Terbaru dari Suzuki, All New Ertiga Siap Diajak Mudik!

7:58:00 PM

Mungkin saatnya pertanyaan itu hadir. “Udah siap mudik?”. Pertanyaan yang bisa dijawab dengan bangga ketika tiket kereta ataupun pesawat sudah di tangan. Perjuangan loh untuk mendapatkan tiket mudik, hehe. Tapi pertanyaan tersebut bisa juga dijawab dengan santai, khususnya para pengguna mobil pribadi. Meskipun masalah yang sering terjadi adalah ‘memaksakan’ kehendak, menjadikan semua wajar, aman dan terkendali. Padahal nyatanya tidak. Bayangkan saja, semua barang masuk mobil, bahkan jumlah manusianya melebihi kapasitas, alhasil kenyamanan hilang dan semua badan pada sakit. Ieuhhh.


   Mudik, bagi milenial ini juga ajang traveling bareng keluarga, berbeda dengan para orang tua yang menganggap mudik hanya sebagai ‘ritual’ wajib puasa saja. Jarang-jarang loh perjalanan jauh bareng keluarga, semua sibuk. Kalau gak sesuai espektasi, presentasi mudik bagi milenial bisa menjadikan 80% nya adalah keterpaksaan. Apalagi buat generasi milenial yang berharap bisa langsung tiba di lokasi tujuan, bisa menghilang menembus waktu, khayalan tingkat tinggi karena kebanyakan nonton film (eemmm, aroma curhat), gak kuat dengan yang namanya bosan akibat macet di jalan.

Orang tua yang anaknya masuk kategori milenial pasti susah payah membujuknya untuk ikut mudik, biasanya sang anak lebih memilih untuk jadi penjaga rumah dan ngajak temen-temennya untuk party kecil-kecilan. Sedih sih pasti, apalagi iming-iming “nenek kangen” sudah gak mempan, huhu. Sebagai bagian dari generasi milenial, itu yang biasanya saya rasakan ketika diajak mudik, bosan dan capek diperjalanan menjadi masalah utama, terlebih saat mudik menggunakan mobil, sumpek pula karena ada barang di mana-mana. Pasti tahu dong kalau mudik bawaanya kayak mau pindahan, Huft.


Untungnya, perkembangan dunia otomotif seakan paham akan hal yang saya singgung tadi. Inovasi terus dilahirkan untuk mengedepankan kenyamanan dalam sebuah perjalanan jauh, mudik contohnya. Termasuk yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Motor (Suzuki) dalam mengeksekusi visi dan misinya. Kontribusi nyata untuk bangsa dan masyarakat dengan memberikan produk-produk bermanfaat bagi perkembangan bangsa. Untuk itu, Suzuki dengan bangga memperkenalkan All New Ertiga yang dianggap tepat sebagai sahabat mudik masa kini, yang baru saja meraih The Best MPV di ajang IIMS 2018. Seperti apa kelebihan Transportasi Suzuki All New Ertiga? Cekidot!

Mengenal Suzuki All New Ertiga, MPV Masa Kini!

The New Face of MPV, kalimat itu masih tercapture dengan jelas di mata saya. Oh iya, kalian tahu kan apa yang dimaksud dengan MPV itu sendiri? MPV adalah kepanjangan dari Multi Purpose Vehicle, atau pengertian gampangnya, MPV adalah mobil keluarga, yang dulu sering dibilang ‘bisa menampung 7 orang’, sekeluarga bisa masuk. Tapi sayangnya MPV zaman old kurang memperhatikan sisi kenyamanan, seperti yang saya bilang tadi, alhasil sumpek karena kebayakan barang dan manusia.


All New Ertiga hadir sebagai gear terbaru keluarga Indonesia dengan tampilan yang lebih modern, dinamis dan premium, lebih lega, lebih panjang, dan lebih nyaman digunakan. Suzuki juga seakan menjawab perkembangan teknologi bukanlah soal eksekusi saja, tapi strategi yang matang. Gembar-gembor di bulan Ramadhan ini misalnya, langkah cerdas dalam starategi penjulan yang berkesinambungan dengan kebutuhan pasar.

BTW, kalian pasti sudah tahu dong kalau saya belum bisa nyetir? Atau gak tahu? Yaudah, anggap aja itu pengetahuan baru tentang saya, hehe. Dan sebelum membicarakan All New Ertiga ini lebih jauh, saya ingin kalian tahu bahwa tulisan ini merupakan review saya sebagai penumpang di baris kedua test drive produk terbaru dari Suzuki di Sumarecon Mall Serpong tanggal 14 Mei 2018 kemarin. Yang kemudian ditambah penjelasan dari para ahli otomotif, diantaranya Pak Harold Donnel selaku Head of Brand Development Marketing Research Suzuki Indomobil Sales (SIS), Pak Yulius Purwanto selaku product Development Accessories Head Suzuki Indomobil Sales, dan Mas Aris Harvenda selaku editor otomotif dari KOMPAS.com yang hadir melengkapi di acara Suzuki Blogger Gathering.

