Terbaru dari MNC Vision, Dolby Audio Ngajak Kita 'Mendengar Dengan Sadar'

10:40:00 PM

Seperti biasa, selalu ada hal baru yang saya dapatkan ketika menyaksikan sebuah film. Bahkan semakin spesifik, baru, dan membuat saya mencoba merasakan bukan hanya menyaksikan. Kalian tahu film We Are Your Friends (2015) yang dibintangi Zack Efron? Oh no! Kalau ngobrolin film yang satu ini seluruh tubuh saya seperti dicharge kembali. Tak hanya indah dalam visual, perpaduan dialog dan musik di beberapa scene membuat saya sadar untuk melakukan kegiatan ‘mendengar’. Pernah gak sih kalian merasa sadar ketika mendengar? Kasusnya, mungkin sama seperti saat kita bernafas, tak sadar tapi selalu kita lakukan. Mari kita berbicara soal ‘permainan suara’ yang masuk ke telinga kita! Listen and learn!


  Beat Per Menit (BPM) adalah inti utama permainan kata Zack. Secara tak sadar, ia membocorkan rahasia keren filmnya. Dalam film karya Max Joseph ini, saya rasa wajar jika BPM menjadi kuncinya, karena We Are Your Friends dibalut dengan banyak musik keren dan kekinian yang tanpa sadar membuat kaki dan jari tangan bergoyang di kursi bioskop. Ada part di mana musik mencapai 120 BPM, setara dengan detak jantung seorang pelari jarak jauh, hingga akhirnya sampai pada mitos populer rasio 128 BPM, situasi saat beat bersinergi dengan detak jantung, dan mengendalikan seluruh sistem sirklus orang yang mendengarnya. Zack seperti Katara yang mengendalikan darah manusia di balik CDJ.

Musik, sound effect, dan dialog adalah 3 unsur penunjang sebuah karya (khusunya film) menjadi lebih dramatis. Bayangkan apa jadinya jika film tanpa ketiga hal tersebut? Seperti berkaca setiap pagi. “Suara membawa penonton pada realitas yang ingin disampaikan oleh film” kata Khikmawan Santosa, seorang Sound Designer yang sukses membuat film Pengabdi Setan (2017) total seremnya, dan film Koki-Koki Cilik (2018) lebih seru petualangan memasaknya. Loh Ris, kalau ada film Indonesia yang efek suara dan musiknya sudah bagus, kenapa harus mengambil contoh film luar?


Sayangnya, sound effect yang berpadu dengan musik yang total untuk film Indonesia hanya saya nikmati saat di bioskop saja. Jika hadir di TV saat momen-momen tertentu pasti suaranya tergantung kondisi TV kita, kurang enak ditambah banyak iklan pula. Film luar juga sama kok? Enggak dong! Jika kalian menyaksikannya di Pionir TV Berlangganan channel HBO dan FOX yang ada di MNC Vision Bukan Yang Lain. Sudah dilengkapi dengan Dolby Audio yang memberikan sensasi nonton di rumah serasa nonton di bioskop.

“Suara sejatinya memiliki dimensi dan perspektif ruang yang luas dalam sebuah film” lanjut Mas Khikmawan. Coba deh kalian pejamkan mata beberapa saat, ketika mendengar sesuatu, pasti pikiran kita langsung membayangkan banyak hal. Sebagai pembuat sound effect film sekaligus pemilik Film Post Audio Production ‘Crosscade’, Mas Khikmawan juga sangat senang dengan hadirnya Dolby Audio pada fitur unggulan MNC Vision. “Dengan adanya Dolby Experiance Home kita bisa menyaksikan film dengan utuh tanpa ada perubahan dari sisi suara”, lengkapnya. Dan, apa sih sebenarnya Dolby Audio itu? Dan mengapa MNC Vision menghadirkan fitur tersebut? Nnati pada gak nonton di bioskop lagi, haha!

MNC Vision Tour, Semakin Kenal Dengan Pionir TV Berlangganan!

