3 Tips Liburan Asik di Jakarta!

9:30:00 PM

"Jakarta, kota yang bisa dibilang sulit diprediksi. Tapi hiburan di dalamnya rasanya sulit untuk dilewatkan. Saya pikir, dengan membuat rencana kita bisa menikmati kota ini dengan sangat asik”


“Enak banget sih lo, Ris, liburan terus. Kapan ya gue bisa kayak gitu...”. Sebuah pertanyaan dengan nada berkomentar seperti ini sering kali saya terima. Antara bangga, kesal, dan bingung ketika saya ingin menanggapinya. “Semua orang bisa kok liburan, jalan-jalan, asal ada niat ajah. Gak perlu jauh-jauh deh, di dalam kota juga bisa”, jawab saya.

Banyak orang berpikir liburan itu harus jauh, harus lama, harus memoriable. Enggak salah sih, tapi sebaiknya kita pahami dulu maksud dan tujuan kita melakukan liburan itu untuk apa. Seiring berjalannya waktu, saya semakin sadar kalau liburan yang saya lakukan bukan hanya untuk mencari konten, cerita, atau kenangan semata. Saya ingin sekali mencari teman dekat untuk berbagi cerita.

Sampailah kita di titik jenuh yang membuat kita ingin liburan, atau setidaknya mencoba hal baru. Di tengah ‘himpitan ekonomi’ Ibu Kota, saya rasa keputusan ada di tangan kita sendiri ketika membicarakan liburan. Pilihannya bisa terus-menerus menikmati weekend, mengambil cuti, menunggu outing kantor saja. Hidup hanya soal pilihan bukan?

Sebelum menjadi freelancer seperti sekarang, saya selalu mengambil jatah cuti untuk me-refresh otak ini dengan liburan. Enggak perlu jauh-jauh, keliling Jakarta aja cukup. Dan biasanya saya janjian dengan teman-teman saya, biar liburan semakin asik. Buat kalian yang masih bekerja, sibuk dengan rutinitas di Jakarta atau kota besar lainnya, saya punya tips agar liburan di dalam kota menjadi lebih menyenangkan!

1. Pilih tempat yang ‘kamu banget’

Tips pertama ini lebih pada merencanakannya. Enggak perlu ketemuan dulu kan sama teman-teman, cukup di chat online saja. Kita bicarakan dulu dan list tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Misalnya untuk Jakarta, kota yang enggak pernah sepi sama event-event keren nan kreatif. Infonya event-event tersebut nyari di mana sih? Via sosmed dong tentunya, cari aja yang lagi hitz sekarang. Oh iya, usahakan sih liburan di hari biasa saja, biar lebih ‘sepi’, hehe.

Pilihan wisata orang tentunya beda-beda. Misalnya, saya punya teman yang enggak suka panas-panasan, ada lagi yang sukanya sejarah, bahkan ada yang sukanya menguji adrenalin. Kita enggak perlu menjadi egois, yang perlu kita lakukan hanya yakin dalam satu hari kita bisa eksekusi semua tempat liburan itu. Buat yang enggak suka panas-panasan Jakarta lagi ada pameran seni futuristik loh di Gandaria City yang berlangusng hingga akhir tahun, namaya Future Park Jakarta. Dan buat yang suka sejarah? Bisa banget main-main ke Museum Nasional atau Gajah, terus lanjut deh ke Museum Taman Prasasti yang jaraknya deket banget.

2. Usahakan Beli Tiket atau Booking Via Online

Selanjutnya, lakukan pemesanan online untuk tempat-tempat wisata yang memang menyediakan loket online. Nah, biasanya wisata-wisata kekinian tiketnya bisa dibeli via online, selain bikin kita enggak ribet ngantri, pemesanan online terkadang juga banyak diskonnya loh, jadi lebih murah.

Namun, jika tempat-tempat yang ingin kita kunjungi belum menerapkan pemesanan tiket online, setidaknya kita tahu harga tiket masuknya, dan tunjuk satu orang yang bertugas mengatur pembayaran agar enggak ribet, kalau jalan-jalannya sudah selesai baru deh bayar ke dia, atau dia yang nagihin, haha.

3. Cerdas memilih transportasi!

Jakarta bisa dibilang kota yang sulit diprediksi, makanya sebelum jalan-jalan kita mebuat rencana seperti di tips 1 dan 2. Saya rasa tips yang ketiga ini bisa banget untuk diterapkan, apalagi untuk kalian yang liburannya membawa anak, rada susah kalau naik transportasi umum. Kita bisa memanfaatkan jasa penyewaan mobil. Loh, kalau begitu liburannya enggak bisa dadakan dong? Eits! Siapa bilang, penyewaan mobil saat ini tuh sudah bisa online loh, tinggal pesan via aplikasi/web, selesai.

Nyewa mobil zaman now tuh udah enggak perlu ribet lagi. Konfirmasi sana-sini yang bikin bingung atau lama kepastiannya. Cukup download aplikasi TRAC atau masuk ke webnya saja. Salah satu kelebihan sewa mobil online via TRAC adalah ketersediaan armadanya yang real time karena mobil-mobil tersebut milik mereka sendiri. Dijamin enggak digantungin deh, hehe.

TRAC juga menyediakan fasilitas full service dengan driver-nya yang sudah terlatih dari segi tampilan dan kesopanan. Terus, kita juga udah enggak perlu mikirin lagi buat makan dan tipsnya, karena harga yang ditawarkan TRAC sudah all in. Rental Jakarta menjadi sangat mudah dengan adanya inovasi dari ASTRA ini. Enggak perlu pusing ganjil-genap, bisa santai di mobil saat perjalanan sampai tujuan karena pasti dapat duduk, bisa sambil dandan dan ngobrol. Liburan dijamin semakin asik.

You Might Also Like

0 comments