikomen oleh seluruh followers Tiket.com.
  2. Video Production, selain foto yang didapat, Sobat Jalan juga menampilkan video dari beberapa sisi yang berbeda, setelah itu video yang didapat juga akan di upload secara berkesinambungan agar semakin membuat penasaran dan semakin memberikan 'kisah' yang menarik.
  3. Content Launch, sama seperti video tadi, konten mulai dari foto, video dan cerita sudah didapatkan sekaligus Tiket.com dalam program Sobat Jalan ini, konten tersebut bisa diposting sesuai jadwal yang ditentukan, dengan kata lain Tiket.com tak perlu 'pusing' lagi untuk mencari konten yang temannya sesuai dengan foto yang diambil terdahulu.
Ketiga fokus tadi juga akan memberikan sebuah Pertnership Opportunity bagi Tiket.com kepada perusahaan-perusahaan lainnya untuk membuat sebuah program baru yang semakin beragam dan 'kekinian', kita tunggu saja ya. "Intinya, kita mau bikin project yang sekali jalan dapat banyak" tutup Pak Gaery.


'Ngopi' Bareng Prue...

   Dalam acara itu, tak hanya master dari Tiket.com saja yang berkesembatan sharing ilmunya, 'master jalan-jalan' Marischka Pruedence tentunya juga punya waktu loh, saya ingat sekali saat saya mulai 'kepoin' akun instagram miliknya, mupeng parah seketika melihat wanita berwarna rambut grey ash itu menikmati hidupnya dari pantai, ke laut, kemudian padang rumput, hingga laut lagi, bahkan ketika fotonya di Sapporo dengan salju, keren parah ! cek deh di @marischkaprue. Kelebihannya memiliki lisensi scuba diving menjadikan dirinya terpilih untuk urusan traveling dari kantornya terdahulu, Prue sapaan akrabnya, akun blog yang ia miliki semenjak tahun 2010 baru ia geluti aktif dengan kisah-kisah perjalanannya pada tahun 2012 dan hingga saat ini menjadi yang paling top dari indonesia, alasan ngeblog ? "ya pengen saja" katanya.

Dirinya dipilih oleh Tiket.com sebagai Host Sobat Jalan #AussieBanget lantaran personal branding yang ia bangun dinyatakan berhasil, pihak Tiket pun yakin akan pilihannya ini, ketika ditanya kenapa Prue ? “mungkin pertanyaannya kenapa enggak ?” kata Pak Gaery, "ini tentang personal branding, Prue adalah sosok yang ketika disebut namanya orang sudah kenal, sudah pada tahu, apalagi lekat dengan image travel, sehingga apa yang kita bangun dan prue bangun menurut kita image yang dibangun sangat cocok dan klop dengan apa yg tiket.com inginkan”

Seperti yang saya bilang tadi, Tiket.com memang sudah terkenal dengan domestiknya, dan sekarang memulai untuk go internasional seingga mencari sosok yang lebih berpengalaman, Prue dinilai memiliki punya banyak pengalaman melalui media sosial yang ia miliki, persis seperti yang saya 'kepoin' tadi, hehe.

Marischka Pruedence  saat sharing tentang pengalamannya jalan-jalan di Australia beberapa waktu lalu, dipandu oleh moderator Nuniek Tirta Founder dari Indonesia Lifestyle Digital Influencer Group (bajumerah) dan Pak Gaery Undarsa

Tapi kalian pernah tidak mendengan ungkapan "dibalik foto bagus ada teman yang tersiksa ?" atau kalian merasa, "akh, paling itu editan", kalimat-kalimat itu pasti wajar kita ucapkan ketika melihat foto bagus di dunia maya, apalagi kadang kita merasa kecewa saat tempat yang bagus di foto kemudian kita singgahi ternyata 'biasa ajah', sedih, bete, dan kesal, apakah ini termasuk penipuan ? tidak dong pastinya. Dan ini keberunutngan bagi saya menjadi 1 dari 50 orang yang hadir di acara Ngopi Bareng Tiket.com kemarin, Prue ngasih kita tips untuk mendapatkan foto bagus, apa saja ya ?
  1. Perhatikan cuaca saat foto. Bagi Prue, ketika berbicara foto instagram tak selalu berkaitan dengan kamera mahal, it all about timing, "usahakan datang diwaktu yang tepat" kata Prue. 
  2. Jangan takut untuk mengambil foto yang banyak, Prue menegaskan, zaman sekarang kan era digital, memory sudah besar-besar, kita jangan takut untuk mengambil foto yang banyak, selain sebagai cadangan jika foto blur atau jelek, foto banyak juga memuaskan kita loh, "jangan pelit sama file" katanya.
  3. Cobalah berinteraksi dengan sekitar, saat solo traveler, tentunya sulit untuk foto full body, biasanya kita pasti minta tolong orang disekitar, kata Prue, "jangan takut untuk meminta tolong, dan usahakan ajak ngobrol agar sepanjang foto kita sama-sama tidak kaku, jadi lebih santai".
  4. Cobalah foto dari sudutt-sudut yang berbeda. Kita pasti melakukan observasi terlebih dahulu jika ingin melakukan sebuah perjalanan, kadang merasa terpengaruh untuk mengambil foto yang sama seperti yang kita lihat sebelumnya, cobalah jangan lakukan hal demikian, coba angle lain, yang berbeda, mungkin akan lebih bagus.
  5. Jangan mudah percaya pada foto di dunia maya yang kita lihat. Pasti pernah merasa tertipu akan keindahan foto dan tempat aslinya, untuk itu Prue menyarankan agar kita mencari lebih dari satu sumber, cobalah di Instagram sesuai map nya, lebih akurat, real dan terpercaya.
Demikianlah Tips yang diberikan oleh wanita yang menjatuhkan hatinya pada Misool, sebuah tempat di Papua, Indonesia yang ia yakini paling indah di Tanah Air ketika ditanya "tempat apa yang paling indah di Indonesia".

