Liburan Akhir Pekan di Bandung ? Kenapa Enggak !

1:16:00 AM

Hiruk pikuk Ibu Kota memang seakan memaksa kita untuk terus mencari celah dalam mengecap waktu liburan yang selalu diimpikan kaum urban, pilihannya hanya dua ! mangambil cuti di hari kerja atau siap liburan singkat di saat weekend. Kebanyakan masyarakat jakarta adalah orang yang selalu menyimpan jatah cutinya untuk liburan di hari raya, tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat Jakarta memang sebagian besar adalah pendatang dan wajar jika mereka lebih memilih liburan singkat dibandingkan harus memotong waktu cuti yang mereka siapakan untuk pulang kampung nantinya. Mungkin hal inilah yang dilihat oleh pemerintah provinsi serta para pekerja seni di Ibu Kota, pengadaan ruang terbuka seperti taman - taman yang sengaja diperindah serta museum - museum yang mulai memiliki ragam acara mulai muncul saat ini. Tak lupa pula dengan banyaknya Art Space yang mulai hadir untuk memanjakan pikiran. Pilihan tersebut jelas hanya untuk di dalam kota, lantas bagaimana jika ingin menikmati suasana baru ?


***
Sebelum menuju Masjid Raya, kita pasti melewati jalan ini, sulit mengambil foto saat sepi karen banyak kendaraan yang melintas, namun bersabarlah  hehehe
   Udara dingin mulai menyapa ketika langkah pertama kaki saya keluar dari gerbang stasiun kereta, sapaan para sopir taksi dan tukang ojek menjadi suara manusia pertama yang saya dengar sebelum akhirnya telpon saya berdering. "keluar stasiun belok kanan ya 'a' (panggilan anak laki-laki Bandung), nanti jalan sedikit sampai bundaran" ujar sopir ojek online yang saya pesan sebelumnya. salah satu alasan saya lebih menggunakan jasa ojek online di Bandung adalah rute angkutan umum yang memutar, saya hanya memiliki waktu 36 jam sebelum saya harus kembali ke Jakarta. Bandung memang menjadi pilihan tepat untuk merasakan liburan singkat dengan suasana yang berbeda, perjalanan kurang lebih 3 jam mungkin hampir sama dengan kemacetan jakarta hehehe....

"Vio Hotel Surapati, tau kan pak?" ujar saya sambil menggunakan helm, "tau a" tegas sopir ojek online. Bukan tanpa persiapan, sebelumnya saya sudah memesan hotel via aplikasi Traveloka yang sangat praktis dengan harga terjangkau, kalian pasti tahu kan kebanyak orang Jakarta itu tidak mau ambil pusing, maunya terima beres saja. Dan jangan lupa juga untuk membuat daftar tempat yang ingin dikunjungi, agar terbayang hotel mana yang akan anda pilih, contohnya saya yang memilih Hotel Vio Suropati yang dekat dengan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, karena tepat dimalam hari saya juga memiliki rencana untuk menghadiri sebuah acara keren, penasaran? yuk lanjut baca...

"Bumi Pasundan lahir ketika tuhan sedang terseyum"
- M.A.W.Brouwer -

Sesampainya di Hotel, saya hanya perlu memperlihatkan bukti pemesanan via aplikasi Traveloka, tidak ribet kan, hingga akhirnya saya langsung diantar ke kamar tempat saya menginap. Tak mau menghabiskan waktu saya langsung menuju lokasi pertama dalam catatan saya setelah saya membersihkan badan, Masjid Raya Bandung menjadi pilihan saya, Alun - alun masjid tersebut tepatnya. Sebelum sampai di Alun - Alun yang kata sebagian orang tempatnya telah banyak mengalami perubahan, saya melewati jalan dengan hiasan dinding yang simple tapi keren (di gambar awal), setelah saya cek di Intagram @ExploreBandung ternyata tempat ini memang intagramable banget loh... dan wajib buat kalian foto di depan tulisan yang sangat bermakna itu.

