7 Cara Berhemat Ketika Traveling ke Jogja!

11:13:00 PM

Ada ratusan tempat wisata di Jogja yang menarik dan terkenal. Mulai dari Malioboro, Keraton Yogyakarta, pantai Parangtritis, wisata Candi Prambanan, Air Terjun Sri Gethuk, Pasar Beringharjo, Kampung Wijilan yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner, Tugu Jogja yang ikonik, benteng Vredeburg yang penuh sejarah, Taman Pintar, gumuk pasir di Pantai Parangkusumo yang menantang, hingga wisata Resort Kaliurang yang cantik dan mengagumkan.

Eits! kalau ini foto di Teras Kaca, Pantai Nguluran, Daerah Gunung Kidul. Cukup jauh! (nanti bakal saya bikin cerita terpisah) tapi di Jogja kotanya masih banyak tempat seru kok, hehe...

   Kota Jogja yang berlokasi di tempat strategis, berada di tengah-tengah Pulau Jawa membuat daerah ini sangat mudah dijangkau dari manapun. Terutama apabila kita memilih moda transportasi kereta api. Harga tiket kereta online yang murah bisa jadi alasan tepat memilih kereta api untuk mengunjungi kota pelajar ini.

Tiket kereta online yang murah juga bisa kita manfaatkan untuk menekan biaya perjalanan wisata. Karena seperti yang kita tahu, transportasi adalah bagian dari perjalanan yang paling banyak menyita biaya. Dan, berbicara soal perjalanan wisata ke Jogja. Saya punya nih, 7 cara berhemat traveling ke Jogja yang bisa dicoba agar kegiatan wisata yang kamu lakukan bisa jadi lebih irit! Apa saja?

1. Buatlah sebuah rencana perjalanan yang matang

Seringkali rencana perjalanan yang kita buat dapat menentukan apakah travelling yang kita lakukan berakhir menyenangkan atau sebaliknya. Tidak hanya bisa menghasilkan kegiatan wisata yang seru dan menyenangkan, rencana perjalanan juga bisa membantu kita berhemat.
Di antara beberapa poin penting yang sebaiknya kamu rencanakan saat akan melakukan travelling adalah:
  • Memilih berlibur saat low season
  • Memilih transportasi dan mencari tiket promo tiket kereta online jauh-jauh hari
  • Tentukan objek wisata yang ingin kamu datangi
  • Pilih moda transportasi untuk wara-wiri yang paling efektif dan murah
  • Pilihlah hotel murah yang berlokasi paling dekat dengan objek wisata yang ingin kamu datangi

2. Pilih tujuan Bandara yang dekat dari tempat tinggalmu

Jika kamu berasal dari Kalimantan atau pulau selain Jawa dan ingin berwisata ke Jogja, kamu bisa memilih tujuan penerbangan ke Surabaya agar lebih murah. Dari Surabaya, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Jogja dengan naik kereta api atau bus.

3. Wajib pilih naik kereta api!

Ini merupakan salah satu cara paling efektif Jika kamu ingin menekan biaya transportasi ketika melakukan perjalanan wisata. Tidak perlu khawatir, harga tiket kereta online yang murah serta tingkat kenyamanan dan pelayanan di kereta api yang sudah mendekati tingkat pelayanan di pesawat.
Ini akan membuat kamu mendapatkan pengalaman wisata yang jauh lebih seru dibandingkan dengan apabila kamu memilih penerbangan langsung menuju ke Jogja.

Percaya deh, naik kereta api bikin perjalanan lebih banyak ceritaaaa...

4. Cari hotel murah

Di Jogja, ada banyak pilihan Hotel maupun penginapan murah yang bisa kamu temukan di pusat kota seperti di sekitar Jalan Malioboro. Jalan Sosrowijayan merupakan salah satu jalan yang berlokasi di Jalan Malioboro.

Jalan Sosrowijayan Jogja terkenal sebagai salah satu tempat di mana kita bisa menemukan penginapan dengan biaya Rp100.000 per malam. Dan tidak sedikit di antaranya yang menawarkan kurang dari harga tersebut.

Jika ingin mendapatkan fasilitas yang lebih baik seperti AC maupun televisi, kamu bisa mencari di sana, penginapan-penginapan menarik berharga di bawah Rp 200.000.

5. Hindari membeli kuliner di tempat wisata

Alih-alih membeli makanan di sekitar Jalan Malioboro, akan lebih murah kalau kamu makan di gang-gang sekitar Malioboro. Seperti misalnya mencari makanan di Jalan Sosrowijayan dekat tempat menginap.

Jangan ragu buat nawar, SKSD, ajak ngobrol, pokoknya kalau ke Jogja... orang-orangnya ramah banget kok...
Begitu juga saat kamu ingin menikmati gudeg. Alih-alih mendatangi penjual gudeg populer yang bisa dengan mudah kamu temukan daftarnya di internet, datangi saja penjual gudeg yang tidak terkenal tapi tetap menawarkan cita rasa gudeg yang tidak kalah enak.

6. Gunakan trans Jogja untuk bepergian

Cara paling mudah dan murah untuk pergi dari satu objek wisata ke objek wisata lainnya di Jogja adalah dengan memanfaatkan trans Jogja. Tapi jika ingin lebih bebas, kamu sebaiknya menyewa kendaraan roda dua yang biaya sewanya mencapai Rp 60-80 ribu per hari (12 jam).

7. Beli oleh-oleh di tempat yang bisa ditawar

Jangan hanya karena ingin mendatangi tempat khusus yang menjual oleh-oleh khas Jogja, akan lebih murah Jika kamu membeli oleh-oleh seperti bakpia, batik, hingga kaos Jogja dan berbagai aksesoris menarik di tempat-tempat yang memungkinkan kamu melakukan proses tawar-menawar.

Salah satu tempat wajib dikunjungi kalau ke Jogja!
Batik murah bisa kamu dapatkan di Pasar Beringharjo maupun Jalan Malioboro, bakpia bisa Kamu beli di sekitaran Malioboro, Begitu juga dengan kaos Jogja, serta berbagai aksesoris menarik lainnya juga bisa kamu dapatkan di Malioboro. Tapi jangan lupa, sebelum membeli cobalah untuk menawar.

Nih, tempat beli tiket kereta murah ke Jogja!

Berdasarkan pengalaman, beli tiket di toko online Bukalapak merupakan alternatif terbaik karena toko online yang satu ini sering menawarkan promo sehingga harga tiket kereta online yang mereka tawarkan jauh lebih terjangkau dan murah.

Jangan lupa juga berlangganan newsletter dan follow akun sosial media mereka, serta kunjungi halaman bukalapak.com/promo sebelum membeli tiket untuk mencari dan mengecek ketersediaan voucher belanja yang bisa kamu manfaatkan untuk berhemat. Jadi enggak ada alasan lagi dong buat enggak liburan, iyakannnnn....

You Might Also Like

1 comments

  1. jogja bisa lebih hemat di banding jajan jajan di bali :D
    jogja apa apa murah2 dan makanannya cocok enak2

    ReplyDelete