Tips Memenangkan Lomba Blog!

1:26:00 PM

Tips memenangkan lomba blog yang pertama tentunya mengetahui lombanya! Yaiyalah ya..... kzl. Tapi setelah kita tahu ada lomba blog, apakah kita akan mengikutinya? Saya pribadi memikirkan hal ini lebih dari dua kali, meskipun kebanyakan ujung-ujungnya gak jadi ikutan karena hadiahnya yang ‘terlalu’ menggiurkan, pasti yang ikut banyak dan master-master semua. Ibaratnya, saya nyerah sebelum berperang! eh, itu dulu sih, pas ketemu sama master-masternya ternyata pandangan dan pemikiran saya berubah.... Ini yang harus saya lakuakn!


   Kalau saya ingat, lomba blog yang pertama kali saya ikuti adalah tentang keselamatan kerja, sebenarnya gak sengaja sih, karena saya gak tahu kalau artikel tersebut dilombakan, bahkan di kategori lomba blog paling berkesan juga saya tak berniat ikutan, lomba blog tentang saham beberapa waktu lalu. Saya ingat bagaimana saya mengeluh menulisnya karena mepet deadline. Seiring berjalannya waktu, saya sadar kalau lomba blog tak hanya sekedar hadiah, seperti menaiki anak tangga dengan prosesnya yang begitu berharga, sebagai ajang latihan mungkin.

Lomba blog saat ini juga tak sekedar ‘lomba biasa’, harus memutar otak dengan kematangan konsep yang mumpuni, dan jangan lupakan juga kelengkapan gambar, info grafis serta pendukung lainnya, dan harus di publikasikan jangan lupa, kalau gak dipublikasikan bagaiaman juri menilainya coba, hehehe. Saya jadi ingat ucapan Mas Gustav Aulia saat mengisi one day workshop bersama AMITRA beberapa waktu lalu, “Sebuah karya, belum bisa disebut karya jika tak dipublikasikan”. Berbicara lomba bloh, tentu yang disebut karya adalah tulisan kita, meskipun saat ini menulis ‘sudah mulai’ membosankan karena adanya video, masanya sama seperti transisi radio ke TV, tapi inovasi tetap membuat radio hidup. Sebagai penulis kita wajib melakukan hal itu!

Bersamaan dengan tulisan Tips Memenangkan Lomba Blog ini, saya juga ingin memberikan info lomba blog yang bisa kalian ikuti, yaitu AMITRA WRITING COMPETITION dengan total hadiah 10 juta rupiah! Lomba blog dengan tema ‘Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia Saat ini’ bisa kita jadikan ajang praktek ketika kalian selesai membaca tulisan ini, karena menurut saya kalau belajar teori aja kurang efektif. So, berikut tips memenangkan lomba blog ala Riyardi Arisman....


1. Pelajari dan pahami persyaratan lomba blog yang akan kita ikuti. Misalnya, jika kalian ingin (wajib sih sebenrnya) mengikuti Amitra Writing Competition ini kalian harus tahu dulu syarat-syaratnya, diantaranya :
  • Tema mengenai Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia Saat ini, tentang prinsip ekonomi sesuai syariat Islam, detail yang bisa kalian cari di google tentunya.
  • Minimal 3 tulisan dengan masing-masing terdiri dari 500 kata, saya rasa ini menarik, bagaimana kita belajar untuk membuat tulisan singkat dengan tema tertentu tapi ‘kena’ di pikiran pembaca.
  • Dipublikasikan di blog atau sosmed (Facebook) dan platforn digital lainnya. Nah, ini yang saya bilang kekinian, gak kaku hanya di blog saja, tapi kalian bisa menulisnya di note facebook, dari pada nulis curhatan atau keluhan terus? iyakan? Dan jangan lupa untuk ‘post’ ya, jangan di save ajah.
  • Tulisan bersifat positif, tidak mengandung unsur SARA dan politik.
  • Minimal satu paragraf menuliskan tentang AMITRA sebagai syariah Financing dan salah satu layanan pembiayaan FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan ASTRA.
  • Mencantumkan hastag #AMITRA dan #AMITRAWritingCompetition di akhir tulisan.
  • Penulisan brand AMITRA, harus benar dan tidak diperkenankan menuliskan brand lain atau competitor.
  • Jumlah share, likes, dan komen menjadi point tambahan penilaian. Ada juri publiknya juga loh...
  • Wajib folow akun sosmed, FB, IG, Twitter @FIFCLUB
  • Kirim rekap link karya yang telah kalian buat dan publish, beserta data diri (nama, nomor hp, alamat lengkap) ke hallo.amitra@gmail.com maksimal 31 Maret 2018.
  • Periode lomba blog ini dari 1 – 31 Maret 2018
  • Penjurian dilakukan pada tanggal 1 – 3 April 2018, dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 5 April 2018.

2. Pikirkan ide terlebih dahulu, buat konsep yang menarik, kekinian dan matang! Contohnya seperti ini, jika ingin mengikuti Amitra Writing Competition ini, kita bisa mencoba melihatnya dari sudut pandang kids zaman now yang ‘mungkin’ menganggap tidak adanya biaya admin pada bank-bank berbasis syariah itu sebagai bagian dari penghematan, misalnya. Kemudian kita pikirkan juga foto-foto yang menarik, dan kalau bisa yang ‘nyata’ dan relevan sesuai tulisan yang kita buat.

3. Rileks dan berikan personal touch. Lomba blog tentunya tak terlepas dari bagaimana kita memberikan sentuhan pribadi pada tulisan, kita diwajibkan rileks dan masuk, menyatu dalam tulisan, sehingga empati pembaca muncul dan betah membaca tulisan kita hingga akhir. Biasanya, paragraf paling awal adalah yang menentukan. Nulisnya juga jangan terlalu resmi, buat yang kreatif dan menyenangkan.

4. Tepat sasaran. Setelah memberikan sentuhan pribadi dalam porsi yang cukup (jangan terlalu berlebihan), kita bisa membuat tulisan dengan tujuan tertentu, apalagi kalau untuk Amitra Writing Competition ini semakin singkat semakin baik, tapi tepat sasaran. Mas Gustav juga memberikan 6 hal yang harus ada dalam sebuah tulisan ‘keren’, diantaranya Magnitude (pengaruh besar apa yang ditimbulkan terhadap masyarakat), Significance (Seberapa penting sih tulisan tersebut dibuat), Proximity (Seberapa erat kedekatan pembaca), Timeliness (hangat diperbincangkan publik), Prominence (keterkenalan suatu tokoh), dam Human Interest (menyentuh pembaca). Ini bisa kita jadikan poit of view untuk tiap paragraf loh...

5. Percaya diri dan berdoa! Jangan lupa untuk share melalui semua akun social media yang kita miliki, apalagi Amitra Writing Competition ini memberikan nilai lebih kepada like, komen and share terbanyak, hehe. Terus, berdoa juga jangan lupa, meskipun saya pribadi terkadang melupakan lomba tersebut. Pokoknya setelah publish, share, berdoa yang terbaik, udah. Saya berusaha mengambil pelajaran dari proses yang saya lalui untuk lomba itu.

Gimana menurut kalian? Udah siap ikutan lomba blog dari AMITRA ini? Atau kalian punya tips lainnya? Share di komen ya, biar kita sama-sama belajar, hehe....

You Might Also Like

2 comments

  1. Iya, aku hopeless kalo saingan lombanya yang punya blog ini. Aku maaih inget pertama kali menang lomba juga gak tau kalo artikelnya dilombain. Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya nih, kdg sesuatu yang gak diharapkan ya...

      Delete