'Unity Is Power'

8:22:00 PM

“Orang pintar membangun jembatan, sedangkan orang bodoh membangun perbatasan”, seperti itulah kiranya inti dari pidato King of Wakanda dalam film Black Panther, saya baru nonton kemarin sih, dan bisa dibilang ini salah satu film yang amat menyenangkan dan wajib kalian saksikan! Tentunya setelah Dilan dan Eiffel...I’m in Love 2, ya. Terlepas dari sebuah cerita khayalan tingkat tinggi film Marvel tersebut, saya melihat pesan yang beneran nyata, di mana sudah seharusnya kita membangun jembatan, bukan lagi tembok pembatas untuk menutup diri, termasuk dalam dunia bisnis. ‘Kolaborasi’ mungkin lebih tepatnya. 


   This is my fight song...Take back my life song..Prove i’m alright song... Seolah Rachel Platten hadir mengiringi langkah Mr. Kirill Mankovski menuju podium. Wajar jika semua mata tertuju padanya siang itu. Sebagai tamu, dirinya terbilang berhasil mengambil spotlight, saya pribadi suka sekali motif batik yang ia gunakan, bersanding dengan warna kebanggaan perusahaannya, ia begitu siap menyambut jembatan antara K-Link dan XL, yang ternyata kerjasama ini adalah baru pertamakali dilakukan dalam bisnis MLM (Multi Level Marketing) di Indonesia.

Selain outfit yang ia gunakan, saya bangga ketika ia sangat berusaha menggunakan bahasa Indonesia untuk menjelaskan maksud kedatangan ke markas besar K-Link beberapa waktu lalu. “Kami yakin, tidak hanya meningkatkan produktivitas, tapi kita bisa develop produk baru di era digital journey saat ini”, tegas Chief Executive Enterprise & SME Officer PT XL Axiata Tbk, dengan aksen Rusia (sepertinya) yang masih sangat kental. “XL menyambut baik kerjasama ini”, lanjutnya. Dan di balik itu semua, XL melihat K-Link adalah MLM yang paling terkenal di Indonesia, paling besar, serta produk-produknya yang sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. Alasan tersebutlah yang menjadikan kerjasama ini hadir dan siap dinikmati 2,4 juta anggota K-Link.


Mr. Kirill Mankovsku ( Chief Enterprise XL Axiata)
Aspek terpenting dalam berbisnis adalah komunikasi, setidaknya itu yang saat ini menjalin dan menciptakan sebuah pelung dalam dunia bisnis, yang kemudian XL melihat bagaimana aspek ini bak mata uang dengan sisi lainnya yang justru menenggelamkan sebuah bisnis, bayangkan saja bagaimana seseorang memperhitungkan biaya pulsa telepon yang tak sedikit, apalagi dalam bisnis MLM‘mungkin’ memiliki persentase kesuksesan yang berimbang dengan kegagalan. Setidaknya itu yang tahu saat ini.   

Konsep MLM K-Link adalah konsep yang dekat dengan masyarakat dan puncaknya adalah sebuah ‘kepercayaan’, sehingga dengan kerjasama ini, XL melihat dunia baru yang lebih modern dan lebih memiliki purpose dalam meningkatkan produktivitas para member K-Link. Waktu dan uang yang terbuang karena jarak menjadi lebih minim, saya rasa tak akan hilang karena hal tersebut adalah sebuah proses konsumsi, di mana pasti ada yang hilang, namun dengan adanya kerjasama XL dan K-Link proses konsumsi yang sejatinya menghilangkan akan disertai dengan ‘melahirkan’ sebuah keuntungan.

Penandatanganan kerjasama K-Link dan XL
Untuk menikmati keuntungan yang akan saya sebutkan, kalian harus menjadi pengguna baru terlebih dahulu, artinya, kartu XL tersebut harus baru (harganya 100k untuk paket yang amat disarankan), dan kartu perdana tersebut merupakan kartu khusus yang diperuntukan untuk kalian yang ingin menjadi member dari perusahaan yang sudah berdiri sejak Mei 2002 ini, K-Link tentunya. Lantas apa saja keuntungan yang bisa didapat?