Sebelum membahas apa itu Dolby Audio, saya rasa kalian harus tahu siapa yang membawanya hadir ke rumah anda. Kalau di bioskop kan udah biasa ya, tapi ini bisa kita nikmati di rumah! Gokil gak tuh!!. Dialah MNC Vision, atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Indovision, TopTV, dan OkeVision. Sekarang udah menyatu, Indonesia banget yak, hehe. Sebuah keberuntungan bagi saya ketika dapat hadir di acara Blogger Gathering MNC Vision beberapa waktu lalu. Seru! saya semakin kenal fasilitas operasional dari pionir TV Berlangganan di Indonesia ini. Mau tahu apa saja? Okay! Rubah posisi duduk kalian senyaman mungkin, dan tonton video dibawah ini!


1. Antenna Farm
Semakin keren dan menyenangkan awal tour kala itu adalah ketika sampai di Antenna Farm MNC Vision langit biru menyapa seperti view di film-film. Sayangnya tak ada sutradara yang bilang “cut” ketika saya bingung harus ke arah mana sebelum sampai di sana. Ground Station System Komunikasi MNC Vision, mungkin itu istilah lain untuk ladang antena ini. Bak pusat yang mengendalikan keseluruhan bisnis, “ada satu yang tak beroperasi, semua tak beroperasi”, kata Pak Angki yang sabar mendampingi para blogger yang kepo maksimal siang itu.



Ada 3 tipe antena yang akan kita temua di Antenna Farm. Pertama, TVRO (Television Recive Only) yang memiliki diameter beragam, dan berfungsi mengumpulkan channel dari berbagai provider, penerima siaran dari satelit luar. Dan kalau kalian perhatikan, arah antena TVRO pasti beragam karena semua tertuju pada satelit-satelit provider yang berbeda, sehingga siaran di MNC pun banyak dan lengkap pastinya. Setelah di terima oleh antena TVRO, siaran/sinyal yang masih bersifat mentah (belum diedit subtitle, logo, dll) diteruskan ke ruang broadcast untuk diedit, dan dijadikan siaran yang siap disaksikan.

TVRO
Kedua, kita akan bertemu dengan salah satu antena besar yang dimiliki MNC Vision, berdiameter 9,2 meter, antena yang disebut APLING ini menerima sinyal siaran tadi menggunakan sistem fiber optik, yang berfungsi mempersingkat delay. Duh, gak kebayang deh kalau lagi nonton delay, pasti KZL banget kan!. Setelah siaran diterima, kemudian ditransmisikan kembali ke satelit yang dimiliki MNC Vision, yaitu Indostar-2. Setelah itu, baru deh siaran dipancarkan ke 2,4 juta pelanggan MNC Vision di seluruh Indonesia, dengan menggunakan frekuensi S-band yang tahan cuaca buruk. Nah, ini loh yang membuat kalian pengguna MNC Vision nyaman menonton TV meskipun cuaca kurang baik, waw!

Apling
Terakhir, tepat disebelah APLING, kita akan melihat antena paling besar dengan diameter mencapai 13 meter, yang berfungsi sebagai manuver, jika satelit ke luar orbit maka antena ini langsung memperbaikinya. Antena ini juga berfungsi mengontrol suhu dan pergerakan yang dikendalikan melalui perangkat TT&C (Telemetry, Tracking, & Commanding) yang berada di ruang SCC (Satelite Control Center).

TT&C

2. Walk In Center (WIC)
Melanjutkan perjalanan, kali ini kita akan ditemani senyum sapa selama berada di area ini. Bisa nyantai-nyantai juga, sambil baca majalah, ruangannya cozy banget hehe. Walk In Center, tempat calon pelanggan ataupun pelanggan menemukan solusi atas permasalahan soal pelayanan MNC Vision, kita bisa konsultasi, komplain, hingga meminta invoice bulanan. Hingga saat ini,  WIC sudah tersebar di 10 KPU (Kantor Pembantu Umum) di seluruh Indonesia, yang bisa kalian cek di www.mncvision.id. Jika ingin mencoba fasilitas WIC, kita bisa datang mulai dari hari Senin hingga Sabtu, pukul 9 pagi sampai 6 sore.



