Jangan Kudet! Ini Logo Baru Wonderful Indonesia

1:26:00 PM

Rasa bangga tak pernah absen ketika membaca tulisan ini. Wonderful Indonesia, dengan sekumpulan warna yang menghiasi lekukan-lekukan membentuk burung garuda yang menjadi simbolnya. Terlebih ketika mata ini melihatnya di luar negeri, nasionalisme saya seketika bangkit, seakan diiringi lagu Indonesia Raya yang otomatis terputar di telinga. Pernah gak kalian merasakan hal itu?


   Logo Wonderful Indonesia semakin nyata mewujudkan makna yang dikandungnya. Sayap garuda penuh warna terbuka kian lebar, semakin ramah menyambut orang-orang baru yang ingin mengenal Indonesia, baik dalam maupun luar negeri. Tak kenal maka tak sayang, saya rasa kalimat yang cocok. Saat semakin banyak orang yang senang menjelajah, menelusuri tempat-tempat baru, dan membuat sektor pariwisata Indonesia semakin dikenal dunia melalui postingan sosial media yang dilakukannya, rasanya mengenal makna logo Wonderful Indonesia juga harus dilakukan. Apalagi dengan hadirnya logo terbaru, dijamin ada nilai plus ketika kita traveling dan menemukan logo tersebut.

Logo Baru Wonderful Indonesia?

“Wonderful”, entah kenapa setiap membaca kata ini saya senang sekali. Seperti menjadi drone, melihat Indonesia dari ketinggian, sangat luas dan indah dengan kombinasi warna hijau dan biru sebagai bagian dari kekayaannya. Saya rasa, ini pemilihan kata yang tepat sebagai janji pariwisata Indonesia. “Wonderful” mengandung arti “menakjubkan”, di mana pariwisata Indonesia menjanjikan hal yang menakjubkan ketika kita memutuskan untuk memilih Indonesia sebagai tujuan traveling. Oh iya, Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia memiliki arti yang sama yaa, hanya berbeda bahasa saja.

Diresmikan pada tahun 2011, Logo Wonderful Indonesia hingga saat ini sudah mengalami dua kali perubahan. Meskipun tak terlalu jauh berbeda, hanya perubahan posisi dari kedua komponen pembentuk logo saja. Komponen pertama merupakan tulisan “Wonderful Indonesia” atau “Pesona Indonesia”, yang disebut Logotype, sedangkan komponen kedua yaitu simbol burung garuda yang dibentuk dari lekukan-lekukan tanpa sudut persegi dan garis lurus penuh warna, disebut juga Logogram. Dalam logo baru, logotype dan logogram berada pada posisi sejajar, dan keduanya tidak boleh dipisahkan.

Tampilan logo yang lebih berani. Kalau kita cermati, kata ‘Indonesia’ lebih besar dari pada ‘Wonderful’ pada logotype, yang merupakan fokus dari pariwisata kita untuk siap tampil dan terdepan di kancah internasional. Saya melihat dan merasakan ambisi yang positif dari hal ini. Dan saya yakin, dari segi pariwisata kikta selalu bisa bersaing.


Makna Logo Baru Wonderful Indonesia!

Selain membaca jelas tulisan Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia, hal yang tak mungkin terlewat dari mata kita adalah simbol burung yang cantik sekali, penuh warna. Disebut sebagai Logogram, yang sejatinya merupakan bentuk burung garuda dengan warna-warna cerah yang mewakilinya indahnya Nusantara. Pemilihan burung sebagai simbol bukan hanya soal ikon Pancasila saja, tetapi juga burung sebagai hewan dengan populasi terbesar di tanah air kita.

Burung tersebut membentangkan sayapnya, melalui simbol tersebut Kementerian Pariwisata ingin memberikan informasi kalau Indonesia merupakan negara yang sangat terbuka, dan dengan senang hati menyambut para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk menikmati hal-hal menakjubkan yang disuguhkan Indonesia.

Hal tersebut juga dipertegas dengan warna-warna cerah yang dipilih, mulai dari warna hijau yang mewakili kekayaan alam Ibu Pertiwi, warna ungu mewakili daya imajinasi saat kita melihat keberagaman di Indonesia, warna jingga mengimplementasikan semangat terus berinovasi dan melakukan pembaharuan, dan warna biru mewakili kedamaian, serta warna magenta yang menawarkan keseimbangan. Indonesia bak paket lengkap untuk liburan kita, mulai dari alam, kuliner, hingga pertunjukan seni bahkan tradisinya.


