Kiat Meredam Suara dari ‘Si Bising’

Ada banyak kelebihan saat kita bisa menjalin hubungan baik dengan tetangga di rumah atau apartemen. Kelebihannya semisal dapat membantu mengawasi properti di hunian Anda saat sedang berpergian, juga bisa membantu menjaga anak Anda saat tahu bahwa akan pulang larut dari kantor.


 Tetapi, ada beberapa tipe tetangga yang tidak bersahabat. Salah satunya adalah ‘si bising’ yang suka membuat kegaduhan baik berteriak-teriak, bermain alat musik, hingga mengadakan party, apalagi di malam hari saat anggota keluarga sudah tertidur, tentu sangat mengganggu. Khusus untuk para pemukim di apartemen, hal ini tentu sangat mengganggu.

Untuk Anda yang telah lama tinggal di sana dengan kondisi tersebut, solusi yang paling sering diambil adalah dengan menghubungi manajemen apartemen. Ini tentu akan berpotensi menimbulkan keributan dan ketidak harmonisan dikarenakan itu melibatkan kontes ‘hak’ dalam bermukim.

Dibanding menghubungi otoritas yang mengelola dan jual apartemen tersebut, masih ada cara lain untuk menghindari kebisingan dari tetangga berisik Anda. Situs jual apartemen Lamudi Indonesia punya beberapa tips yang bisa digunakan untuk meredam suara kebisingan dari tetangga Anda.

Redam dengan Selimut Tebal
Saat terjadi kebisingan, Anda harus bisa mengira tipis-tebalnya dinding apartemen Anda dan mencari sumber suara terbesar. Jika Anda lupa dengan detailnya, Anda dapat menghubungi manajemen yang jual apartemen tersebut.

Setelah itu, dapat juga menggunakan selimut tebal atau tirai suara. Walau kedua benda ini sering ditemui di ruang rekaman atau studio, bisa digunakan juga untuk membantu meredam kebisingan.

Gunakan Lem Hijau (Green Glue)
Percaya atau tidak, mau unit jual apartemen baru atau pun secondary, setiap unit jual apartemen  pasti memiliki celah-celah kecil yang berada di samping penempatan saklar atau saluran listrik lainnya. Meskipun sangat kecil, dari celah ini lah suara dari tetangga-tetangga Anda akan terdengar bahkan memiliki intensitas sangat mengganggu.

Anda bisa menggunakan lem hijau, merupakan sebuah lem yang memang khusus dibuat untuk menghilangkan suara atau getaran yang dihasilkan oleh beberapa sumber suara seperti langit-langit, dinding ataupun lantai. Setelah dilem, sumber suara setidaknya akan berkurang, tetapi warna dinding Anda akan sedikit tidak enak dilihat. Baiknya, setelah dilem, Anda cat kembali sesuai dengan warna dinding apartemen Anda.

Tempatkan Sejumlah Furnitur
Anda mungkin familiar dengan gema, biasanya gema datang dari ruang kosong. Untuk membantu menguranginya, Anda bisa mengisi ruangan dengan beberapa furnitur untuk mencegah pantulan suara dari permukaan yang keras, seperti dinding.

Tutup dinding unit apartemen yang langsung berhubungan dengan apartemen sebelah. Beberapa furnitur yang direkomendasikan adalah rak buku, lemari, atau lukisan-lukisan. Selain untuk mencegah kebisingan, tentu bisa membuat ruangan Anda menjadi lebih indah.

Tikar Busa
Tikar busa adalah salah satu alat untuk peredam suara yang cukup efektif. Jika Anda tidak ingin membuang uang terlalu banyak, ini adalah solusi yang ampuh karena harganya hanya berkisar 30ribuan. Tidak hanya bisa digunakan untuk meredam suara, tikar busa juga bisa digunakan untuk meredam panas karena permukaanya yang terbuat dari busa karet yang sangat tahan terhadap minyak dan bensin. Ditambah lagi, tikar busa sangat ringan sehingga mudah untuk dipasang pada permukaan dinding.

Lapisi Dinding dengan Cat Peredam Suara
Sebelum tahu lebih dalam tentang cat peredam suara, sebaiknya Anda mengetahui apakah cat ini dapat bekerja dengan baik atau tidak. Jawabannya adalah tergantung dari suara yang dihasilkan. Jika suara yang dihasilkan terlalu besar, kemungkinan cat ini tidak akan bekerja dengan baik. Tetapi, jika hanya suara-suara kecil, this helps much!

Saat dioleskan ke dinding, hasilnya sangat tebal dan indah, cocok untuk Anda yang suka mendekorasi ruangan. Tidak lupa dengan fungsi utamanya yaitu dapat menurunkan frekuensi suara-suara kecil seperti TV yang menyala atau obrolan-obrolan kecil dari apartemen sebelah. Juga, harga yang terjangkau membuat cat ini dipakai di beberapa unit jual apartemen masa kini.

No comments