Akses unlimeted pada aplikasi khusus K-Link. Sebagai perusahaan bersertifikat syariah yang memiliki komitmen tinggi dalam mewujudkan impian para membernya melalui marketing plan, K-Link juga sadar kalau perkembangan zaman itu nyata, dan segala kemudahan adalah yang ingin didapatkan oleh membernya, untuknya K-Link menghadirkan aplikasi khusus yang membantu mempermudah dalam pendaftaran, penjualan, hingga berbagai informasi produk serta pengisian pulsa. Dan dengan kartu perdana terbaru dari XL, para member bisa mendapatkan akses gratis dan tak terbatas. Waw!

Paket data 12 GB di luar paket retail. Ketika diberikan kases gratis, tentunya kita merasa bingung untuk menghabiskan paket yang diberikan kartu perdana ini, 12 GB, terbilang cukup besar dan tentunya kalian para member tak perlu bingung karena dalam dunai digital apapun bisa dilakukan, dan intinya gak akan takut kuota habis lagi deh pokoknya.

Free telpon dan SMS ke sesama member. Ini yang tadi sempat saya singgung, bukan ‘ngirit’ tapi sekarang banyak orang sudah mengerti bagaimana cara berhemat, nelpon via WA bisa saja tapi siap-siaplah seperti orang budek yang jaringannya kadang putus-putus, kalau nelpon melalui jaringan yang wajar tentu terjamin kejernihan dan koneksinya, apalagi XL berusaha menjaminnya dengan 100.000 pemancarnya yang akan bekerja dengan sangat optimal. Amin.

Gratis 40 menit nelpon ke semua operator. Gak sehati dalam pemilihan provider? Gak perlu takut, tetap masih bisa nelpon kok kalau pakai kartu perdana terbaru ini, ada 40 menit gratis ke semua operator, bermanfaat banget deh!

Cashback 6%. Ini juga yang menjadi daya tarik seseorang memberli sesuatu, keuntungan ganda, dapet bonus berlimpah, dan XL tahu habit tersebut, sehingga kartu perdana ini juga ngasih para member cashback 6% jika memberli dengan nominal tertentu yang akan diakumulasi tiap bulannya, mau?

Call center khusus. Saya rasa keuntungan yang satu ini juga menggiurkan, call center khusus 817 yang melayani kartu XL terbaru ini bisa dibilang solusi banget, jadi kalau bingung atau mau tau info detail tentang promo ini bisa langsung telpon, kayaknya gak bakal antri deh!

SEBUAH STRATEGI TRANSFORMASI DIGITAL

Saya ingat bagaimana pertama kali saya tak terlalu yakin untuk mengenal lebih dekat dengan perusahaan MLM, K-Link contohnya, tapi saat berada di tengah keramaian siang itu saya melihat bagaiaman sebuah persatuan hadir, saya tak tahu semua yang hadir di ballroom K-Link tower itu pastinya dari mana saja, tapi bentuk muka mereka tentu membuat saya berspekulasi dini, dan mereka gak berasal dari daerah yang sama. Dan tebukti ketika Sang President K-Link Indonesia, Pak MD Radzi Bin Saleh berucap “MC kita jauh didatangkan dari Yogyakarta”.

Dato Dr. H. MD Radzi Saleh (Presiden Direktur K-Link Indonesia)
“Saya datang ke sini muda, dan sampai sekarang ini saya masih merasa muda”, ucapan itu disambut gemuruh tepuk tangan yang hadir, Dato Radzi membuka mukadimahnya. Sebelum Mr. Kirill, Datuk lebih dahulu membakar semangat para member K-Link yang hadir, bukan tentang produk tapi sebuah transformasi dan perdebatan mindset jika pikiran kita gak kuat menghadapinya, saya? Jelas yang saya pikirkan hanya nasi lemak dan milo dingin kala itu, hehehe. Becanda! Melalui beliau saya seakan melihat dan merasakan cara memperbaiki diri, terutama di dunia digital.

