Serunya Belajar Investasi Sambil Nonton Konser di Tomorrow Today Fun(d) Festival!

2:00:00 PM

Untuk kedua kalinya saya resmi menjadi investor. Pertama, karena kemudahan yang ditawarkan sebuah aplikasi membuat saya tergiur untuk belajar. Dan faktanya kalau enggak memulai saya tidak bisa belajar, karena investasi ternyata butuh praktik, butuh tindakan bukan sekedar teori saja. Dan yang kedua karena saya semakin sadar, saya punya banyak keinginan yang harus dieliminasi karena ternyata hal tersebut bukan yang saya butuhkan.


   Satu lagi akhir pekan yang sangat berfaedah. Kembali saya berharap bisa bangun pagi dan berdoa hujan tak turun di hari esok agar saya bisa ketemu Jovi Adhiguna. Tapi kenyataan berkata lain. Saya bangun kesiangan dan melewatkan satu lagi kesempatan. Seperti bermain monopoli, saya kembali harus memutar dadu terus-menerus sampai bertemu kesempatan lagi. Saya menarik nafas panjang dan bersiap meneruskan hari itu, menikmati Tomorrow Today Fun(d) Festival sampai habis! harus bisa nyanyi bareng HiVi, dan mendengarkan tips traveling dari Kartupostinsta, dan mengakhiri malam minggu bersama lagu-lagu galau bermakna dari Tulus.

Tomorrow Today Fun(d) Festival adalah Festival Financial Pertama di Indonesia yang diselenggrakan di Senayan City pada 1 Desember 2018. Dengan kata lain, acara ini bisa jadi pembuka mata saya untuk melakukan persiapan menyongsong tahun baru dengan perencanaan keuangan yang lebih baik lagi. Dan saya siap untuk acara tersebut. Dan saya sangat berterima kasih kepada pihak yang membuat acara ini, Sorak Gemilang Entertaiment (SGE) yang bekerjasama dengan Narada Aset Management dengan fokus meningkatkan awareness pentingnya investasi sejak dini bagi millenials.

Apa sih maksudnya Tomorrow Today? Jadi, menurut SGE dan Narada, event ini dibuat untuk mengajak anak millenial mikirin hari esok di hari ini, gitu. Dan Acara edukasi financial yang satu ini beda daripada yang lain! Saya bisa mengatakan demikian ketika melihat line-up acara tersebut. Sangat pintar dalam membuat jadwal karena memadukan 3 unsur dalam satu event tanpa ada waktu yang bentrok, sehingga kita bisa mengekiti acara dari awal hingga akhir. Asal enggak kesiangan, haha.

Setuju?
Pulang acara langsung jadi Investor! Faktanya demikian. Harga Tiket Masuk (HTM) acara tersebut 150K, tapi yang 100K itu balik ke kita dalam bentuk Reksadana, modal awal kita berinvestasi pada produk terbaru dari Narada Management. Plus, dapat mug dan undian berhadiah Reksadana sebesar 500K. Beneran untung banget saya datang ke acara ini.

Investasi bukan punya orang kaya saja karena investasi untuk semua. Kedua kalinya memutuskan jadi investor saya bukan lagi memikirkan, “untung enggak ya”, tapi lebih ke perencanaan keuangan saya untuk beberapa hal yang saya inginkan. Jadi gini, dalam kasus saya, saya punya banyak rencana untuk hidup saya seperti traveling ke Thailand, India, hingga Iceland. Kalau kalian bertanya, “enggak mikirin nikah?”, maka kalian salah orang. 

Investasi memang berkaitan dengan masa depan. Tapi sejauh mana kita memikirkan masa depan? Jangka waktu berapa lama sih bisa dikatakan masa depan? Di umur berapa kita bisa dikatakan sudah berada di masa depan? Karena pertanyaan tadi saya semakin yakin kalau masa depan itu kita sendiri yang buat. Dan langkah pertamanya adalah menyusun goal atau target yang berkaitan dengan jangka waktu yang kita tetapkan sendiri. Inhale exhale, mari kita mulai.

3 Hal yang Bisa Kita Dapatkan di Tomorrow Today Fun(d) Festival

Senayan City menjadi lokasi yang dipilih untuk acara ini. “Kekinian banget!” komentar yang tak bisa saya tahan setelah sampai di lokasi pertama, di luar area Sency sih, tepat di sebelahnya, ada panggung utama tempat Jovi, Ramengvrl, Hi-Vi, Teza Sumahendra, Jevin Julian ft Andini, dan Tulus tampil. Jarak panggungnya deket banget sama penonton dan tanpa batas, ini yang saya suka banget untuk sebuah konser. Ramainya permainan warna dengan kehadiran beanbag juga membuat salah satu lokasi acara Tomorrow Today Fun(d) Festival ini menjadi daya tarik tersendiri, pokoknya pas buat anak millennial banget.

