Semakin Mudah dan ‘Merakyat’, FIFGROUP Hadirkan Truck SAFARI

3:10:00 PM

Semua serba gampang, setidaknya itu yang saya pikirkan saat ini kalau mau liburan. Beli tiket ataupun hotel tinggal buka aplikasi aja, pembayarannya juga mudah dan banyak pilihan, sungguh zaman now memang menyenangkan. Dan bisa dibilang hampir setiap perusahaan melihat sisi ‘kemudahan’ menjadi senjata untuk menggaet pasar millennials, salah? Jelas tidak, tapi bagaimana dengan yang gak millennials? Pasti ada cara tersendiri untuk sebuah perusahaan menarik simpatik mereka, seperti yang dilakukan FIFGROUP dengan ‘menjemput bola’. Trick lama dengan kemasan kekinian.



   Kalau kalian sering melaju ke arah Lebak Bulus pasti sering melihat gedung yang satu ini, ya, setidaknya berkat gedung ini kita tahu jam berapa saat itu. Dibungkus kaca bertuliskan FIFGROUP dengan jam digital menarik perhatiaan saya pagi itu, suara gaduh menambah hasrat kepo saya, pemotongan tumpeng sekaligus bunyi gong memantapkan saya untuk ikut terjun dalam acara Peresmian Roadshow SAFARI 2018. Dan kalian tahu apa itu SAFARI? Kali ini bukan kebun dengan banyak binatang didalamnya, awalnya juga saya pikir mereka akan jalan-jalan ke Taman Safari, hehe.

SAFARI merupakan singkatan dari Satu FIFGROUP Bagi Negeri, bisa dibilang ini salah satu program dari perusahaan pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda, FIFGROUP, yang sangat membantu masyarakat, terlebih jika mereka tak punya waktu untuk urus ini-itu untuk melakukan pembayaran. Caranya? SAFARI ini bentunya truk, semacam ‘kantor cabang yang bergerak’ gitu deh. Mengawali tahun 2018, FIFGROUP kembali meluncurkan dua armada baru Truk SAFARI setelah sebelumnya sukses dengan 1 truk yang sudah menjangkau 60 titik di Pulau Jawa, Bali dan Lombok.

Pemukulan gong dan pemotongan tumpeng dalam acara Peluncuran Roadshow Truk SAFARI 2018
“Truck SAFARI sekarang diluncurkan untuk melengkapi program CSR FIFGROUP” kata Pak Margono Tanuwijaya, selaku Presiden Direktur FIFGROUP. “Selamat dan waw” balas saya tak terdengar. Meskipun sama-sama truk, tapi untuk dua armada yang baru ini seakan berevolusi menjadi lebih adaftif, secara fisik, konten dan aktivitas nantinya akan lebih beragam sesuai tujuan dihadirkannya SAFARI ini, meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial, serta mengedukasi masyarakat agar lebih paham mengenai jasa keuangan.

Truk SAFARI siap melaju...

Ada Apa Aja di Truk SAFARI 2018?

Bagi para petinggi FIFGROUP mungkin hari itu seperti dejavu. Mereka kembali ke 15 bulan yang lalu, 1 September 2016 menjelang Hari Pelanggan Nasional saat Truk SAFARI pertama lahir dan siap menyambangi lokasi yang ditentukan. Strategi menjemput bola, dulu saya sering mendengar strategi pemasaran ini, sekarang sudah agak luput karena semua beralih ke online meskipun FIFGROUP melakukan hal ini dengan tujuan yang hampir sama dengan pengembangan strategi pemasaran online, bahkan melengkapinya, sebagai usaha meningkatkan brand awarness.

Telat untuk saya tersadar kalau Truk SAFARI yang pertama hanya menjelajah sebagian besar Pulau Jawa. “Kenapa tak diperluas?” pertanyaan bodoh saya, karena faktanya hari itu saya langsung mendapatkan jawabannya. Dua Truk SAFARI yang baru diluncurkan Kamis, 25 Januari 2018, nantinya juga akan menjangkau luar Jawa, lengkapnya 30 titik baru di Pulau Jawa – Bali dengan perlintasan Serang lanjut Banten,  20 titik di Pulau Sumatera perlintasan Lampung hingga Loksumawe, dan 10 titik di Kalimantan perlintasan Balikpapan hingga Samarinda.

Nih yang namanya Truk SAFARI
Oh iya, sebenarnya FIFGROUP juga memiliki mobile aplikasi loh, namanya FIFGROUP Mobile Customer yang bisa dibilang juga cukup lengkap memberikan informasi dan memudahkan kita untuk melakukan pembiayaan, tapi seperti yang disampaikan Pak Margono tadi, kalau truk ini tidak hanya untuk berjualan saja, tapi untuk brand awarness dan program CSR FIFGROUP. Perusahaan yang kreatif karena ‘menjemput bola’ dan memiliki banyak misi untuk lebih dekat dengan customernya, kesan saya untuk FIFGROUP kala itu. Bahkan truk SAFARI ini juga dinilai sangat mensupport cabang. Dan yang tak banyak orang tahu kalau FIFGROUP sebenarnya juga membiayai barang elektronik, bukan hanya pembiayaan motor saja, makanya truk nanti juga ada mengadakan pameran sehingga masyarakat luas lebih mengenal FIFGROUP. Terus lokasinya di mana saja? Nah, ada beberapa penilaian untuk lokasi yang akan disambangi, diantaranya akses yang mudah, lokasi yang berpotensi, serta lokasi yang belum ‘ada’ atau ‘kenal’ pembiayaan FIFGROUP. Dan kalian tahu gak kalau FIFGROUP adalah perusahaan pembiayaan pertama yang memiliki truk dengan konsep seperti ini. Good job!

“Kami memiliki target untuk truk SAFARI ini, tapi tak terlalu besar” lanjut Pak Margono, hal tersebut diutarakan karena fungsi hadirnya truk tersebut memang untuk pengenalan, setidaknya itu fokus utamanya. Sasarannya bukan hanya penjualan. “FIFGROUP saat ini punya 194 kantor cabang dan 416 Pont of Service (POS), sehingga dengan hadirnya truk ini bisa lebih luas. Dan tahun 2018 kita ingin menambahkan beberapa POS lagi” tutupnya.

Ibu Rina - Pak Ardian - Pak Margono (Presdir FIFGROUP) - Pak Anton
(Managemen FIFGROUP)
Dengan inovasi ‘jemput bola kekinian’ melalui Truk SAFARI ini, saya yakin banyak orang yang semakin tahu, tak hanya generasi millenials tentunya, karena truk tersebut akan ‘nongol’ di dunia nyata bukan melalui layar smartphone saja, hehe. Tak salah jika ditahun 2017 lalu, FIFGROUP mendulang banyak penghargaan, salah satunya Apresiasi Perusahaan Pembiayaan dan Apresiasi Coorporate Communication Terbaik Industri Multifinance dari Inews. Dan dengan diguntingnya pita serta melajunya truk yang didominasi warna kuning bermotif batik itu, maka dua Truk SAFARI  resmi dilepas untuk menjelajah pulau di Indonesia. Duhhh, mampir ke Depok gak ya, kan aku mau merasakan kemudahannya juga....

You Might Also Like

0 comments