“Kalau kita ingin kekal, kita harus mengikut arus zaman”, tegasnya, tentunya bukan ‘kekal’ seperti yang kita artikan ya, bahasa melayu, maksudnya bertahan, mungkin. Arus zaman yang dimaksudpun tentunya adalah perkembangan zaman yang sudah mengarah pada era digital, di mana perusahaan yang masih menggunakan ‘cara main gaya lama’ dan konservatif akan terlindas dengan para kompetitor yang sudah malakukan transformasi digital. Meskipun demikian, K-Link melalui ucapan Sang Presidennya yakin bahwa “Kompetitor itu sebenarnya salah satu pengkritik yang akan membuat kita lebih besar lagi”. Layaknya Syahrini yang menganggap haters is true lovers.

Dengan visi menjadi perusahaan MLM Syariah terkemuka di Indonesia, K-Link mencoba bertransformasi dengan menitik beratkan pada digital marketing, sisi komunikasi adalah aspek awal yang mereka pilih untuk mengembangkan sayap, tentunya K-Link sadar hal tersebut bisa jadi ‘terkendala’ karena beberapa alasan, bisnis sekarang berbeda dengan bisnis zaman dulu, terlebih habit seseorang yang lebih suka dengan hal simple nan canggih yang ditawarkan dunia digital. Untuk itu, K-Link memilih perusahaan yang sudah memiliki sistem telekomunikasi yang canggih dan siap untuk diajak bertransformasi, yaitu XL. 


Team XL - Team K-Link
“kita melakukan sesuatu yang perusahaan lain tidak dilakukan, perkawinan yang kita lakukan saat ini, saya rasa belum ada yang melakukannya”, kata Dato Radzi. Saya rasa ini sebuah gebrakan baru, inovasi terbaru dari K-Link, di mana jarak bukan lagi masalah dan produktivitas dipastikan akan meningkat seiring dengan penggunaan teknologi dalam hal pemasaran dan bisnis online. Menjadi yang pertama, sudah jelas dilakukan perusahaan yang memiliki misi memasarkan produknya ke masyarakat luas ini, dengan bekerjasama dengan XL, tapi menjadi yang terbaik mungkin akan menjadi PR tersendiri, terlebih jika kalian gak tahu produk K-Link itu apa aja? So, mari ikut saya ke Semarang dan lihat apa yang saya bawa!


BENERAN LIBURAN DI SEMARANG!

Sebenarnya, saya akan bercerita lebih panjang lagi untuk liburan Semarang beberapa hari lalu (soon!), bahkan tempat-tempat yang saya singgahi adalah tempat yang gak biasa, tempat makan only, saya dan beberapa teman gak mengunjungi ‘7 tempat yang wajib dikunjungi’, tapi saya makan terussss! Dan secara kebetulan saya mendapati saya tidur di hotel yang bau horornya masih fresh. Tapi saya gak mau bercerita dulu, hanya sekedar sharing satu produk dari K-Link yang menemani saya ke Semarang kala itu, yaitu K-Care Chlorophyll Sun Screen Lotion.


Untuk urusan kulit sebenarnya saya gak peduli, dulu, tapi tibalah saat saya suka traveling belakangan ini, dan foto di kerumunan orang, fix mudah banget nyari saya, yang buleng, dan saya sadar gak bisa memutihkan secepat iklan-iklan online shop di instagram, butuh proses. Saat memutuskan untuk pergi ke Semarang saya yakin liburan kali ini beneran ‘perawatan’, ada Vira, Bela, dan Oky yang udah teruji dalam hal merawat tubuh, dan benar, liburan itu menjadi bebenah diri dan jiwa untuk saya pribadi.