Aris Harvenda - Harold Donnel - Yulius Purwanto

Apa Sih Kelebihan Dari Suzuki All New Ertiga?

“Semoga bisa menikmati acara ini, dan bisa menambah pengetahuan baru bernuansa otomotif dalam acara gathering ini” kata Pak Harold yang secara tak langsung resmi membuka perbincangan sore itu. Dan benar adanya, saya jadi tahu perbedaan over stir dan under stir yang biasa disinggung kalau ada kecelakaan, mau tahu?


   Sebagai alternatif mobil keluarga Indonesia zaman now, All New Ertiga nampak totalitas dalam melakukan perombakan. Pertama, mari kita berbicara design luar yang terlihat gagah dan mencuri perhatian saya saat memasuki ruang pameran di Sumarecon Mall Serpong kala itu. Grille Design yang dipilih oleh Suzuki saya rasa tepat sekali, muka mobil yang ganteng, apalagi jika dipadukan dengan warna-warna yang ada, pas sekali dengan ukuran mobilnya yang dibuat semakin lebar. Namun berbeda dengan bagian belakangnya, nothing spesial. (Untuk fotonya bisa kalian lihat di foto ketiga dalam tulisna ini ya...)

Urban MPV semakin pantas disandangnya ketika kita melihat Projector Headlamps yang digunakan di bagian depan, dipastikan cahaya lebih terang dan fokus, serta tidak menyilaukan. Di bagian belakang pada seri GX juga diwarnai dengan Led Rear Combination with Light Guides sehingga lebih aman dalam berkendaraan. Dan jangan lupakan juga Fog Lamps yang menambah pencahayaan pada situasi jalan yang berkabut. Dari sisi pencahayaannya saja, All New Ertiga seakan mengerti kalau mobil zaman now bukan untuk digunakan saja, tapi untuk bergaya, hehe.



Dari sisi eksterior, keunggulan All New Ertiga ini juga diperkuat dengan 2 Poin Rear Parking Sensors yang memberikan kemudahan dan keamanan saat parkir, plus Led Hight Mount Stop Lamp yang berada di bagian belakang atas sehingga mobil yang berada di belakang kita bisa dengan jelas melihat lampu rem tersebut. Oh iya, roda All New Ertiga ini juga nampak elegan loh, desain baru katanya.

Puas mondar-mandir melihat sisi luar produk terbaru Suzuki ini, kini saatnya saya masuk dan mencoba kursinya. Awalnya terlihat sama dengan kursi mobil pada umumnya, bahkan warnanya pun sama, tapi menggunakan satu tone warna tambahan, yaitu cokelat, membuat All New Ertiga semakin terlihat premium, ditambah panel dan dashbordnya ada sentuhan wooden patternnya juga, cokelat dan mengkilat. Luxorious, I love it!


Saking fokus sama warna cokelatnya, saya hampir lupa menyebutkan hal yang dilebihkan dari All New Ertiga ini, Spacious cabin, kabin yang lebih luas dari kelas MPV lainnya. “130 mm lebih panjang dari seri sebelumnya, lebih tinggi 5 mm, dan lebih lebar 40 mm” kata Pak Yulius memperjelas pengalaman saya memasuki mobil terbaru Suzuki ini. Yang paling berasa adalah ketika berada di kursi baris ketiga, dengkul gak mentok, dijamin gak pegel kalau berlama-lama. Dan jika dihitung, mobil ini bisa dihuni 7 orang dengan beberapa barang bawaan. Tapi kalau orangnya sedikit, Large Luggage Capacitynya semakin berasa, bisa bawa barang bawaan lebih banyak.

Urusan Kabin All New Ertiga ini sebenarnya punya pembahasannya tersendiri. Memanipulasi kalau boleh saya persingkat. Kursi di row ketiga bisa dilipat sehingga menjadi flat, sejajar dengan atap luggage tray. Selain dapat memuat barang lebuh banyak, space ini juga bisa dijadikan tempat tidur / istirahat sejenak. Cara melipatnya pun gampang banget, cukup tarik tuas yang berada di pinggir kursi. Oh iya, pernah gak sih kalian susah masuk ke bagian belakang mobil? All New Ertiga paham akan hal itu, jadi dibuat mudah dengan split single folding & sliding second row, sehingga masuknya gampang