Malam semakin larut, hastag #NgopiBarengTiket memuncakin trending topik kala itu, Prue yang masih semangat 'ngopi' bareng berbagi pengalamannya saat pertama kali ke Australia, “ada banyak banget tempat keren di Aussie, dan ini pertama kali gwa ke aussie, ternyata jodohnya sama tiket.com" ujarnya. Dua kota yang berhasil ia kunjungi bersama Tiket.com, Perth and Brisbane, penasaran ? lihat deh video ini...


Bagaimana ? serukan ? itu baru satu loh, Tiket.com masih punya seri lainnya yang nanti akan diupload, terus pantengin deh sosmednya, heheh. 

Kalian pikir sudah malam sudah selesai ? ayolah, ini jakarta, baru dimulai mungkin bagi beberapa orang. Prue melanjutkan berbagi ilmunya, kali ini cara membuat video, meskipun dirinya sadar menjadi vloger itu cukup sulit, "pindah ke full vloging memang sangat sulit" tegasnya. Tapi wanita yang dulu pernah menjadi co-host program Archipelago ini tetap membagi tipsnya, cekidot !
  • Buatlah sebuah perencanaan terlebih dahulu, observasi tempat yang akan kita jadikan lokasi vlog (video blog) agar tak kehilangan arah saat dilokasi.
  • Jangan ambul full video disatu tempat, melelahkan nantinya, usahakan ambil saja beberapa part yang nantinya bisa digabungkan dengan part yang kita ambil di tempat lainnya.
  • Fokus, fokuskn apa yang ingin kalian lakukan dulu, foto atau video, jangan setengah-setengah. perhatikan waktunya, lokasinya, gear/alat-alatnya juga.
Semakin seru ketika memasuki sesi tanya jawab, kalian tahu tidak apa yang dilakukan seorang traveler ketika liburan ? kan traveler kerjanya jalan-jalan, liburan terus ? benarkan ? ternyata, Prue lebih memilih tidur untuk mengisi liburannya, juga mengunjungi teman-temannya yang telah ia kecewakan sebelumnya, ia jarang hadir diacara pernikahan teman-temannya, huhu. "jujur, gwa banyak banget ngelwatin nikahan temen-temen gwa" kata Prue.

Dirinya juga menambahkan kalau kita sebagai blogger harus menjadi diri sendiri saat menulis, pandangan kita harus digunakan untuk menulis hal baru yang tiap orang tentunya memiliki perspektif yang berbeda-beda, gunakan ciri khas kita untuk menulis. Dan jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan, semua orang memiliki waktu yang sama 24 jam, namun limit masing-masing orang itu berbeda, kita harus tahu limit kita dimana, jangan memaksakan. Banyak kisah dan tips yang Prue berikan malam itu, tak sabar rasanya untuk mengikuti acara Ngopi Bareng Tiket.com selanjutnya, sulit rasanya untuk dilewatkan. Klain mau gabung juga ? ingin merasakan sensai yang sama saat 'ngopi' bareng Tiket.com ? stay tuned terus dong pastinya di linimasa Tiket.com @tiketcom ! jangan lupa follow pastinya. Sampai jumpa....

Sebelum berpisah, foto dulu dong pastinya...
(Gaery Undarsa - Marischka Pruedence - Nuniek Tirta)


You Might Also Like

6 comments

  1. selalu banyak inspirasi kalau ngobrol sama traveler, apalagi sama Mbak Prue. keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas Achi, rasanya sedih pas BERAKHIR....huhuhu

      Delete
  2. Akupun juga pakai apliksi tiket.com untuk tiketing kantor, lengkap soale...mau pesen hotel, kereta juga ada :)

    Duh aku juga ngefans banget sama si Kaka Prue hehe

    ReplyDelete
  3. Iya.. banyak ilmu yg didapat dari acara kemarin dan tulisan mas risman merangkum semua...patut jika menjadi juara dalam lomba blog ngopi..

    Selamat ya mas risman :)

    ReplyDelete