Sesampainya di Hotel, kami langsung berenang, gak tahan rasanya melihat air, dan dari situlah saya pertama kali mencoba Sun Screen dari K-Link, and i love it, saya suka wanginya yang khas, entah itu kategori harum atau tidak, tapi saya suka sekali. Saat dioleskan, sun screen tersebut langsung meresap dan gak membuat kulit lengket atau seperti terlapisi lilin, dan saya masih nyaman menggunakannya hingga nyebur ke air, padahal sebelum nyebur saya foto-foto dulu, hehe. Saat di dalam kolam dan sudah bolak-balik terkena air saya masih merasa harum sun screen tersebut, dan hilang setelah saya bilas. Yaiyalah...



Saya merasa kulit saya lebih bercahaya, mungkin cahaya lampu hotel memang terang saat itu, yang saya bisa yakinkan adalah kulit saya sepertinya akan lebih sehat karena kandungan dalam sun screen tersebut cukup bermanfaat untuk kulit, seperti Chlorophyll Alfalfa yang bisa dibilang sebagai antioksidan sehingga meresap ke kulit dengan mudah, seperti yang tadi saya alami. Kemudian Ekstrak Licorice yang berfungsi menghambat melanogenesis atau pembentukan pigmen kulit, mencegah terjadinya inflamasi, dan yang gokilnya lagi bisa menghambat sinar UV-B yang memicu pigmentasi yang berujung kemerahan pada kulit, ieuhhh...

Kecintaan saya dengan produk K-Link yang satu ini tak hanya saat renang saja, sesuai namanya, sun screen, juga menemani saya keliling Semarang, dan sampai di Jakarta juga masih saya gunakan, matahari sekarang agak menakutkan soalnya, hehe. Saya merasa kulit ini lebih sehat, apalagi sekarang lagi sering tuh masalah kanker kulit, terus polusi udara juga membuat kulit inilah-itulah, menakutkan dong pastinya. Jadi, gak ada salahnya dong buat melakukan perawatan sekarang ini, cowok ataupun cewek saya rasa sudah ‘wajar’ deh sama dalam hal perawatan. Bener gak sih?



Dan, kalian tau gak sih kalau ternyata produk perawatannya gak hanya sun screen ajah, ada shampoo hingga body shop dan masih banyak lagi yang bis akalian cek di www.k-link.co.id, sekarang juga. Apalagi sekarang K-Link sudah join bersama XL untuk semakin lebih modern dan kekinian, tentunya gak melupakan anak muda dong, karena faktanya K-Link juga mengajarkan anak muda untuk menjadi seorang enterpreneurship dalam berbisnis MLM, caranya? kepo ya? Kalian bisa langsung daftar di www.k-net.co.id

You Might Also Like

47 comments

  1. Banyak untungnya nih kartu XL khusus untuk para member K-Link jadi sangat mendukung bangat untuk berkomunikasi dan berbisnis ya.

    ReplyDelete
  2. wah aku pernah ketemu dato Razi juga, bersemangat orangnya, salut.. keren ya kerjasama XL dan Klink ini, smoga makin sukses dan memberi manfaat buat para konsumennya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaz semoga berkah nih kerjasamanya .Amin.

      Delete
  3. Coba yah itu sunscreen dari k-link dikirim ke pira :") wanginya terlalu menggoda nih

    ReplyDelete
  4. Setuju banget, kolaborasi membuat bisnis lebih mudah dan cepat berkembang. Congrats buat XL dan K-Link yaaa

    ReplyDelete
  5. Baru tau manfaatnya. Hehehe. Ternyata sekarang xl sm klink ada manfaatnya jadi satu. Betewe ditunggu postingannya semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp, nanti aku cerita banyak ttg Semarang, wkwkwk

      Delete
  6. Beberapa produk K-Link cocok di aku. Btw keren ya K-Link terus bekerja sama semoga makin sukses dan menghasilakn inovasi2 terbaru yoo.