Milenial dijamin betah berada di dalam mobil ini, selain lega dan tinggi jadi gak kejedot kalau ada gajlukan, All New Ertiga ini gak lupa dengan segi multimedia, memang tak terlalu diunggulkan, tapi tetap dihadirkan, contohnya Head Unit Touch Screen yang dilengkapi juga Bluetooth Conection, jadi mau nyetel radio or musik gampang, tinggal touch ajah, dan suara akan jernih dan jelas terdengar karena mobil ini punya 4 Speakers yang berada di bagian depan dan belakang. Waw! Kemudian, ini yang membuat saya semakin ingin memiliki mobil yang satu ini. Ada kulkas mininya, Ventilated cup holder, yang menjaga minuman tetap dingin, yang berada tepat di depan Power Outlate USB and Aux Socket, jadi ngecash di dalam mobil juga bisa bahkan gak perlu berebutan karena di row kedua juga tersedia Power Outlate.


Ventilated Cup Holder
All New Ertiga mengerti penggunanya banget! hal ini saya lihat ketika kemudi mobil bisa disesuaikan, beserta ketinggian kursinya juga, jadi kalau kalian ‘agak’ pendek gak perlu nambel bantal lagi di kursi, ehh. Masih soal kemudi, rasa mewah saat mengendarai mobil ini juga berada pada kemudi/stirnya yang dilapisi kulit dengan design baru, masih tetap ada ornamen kayunya, plus switch audio control dan bluetooth conection, yang dipadukan dengan New Meter Cluster Design yang atraktif sekali, seneng deh ngeliatnya.


Luxorious Instrument Panel & Dashboard with Wooden Pttern


Seberapa Aman Sih All New Ertiga Sebagai Mobil Keluarga?

“Interior dan eksterior yang modern dengan tambahan fitur-fitur yang modern pula” lanjut pak Yulius. “Percaya pak, saya percaya banget”, rasanya pengen nyautin karena sudah test drive mobil tersebut. Mesin yang digunakan juga lebih besar dari seri sebelumnya, sebagai wajah baru urban MPV, tentu Suzuki gak mau tanggung-tanggung dalam memberikan kapasitas tenaga, New Engine K15B, DOHC, 1,462CC pun disematkannya. Efeknya? Mobil ini lebih bertenaga namun irit bahan bakar. Gak percaya? Buktikan dong! Kalian bisa kok nyobain test drive, dateng aja ke Sumarecon Mall Serpong sekarang juga.

“Untuk menjaga kenyamanan, All New Ertiga ini menggunakan sistem penggeraknya roda depan”, kata Pak Yulius. Dan gak perlu tuh yang namanya kunci saat menghidupkan, cukup tekan tombol Start-Stop ajah, simple. Apa hubungannya sama keamanan? Gak ada, hanya memudahkan saja, hehe. Tapi, kalau kalian kepo maksimal akan keamanan mobil ini, baiklah akan saya salurkan ilmu yang diberikan Pak Yulius kemarin. Siap?


   All New Ertiga beneran ngasih kita proteksi lebih dalam berkendaraan. Ada yang namanya fitur Electronic Stability Program (ESP), yang sebenarnya saya gak tahu, karena Suzuki Blogger Gathering ini jadi tahu. Bisa dibilang dipaksa mengerti, hehe. Salah satu bagian fitur tersebut adalah Anti-lock Bracking System (ABS) yang berfungsi mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak di jalanan yang licin, dan ABS membuat pengemudi masih bisa bermanufer.

Kemudian, ada juga yang namanya Electronic Brake force Distribution (ESD) yang sangat berguna dalam membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda seseuai beban dan kondisi roda. Sehingga gak ada tuh yang namanya over stir ataupun under stir, apa bedanya? Nah! Ilmu baru nih, jadi over stir adalah keadaan ketika mobil muter balik, ketika roda belok sedikit tapi mobil sudah melimpir lawan arah dan tak terkendali. Sedangkan under stir, saat stir kita belokin tapi mobil tak berbelok sesuai arahan stir, gitu....

All New Ertiga juga punya sistem yang berfungsi mengurangi kecepatan putaran roda pada keadaan tak terduga, namanya Torque Control System (TCS), sehingga roda lebih stabil saat berakselerasi. Serta jangan lupakan juga Hill Hold Control yang membantu banget kalau lagi di tanjakan, keadaan miring jadi bisa dikuasai.

Fitur keselamatan All New Ertiga ini semakin menjanjikan saat meraba bagian dalamnya. Ada Dual SRS Airbag di bagian depan, yang tentunya melindungi serta memperkecil resiko benturan di bagian depan. Tapi semoga gak pernah digunakan sih, haha. Selain itu, ada juga Front Seat Belt 3 point ELR with Prestensioners & Force Limiters yang berfungsi menahan laju tubuh dan menyesuaikan kekuatan seat belt yang mengencangkan secara otomatis. Dan jangan lupakan juga kalau produk terbaru Suzuki ini juga punya fitur Smart Entry, Security Alarm, dan Immobilizer yang mampu mencegah puncurian, dimana mobil tak akan bisa menyalah jika dimasukan kunci palsu karena ada chip di dalam kuncinya aslinya.


