Tips Mempercantik Artikel Blog

11:38:00 PM

Kalau urusan nulis blog, blogger saat ini udah gak perlu diragukan lagi. Apa aja dan ada aja yang bisa dijadiin bahan tulisan. Sayangnya, kadang bahan yang udah diracik menjadi konten layak baca harus ternodai dengan 'hiasan penting' yang gak dimaksimalkan. Jadinya tulisan membosankan, dan pada saat masuk list blog walking cuma discroll ajah trus dikomen. Pernah gak ngerasa demikian? Bounce rate tinggi kalau bahasa google analytic!

Saya pribadi berusaha mencari solusinya. Mungkin belajar SEO salah satunya, membuat tulisan terbagi-bagi antara heading dan sub heading sehingga enak untuk dibaca, tapi gak semudah yang dibayangkan, dan jangan tanya saya bagaimana caranya, haha. Kemudian mempercantik artikel, ini yang sedang saya tekuni agar pembaca saya setidaknya cukup betah di artikel yang saya buat. Jika malas membaca, setidaknya melihat, teliti dan kepo terhadap gambar yang saya tempelkan pada artikel tersebut. Seperti gambar di bawah ini, menurut kalian gimana?


   Pertama kali bertemu dengan anak yang satu ini! Semangatnya luar biasaaa, suka ngobrol, dan saya tahu wawasannya luas banget! Dama Vara, pemilik blog www.damavara.com yang sudah menginjakan kakinya di Negeri Paman Sam beberapa waktu lalu, akhirnya sempat membagikan ilmunya. Dia sibuk anaknya, haha. Kolaborasi antara Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB), tempatnya bernaung, dengan CNI Indonesia membuat ngabuburit saya semakin berfaedah. 'Easy Step To The Perfect Website Layout' adalah tema yang diangkat dalam pertemuan blogger dan CNI yang akhirnya kembali dilakukan. 

Perlu kita sadari, era digital memang menghadirkan banyak peluang, tapi jangan lupakan juga banyak saingan. Dan pada umumnya, bekerja ekstra, atau melakukan hal yang lebih, membuat sesuatu yang berbeda, dan diingat oleh orang lain adalah hal yang harus kita pikirkan. Dan jika sudah, maka kita siap menyambut tamu yang bernama PERSONA

Arti persona sendiri bisa kalian cek di google. Tapi berbincang dengan perumpuan yang sejak 2017 menjadi Head of Department Grafik Designer, Website, di Summary Nusantara Capital hingga saat ini, menjadikan kata persona begitu unik sebagai hal yang ada dibalik user experiance blog. "Lekat banget dengan customer oriented yang terpuaskan atas karya yg kita buat" katanya.

Say hai to Dama!
Mengaitkan persona dan artikel blog adalah sesuatu yang tepat. Persona memperlihatkan hal berbeda untuk setiap postingan yang kita buat. Sadar atau tidak, ada namanya pembaca primer dan sekunder di tiap postingan yang kita miliki, artinya pembaca utama atau pembaca yang 'kebetulan' tertarik. Nah, yang tertarik ini ternyata bisa kita siasati untuk betah membaca blog kita! Caranya?

3 Hal Wajib Dalam Mempercantik Artikel

Saya menemukan cara ini setelah cukup lama berselancar di banyak blog. Menemukan apa yang saya sukai dan tidak sukai sebagai pembaca, salah satunya rasa bosan yang seketika datang karena 'baca doang'. Ada 3 hal yang saya pelajari, dan faktanya sesuai dengan yang Dama sebutkan di acara bersama CNI. 