    ReplyDelete
  7. Aku pernah denger soal K-Link ini, dia ini MLM ya. Kalau mau dpt cashback itu belanja apa aja? Sayang ya, harus pelanggan baru ya. Aku udah punya kartu XL soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung cek webnya dong kak, klik dlink artikel ajah, heheh

      Delete
  8. Keren banget yah K-link kerjasama dengan Xl karena dua2nya perusahaan besar. Aku juga pengguna sunscreen klink ini loh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar makin besarrr...

      Terus, cocok gak sun screennya?

      Delete
  9. Wah seru banget K-Link kerjasama dengan XL, sebagai pengguna XL jadi pengen coba proknya K-Link

    ReplyDelete
  10. Wah makin kompak dua perusahaan besar, berkolaborasi untuk kemajuan mitra nya

    ReplyDelete
  11. Semakin berkolaborasi dan bersinergi semakin banyak oportunity. Aduh aku bingung mau komen apa lagi. Udah segitu aja ya, Ris. Hehe 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak usah panjang2 Mas Dede, ku sudah terharu dikunjungi idola..huhu

      Delete
  12. Wah ini member Klink mendapatkan banyak manfaat nih! Smoga makin baik layanannya!

    ReplyDelete
  13. Oh, jadi kek bundling ya. Hahahah. Resgistrasi nomor langsung otomatis registrasi K-Link.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget, biar gak ribet gitu...

      Delete
  14. kolaborasi yg mantap...
    kedua perusahaan saling memberikan kemudahan bagi Custamerny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar makin berjaya. Dan tahan lama kalau kata Datuk

      Delete
  15. BTW k-link ini yang kantornya di gatsu bukan sih?

    ReplyDelete
  16. Wah, K-Link ternyata produksi sun screen juga ya. Keren!

    ReplyDelete
  17. wah dua perusahaan gede berkolaborasi.. ciyeeee aris sekarang kinclong kulitnyah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong mna, menuju aris keceh 2018, wkwkw

      Delete
  18. Waaaahh K-Link dan XL berkolaborasi. Beenr2 pertama kayaknya dk Indoneska, perusahaan MLM kolab sama perusahaan telekomunikasi. Semoga makin sukses dan jaya pelayanan di kedua belah pihak

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... iya, ini dinilai sebagai kerjasama MLM dan Provider pertama sih di Indonesia

      Delete
  19. Produk kloropil sudah cukup banyak yang memakai ya mas, memang maknyus!

    ReplyDelete
  20. Wah krimnya nampaknya bagus nih. Aku pengguna XL, jadinya bisa diuntungkan dengan program kerja sama bareng K-Link ini.

    ReplyDelete
  21. Baru kali ini MLM bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi. Inovatif banget ya. Karena tetus terang ak blm pernah denger kerjasama semacam ini. Semiga bkn aku yg kudet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini dinilai sebagai yang pertama gitu kak

      Delete
  22. KLink makin mantep ya. Produknya juga banyak pilihan

    ReplyDelete
  23. Mantabs ya kerjasama KLink dan XL, semoga memberikan manfaat bagi semua aamiin.

    ReplyDelete
  24. This is my fight song...Take back my life song..Prove i’m alright song...

    Manaaaaa suaraaanyaaa...!!

    kapan nih kita karoekaan, tapi saya dibayarin ya..

    ReplyDelete
  25. Waahhh ini sih bisa jadi kerjasama yang baik, sama2 perusahaan besar pula. Dengan paketan XL juga bisa memudahkan para membernya K-Link. Keren pokoknya

    ReplyDelete
  26. Semoga kerjasama dua perusahan ini bisa menambah value pelayanany pd masyarakat yaa

    ReplyDelete