3. Customer Care
MNC Vision juga gak mau ketinggalan zaman. Paham kalau masyarakat saat ini juga lebih senang dengan hal praktis, beberapa orang pasti ingin hal simple, enggak perlu datang jauh-jauh atau bermacet-macetan untuk menyelesaikan masalah, tinggal hubungi saja call center MNC Vision di (021) 21-500-900. Atau untuk generasi milenial yang lengket banget dengan sosmed,  bisa juga terus berkoneksi dengan media sosial MNC Vision, di @MNCVisionID di Twitter, Facebook dan Instagram. Via email atau SMS juga ada loh, namun belum 24 jam, ada jam operasional gituh.



4. STUDIO (Mini Studio dan Grand Studio)
Yap! Di sini saya merasa tertantang untuk mempermalukan diri sendiri, haha. MNC Vision juga punya dua studio yang digunakan untuk beberapa program TV nya. Suasananya gak jauh beda sih dari studio-studio selayaknya.

Mini Studio
Grand Studio biasanya untuk acara seminar, atau briefing online perusahaan gitu...

5. Network Monitoring Control (NMC)
Sayang, ruangan yang ini terlalu sensitif, jadi gak bisa dimasuki oleh sembarang orang, termasuk saya, haha. Network Monitoring Control (NMC) berfungsi memonitor layanan selama 24 jam.


Inovasi Terbaru Dari MNC Vision!

Sebagai pionir, tentunya merupakan kebanggaan. Namun salah jika MNC Vision hanya diam saja tanpa melakukan inovasi untuk terus menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dolby Audio adalah salah satu inovasi yang mereka pilih. Bayangkan sekali lagi, seperti membawa suasana bioskop masuk ke rumah. Dolby Audio adalah teknologi dalam dunia suara. Sudah 50 tahun hadir memberikan sensasi luar biasa untuk telinga kita.

Pengalaman pertama bersama Dolby saya dapatkan di bioskop. Suara yang dihasilkan di film seakan mengelilingi saya,  menemani saya sepanjang film. Dan seperti yang saya sebutkan di awal,  suara yang dihasilkan membuat perspektif semakin luas. Mmebuat pikiran saya liar, tapi hati tetap tersentuh dan bahagia.


Saat mencoba Dolby Audio bersama MNC Vision, saya semakin takjub dengan perubahan dari segi gear teknologinya. Hanya dengan satu sound bar, suara yang dihasilkan setara dengan home theater. Minimalis dengan hasil yang maksimal, itu yang pertama saya lihat dari wujud Dolby Experience Home MNC Vision, enggak makan tempat!

Petualangan seakan dimulai tanpa adanya garis start yang jelas, begitulah Dolby bagi saya hari itu. Suara bermunculan, bersahutan, seakan menyerang hati dan pikiran. Iramanya memberikan sensasi yang berbeda dengan detail yang begitu jelas di tiap effectnya. Saat menggunakan Dolby, saya rasa gak ada alasan lagi untuk enggan sadar mendengarkan banyak suara. Ibarat kecerdasan buatan, Dolby bisa mengajukan dirinya dengan keunggulan automatic volume control, kemampuan memberiakan performa suara terbaiknya sesuai konten film, games, musik, ataupun program broadcast.

Mengapa Harus MNC Vision 'Bukan Yang Lain'?

Dolby Audio adalah terobasan terbaru dari MNC Vision. Sekaligus alasan pelengkap mengapa MNC Vision layak dipilih sebagai hiburan tanpa batas keluarga. Ditambah, kalian tau gak kalau RCTI, menjadi TV nasional pertama yang menggunakan Dolby untuk audionya, kita patut berbangga karena perkembangan teknologi bisa disesuaikan dengan TV kebanggan dalam negeri. Waw! Tapi saya tahu, kalian belum puas dengan satu alasan saja kan? nih ada beberapa alasan kenapa sih harus memilih MNC Vision, Bukan Yang Lain?