Kan! Cozy banget....
Lokasi kedua ada di dalam Senayan City, masuk lewat pintu samping, pintu Panin Bank kalau enggak salah, terus udah ada Area Seni Instalasi gitu. Art Installation by Sembilan Matahari dan Stereoflow, untuk masuk kita tinggal tunjukan gelang yang kita beli seharga 150K tadi. Jujur, di sini saya semakin mendapatkan pencerahan untuk menentukan masa depan saya. Intinya ada 3 step, pertama kita harus tentukan prioritas, kedua pikirkan! apakah itu bermanfaat atau tidak, dan ketiga pikir lagi manfaatnya apa untuk jangka waktu yang kita inginkan. Laksana pemanasan sebelum masuk kelas investasi di lokasi berikutnya.


Buat skala prioritas. kategorinya mulai dari Daily Needs - Invesment - Hobby - Lifestyle


Dan sampai di lokasi ketiga. Ada 4 kelas diantara membicarakan Cashflow, Financial Planning, Reksadana, dan Online Trading Stock. Mau saya jelaskan satu-satu? Lebih baik tisak usah, haha. Langsung ke intinya saja. Beberapa kelas ini butuh pondasi yang sangat kuat, yaitu jangka waktu yang sudah kita tetapkan untuk tujuan yang sudah kita buat. Misalnya, saya ingin sekali ke India, nanti, 5 tahun lagi, untuk mencapai target ini saya harus buat alokasi dana yang saya butuhkan, dan untuk jangka pendek (min 5 tahun) disarankan lebih baiknya memilih investasi dalam bentuk tabungan, deposito, atau reksadana pasar uang.

Jawabanya!
Untuk jangka menengah, misalnya saya ingin ke Ice Land, biayanya mungkin 100 juta. Mengkhayal aja duluuuuu. Dan disarankan untuk target yang jangka waktunya 5-10 tahun bisa memilih investasi emas Logam Mulia (LM), Reksadana pendapatan tetap atau yang campuran (yang konservatif dengan isi 80% obligasi). Kemudian untuk perencanaan jangka waktu 10 – 15 tahun bisa memilih Reksadana campuran yang agresif.  Dan kalau perencanaan keuangan yang jangka waktunya 15 tahun ke atas, bisa memilih Reksadana saham.

Invstasi itu enggak ada yang keliru, asal kita mengerti. Prinsipnya ini. Dan kita juga harus tahu kriteria yang harus terpenuhi ketika mau membelinya, pastikan produk yang sudah sesuaikan, a.k.a kita banget, informasi publik dan jabaran peraturannya lengkap, dan tentunya diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). PT Narada Aset Management yang merupakan perusahaan manager investasi dengan produk reksadana, saham dan campuran sejak , saya rasa tepat untuk dipilih.

Paling aku sukaaaaaaa.... Hi-Vi....
Sedikit pusing? Itu yang saya rasakan kemarin. Tapi untungnya hiburan yang disajikan di acara Tomorrow Today Fun(d) Festival ini sepadan. Untuk saya pribadi, weekend itu semakin menyenangkan saat HiVi tampil! Lagu berjudul Remaja, sih! Wajib kalian dengarkan. Meskipun lagu agak lama tapi easy listening banget ya lord..... Oh iya, salut juga sama panitia acara ini, garcep banget, ketika talkshow kan kita duduk santai di bean bag, tapi pas ada penampilan musik mereka langsung bergegas menarik bean bag dan membuat area luas untuk penonton... keren kerjanya.


Ada talkshow bareng Kenny Santana (Kartupostinsta) sama Nicoline Patricia jugaaa

And pastinya, Tulus.....
Saya lihat yang hadir di sana puas! Apalagi pas Tulus tampil, mulai dari lagu ‘Gajah’ jarak antara Tulus dan penonton tuh deket banget, dan semua nyanyi bareng. Tapi enggak hanya itu saja, dari sisi SGE dan Narada juga pasti senang, ditambah perusahaan yang mengambil nama dari bahasa Sangsekerta ini, Narada yang artinya Dewa Kebijaksanaan, berhasil mendaptkan apresiasi dari MURI sebagai Perusahaan Dengan Pendaftaran Reksadana Secara Serentak di Lokasi Terbanyak yang tak hanya di Indonesia, tapi juga di Dunia. Waw!

Juga selamat buat Narada atas prestasinya... Eh iya, ada Kaesang juga tuh!
Dan saya tak sabar untuk acara seperti di tahun berikutnya, karena katanya akan dibuat rutin. Jadi kalau kalian pikir kalian ketinggalan, enggak juga sih, bisa nunggu tahun depan atau coba kepoin IGnya Narada di @narada_am sekarang jugaaaaa......

You Might Also Like

1 comments

  1. Belajar investasi dengan cara yang menyenangkan dan di sukai anak muda.

    ReplyDelete