Saya jadi ingat saat beberapa waktu lalu mengikuti perayaan Waisak di Borobudur. Kemegahan candi yang tersusun akan batu-batu yang tak sama, kalau kalian mau tahu, itu adalah kuncinya kenapa Candi Borobudur bisa bertahan, karena batu yang satu dengan lain berbeda sehingga saling menopang, seperti Indonesia. Kemegahan saat itu juga diiringi dengan kesunyian, bentuk nyata rasa toleransi dari sikap masyarakat umum yang hadir kala itu, rasa saling menghormati terhadap mereka yang sedang beribadah.

Malamnya, semua yang hadir benar-benar dijadikan satu, kami duduk bersama sambil bermeditasi dan merasakan ketenangan. Bersyukur sambil bernafas dengan sebenar-benarnya. Saya pribadi jarang sekali merasakan aliran udara masuk melalui hidup kemudian menghembuskannya, rileks sekali rasanya. Dan setelahnya, semua bergembira dengan lampion yang membawa harapan yang kami tuliskan, terbang tinggi, dan semakin tinggi. Dan berharap yang di atas mengabulkannya.

Ini salah satu contoh keterbukaan yang saya rasakan dari daya tarik pariwisata Indonesia. Siapapun kita, dari manapun kita, agama apapun kita, boleh mengikuti rangkaian acara waisak, dengan catatan saling menghormati saat di lokasi dan mengikuti aturan yang berlaku. Tak hanya acara keagamaan, Indonesia masih punya segudang festival kebudayaan, mulai dari Festival Sriwijaya, Festival Bakar Tongkang, Toraja International Festival, Solo Batik Carnival, Festival Cisadane, hingga Festival Budaya Lembah Baliem di Papua, dan masih banyak lagi. Saya pribadi ingin sekali hadir di setiap acara tersebut, dan merasakan betapa Wonderfulnya Indonesia. Kalian?

You Might Also Like

12 comments

  1. Aku baru tahu loh arti dari setiap warna dari logo Wonderful Indonesia ini, artinya dalam juga ya ternyata.

    ReplyDelete
  2. Jadi di setiap bentuknya memiliki makna makna tertentu ya. Lengkap banget kak penjelasannya. Makasih loh.

    ReplyDelete
  3. Akutu suka banget sama desain logo PI, buat aku ya, itu kelihatan elegan gitu, padahal cuma kayak garis-garis.

    ReplyDelete
  4. Wohoooo aku pun pengennnnn banget bisa ikutan semua event2 keren Wonderfull Indonesia..Jadi merasa gak perlu ke luar negeri hehe.. Indonesia aja gak habis2..
    Ohiya.. selamat buat diluncurkan logo barunya. Penting banget sosialisasi kayak gini.. secara logo ini udah melekat banget di segala sesuatu yang berhubungan dengan pariwisata Indonesia... tapi kebanyakan masih pake yang lama.. Sukses buat Pariwisata Indonesia...juga buat Aris

    ReplyDelete
  5. Woderful tulisannya, terlebih mengenai susunan batu yang tidak seragam tapi justru itu yang membuat konstruksinya lebih kuat. Seperti Indonesia.

    Mantaps, saya suka bagian itu.

    ReplyDelete
  6. selalu bangga jadi warga negara Indonesiaa!

    ReplyDelete
  7. Wonderfull/pesona Indonesia memang banyak wisata alam dan budaya yang menarik, dulu ketika tinggal di Jateng, Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonosobo, Pacitan dan Malang Jatim sudah berkunjung ke wisatanya :)

    ReplyDelete
  8. Walah udah pernah rubah dua kali toh? Kalo g baca ini gua g paham nih... Di sekolah diajarin ga nih????

    ReplyDelete
  9. Eh baru ngeh bedanya logotype dan logogram. BTW penasaran dengan Festival Bakar Tongkang, itu beneran tongkang alias perahu dibakar-bakar?

    ReplyDelete
  10. Ternyata makna logo dari wonderful Indonesia luas sekali dan gua baru tau.
    Bangga akan indahnya Indonesia. Maju terus pariwisata Indonesia.
    Berbeda beda tapi tetap SATU Indonesia *Love Indonesia*

    ReplyDelete
  11. Saya kuliah di sekolah pariwisata tapi ga ngeh tentang perubahan logo ini. Betapa durhakanya saya LOL

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah. Pernah baca PDF pedoman penggunaan logo dan branding wonderful indonesia. Penuh filosofis. Sukses Terus #WonderfulIndonesia

    ReplyDelete