‘One Stop Shopping’ Produk Unggulan Indonesia Hanya di Smesco

12:27:00 PM

Penempatan yang pintar! Saya suka sekali bagaimana Smesco Indonesia mempermudah para penikmat kerajinan lokal untuk tak pusing lagi mencari produk unggulan tanah air, semua ada di satu tempat, cukup bergeser beberapa langkah kita sudah menemukan kekayaan lainnya dari provinsi yang berbeda.

produk unggulan provinsi yang ada di smesco jakarta

   Seingat saya, ini pertama kalinya saya benar-benar masuk dan menikmati Gedung Smesco Indonesia yang berada di Jalan Jendral Gatot Subroto. Aksesnya mudah banget, kalau dari Cawang tinggal lurus ke arah slipi, gak jauh kok dari patung Pancoran. Dan beruntungnya saya, konsep baru untuk gedung ini hadir, lebih kekinian dengan menghadirkan working space dan menempatkan produk-produk yang diunggulkan dalam satu tempat, sehingga kita gak terlalu capek atau malas mencari barang-barang unik meskipun berbeda provinsi.

Produk unggulan yang dimaksud adalah kerajinan tangan dari Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di seluruh Indonesia. Di tengah kompetisi menghadapi pasar global, Smesco hadir memberikan tempat kepada UKM untuk menjadi pusat ekonomi yang nyata, karena kalian tau gak sih kalau UKM berperan penting dalam menghadirkan lapangan kerja baru di berbagai daerah. Meskipun demikian, menurut Ibu Mufida Jusuf Kalla, selaku Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekarnas), UKM masih membutuhkan bantuan terutama dari segi pemasaran, management, serta permodalan.

Re-Launching Produk Unggulan Provinsi

Dari sumatera sampai papua
Terhampar pulau sungguh indahnya
Selamat datang tamu undangan se indonesia
Pada Relauncing Produk Unggulan Nusantara

produk unggulan nusantara smesco riyardiarisman
Ibu Mufida Jusuf Kalla (pakaian biru) - Pak Puspayoga (pakaian merah)
Gaduh gandang tambua khas Sumatera Barat mulai terdengar. Ibu Mufida ternyata cukup mahir, bahkan beliau sempat berpantun untuk membuka acara Re-Launching Produk Ungggulan Provinsi dan Minang Festival, Sabtu lalu. Kegiatan ini merupakan wujud sinergi program Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dengan Dewan Kerajinan Nasional dalam mewujudkan program Nawa Cita. Saya merasa tepat sekali acara seperti ini diadakan, Gedung Smesco Indonesia ini memiliki visi yang posistif, dan bisa dijadikan sebagai tempat referensi bagi turis dalam/luar negeri untuk mendapatkan informasi akan provinsi-provinsi di tanah air melalui kerajinan tangannya.

Dijamin tak akan bosan! Bahkan mungkin kita akan sedikit pusing. Smesco mengubah wajahnya, dan berhasil membuat saya berkeliling, memanjakan mata dengan kekayaan lokal yang jarang saya lihat. Bahkan, penampakan produk-produk tersebut juga dilakukan pergantian berkala loh, tentunya membuat kita gak bakal bosen kalau ke sini berkali-kali, hehe.

produk unggulan provinsi smesco

“Gedung SMESCO ini kita kelola dengan konsep baru, yaitu menjadi miniaturnya Indonesia dalam bidang kerajinan, baik itu fashion, furnitur, alas kaki, maupun kuliner, bidang-bidang yang berpotensi untuk di expor” kata Menteri Koperasi dan UKM, Pak Puspayoga. Bisa dibilang ini bagian dari anugerah sebagai negara kepulauan, keberagaman budaya. Tugas selanjutnya adalah mengintegrasikan promosi dan pemasarannya saja, hal yang ‘kurang’ dilakukan oleh UKM saat ini.

Dalam hal pemasaran, Smesco Indonesia telah melakukan rervitalisasi sebagai langkah strategis pemasaran dalam meningkatkan daya saing dari 34 provinsi di Indonesia. Konsep dasarnya menjadikan Galeri Smesco Indonesia menjadi one stop shooping bagi konsumen lokal maupun internasional yang ingin mencari produk unggulan UKM Nusantara. Kemudian, Smesco juga membuat pola yang unik dengan mengkategorikan produk-produk unggulan nusantara menjadi 4 kategori, yang terdiri dari Produk paling laris, Produk paling baru, Produk ikon, dan Produk ekspor. Sehingga target pasarnya semakin jelas.

produk unggulan provinsi aceh smesco

produk unggulan provinsi jawa timur

produk unggulan provinsi sumatera utara

Selanjutnya dalam hal promosi, “Ini menjadi nilai yang beda” menurut Pak Puspayoga, “Banyak unsur edukasi yang akan kita dapatkan di gedung smesco” tegasnya. Kita akan melihat banyak karya luar biasa dari anak bangsa dari seluruh Indonesia, bahkan beberapa Paviliun Provinsi juga menghadirkan suasana khas daerahnya, pakaian adatnya, hingga kulinernya. Seperti yang dibilang, menjadikan Smesco ini layaknya miniatur Indonesia, tapi dari segi kerajinannya. Penasaran? Buruan deh datengin!


produk unggulan provinsi smesco

produk unggulan provinsi smesco


Smesco juga memiliki banyak ruang yang GRATIS loh... salah satunya di lantai 3, kita bisa membuat acara besar (sesuai kesepakatan) tanpa dipungut biaya sedikitpun, lantai 2 pun demikian, juga ada tempat yang bisa digunakan untuk event-event kecil, gratis juga, bahkan ada e-working space, pas banget nih buat mahasiswa dan millenial.

Re-Launching Produk Unggulan Provinsi ini tentunya juga memiliki edukasi, pokoknya kalau kalian ke sini, pasti banyak deh hal-hal baru yang kalian dapatkan. Ada juga nilai wisatanya, seperti wisata kuliner dan wisata belanja, hehe. Dan yang terpenting, seperti kata Pak Menteri, “Nilai yang bisa kita petik dari berkumpulnya produk-produk unggulan Indonesia di satu tempat ini adalah bagaiaman kita memupuk rasa nasionalis kita, yaitu menjaaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.”



produk unggulan provinsi bengkulu

You Might Also Like

0 comments