60 Tahun Bank BCA, Saatnya Hadirkan Inovasi Yang 'Lebih Baik' Lagi

1:18:00 AM

TIME FLIES, BUT MEMORIES STAY, mungkin itu kalimat yang tepat dari saya untuk Bank BCA yang sudah memasuki usia 60 Tahun pada 21 Februari 2017 lalu tepatnya. Untuk saya, Bank BCA adalah Bank pertama yang memperkenalkan saya 'menabung' secara aman dan purpose yang jelas. Kalian ingat tidak kapan pertama kali menabung ? bukan lagu menabung yang "bang bing bung yok kita nabung" ya, hehe, saya pribadi sadar lirik berikutnya mengajak kita ke Bank untuk menanbung, tapi pengalaman saya, dulu, membuka tabungan di Bank ribet banget ! tanda tangan harus sama seperti yang di KTP, bener gak?, dulu kan signature anak-anak 'remaja' alay nya naudzubillah, belokannya banyak, dan kalau beda dikit sama teller nya suruh ulang, bete, sumpah.


   Bangunan tinggi yang sejatinya selalu mencuri perhatian saat car free day minggu pagi di Jakarta ini telah ramai oleh berbagai rangkaian bunga nan cantik dan 'lebar-lebar' pada Rabu, 22 Februari 2017, hari yang spesial ? jelas ! Menara BCA yang sesuai dengan namanya tentu merupakan headquarter bagi salah satu bank terkemuka di Indonesia ini, didirikan pada 21 Februari 1957 lalu, Bank BCA telah genap memasuki umurnya yang ke-60 pada tahun ini.

"60 Tahun bukan waktu yang singkat, namun untuk sebuah perusahaan, usia ke-60 adalah tahun jadi-jadinya" kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja yang membuka acara tersebut dengan terlebih dahulu menyapa media dan para blogger yang hadir saat itu, kalian tahu apa yang pertama kali saya pikirkan ? "humble banget nih orang". Pak Jahja pintar sekali mencairkan suasana siang itu, saya tahu pembicaraan perbankan biasanya teramat membosankan, namun kali ini berbeda, sambil melanjutkan sambutannya dengan beberapa materi sesekali beliau menyelipkan joke dihadapan para tamu undangan.

Belajar Lebih Baik, Memberi Lebih Baik dan Melayani Lebih Baik, adalah tiga komitmen yang difokuskan Bank BCA pada usia nya yang ke-60. "Tugas kita memberikan pelayanan yang terbaik" ucap Pak Jahja, saya tahu maksudnya 'kita' disini adalah seluruh jajaran direksi dan managemen BCA yang hadir saat itu, namun saya sebagai tamu, blogger dan nasabah Bank BCA juga yakin, saya punya alasan penting mengapa masih percaya menabung di Bank ini mengingat banyak Bank yang juga memiliki berbagai program-program unggulannya masing-masing. what do you think ?

Jahja Setiaatmadja - Presiden Direktur BCA
Tak hanya dunia nyata, dunia maya juga turut menyemarakan ulang tahun Bank BCA, hastag #HUTBCA60 dan #LebihBaik merajai puncak trending topic siang itu, tak lupa juga bahwa masyarakat umum adalah bagian terpenting dari kehadiran BCA, baik nasabah maupun bukan, untuk itu Bank BCA terus melakukan pengembangan-pengembangan bersama masyarakat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dengan mengadakan beberapa kegiatan sosial diantaranya donor darah, pelatihan UMKM dan guru binaan, seminar edukasi hingga operasi katarak gratis dibeberapa tempat. Hal ini menjadi bukti nyata, komitmen BCA dalam Melayani Lebih Baik.

Berbicara tentang 'Inovasi', ini adalah hal terpenting saat ini untuk kelangsungan sebuah usaha, bisnis, hingga perusahaan, banyak yang mati karena kalah saing oleh 'mereka' yang baru dan masih memiliki berbagai ide kreatif dalam pengembangan dan perspektif target pasar yang mengikuti era saat ini, dan bagi BCA, hal ini jelas terlihat dan sangat dipikirkan, BCA tidak pernah berhenti untuk terus belajar demi menjadi yang lebih baik lagi di tiap tahun perayaannya. "Masa kini, adalah masa transition yang luar biasa" tegas Pak Jahja.