Mudik bersama keluarga semakin nyaman, termasuk jika ada anak kecil di dalam rombongan. Kalau nangis, itukan hal wajar ya, paling solusinya kasih aja musik melow dengan speaker All New Ertiga yang banyak itu, tapi kalau dari segi keamanan anak-anak, mobil ini juga punya fitur Pengait ISOFIX baru dengan bentuk, ukuran, dan mekanisme yang sudah disesuaikan dengan standar ISO Child Safety Seats. Duhh, buat keluarga baru pas banget nih....

Eh, kalian tahu gak sih, sebenarnya ada 3 rahasia yang membuat mobil ini ‘bisa’ aman banget jika ada kejadian yang tak terduga. Platform HEARTECT salah satunya, dimana faktor keselamatan menjadi meningkat karena body mobil lebih ringan yang tentunya berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar, dan membuat pengeluaran bensin irit dong, hehe. Terus, Fitur Suzuki Total Effective Control Technology (TECH) yang melindungi kaki penumpang lebih aman, cara kerja pastinya saya kurang ngerti, tapi fitur ini dinilai meredam benturan dengan sangat baik, terlebih jika materialnya berbobot ringan. Sisi sampingnya juga dilindungi dengan Side Impact Beam, seningga perlindungan menyeluruh tak terlewatkan di dalam All New Ertiga.

Kenapa Harus Pilih Suzuki All New Ertiga?


Hadirnya 2 warna baru adalah alasan pertama yang membuat All New Ertiga wajib masuk daftar pilihan mobil buat mudik. Pamer itu dosa, tapi menjadi yang beda daripada yang lain sih boleh-boleh saja, hehe. Metalic Magma Gray dan Pearl Glorious Brown hadir menjadi keluarga baru melengkapi Meatalic Silky Silver, Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Pearl Radiant Red.

Harga yang murah di kelasnya! All New Ertiga dijual mulai dari harga 193 juta hingga 238 juta sesuai seri yang kalian butuhkan dan inginkan. Beberapa orang bertanya, “Kenapa harga ini lebih murah dibanding kompetitor lainnya?”, kalian tahu apa jawaban pihak Suzuki?, “Suzuki ingin membuat sebuah image di masyarakat kalau kami perusahaan yang tak membohongi konsumen, sesuai value, dan harga yang bisa diterima oleh masyarakat” kata Pak Harold Donnel. Melalui produk terbarunya ini, Suzuki yakin bisa menjadi alternatif pilihan keluarga Indonesia, khususnya untuk mudik mendatang. Untuk itu, gak salah dong kalau saya bilang "Suzuki All New Ertiga Alternatif Pilihan MPV bagi keluarga Indonesia."

Harols Donnel - Head of Brand Development Marketing Research
Lebih Panjang. Lebih Lebar. Lebih Nyaman! Ditambah strategi pintar yang dihadirkan Suzuki membuat saya ingin bertepuk tangan. Menjadi keuntungan tersendiri ketika All New Ertiga hadir di saat yang tepat, pas musim ‘merencanakan’ mudik dan banyak orang mencari mobil impian keluarga yang tetap stylish dan dinamis dengan harga yang cukup terjangkau. Yaa, setidaknya THR nanti cukup untuk DP, hehe. Apalagi, untuk momentum lebaran ini, stok kendaraan ini aman, info dari Pak Harold. Jadi bisa langsung bawa pulang.

Para pembeli All New Ertiga juga mendapatklan cost delivery impression, “serta banyak pelayanan unggulan yang akan diberikan rekanan kami” lanjut Pak Harold. Pelayanan yang paling maksimal untuk mobil terbaru dari suzuki. Dan yang juga menggiurkan, yaitu fasilitas tukar tambah, jadi ada divisi tersendiri yang akan membantu proses tukar tambah mobil merek apapun menjadi suzuki dengan harga yang kompetitif. Bagaimana? Masih bingung pilih mobil keluarga? Atau udah siap mudik? Ingat! Jangan lupa MPV masa kini ya....

You Might Also Like

2 comments

  1. Orang sama mobil nya sama sama keren. Beli nggak yaah...

    ReplyDelete
  2. Udah paling lengkap banget ya All New Ertiga ini, ditambah fitur keselamatannya makin mantap deh pilih mobil ini sebagai mobil keluarga saat mudik

    ReplyDelete