Alun-alun Masjid Raya Bandung, wajib loh selfie disini
Hijaunya rumput sintetis menjadi fokus mata saya saat tiba di Alun - alun, ternyata begini rasanya menginjakan kaki di tempat yang telah di rombak menjadi tempat berkumpul keluarga para masyarakat Bandung. Layaknya piknik di tengah kota, banyak orang yang merebahkan badannya melihat langit, berfoto seperti yang saya lakukan, hingga bermain kejar-kejaran, namun tips dari saya sebaiknya menggunakan sandal saja jika ingin kesini, karena jika menggunakan sepatu kita harus was-was agar tidak hilang. Dan tidak terasa, waktu bergitu cepat hingga saya harus kembali ke Hotel untuk melanjutkan rencana liburan singkat saya di Bandung.

Memang liburan, namun acar FFB menjadi bagian dari liburan saya, kebetulan teman saya memberikan undangan acar tersebut, so kenapa enggak saya satukan dengan list liburan saya hehehe
Hari telah berganti, akhirnya saya bisa merasakan susu Farm House yang sebelumnya hanya bisa saya dengar saja, suasana peternakan gaya khas eropa sangat indah untuk berfoto, apalagi masih sepi karena say datang cukup pagi hehehe... tips dari saya, usahakan datang pagi, karena jika sudah siang sulit sekali untuk berfoto karena pengunjung tumpah, bertebaran dimana-mana.
Sebelum lanjut, wajib banget foto disini, selain di rumah hobit pastinya !
Ini juga salah satu spot wajib foto, tapi ingat harus antri yak..heheh
Banyak sekali hal seru yang bisa kita lakukan di Farm House lembang, tidak hanya berfoto dan minum susu kita juga bisa bermain dengan kelinci, domba hingga ayam dan juga ada beberapa jenis burung kecil yang sangat menggemaskan.

Di sepanjang perjalanan saya mengitari tempat tersebut, banyak juga loh orang-orang yang memutuskan untuk dress up, layaknya seperti orang-orang Belanda sebagian orang rela mengeluarkan uang lebih untuk menyewa kostum tersebut.
Semakin seru jika kalian menyewa kostume loh, disediakan kok oleh pihak Farm House
Bareng sahabat, tempat ini tepat sekali loh buat foto-foto, banyak juga toko-toko kue dan pernak-pernik khas Farm House, murah loh..
Matahari semakin tinggi, bersiap menuju lokasi terakhir sebelum kembali ke Jakarta, Floating Market yang masih satu kawasan Lembang dengan Farm House menjadi pilihan saya. Floating Market seperti namanya memangberisikan makanan, namun menuju lokasi kita juga disguhkan dengan berbagai pemandangan yang indah seperti kebun kelinci, kereta mini hingga bangunan – bangunan unik yang mengarah ke danau.
Makan, oh iya sate kelincinya enak banget loh, tapi sedih makannya haha
Kalau di Floating Market, ini salah satu tempat wajib foto, tapi harus antri jika ingin sepi seperti ini
Selesai sudah perjalanan singkat saya di Bandung, moment yang tepat dengan orang yang tepat adalah hal wajib yang harus kita tekankan ketika ingin berlibur, dan jangan lupa untuk mempersiapkan dahulu list tempat-tempat yang mau kita kunjungi, kemudian pesan hotel ataupun penginapan lainnya melalui Traveloka kemanapun tujuan kamu liburan agar tidak ribet dan tidak pusing nantinya, kemudian ikuti rencana yang kalian buat, boleh melenceng namun pikirkan akibatnya ya hehehe.

***

Bagaimana? sudah kebayangkan suasana baru untuk liburan kalian? meskipun singkat namun berkesan loh, dan pastinya irit di kantong kok, biaya penginapan sudah terlihat semua di aplikasi Traveloka, untuk transportasi dibandung sudah ada yang online seperti di Jakarta loh, jadi bisa kalian cek dahulu, namun kadang memang sulit memanfaatkan waktu karena saat weekend kota kembang tersebut macet banget loh, jadi pagi hari adalah waktu yang tepat buat kamu merasakan udara Bandung yang segar dan beda dengan yang biasa di Jakarta ! yuk coba.


You Might Also Like

3 comments

  1. Replies
    1. Loh, setiap hari kan piknik mulu... Aku ajah gak di ajak...

      Eh, tapi hayuk kapan-kapan piknik brg bloger lainnya... Hehehe

      Delete
    2. Loh, setiap hari kan piknik mulu... Aku ajah gak di ajak...

      Eh, tapi hayuk kapan-kapan piknik brg bloger lainnya... Hehehe

      Delete