Pada hari yang berbahagia itu pula Bank BCA meluncurkan beberapa produk dan layanan terbarunya yang semakin mematenkan dirinya sebagai salah satu Bank terkemuka di Indonesia. Penasaran apa saja ?

Halo BCA Chat

   Seiring berkembangnya era digital saat ini, Bank BCA juga tak mau ketinggalan loh, sebelumnya, koneksi yang terjadi antara nasabah dan BCA hanya ada jika bertatapan langsung dengan pegawai Bank, call center 1500888, email, dan twitter di @HaloBCA, sekarang tak hanya itu saja,  BCA menambahkan satu cara lagi yang mereka beri nama "Halo BCA Chat". Penggunaannya amatlah mudah, kita hanya perlu masuk ke www.bca.co.id kemudian klik icon Halo BCA Chat pada pojok kanan atas layar smartphone, dan pojok kanan bawah pada layar PC, kemudian masukan nama, email dan telepon serta mengisi captcha/saya bukan robot pada kolom yang telah disediakan.

Tampilan Halo BCA Chat, seperti tampilan chat FB ya
Lihatkan icon berwarna orange di pojok kanan ? nah itu ya yang harus diklik untuk masuk ke Halo Chat BCA

Seperti yang saya sebutkan, langkah selanjutnya isi info yang diminta, kemudian klik 'mulai'
BCA berharap layanan terbarunya ini dapat mempermudah interaksi menjadi lebih cepat dan lebih baik lagi, tentunya seperti fokus dari 60 tahun usianya, yaitu Melayani Lebih Baik lagi. Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang belum bisa dilakuakn pada Halo BCA Chat, diantaranya mengecek saldo, trabfer, pembayaran/pembelian, mengganti PIN, komplain atau transaksi finansial lainnya, cukup seputar pertanyaan* dan Halo BCA Chat akan memberikan solusinya.

eBranch BCA

   Eh, masih ingat cerita diawal tadi saat saya sulit sekali melakukan tanda tangan ? kalian tahu apa yang sebelumnya saya lakukan ? mengisi form yang banyak banget, dan itu membuat saya mumet, apalagi kalau kotak yang disediakan tak cukup dan pulpen yang disediakan hanya satu saat di lokasi, sedangkan kita tak membawa pulpen, duh.. Dan akhirnya, saya rasa BCA melihat hal tersebut, (mungkin) sehingga lahirlah aplikasi yang bernama "eBranch BCA".

sudah bisa diunduh loh, cari saja "eBranch BCA"

Saat ini aplikasi berbasis smartphone tersebut sudah busa kalian unduh loh, diyakini dapat mempercepat layanan perbankan nasabah seperti pembukaan rekening, reservasi dan ringkas transaksi. Kita hanya perlu mengisi data-data yang diperlukan via aplikasi, dan akan langsung mendapatkan kode reservasi untuk ditunjukan pada pihak BCA, meskipun kita tetap harus datang ke cabang terkait namun aplikasi ini membuat waktu nasabah menjadi fleksibel, sehingga tak perlu membuang waktu nantinya.

Satu lagi, ini penting loh, kalau kalian membuka rekening melalui aplikasi eBranch BCA saat ini juga, maka kalian berkesempatan mendapatkan top up SakuKu sebesar 60 ribu loh, waw ! buruan, hanya untuk 600 orang pertama.

Vira (Virtual Assistant Chat Banking BCA)

   Masih bermain aplikasi, namun kali ini BCA bekerja sama dengan beberapa massanger seperti Facebook Massanger, LINE dan Kaskus Chat, mengapa demikian ? karena salah satu produk layanan terbaru dari BCA ini menggunakan sistem yang divisualisasikan dalam karakter wanita, tau film her ? seperti itulah tapi hanya tulisan bukan voice. "Vira" itulah nama yang disematkan, kepanjangan dari Virtual Assistant yang nantinya akan memberikan informasi-informasi seputar promo-promo terbaru dari BCA, lokasi ATM terdekat, Kurs dan lainnya.

