'Go Online' Terobosan Baru OLX Gandeng UKM

6:38:00 PM

Beberapa waktu lalu saya pernah berniat menjual salah satu barang bekas yang saya punya, yang saya pilih adalah melalui online, kenapa ? wajar donk kalo sekarang serba online, mudah tinggal posting dan tunggu. Tapi ternyata tak sesimple yang saya pikirkan ! saya memulai membuat akun disebuah e-commerce, cukup lancar saat itu, cukup bermodalkan email kemudian mengisi data yang diperlukan dan i did it, tapi hal tersebut tak berlangsung lama, saat hendak memasukan barang yang saya ingin jual kesulitan mulai menghadang, berbagai informasi yang 'biasa' namun sedikit 'menyulitkan' seperti berat barang, tinggi bahkan jumlah stock berhasil mengurungkan niat saya untuk menjual barang tersebut, kenapa? ribet ! saya harus nyari timbangan, penggaris yang bahkan belum tentu ada. Pernahkah anda merasa demikian ?


   Ribet yang tadi jelas saya tinggalkan, "jika ada yang mudah kenapa harus ribet" kalau kata orang-orang, solusinya saya mencoba alternatif lain, dan ternyata OLX memberikan kemudahan yang saya bayangkan tadi. Hanya memasukan gambar, harga, dan sedikit deskripsi menarik barang bekas yang saya miliki siap dijual, tingga menunggu persetujuan dari pihal OLX saja, hehe. Eh, itukan saya yang hanya orang biasa, bagaimana dengan UKM yang belakangan ini menjamur ? mereka yang baru tumbuh dan belum memiliki timbangan, penggaris bahkan masih amatir dalam 'merangkai' kata pada penulisan deskripsi ? Nah ! OLX juga punya loh solusinya, they call OLX ACADEMY.

OLX Academy adalah sebuah divisi pendidikan dari OLX Indonesia yang menjalankan misi agar lebih banyak orang Indonesia yang 'Go Online' untuk berjualan. Banyak hal yang mereka lakukan, salah satunya berkeliling Tanah Air untuk bertemu dengan berbagai komunitas dan mengajarkan cara berjualan online yang cepat dan mudah pastinya, dan hal tersebut sempat saya rasakan, 7 januari 2017 bertempat di markas OLX, Menara Sentraya, Jakarta, saya berhasil mendapat beberapa pelajaran penting dengan hanya bermodalkan aplikasi OLX dan aplikasi Telegram Massanger.

Antusias yang besar jelas terlihat saat saya pertama kali memasuki ruang acara, banyak owner UKM yang telah siap untuk workshop OLX Academy tersebut dengan membawa smartphone berisi paket data tentunya serta berbagai produk yang mereka ingin jual nantinya. Acara dimulai dengan mewajibkan seluruh peserta workshop untuk mengunduh aplikasi Telegram Massanger yang nantinya akan digunakan sepanjang OLX Academy berlangsung, kemudian semua peserta diminta untuk mencari nama group yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara, ada tiga, namun saya rasa hanya satu yang bisa saya share, karena yang lainnya 'rahasia' haha.

OLX ACADEMY BOT


   Kenapa anda tak mencobanya, sumpah ini berfungsi banget untuk kalian yang benar-benar ingin fokus berjualan di OLX nantinya. Kenapa demikian ? semua informasi akan dijawab tanpa harus menunggu jam kerja, OLX Academy Bot akan menjawab semua yang anda tanyakan tentang OLX Academy dengan 'super' cepat, cukup ketik yang ingin anda tanyakan kemudian chatbot akan menjawab.

Misalnya, anda kesusahan untuk log ini di aplikasi OLX, maka anda cukup mengetik "cara log in OLX" maka chatbot akan menjawab langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk masuk pada aplikasi. Yang paling menarik saya rasa, OLX Academy Bot sangat membantu anda dalam membuat kalimat deskripsi yang cukup menarik dan membuat orang lain nyaman membaca sehingga kemungkinan tertarik membeli barang yang anda jual, gak percaya ? yuk buruan download Telegram Massanger dan coba sendiri.

Jika ingin mengetahui kalimat deskripsi yang bagus, cukup ketik "Deskripsi Umum" pada chat, kemudian akan langsung dibalas kategori barang yang kalian jual, dan pilihlah.

Misalkan anda memilih jasa, maka inilah deskripsi yang disarangkan oleh aplikasi OLX Academy Bot, selanjutnya anda cukup memasukan jasa yang anda tawarankan dan mengganti beberapa kata agar sesuai dengan jasa yang anda tawarkan.

FOTO PRODUK YANG MENARIK

   Acara workshop OLX Academy tak hanya berlangsung di dunia maya, saat itu juga kita langsung praktek setelah mendapatkan beberapa teori pembelajaran, salah satunya cara membuat foto yang menarik agar dalam 3 detik pertama orang yang melihat foto produk yang kita jual langsung 'deal'. Apa saja ? 

Pertama, tak perlu menggunakan kamera pro, manfaatkanlah kamera smartphone yang sekarang sudah cukup menghasilakn gambar yang membuat kita puas, namun tentunya dengan beberapa situasi misalnya pencahayaan dan background/latar yang bagus. Hal tersebutlah yang harus diperhatikan, workshop tersebut menyarankan agar peserta memilih background berwarna putih agar produk terlihat jelas, dan untuk cahaya pastikan mumpuni, gunakan cahaya matahari jika ada, dekat jendela agar contras dan brightness nya bagus.

Kedua, pastikan anda mengambil gambar dari berbagai sisi, berikan gambaran secara mendetail sehingga orang lain bisa mendapatkan gambaran produk yang anda jual secara jelas, lengkap dan menarik. OLX Academi pada saat itu menyarankan mengupload min 5 foto pada aplikasi nantinya.
Suasana praktek Workshop OLX Academy saat sesi foro produk, background putih bisa kita gunakan kertas putih yang besar.
Ketiga, perhatikan beberapa ketentuan yang OLX buat, foto harus asli dan jangan menggunakan watermark karena pihak OLX tak akan meloloskan iklan anda jika foto anda tak sesuai ketentuan.

   Sepeti itulah hal-hal yang saya dapatkan saat menghadiri Workshop OLX Academy kemarin, bagi anda mungkin nanti akan mendapatkan partner bisnis, atau hidup mungkin hehhe. Bagaimana ? sudah punya gambaran untuk siap 'Go Online' untuk mendapatkan keuntungan lebih dengan mudah ? 

Suasana Workshop OLX Academy.


You Might Also Like

0 comments