Terpercaya!
Tak hanya menjadi pionir, tapi juga sudah menguasai penetrasi pasar dengan presentase 60% pengguna TV Berlangganan di Indonesia. Salah satu alasannya, tentu keunggulan MNC Vision yang tahan terhadap cuaca buruk. Dan jangan lupakan juga bagaimana MNC Vision bertahan selama hampir 24 tahun, tepatnya di 8 Agustus mendatang untuk selalu diingat masyarakat.


Menguntungkan!
MNC Vision ngasih banyak banget keuntungan, salah satunya Multi Recorder, di mana memungkinkan pelanggan untuk memiliki decorder tambahan di satu alamat, maksimum 3 decorder, dan MNC Vision ngasih harga diskon! siapa yang nolak coba. Tak sampai di situ saja, pelanggan adalah raja, nyatanya juga berlaku untuk MNC Vision, mereka siap mengajak pelanggan setianya yang beruntung untuk Nonton Premier League Langsung di Inggris loh... mau ikutan? gampang! langganan aja paket di MNC Vision. Atau, buat kalian yang suka nonton? tiap bulan MNC Vision bikin acara nobar loh... duh, banyak banget untungnya! makanya, gabung dong di Program MNC Vision Priority.

Kekinian!
Tak hanya tampil di TV saja! saluran lokal dan internasional yang disediakan PT MNC Sky Vision Tbk ini juga hadir via smartphone. Bisa dibawa, dan ditonton di mana saja, dan kapan saja. Namanya MNC Now, yang bisa didownload melalui HP kalian sekarang juga, gratis. Kemudian jangan lupakan juga MNC Play, gabungan dari paket TV dan jaringan internet yang super cepat.


Aman!
Selain terpercaya, MNC Vision juga ngasih pilihan kepada pelanggan untuk mendesign tontonannya. Parental Lock sebutannya. Di mana home family sangat diutamakan, pelanggan yang memiliki anak bisa mengunci chanel-chanel yang dianggap kurang pantas untuk disaksikan sang buah hati, plus pelanggan bisa ngasih rating/level juga loh terhadap siaran yang disaksikan. Bahkan, MNC Vision juga punya progran 50k/bulan untuk belajar dengan si kecil loh... Penasaran?

Totalitas!
Sangat mengerti maunya pelanggan! mulai dari paket harga layanan yang ditawarkan gak nyekek dompet, terus pengajuannya gak ribet! cukup telpon atau dateng aja biar semakin akrab, hehe. Paket yang tersedia, diantaranya Venus dengan harga Rp. 179.900 , Galaxy dengan harga Rp. 209.900, dan Super Galaxy dengan harga Rp. 279.000. Hiburan Lengkap Keluarga Indonesia, gak salah sih MNC Vision punya jargon itu. TV berbayar terbesar di Indonesia dengan 140 channel dan 33 channel exlusive, dengan call center 24 jam, juga didukung 3000 tim sales di seluruh Indonesia.

Dari segi pelayanan udah gak diragukan lagi, apalagi kalau bahas barang yang dijualnya. Tontonan kualitas High Definition (HD) yang berpadu dengan Dolby Audio, perpaduan gambar yang tajam dengan suara yang jernih. MNC Vision membaguskan visual dan audio secara bersamaan, gak setengah-setengah! 

duh, gak sabar deh buat #CeritaDiMNCVision lainnya.... bakal ada inovasi apalagi ya...

You Might Also Like

6 comments

  1. Senang ya mengunjungi Mnc vision dengan brandingnya dolby audio. Sadar terus deh nggak tidur2 hahaha

    ReplyDelete
  2. Senang sekli bisa mengunjungi MNC Vision tower ya. Selain dapat ilmu juga makin tahu bahwa tontonan seerti di bioskop melalui proses yg lumayan panjang

    ReplyDelete