Ini Vira di LINE

Ini contoh Vira di FB Massanger
Dengan lahirnya Vira, penyebaran informasi akan lebih efektif dan efisien, apalagi dari sisi biaya, semacam chat saja, sepele untuk dihitung hehe. Cara agar kalian bertemu Vira cukup mudah, hanya tinggal menambahkan akun resmi BCA yaitu "Bank BCA" pada platform Facebook Massanger, LINE ataupun Kaskus Chat kemudian ketik deh pertanyaan yang kalian ingin tanyakan, jika wajar, makan Vira akan membalasnya loh, mudahkan !

Desain Baru Paspor BCA

   Rasa bosan terkadang menjadi hal wajar, apalagi untuk sebuah barang, untuk itu BCA mengganti wajah pada Paspor BCA yang sudah dari lama mengisi dompet kalian, bahkan kartu tersebut juga dilengkapi dengan teknologi chip terbaru berstandar nasional Indonesia, sehingga semakin mempermudah transaksi perbankan pastinya. Salah satu keuntungannya adalah dilengkapi dengan fitur Flazz loh, jadi mudah deh untuk naik busway, commuterline, dan tarik uang di ATM, cukup satu kartu. Cara penggunaanya? sama saja kok dari yang sebelumnya, hanya penambahan fitur dan muka baru saja, umur baru, wajah baru, hehe.



KPR BCA

   Ulang tahun tentunya banyak hadiah yang didapatkan, tapi BCA justru memberikan kalian hadiah sebuah penawaran yang menarik, sebuah hadiah istimewa KPR Fix & Cap dengan suku bunga 6,0 % Fix 2 tahun pertama dan 6,88 % Cap 3 tahun eff.p.a selanjutnya dengan minimal jangka waktu kredit 60 bulan, bagaimana ? menggiurkan bukan ? program ini hanya sampai 28 April 2017 loh. Dan jika kalian ingin mendapatkan tambahan diskon bunga sebesar 0,5 % kalian harus menyediakan dana yang ditahan sebesar 3x angsuran awal, ingat ya, yuk buruan datang ke cabang terdekat untuk yang mau mencicil rumah, atau bisa klik disini.

KKB BCA

   Tak hanya untuk rumah saja, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) juga menjadi penawaran istimewa dari BCA untuk kita semua, bunga yang ditawarkan sangatlah rendah, untuk tenor 36 bulan, BCA memecahkan rekor dengan memberikan bunga yang sangat rendah sepanjang sejarah yaitu 3,60 %, waw. Untuk 60 bulan, program Fix % Cap dengan bungan Fix 3 tahun sebesar 4, 60 % sedangkan untuk Cap 2 tahun sebesar 5,60 %. Program ini berlaku mulai 1 Februari hingga 30 April 2017, selain kedua penawaran diatas, BCA juga memberikan untuk tenor 12 bulan bunga sebesar 3,08 %, 24 bulan bunga 3,88% dan 28 bulan dengan bunga 4,48 %, nah, tinggal pilih deh mau hadiah yang mana, hehe.

***

   Namanya ulang tahun sebuah perusahaan besar, rasanya gak afdol deh kalau tak potong tumpeng, untuk itu Pak Jahja Setiaatmadja di depan banyak kamera bersiap memotong tumpeng yang sedari awal terdiam di pojokan, kesian, hiks. Tau gak potongan pertama untuk siapa ? kepo ! "Kami juga mau belajar, kita disini butuh feedback" ujar Pak Jahja menutup acara kala itu, di angka 60 tahun ini, semoga BCA menjadi sesuatu yang selalu diharapkan, dan pada akhirnya selalu menjadi yang terbaik, amin.


Pak Jahja Setiaatmadja didampingi para jejeran Direksi BCA  memotong tumpeng perayaan ualang tahun BCA yang ke-60



 

You Might Also Like

4 comments

  1. Paspor lama gratis lho ditukar ke paspor baru, temanku udah ada yg punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, senin akh aku meluncur ke Bank, wkwkwk.

      Delete