1. Good Design
Good design yang pertama tentu dilihat dari tamplate blog yang kita gunakan. Tamplate blog menjadi hal pertama yang pasti menyapa pengunjung. Bagus dipuji, kurang bagus ditinggalin. Tapi sekarang, semua pasti bisa punya tamplate yang bagus. Dama Vara menganjurkan untuk mencoba 'jatuh hati' pada tamplate yang disediakan Etsy.com. Dan emang bener sih, bagus-bagus, membuat saya berpikir pengen ganti tamplate lagi, hehe

2. Mainkan 'Huruf' 
Tamplate yang bagus juga akan membuat pembaca sekunder kita betah scroll dari atas ke bawah, dan jika menemukan judul menarik pasti langsung ngeklik. Tapi ada satu hal yang mungkin dilupakan. Pengunjung tuh ngeliat dulu, bukan ngebaca dulu, biasanya, makanya jenis huruf yang kita pilih usahakan yang menarik. Kalau bawaan tampalte biasanya sih udah disesuaikan dengan 'wajar', tapi gak ada salahnya kok buat berkreasi agar lebih menarik dan terkesan beda dari blog lain yang menggunakan tampalte yang sama. Gimana menurut kalian?

3. Percantik Foto
Ini yang kadang dilupakan banget, saya pun sadar sering melakukannya. Dan beruntung banget ketika Dama semakin mencerahkan saya akan penggunaan aplikasi CANVA. Saya sudah tahu sebelumnya, tapi belum bisa menggunakannya, gak mau belajar dan belum sadar buat apa, lebih tepatnya. Tapi ternyata, Canva berfungsi dan menggunakannya menyenangkan banget!

Sebenarnya, pondasi utama mempercantik foto adalah sudah memiliki foto yang cantik. Artinya kita sebagai blogger harus sudah mengerti, bahkan paham bagaimana menangkap moment yang menarik di setiap acara atau kegiatan yang kita lalui. Atau setidaknya punya stok foto dalam setiap momen, itu bagus banget. Apalagi sekarang sudah banyak banget pelatihan foto menggunakan smartphone, tinggal penggunaannya dan latihan terus-menerus saja.

Cara menggunakan Canva ternyata gampang banget! masuk ke www.canva.com via PC atau download aplikasinya gratis di smartphone. Kemudian log in seperti biasa. atau untuk pengguna baru, bisa pilih sign up dengan Facebook atau G+ untuk mempermudah.


Selanjutnya pilih ingin membuat tampilan foto untuk apa, misalnya twitter, facebook post, instagram, bahkan header-header medsoso juga bisa. Semua ukuran sudah otomatis disesuaikan. Oh iya, penjelasan selanjutnya saya gunakan metode via HP ya, biat semakin mobile dan langsung bisa kalian praktekan, hehe... Pertama, pastikan sudah download dan log in ya....


Lalu Canva membiarkan kita untuk memutar otak dalam berkreasi, tapi dengan sangat mudah karen asudah disediakan format kombinasi jenis hurud dan ukurannya, tingga kita ganti saja kata-katanya. Namun jika ingin merubahnya juga bisa, bebas...



Gambar sudah dipilih, dan kata-kata sudah dibuat! namun, alangkah baiknya jika gambar/foto yang disediakan Canva juga kalian ubah, biar semakin keren dan 'kita banget', atau setidaknya gak ada yang nyamain gitu, haha. Tapi, jangan lupa untuk menyesuaikan foto, kata-kata yang ditempelkan di foto, dengan inti tulisan kalian ya, biar nyambung!


So, gitu aka sih yang saya lakukan untuk mempercantik artikel yang biasanya saya buat, atau terkadang saya tambahkan video jika ada. Dan kalian tau gak sih kalau sekarang Canva udah ada versi lokalnya, berbahasa Indonesia yang semakin mempermudah kita untuk berkreasi! Bahkan tamplate yang disediakan ada yang khas Indonesia loh... cek aja https://www.canva.com/id_id/ sekarang....


You Might Also Like

2 comments

  1. Gagal fokus sama foto covernya. Bagus banget! Mau juga doong difotoin kaya gitu. Hehehehe.

    ReplyDelete
  2. Saya juga belum lama menyadari penggunaan Title image untuk postingan blog. Itu cukup menjadi solusi ketika sebuah postingan ga ada dokumentasi fotonya. Jadi barisan postingan di homepage lebih menarik karena ada gambarnya

    ReplyDelete